Cara menggunakan aplikasi google class

Semenjak pandemi corona menyerang dunia, yang berdampak pada banyak sektor, aplikasi google classroom menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak di unduh dan digunakan. Aplikasi ini sendiri bertujuan untuk menciptakan kelas belajar secara online antara siswa dan guru atau mahasiswa dengan dosennya. Aplikasi ini di kelola oleh perusahaan komunikasi dan informasi raksasa di dunia yaitu google.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail apa itu aplikasi google classroom dan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Kami juga akan mereview beberapa fitur dan fasilitas dari aplikasi google classroom. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang aplikasi google classroom dan Cara menggunakan aplikasi google class.

Apa itu Google Class?

Sebelum membahas bagaimana cara menggunakan aplikasi google class tersebut, terlebih dahulu akan kami jelaskan hal-hal dasar yang berkaitan dengan aplikasi google classroom. Aplikasi google classroom merupakan sebuah platform yang diciptakan oleh google untuk memudahkan guru dan siswa berinteraksi dan belajar bersama secara online.

Dengan hadirnya google class ini guru akan menjadi lebih mudah dalam memberikan, membagikan dan menggolongkan setiap tugas yang bisa di kerjakan tanpa membutuhkan kertas. Secara tampilan interface, aplikasi google classroom ini juga mudah untuk di pahami dan setiap navigasi tidak sulit serta membingungkan.

Aplikasi google classroom pertama kali di perkenalkan ke publik pada tanggal 12 Agustus 2014. Aplikasi ini di ciptakan dan dikembangkan oleh perusahaan raksasa google sebagai developernya. Aplikasi yang satu ini sengaja diciptakan oleh google sebagai salah satu program istimewa mereka yaitu google apps for education.

Baca juga >>
10 Teknologi terbaru pada mobil

Perangkat yang bisa mengakses dan menggunakan aplikasi google classroom tersebut adalah perangkat yang menggunakan sistem operasi android dan juga iPhone. Google classroom memberikan fasilitas yang lengkap dan memadai untuk guru atau dosen memberikan tugas kepada murid dan murid bisa mengerjakan tugas tersebut secara online.

Layanan google classroom ini terkoneksi juga dengan layanan dari google yang lain. Seperti google drive. Ketika siswa selesai mengerjakan tugas, maka bisa langsung mengirimkan tugas tersebut melalui google drive. Dan guru-guru bisa juga memberitahukan kepada siswa untuk mengerjakan tugas melalui google mail.

Selain itu, google classroom juga di sinkronkan dengan google calender. Dengan begitu siswa dan guru bisa mengatur jadwal pembelajar di setiap kelas dan jadwal tersebut bisa diatur agar tidak bertabrakan dengan jadwal belajar di kelas yang lain. Semua hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar dan mengajar sudah diatur sedemikian rupa oleh aplikasi google classroom sehingga proses belajar dari rumah lebih efektif.

Ada beberapa sistem yang bisa digunakan untuk dapat mengakses google classroom tersebut. Pertama siswa bisa oleh pihak guru dengan berdasar basis data yang di miliki oleh lembaga bersangkutan. Bisa juga guru akan mengirimkan kepada siswa berupa kode akses untuk masuk ke halaman kelas online. Dan sistem berikutnya adalah siswa secara mandiri masuk ke halaman google classroom dengan cara mengakses School Information Management System.

Dari masing-masing kelas yang ada di google classroom ini di pisahkan berdasarkan kelas yang berbeda sesuai dengan ketentuan dari guru. Dengan begitu tidak akan ada istilah salah masuk kelas karena untuk setiap kelas memiliki kode akses masuk google classroom yang berbeda-beda.

Baca juga >>
Cara Mengubah Voice Quick Chat V0.12 Suara Jepang Loli/Wibu Lengkap Terbaru PUBG Mobile

Layanan gmail yang sinkron dengan google classroom juga akan memudahkan para guru sehingga tidak perlu menanyakan satu per satu muridnya tentang tugas yang diberikan. Guru yang bersangkutan bisa memasukan data masing-masing siswa ke direktori google apps.

Yang lebih menariknya lagi, google classroom ini berbeda dengan layanan google yang lain. Google classroom bebas dari adanya iklan-iklan. Dengan kata lain, proses belajar dan mengajar di platform google classroom tidak akan terganggu oleh adanya papan-papan iklan yang tak penting dan tidak berhubungan dengan pelajaran.

Karene itulah layanan google classroom menjadi primadona diantara layanan-layanan serupa dari developer lain. Terlebih di saat seperti ini. Ketika pandemi menyerang dunia dan menyebabkan orang untuk diam di rumah, aplikasi google classroom menjadi salah satu yang paling banyak di akses di seluruh dunia.

Fitur-fitur Google Classroom

Google classroom hadir dengan sederet fitur yang mumpuni. Beberapa fitur dari google classroom antara lain adalah ruang belajar, formulir, upload dokumen dan lain sebagainya. Semua fitur yang dihadirkan dalam google classroom memiliki fungsi atau manfaat yang akan memudahkan guru atau murid sekalipun.

Dengan menggunakan google classroom, guru bisa dengan mudah menambahkan siswanya melalui kode akses tertentu. Seorang guru juga bisa mengajar di beberapa kelas dalam waktu yang sama. Guru bisa memberikan tugas di satu kelas, kemudian di kelas lain. Sehingga akan lebih efektif dan menghemat waktu pembelajaran.

Tugas-tugas yang diberikan oleh guru juga bisa lebih variatif semisal video YouTube, survei Google Formulir, PDF, dan beberapa item lain yang tersedia di Google Drive. Kemudian untuk siswa sendiri, siswa tersebut bisa mengakses lembar kerja atau tugas hanya dengan sekali klik. Tentu akan sangat efektif dan tidak membuang waktu lama untuk dapat mengerjakan tugas.

Baca juga >>
Cara Mengubah/Membuat Voice Quick Chat Sendiri Versi Loli Ogura YUI A

Google classroom ini bisa diakses secara gratis. Dalam satu hari atau 24 jam, pengguna bisa mengakses google classroom sampai dengan 7 kali. 7 kali akses google classroom tersebut bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dari kegiatan belajar mengajar di rumah antara guru dengan siswanya.

Cara Mengggunakan Google Classroom

Untuk dapat menggunakan google classroom, terlebih dahulu guru harus membuat kelas untuk para siswanya. Cara membuat kelas juga sangatlah mudah. Berikut ini adalah step by step membuat kelas di google classroom.

  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke laman website https://classroom.google.com.
  2. Jika ingin menggunakan aplikasi, kamu bisa download terlebih dahulu aplikasi google classroom di playstore atau appstore.
  3. Setelah itu kamu bisa langsung login ussername dan password. Atau bisa juga kamu gunakan akun Google Suite For Education yang dimiliki oleh lembaga sekolah tersebut.
  4. Langkah berikutnya setelah kamu masuk ke halaman utama dari google classroom, kamu klik ikon plus (+) yang berada di pojok kanan atas. Kemudian kamu pilih dan klik create class.
  5. Terakhir kamu klik persetujuan, memberi nama kelas, subjek pelajaran dan kemudian kamu klik create. Maka kelas secara online sudah dibuat.

Jika kelas sudah dibuat, berikutnya kamu undang siswa untuk mengikuti kelas tersebut. Langkah-langkah mengundang siswa ada dua cara, berikut ulasan lengkapnya.

  1. Kamu bisa mengundang siswa dengan menggunakan kode akses. Kode ini merupakan kombinasi angka dan huruf. Dan setiap kelas berbeda-beda kode aksesnya.
  2. Kamu juga bisa menggunakan gmail. Nantinya siswa-siswa akan kamu kirimkan pesan email di gmailnya masing-masing.

Nah itulah ulasan lengkap tentang google classroom. Sekian dan terima kasih.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !