Cara menghapus folder thumbnail di android

Ponsel Android pada dasarnya memiliki banyak sekali folder yang disimpan dalam kartu memori. Seringkali kita tidak menyadari bekas-bekas folder penyimpanan yang membuat memori ita cenderung penuh.

Nah! Salah satu folder dalam memori internal biasanya terdapat yang namanya thumbnail.  Thumbnail ini sering kali tidak kita sadari karena keberadaannya yang tersembunyi. Maka untuk mengurangi kapasitas ruang penyimpanan, dapat dilakukan cara untuk menghapus folder thumbnail.

Berikut ini merupakan Cara menghapus folder thumbnail di android dengan mudah. Namun sebelum mengetahui lebih jauh, ada baiknya memahami dulu apa itu thumbnail.

Cara menghapus folder thumbnail di android

1) Pengertian Thumbnail

Omong-omong tentang thumbnail, sebenarnya apa sih itu yang dinamakan thumbnail? Jadi, thumbnail merupakan tampilan dari beberapa foto atau video. Tampilan ini berfungsi supaya pengguna android tidak susah-susah dalam melihat foto atau video aslinya. Sedikit informasi buat kamu, bahwa thumbnail ini akan secara otomatis tersimpan dalam memory, tepatnya saat kamu sedang melihat-lihat foto atau video pada galeri. Bisa dikatakan sebenarnya file ini tidak terlalu penting ya guys! Karena memiliki fungsi serupa seperti halnya cache.

2) Cara Menghapus Folder Thumbnail

Setelah memahami lebih jauh tentang pengertian thumbnail, kini saatnya menuju ke topik utama bagaimana Cara menghapus folder thumbnail di android. Perhatikan langkah-langkah berikut ini!

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat menghapus folder thumbnail, yakni dengan membuka file penyimpanan lebih dulu. Pada setiap ponsel berbasis iOS maupun android ada kalanya memiliki file sebagai tampilan file tersembunyi. Apabila tidak ada, maka kamu bisa memakai file penyimpanan yang diunduh langsung dari google play store.
  • Kedua, setelah melakukan langkah pertama, selanjutnya kamu klik bagian garis tiga yang tersusun secara horizontal, kemudian akan muncul beberapa opsi. Nah! opsi yang kamu ini merupakan setelan atau pengaturan. Maka, berikutnya kamu tinggal pilih opsi tampilkan berkas tersembunyi.
  • Ketiga, apabila kamu sudah mengklik opsi tampilkan folder tersembunyi, maka akan muncul beberapa folder yang tadinya tidak ada pada daftar. Biasanya, jika file ini muncul maka menggunakan imbuhan simbol titik di depan nama filenya. Misalkan, file yang tersembunyi adalah thumbnail facebook. Maka begitu kamu sudah mengklik tampilkan folder tersembunyi, akan tampil .facebook.
  • Keempat, adalah langkah penghapusan. Karena file thumbnail ini akan kamu hapus, maka klik saja salah satu folder yang ingin dihapus.
  • Kelima, setelah memilih folder yang ingin dihapus, klik tahan dan akan muncul beberapa opsi. Tentu saja kamu akan menjumpai opsi icon tong sampah atau hapus. So, lakukan klik hapus saja. Maka secara otomatis folder thumbnail tersebut akan terhapus.
Baca juga >>
Mempercepat Mengatasi Lag Dengan Game Booster Pocophone Untuk Semua Ponsel Xiaomi

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk dapat menghapus folder thumbnail yang terdapat pada perangkat android. Meskipun caranya dari ponsel satu ke satunya lagi sangat berbeda, tentu saja langkahnya sangat mudah untuk dicoba.

Sebenarnya, mengingat fungsi thumbnail ini tidak begitu penting-penting banget, maka apabila dihapus tidak begitu berpengaruh pada file-file aslinya. Karena bisa dibilang file aslinya akan tetap aman bahkan tidak mengalami perubahan sedikit pun. Apabila dimungkinkan kamu ingin membuka file semula, maka tinggal masuk ke galeri saja.

Nah! Langkah-langkah di atas adalah bagaimana cara menghapus file thumbnail yang terdapat pada ponsel android. Setelah mengetahui langkahnya, semoga dapat bermanfaat dan membantu ya!

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !