Lemak di wajah pastinya selalu membuat kita tidak nyaman, karena selain bisa menyumbat pori-pori dan memproduksi minyak berlebih, juga bisa menyebabkan jerawat.

Setiap pori-pori kulit kita sebenarnya merupakan lubang yang menuju folikel, yang mana terdiri dari rambut dan kelenjar sebaceous (minyak). Akan tetapi, lemak yang berlebih dapat menghambat aliran tersebut sehingga bisa memperangkap minyak, kulit mati, dan bakteri. Artikel ini membahas cara menghilangkan lemak di wajah seperti jerawat.

Sebagian besar para penderita gangguan kulit yang satu ini adalah anak remaja, namun bukan berarti orang dewasa dapat terhindar dari masalah ini. Karena selain faktor hormonal yang tengah berkembang, juga bisa disebabkan oleh berbagai macam hal termasuk genetik, stress, obat-obatan, merokok, sensitif terhadap produk wajah dan kulit tertentu, dan lain sebagainya.

Seperti kalangan wanita pada umumnya, jerawat sering saja muncul pada usia remaja khususnya ketika memasuki masa pubertas dan juga dalam tahap menghadapi menstruasi. Dalam proses penyembuhan jerawat, sudah selayaknya jika anda menggunakan jenis pengobatan yang tepat dan juga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menuntaskan jerawat tersebut.

Dalam hal ini anda dituntut untuk lebih sabar dan juga memperhatikan segala aspek dari mulai kegiatan sehari-hari, pola makan, gaya hidup dan juga selalu menjaga kebersihan lingkungan. Apalagi usia yang kondisi hormonal sedang tidak stabil, maka tidak menutup kemungkinan bahwa hal tersebut juga berpengaruh dalam timbulnya jerawat pada wajah.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah Seperti Jerawat

Perlu anda ingat penyebab Jerawat tidak hanya kondisi hormonal saja. Melainkan juga terkait juga dengan stres, faktor genetik, merokok, penggunaan obat kimia, penggunaan program KB, serta jenis kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit anda. Aspek ini perlu perhatian lebih dari anda serta membutuhkan penyelesaian yang sesuai agar nantinya semua masalah jerawat tidak kembali muncul dalam kehidupan anda. Salah satu trik sederhana adalah menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka paling tidak 3x sehari secara rutin.

Jerawat lemak disebabkan oleh adanya penumpukan lemak pada wajah. Penimbunan lemak ini terdapat pada pori-pori bagian dalam karena pori bagian luar tersumbat. Dikarenakan pori kulit tertutup, maka pada akhirnya akan menimbulkan peradangan yang kemudian dikenal dengan nama jerawat.

Jika dibiarkan, jerawat lemak akan terus bertambah hingga mungkin anda akan merasa kesal karena secara tidak langsung akan mengurangi rasa percaya diri dan meminimkan penampilan yang seharusnya terlihat lebih cantik. Karena setiap orang mempunyai tingkat kelembapan kulit yang berbeda, maka jenis jerawat lemak sering muncul pada kalangan orang yang mempunyai tingkat produksi minyak wajah yang lebih tinggi.

Cara Menghilangkan Lemak Di Wajah

Bagaimana cara agar tidak muncul jerawat lemak pada wajah? Pertama anda perlu memahami berbagai jenis jerawat yang sering muncul dan umum terjadi pada semua orang. Dengan begitu anda akan bisa mengambil kesimpulan dan mengetahui Cara Menghilangkan Jerawat yang membandel sekalipun.

Dan mengenai lanjutan tentang jerawat lemak, sebenarnya ada beberapa kebiasaan yang tidak terpikir oleh anda bahwa kegiatan tersebut bisa menjadi pemicu dari munculnya jerawat pada wajah. Bagi kalangan pria khususnya, pemakaian minyak rambut yang berlebihan akan mempercepat penumpukan debu dan kotoran serta paparan sinar matahari secara langsung akan membuat minyak pada rambut tersebut terbawa oleh keringat dan mengalir pada wajah. Untuk itu, perlu anda perhatikan betul-betul penggunaan minyak rambut agar masalah jerawat lemak pada wajah tidak muncul.

Bagaimana cara menghilangkan lemak di wajah seperti jerawat ? Jawaban yang perlu anda ketahui sangatlah sederhana. Namun sebelum menggunakan bahan-bahan alami, anda juga harus memperhatikan kebersihan wajah, menjaga asupan makanan yang kaya serat, memperbanyak asupan air minum, dan juga rajinlah olahraga agar tubuh berkeringat dan pori-pori wajah tidak menutup.

Buat Anda yang merasa pusing dengan lemak di wajah yang nampak seperti jerawat, ada baiknya untuk melakukan pengobatan alternatif dengan cara-cara alami di bawah ini.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah dengan Cuka Sari Apel

Perlu diingat bahwa pengobatan alternatif haruslah dilakukan secara konsisten dan dijadikan kebiasaan dari waktu ke waktu, termasuk penggunaan cuka sari apel. Tidak ada obat alami yang bisa memperbaiki masalah tubuh hanya dalam kurun waktu semalam saja, karena tubuh kita pun membutuhkan waktu untuk merekonstruksi dirinya sendiri secara natural.

Tapi sekali kamu menjadikannya sebagai kebiasaan, maka manfaatnya bisa didapatkan dalam jangka panjang. Sama halnya seperti cuka pada umumnya, cuka sari apel sudah sangat dikenal akan kemampuannya dalam memerangi serbuan bakteri dan jamur yang menyerang tubuh tiada henti.

Di dalamnya terkandung asam organik seperti asam sitrat yang mampu membunuh sejenis bakteri pengundang jerawat bernama P. acnes.

Cara menggunakannya:

  • Teteskan sedikit cuka sari apel ke dalam segelas air putih. Gunakan sedikit saja untuk kulit yang sensitif.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan cairan tersebut ke wajah yang telah terkena menggunakan bola kapas.
  • Diamkan selama kurang lebih 5-20 detik, kemudian bilas kembali dengan air bersih. Jangan lupa untuk dikeringkan.
  • Ulangi cara ini sebanyak 1 hingga 2 kali, disesuaikan dengan kebutuhan.

Tetap berhati-hati dalam menggunakannya. Jika olesan cuka sari apel tersebut malah membuat kulit kamu terasa terbakar, itu artinya kamu sensitif terhadapnya. Hentikan penggunaannya sesegera mungkin.

Sebaliknya, jika dirasa cocok, pastikan menggunakan cara ini selama empat hingga enam minggu, agar pergantian sel kulit bisa dilakukan oleh wajah kamu secara cepat dan efektif.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah dengan Madu dan Kayu Manis

Kamu juga bisa membuat masker yang terbuat dari madu dan kayu manis, jenis madu manuka lebih disarankan. Tetapi jika sulit untuk didapat, maka bisa gunakan madu apa saja.

Yang kamu butuhkan adalah 3 sdm madu asli dan 1 sdm bubuk kayu manis untuk membuat masker pengusir lemak mirip jerawat yang bermunculan di wajah.

Campurkan kedua bahan tersebut dan masukan ke dalam microwave selama 30 detik. Pastikan suhunya jangan terlalu panas. Setelah itu, segera oleskan di wajah layaknya masker. Diamkan selama 10 menit sebelum akhinya dibilas menggunakan handuk bersih.

Campuran kedua bahan tersebut sudah dikenal memiliki kemampuan untuk melawan patogen berbahaya sekaligus mengurangi peradangan, yang mana sudah menjadi dua faktor penyebab jerawat.

Bahkan sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan bahwa kombinasi madu dan ekstrak kulit kayu manis dapat memberikan efek anti bakteri terhadap patogen berbahaya bernama P. acnes yang terperangkap di kulit wajah akibat timbunan lemak.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah dengan Minyak Pohon Teh

Mungkin lebih dikenal dengan sebutan tea tree oil di beberapa toko online, jenis minyak ini merupakan pilihan terbaik untuk mengatasi jerawat akibat lemak berkat sifat anti-radang dan anti mikroba yang dimilikinya.

Saat dioleskan ke kulit, maka minyak ini memiliki sifat menenangkan kulit yang tengah memerah, membengkak, dan meradang. Bahkan jika dilakukan secara berkala, maka dapat membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat secara ampuh, sehingga membuat kulit wajah kamu nampah halus, bersih, dan bersinar.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Teteskan minyak pohon teh ke dalam air mineral. Pastikan rasionya adalah 1:9.
  • Celupkan bola kapas ke dalam campuran tersebut, lalu oleskan ke kulit wajah yang telah terkena.
  • Oleskan juga pelembab jika dirasa kepanasan.
  • Ulangi proses ini antara 1 hingga 2 kali sehari, disesuaikan dengan tingkat keparahan dari lemak penyebab jerawat tersebut.

Pastikan juga kamu membersihkan wajah menggunakan air bersih sebelum mengoleskan campuran minyak tersebut. Jika dilakukan dengan benar, maka minyak pohon teh akan memberikan hasil positif dalam kurun waktu 12 minggu saja.

Lemak Di Wajah Seperti Jerawat

Jangan pernah mengoleskan minyak pohon teh secara langsung ke kulit, karena bisa memicu iritasi. Tetap gunakan campuran untuk mengencerkan minyak tersebut. Selain air putih, kamu pun bisa menggunakan minyak kanola atau minyak zaitun untuk hasil yang terbaik.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah dengan Teh Hijau

Selain pohon teh, kamu juga tentu boleh menggunakan produk akhir dari tanaman tersebut, yaitu teh hijau. Banyak studi yang menunjukkan bahwa dengan mengoleskan teh hijau secara langsung ke kulit, maka bisa membantu mengobati jerawat.

Penelitian tersebut menjelaskan bahwa sejenis antioksidan utama yang terdapat dalam teh hijau bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG) mampu mengurangi produksi sebum, mengatasi inflamasi, dan mengurangi pertumbuhan bakteri P. acnes buat seseorang yang rentan terkena jerawat.

Itu artinya, teh hijau bisa menjadi salah satu obat alternatif buat kamu yang memiliki lemak di wajah pengundang jerawat.

Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Masak beberapa daun teh hijau bersama air putih selama kurang lebih 3 hingga 4 menit.
  • Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  • Kemudian oleskan ke kulit yang telah terkena menggunakan bola kapas.
  • Atau kamu juga bisa memasukkannya ke dalam botol penyemprot untuk disemprotkan langsung ke area wajah.
  • Biarkan hingga mengering sendiri. Setelah itu, bilas kembali dengan air bersih untuk menetralisir kuman dan patogen yang terdapat di wajah.

Selain dijadikan sebagai obat oles, kamu juga bisa mengonsumsi teh hijau secara berkala sebanyak 2 gelas per hari. Cara ini tentunya bisa mengatasi jerawat dari dalam secara aman dan alami.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah dengan Lidah Buaya

Berbeda dengan namanya yang terdengar sangat menyeramkan, tanaman ini justru bisa menjadi pelindung tubuh kita dari berbagai macam masalah medis, termasuk lemak penyebab jerawat di wajah.

Lidah buaya mengandung sifat anti bakteri sehingga mampu membantu mengontrol dan membunuh bakteri pengundang jerawat.

Bahkan lidah buaya sudah digunakan semenjak zaman kuno untuk mengatasi lecet, ruam, luka bakar, peradangan dan masalah lainnya terkait kulit. Ketika dioleskan, maka gel aloe vera tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan luka secara efektif.

Adapun cara menggunakannya adalah:

  • Gosok lidah buaya menggunakan sendok untuk mendapatkan gel-nya.
  • Kemudian oleskan ke kulit secara langsung layaknya pelembab alami.
  • Ulangi cara ini antara 1 hingga 2 kali sehari, sesuai dengan kebutuhan.

Tapi jika kamu mengalami iritasi, harap hentikan penggunannya dan beralihlah ke metode yang lain seperti yang sudah disebutkan di atas secara lengkap.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam membersihkan minyak pada wajah. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan antioksidan yang bersifat anti-bakteri sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat lemak pada wajah. Untuk menggunakannya, anda cukup mengambil air perasan jeruk nipis kemudian dioleskan pada wajah secara merata. Diamkan beberapa saat hingga mengering, selanjutnya bilas wajah anda dengan air hingga bersih.

Cara Menghilangkan Lemak di Wajah dengan Jeruk Lemon

Jeruk lemon mempunyai kandungan hampir sama persis dengan jeruk nipis. Lemon bisa menghilangkan serta membersihkan minyak di wajah yang berlebih sehingga secara perlahan menjadikan wajah anda tetap bersih, cerah dan terhindar dari kelebihan produksi minyak pada kulit. Untuk penerapan ialah dengan membelah lemon menjadi dua bagian kemudian gosokkan pada wajah secara perlahan dan merata. Diamkan beberapa saat kemudian bilas.

Demikianlah ulasan sepintas mengenai Cara Menghilangkan Lemak di Wajah Seperti Jerawat. Semoga yang kami tulis ini bisa memberikan informasi yang sesuai dan bisa membantu semua kalangan yang membutuhkan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pace atau Mengkudu

Siapa sih yang tidak tahu dengan buah yang mempunyai bentuk unik dan mempunyai cita rasa pahit ini. Buah dengan nama latin Morinda Citriflia banyak didapat dan bisa tumbuh dengan baik pada daerah atau keadaan lingkungan yang mempunyai iklim tropis. Tidak terkecuali di Negara kita Indonesia.

Jika dipelajari sepintas, pohon atau tanaman mengkudu bisa tumbuh dengan baik pada area perkebunan, pinggiran sungai, danau atau juga pekarangan rumah. Dari akar, daun, bunga dan buahnya mempunyai peranan penting sebagai jamu herbal yang kemampuannya terbilang manjur dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Dilansir dari beberapa sumber, buah mengkudu mempunyai zat-zat aktif alami yang diantaranya Antioksidan, Protein, Vitamin, Serat dan juga mineral. Selain itu terdapat pula senyawa berupa terpenoid, zat anti-bakteri, anti-kanker, iridoid, metil, asetil, morindone, dan lain sebagainya. Dari kandungan itulah diperoleh jutaan manfaat yang kesemuanya baik untuk kesehatan. Entah itu dikonsumsi (pengobatan dalam) dan juga penggunaan luar untuk kesehatan kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pace Atau Mengkudu

Buah mengkudu cocok untuk mencegah penuaan dini karena didalamnya terdapat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan serta mampu menangkal radikal bebas, menjaga kulit tetap halus dan lembut sehingga tidak ada yang namanya kulit berisik dan sejenisnya, serta ampuh untuk mengatasi masalah umum pada wajah yaitu jerawat. Dalam hal ini mengkudu baik untuk mengurangi radang pada jerawat, menyamarkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati serta masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda ingin menerapkan buah mengkudu untuk masker atau scrub wajah, berikut langkah-langkah yang harus anda terapkan!

  • Pertama anda harus menyiapkan terlebih dahulu buah mengkudu yang sudah matang (lembut dan berwarna putih) kemudian dicuci hingga bersih dengan air.
  • Selanjutnya anda bisa mengiris atau memotong kecil buah mengkudu yang sudah dicuci tadi dan dihaluskan dengan cara diblender atau diulek hingga membentuk adonan halus (pasta).
  • Jika terlalu kental, anda bisa juga menambahkan sedikit air (sebenarnya tidak perlu karena buah mengkudu matang sudah mengandung banyak air), tapi bisa juga dubutuhkan ketika anda menggunakan blender.
  • Untuk mendapat tekstur yang sangat lembut (supaya nyaman saat digunakan), maka anda bisa menyaringnya terlebih dahulu sehingga terpisah antara air dan ampas.
  • Air masker anda buat sudah bisa diterapkan atau disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin.

Diatas hanya tutorial tentang pembuatan, terus bagaimana cara penerapan? Tenang saja, kali ini kami akan membahas secara tuntas untuk anda sehingga bisa melakukan treatment dengan baik dan benar.

  • Sebelum menggunakan masker mengkudu, ada baiknya jika anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Bilas dengan air hangat guna membuka pori dan menjadikan kulit lebih lembut. Fungsinya ialah untuk memaksimalkan penyerapan kulit terhadap masker yang anda terapkan.
  • Aplikasikan masker mengkudu pada seluruh area wajah khususnya yang terdapat jerawat. Dan usahakan pengolesan dilakukan perlahan dan merata.
  • Diamkan masker hingga mengering dengan sendirinya atau paling tidak selama 20 menit agar masker mengkudu terserap sempurna oleh kulit.
  • Proses akhir ialah dengan membilas wajah dengan air hangat agar sisa-sisa masker tarangkat hingga tuntas. Dan dilanjutkan dengan membasuh wajah dengan air dingin supaya pori yang terbuka menutup kembali.
  • Keringkan wajah dengan handuk halus secara perlahan dan usahakan hingga bersih sepenuhnya.
    Agar hasil lebih maksimal, anda bisa menerapkan masker mengkudu ini minimal 1x dalam seminggu. Dan maksimal 2x seminggu agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Dengan penerapan diatas, tentunya wajah anda akan terbebas dari minyak berlebih, jerawat membandel, dan juga maslah kulit terkait dengan pengelupasan, flek hitam atau tanda-tanda penuaan lainnya. Jadi buat apa menggunakan kosmetik berbahan kimia jika yang alami saja bisa anda buat sendiri? Ayo lestarikan resep turun-temurun penggunaan tanaman obat di lingkungan sekitar kita.