cara menggunakan aplikasi google meet

Aplikasi meeting secara online di tengah wabah corona yang mencekam seluruh dunia, menjadi populer karena bisa memfasilitasi kebutuhan dari para penggunanya. Ada banyak aplikasi meeting online yang tersebar di google playstore maupun appstore. Salah satu aplikasi tersebut adalah google meet. Tentu dari namanya kamu bisa tahu darimana dan siapa developer pembuat aplikasi tersebut.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai aplikasi google meet tersebut. Mulai dari ulasan sekilas tentang google meet, fitur-fitur di dalamnya serta bagaimana cara menggunakan aplikasi google meet. Berikut ini adalah ulasan secara lengkap tentang aplikasi Google Meet yang wajib kalian baca.

Apa itu Aplikasi Google Meet?

Google Meet merupakan sebuah aplikasi yang memberikan kamu pengalaman melakukan meeting atau bertatap muka dengan pengguna lain secara daring. Aplikasi yang satu ini sudah cukup populer dan banyak digunakan orang. Kemajuan teknologi menjadi salah satu stimulan yang melahirkan aplikasi semacam Google Meet. Dimana semua orang bisa bertatap muka walau dengan orang yang berada di jarak yang jauh sekalipun.

Tentu kemajuan seperti ini akan memudahkan orang. Semisal kamu memiliki teman yang kebetulan bersekolah atau kuliah di luar negeri, dengan adanya aplikasi Google Meet ini kamu bisa ngobrol panjang lebar tanpa harus ketemu di real life. Inilah yang menjadikan banyak orang kecanduan ponsel dengan segala macam kemajuan-kemajuan yang memanjakan dan membuat mager.

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan teknologi dan komunikasi raksasa yaitu google. Semua orang tahu google dan semua orang juga menggunakan layanan google. Google sendiri memiliki beragam layanan lain yang begitu populer di seantero dunia. Mungkin tak berlebihan jika google memonopoli industri komunikasi di dunia ini. Google Meet hanya satu dari sekian banyak layanan yang dihadirkan oleh google.

Baca juga >>
Cara Menampilkan Notifikasi Status Bar Oppo F3

Aplikasi Google Meet pertama kali di perkenalkan ke publik pada tahun 2013 silam. Dengan menggunakan aplikasi Google Meet ini kamu bisa berinteraksi, baik secara chat atau panggilan video dengan pengguna lain dari aplikasi Google Meet ini. Untuk dapat mengakses aplikasi Google Meet ini tidaklah rumit dan sederhana. Kamu hanya memerlukan sebuah akun Gmail yang nantinya akan ditautkan dengan aplikasi Google Meet tersebut.

Aplikasi Google Meet bisa kamu gunakan untuk konferensi secara virtual dengan pengguna dalam batasan paling banyak adalah 250 orang. Jadi, dalam satu ruang konferensi video kamu bisa bercakap-cakap dengan orang banyak. Mungkin untuk kebutuhan mu tak bakal mencapai 250 orang sekaligus. Paling banyak kamu akan berinteraksi dengan 10 atau lebih teman mu.

Tak hanya itu saja, aplikasi Google Meet ini memungkinkan untuk menyiarkan video konferensi tersebut dan dapat di tonton oleh lebih dari 100 ribu penonton hanya dengan menggunakan satu domain saja yaitu dari Google Meet tersebut. Aplikasi Google Meet ini akan sangat berguna bagi para pekerja kantoran yang sedang menjalani masa bekerja work from home.

Aplikasi Google Meet ini bisa menjadi cara alternatif untuk para karyawan kantor mengadakan rapat untuk keperluan pekerjaannya. Juga mungkin bisa digunakan untuk pekerja freelance melakukan rapat dengan klien untuk mendapatkan kata sepakat dalam suatu proyek yang akan di kerjakan. Selain itu, aplikasi Google Meet ini juga bisa dimanfaatkan oleh pelajar atau mahasiswa.

Akibat virus corona, para pelajar dan mahasiswa juga kena imbasnya. Mereka mau tidak mau harus diliburkan dan belajar dari rumah. Tentu mereka akan merasa jenuh dan kangen dengan kawan-kawannya. Dengan adanya aplikasi Google Meet ini, pelajar atau mahasiswa bisa bercengkrama dan bercanda bersama semua teman kelasnya dalam satu ruang video virtual.

Baca juga >>
Mempercepat Mengatasi Lag Dengan Game Booster Pocophone Untuk Semua Ponsel Xiaomi

Google Meet juga terintegrasi dengan akun G Suite. Para pengguna akun G Suite tersebut bisa menggunakan aplikasi Google Meet ini untuk mengadakan rapat virtual. G Suite sendiri menawarkan promo yang menarik yaitu bisa mengakses situs google meet secara gratis tanpa harus berlangganan selama 14 hari. Mungkin kamu tertarik dengan layanan gratis tersebut, kamu bisa langsung kunjungi laman website https://meet.google.com/.

Fitur-fitur Aplikasi Google Meet

Aplikasi Google Meet ini memiliki peranan yang multi fungsi. Kamu bisa menggunakan untuk ngobrol biasa, ngobrol usaha dan lain sebagainya dengan banyak orang hanya dengan menggunakan aplikasi Google Meet tersebut. Aplikasi Google Meet ini juga menghadirkan berbagai macam fitur dan layanan yang mumpuni.

Beberapa fitur yang dihadirkan dalam aplikasi ini antara lain adalah Expense Plafond, Add on Description Form to verify Expense, Multiple Disbursed Transaction by Finance, Specific Finance Approval Assignment, Export Expense Report excample : Excel or CSV and PDF and many more, serta masih ada beberapa fitur yang lain.

Kamu bisa eksplore lebih detail lagi semua fitur yang ada di aplikasi google meet tersebut dan bisa coba semua fitur yang ada. Kamu akan merasakan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan setelah menggunakan aplikasi Google Meet ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Google Meet

Setelah kamu mengetahui apa itu aplikasi google meet beserta dengan fitur yang mereka tawarkan, berikutnya akan kami jelaskan langkah demi langkah untuk bisa menggunakan aplikasi Google Meet tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakan aplikasi Google Meet. Simak penjelasan artikel yang ada di bawah ini.

Melalui Komputer

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman website dari google meet tersebut di situs https://meet.google.com.
  2. Pada halaman beranda dari situs web google meet tersebut, kamu pilih dan klik menu dengan tulisan join or start a meeting.
  3. Setelah itu kamu buat ruang meeting atau menentukan kode akses agar tidak ada orang yang tidak berkepentingan untuk join di rapat yang kamu adakan melalui Google Meet tersebut.
  4. Situs dari Google Meet tersebut akan meminta persetujuan untuk mengakses video dan audio. Kamu izinkan permintaan dari situs Google Meet tersebut.
  5. Langkah selanjutnya adalah kamu klik menu join now jika ingin membuat ruangan meeting dan kamu klik present jika ingin membuat video presentasi di perangkat komputer atau laptop tersebut.
  6. Langkah terakhir adalah dengan mengundang orang untuk join di video konferensi tersebut dengan cara kamu pastekan link dari google meet tersebut dan bagikan kepada orang yang ingin kamu ajak meeting.
Baca juga >>
10 Teknologi terbaru pada Sepeda Motor

Melalui Ponsel Android

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download dan instal aplikasi Google Meet.
  2. Setelah itu kamu langsung melakukan sign up dengan menggunakan akun gmail yang aktif.
  3. Langkah berikutnya kamu bisa membuat ruang untuk ngobrol dengan cara klik ikon plus atau (+) dan kemudian klik new video call.
  4. Terakhir adalah kamu undang orang yang ingin kamu ajak untuk bergabung dengan obrolan virtual di aplikasi Google Meet tersebut.

Nah itulah ulasan lengkap tentang aplikasi Google Meet. Sekian dan terima kasih.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !