Cara Mengembalikan File Wa Yang Sudah Terlanjur Di Hapus

Banyaknya chat Whatsapp dan media yang dikirimkannya terkadang cukup memakan ruang penyimpanan ponsel. Bahkan untuk beberapa file yang telah diunduh. Sering kali kita menghapusnya, namun disisi sudah menghapusnya, kita merasa membutuhkannya kembali. Maka dari itu, bagaimana cara mengembalikannya?

Nah! Kamu berada di artikel yang tepat! Maka, berikut ini adalah cara mengembalikan file whatsapp yang sudah terlanjur dihapus.

Cara Mengembalikan File WA yang Sudah Terlanjur di hapus

1) Melakukan Pencadangan

Tahukah kamu bahwa aplikasi Whatsapp sebenarnya telah melakukan back up data secara otomatis? Yups! Whatsapp sering kali melakukan pencadangan secara otomatis pada pukul 2 dini hari, dan hanya melakukan pencadangan secara otomatis data yang tersimpan selama 7 hari.

Sebelum terlanjur kehilangan data, maka ada baiknya kamu melakukan pencadangan dulu pada file-file whatsapp. Pencadangan ini tidak hanya dapat mencadangkan filenya saja, melainkan chattingnya juga.

Caranya adalah, pertama, masuklah ke aplikasi whatsapp. Kemudian, pergi ke menu setelan, setelah itu kamu bisa klik Chat. Kemudian pilihlah Cadangkan. Nah! Di cadangkan ini kamu bisa memilih lho, guys! Yups! Bebas memilih untuk mencadangkan data dalam waktu seminggu, sebulan, setahun, atau bahkan jangan pernah mencadangkan sama sekali.

Karena kamu akan melakukan proses pencadangan, maka jangan pilih opsi terakhir. Sebab jika memilih opsi terakhir, file dan chat pada whatsapp kaku tidak akan dicadangkan. Jika sudah maka akan berjalan proses pencadangan yang terhubung langsung ke Google Drive.

2) Mengembalikan File yang Terhapus

Apabila sudah melakukan pencadangan dan file kamu terhapus baik disengaja maupun tidak, bagaimana cara mengembalikannya? Berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, kamu perlu menghapus data pada aplikasi whatsapp.
  • Jika sudah, maka kamu bisa login kembali ke akun whatsapp dengan memasukan nomor ponsel yang telah terdaftar di whatsapp dan masih aktif nomornya.
  • Maka apabila sudah memasukan nomor, whatsapp akan mengirimkan kode verifikasi agar kamu bisa kembali masuk ke akun whatsapp.
  • Setelah itu akan muncul tampilan nama untuk akun whatsapp kamu lalu klik OK.
  • Tampilan berikutnya akan menampilkan opsi pemulihan dari file yang pernah kamu cadangkan. Jika kamu ingin mengembalikan file yang telah hilang, tinggal klik saja opsi pulihkan.
  • Maka secara otomatis whatsapp akan memulihkan file-file yang dulu pernah kaku cadangkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pemulihan file benar-benar selesai, setelah itu kamu baru benar-benar masuk ke whatsapp dengan data seperti semula belum diuninstall.
  • Jangan lupa untuk mengecek kembali galeri penyimpanan bahwa file-file kamu sudah kembali.
Baca juga >>
Review Samsung Galaxy S10

Nah! Itulah cara mengembalikan file di whatsapp yang telah terhapus baik yang disengaja ataupun tidak. Sangat mudah sekali, bukan?

Perlu diingat juga, bahwa untuk mengembalikan file di whatsapp harus melalui proses pencadangan dulu. Sebab jika tidak, file kamu tidak bisa dipulihkan. Oiya guys! Kamu juga bisa mengembalikan file-file di whatsapp ini karena adanya bantuan dari google drive atau penyimpanan awan. Jadi, penyimpanan ini memanfaatkan kapasitas ruang penyimpanan Google Drive yang mencapai 15 GB. So, tidak perlu khawatir akan memenuhi ruang penyimpanan ponsel kamu.

Setelah membaca cara-cara di atas, apakah kaku sudah mencobanya? Jika belum, yuk coba kita praktikan. Tentunya hal ini sangat memudahkan bagi para penggunanya apabila mereka kelupaan telah menghapus file-filenya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat