Cara menggunakan aplikasi ruang guru.

Ruang guru adalah aplikasi belajar secara online terpopuler pertama yang ada di Indonesia. Aplikasi ini didirikan oleh dua orang milenial yang sukses dibidang bisnis. Salah satu diantaranya sekarang menjabat sebagai staff khusus milenial presiden yang menuai banyak kritikan publik atas kerjanya yang kurang maksimal. Atau mungkin tidak terkesan bekerja padahal di gaji dengan angka yang fantastis?

Tapi harus diakui, ruang guru memiliki berbagai macam fitur yang mendukung dan mempermudah kegiatan belajar anak-anak Indonesia. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail mengenai aplikasi ruang guru. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang aplikasi belajar online ruang guru dan Cara menggunakan aplikasi ruang guru.

Apa itu Aplikasi Ruang Guru?

Ruang guru merupakan sebuah perusahaan startup yang bergerak di industri tekonologi dan berfokus pendidikan. Ruang Guru berada dibawah naungan dari PT Ruang Raya Indonesia. Perusahaan yang bergerak di sektor pendidikan ini berdiri pada tanggal 1 April 2014. Penggagas atau pendiri dari Ruang Guru adalah dua orang milenial yang bernama Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman.

Salah satu pendiri ruang guru tersebut, Adamas Belva Syah, diangkat menjadi pejabat staff khusus milenial Presiden. Basis dari ruang guru sendiri adalah aplikasi mobile. Saat ini bisa dibilang aplikasi ruang guru menjadi aplikasi nomer satu untuk bidang pendidikan. Di dalam aplikasi Ruang Guru tersebut disediakan video-video pembelajaran interaktif dari guru yang berkompenten dan juga video pembelajaran animasi.

Semua video pembelajaran yang ada di aplikasi Ruang Guru tersebut sudah menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia. Semua jenjang sekolah bisa dibilang tersedia di aplikasi Ruang Guru tersebut. Mulai dari jenjang sekolah dasar atau SD, Sekolah mengenah pertama atau SMP dan juga Sekolah menengah atas atau SMA. Bahkan ruang guru menghadirkan fitur terbaru untuk mengasah skill dan kemampuan yang berguna bagi industri.

Baca juga >>
Perbedaan Rom Stable dan Rom developer Xiaomi

Konon kabarnya, ruang guru menjadi platform resmi yang digunakan untuk program dari pemerintah yaitu kartu pra kerja. Aplikasi ruang guru telah di unduh oleh banyak pengguna dari platform google playstore. Pada tahun 2019 sendiri aplikasi ini telah mencatat rekor unduhan sebanyak 15 juta pengguna. Banyak orang yang menggunakan aplikasi ruang guru karena memang video pembelajaran yang disediakan mudah untuk di pahami.

Kurang lebih sampai dengan hari ini, guru yang mengajar di aplikasi ruang guru mencapai 1000 orang guru. Guru yang mengajar di ruang guru berkompeten di bidangnya masing-masing dan telah melakukan seleksi yang cukup panjang sehingga masuk dan mengajar di aplikasi bimbel online ruang guru tersebut.

Aplikasi ruang guru menjadi aplikasi yang gemilang di usianya yang belum genap sepuluh tahun. Setiap acara yang mereka adakan hampir di siarkan di semua stasiun televisi nasional. Hal ini menandakan bahwa dana dari aplikasi ruang guru memang besar secara nominal. Salah satu pendanaan dari aplikasi ruang guru adalah berasal dari pendanaan seri B yang di pimpin oleh modal venture dari Bank asal Singapure yaitu UOB Venture Management.

Secara resmi baik dari bank UOB Venture Management maupun ruang guru tidak menyebutkan berapa nominal yang di kucurkan tersebut. Namun beberapa media seperti Dealstreet Asia mengatakan bahwa dana yang di dapat oleh ruang guru dari UOB Venture Management adalah sebesar US$7 juta atau setara dengan nilai 93 Milyar dalam mata uang rupiah.

Ruang guru mengkonfirmasi mendapatkan kucuran dana tersebut pada tanggal 7 Juli tahun 2017. Tak hanya dari modal Venture, ruang guru juga mendapat modal dari pendanaan hibah. Salah satunya dari Groupe Speciale Mobile Association (GSMA) dalam program Ecosystem Accelerator Innovation Fund di bulan Mei 2017. Dana tersebut tidak disebutkan secara spesifik oleh kedua belah pihak. Yang pasti, angka tersebut sudah pasti fantastis.

Baca juga >>
Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Sakti Telkomsel 2018

Karena kesuksesan ruang guru di Indonesia, menjadikan perusahaan teknologi dan pendidikan ini melakukan ekspansi ke luar negeri. Ekspansi bisni pertama dari ruang guru dilakukan pada bulan Oktober di negeri Vietnam. Disana ruang guru melucurkan aplikasi yang namanya disesuaikan dengan bahasa Vietnam yaitu Kien Guru.

Fitur Aplikasi Ruang Guru

Cara Menggunakan Aplikasi Ruang Guru.

Aplikasi ruang guru hadir dengan sederet fitur unggulan yang akan memudahkan kegiatan belajar bagi kamu yang telah berlangganan sesuai dengan jenjang pendidikan serta kurikulumnya. Salah satu fitur yang ada di ruang guru adalah ruang belajar. Fitur ruang belajar ini merupakan sebuah wadah untuk kamu belajar secara mandiri.

Di fitur ruang belajar tersebut kamu bisa mentonton ribuan video pembelajaran dan ulasan materi serta soal-soal, ada pula infografis dari pelajaran dan kuis yang bisa kamu jawab. Tak hanya itu saja, fitur ruang belajar ini bisa melihat evaluasi dari hasil belajar mu dengan menu rapot yang bisa kamu cek setiap harinya.

Fitur lain dari ruang guru adalah ruang lessonline. Fitur ini memungkinkan untuk kamu bertanya kepada guru secara online. Semisal kamu sedang buntu menggarap sebuah soal, kamu bisa foto soal tersebut dan tanyakan kepada guru melalui pesan chat di aplikasi ruang guru tersebut.

Fitur berikutnya dari ruang guru adalah digitalbotcamp. Fitur digitalbotcamp merupakan area untuk kamu yang ingin fokus melakukan bimbel online guna mempersiapkan diri mengikuti ujian nasional di jenjang kelas 6 SD, kelas 9 SMP, kelas 12 SLTA dan juga bagi kamu yang akan mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN.

Cara Menggunakan Aplikasi Ruang Guru

Setelah kamu mengetahui sekilas tentang ruang guru beserta dengan fitur yang ada di dalamnya. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara yang harus kamu lakukan untuk dapat mengakses ruang guru. Simak penjelasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download dan instal aplikasi ruang guru melalui platform google playstore dan appstore.
  2. Setelah aplikasi ruang guru kamu instal, kamu bisa langsung buka dan jalankan aplikasi ruang guru tersebut.
  3. Pada halaman beranda dari aplikasi ruang guru kamu sign up atau registrasi dengan membuat akun jika memang belum memiliki.
  4. Jika kamu sudah selesia membuat akun, tahapan berikutnya adalah kamu isi semua data yang di perlukan untuk mengakses ruang guru tersebut.
  5. Kemudian kamu memilih kurikulum pendidikan yang sesuai dengan keperluan mu masing-masing. Kamu isi semua data yang ada di kolom tersebut.
  6. Tahapan terakhir adalah kamu membayar uang langganan sesuai dengan nominal yang tertera di aplikasi ruang guru dan pembayaran bisa menggunakan berbagai macam metode.
Baca juga >>
Download GTA SA Lite Indonesia Size 200 MB Terbaru

Nah itulah ulasan lengkap mengenai ruang guru beserta dengan fitur dan cara menggunakan aplikasi tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !