Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tidak Ada Jaringan 3G 4G

Apakah sinyal di smartphone Anda pernah mendadak hilang? Jika iya, tidak perlu khawatir karena selalu ada cara mengatasi sinyal hilang tidak ada jaringan yang bisa dilakukan. Apabila Anda ingin tahu lebih jauh, simak ulasan ini sampai akhir!

Sinyal menjadi salah satu komponen yang penting pada smartphone, karena sebagus apapun smartphone yang dimiliki tapi tidak ada sinyalnya, maka semuanya tidak akan berarti. Itulah mengapa pada saat smartphonenya tidak ada sinyal, banyak orang yang langsung kebingungan dan pasti akan dengan segera melakukan apapun supaya sinyal di smartphonenya muncul kembali.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tidak Ada Jaringan

Ada banyak yang hal yang menyebabkan sinyal di smartphone mendadak hilang, dimulai dari faktor cuaca, kerusakan pada hardware dan software pada ponsel Anda, hingga kerusakan pada signal receivernya. Namun jangan khawatir, selalu ada solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi. Jika Anda sedang mencari solusinya, maka berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Melepas dan Memasang Sim Card

Ketika sinyal di smartphone Anda mendadak hilang, hal pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan melepas SIM Cardnya lebih dulu. Sebab tidak dapat dipungkiri jika SIM Card juga menjadi salah satu faktor sinyal atau jaringan di ponsel mendadak hilang. Maka dari itu, cobalah untuk melepaskannya dulu dari ponsel Anda dan kemudian dipasang ke ponsel lain.

Apabila sinyalnya tetap tidak muncul pada saat sudah dipasangkan di ponsel lain, maka itu artinya memang provider dari SIM Card yang dimiliki sedang mengalami masalah. Jika kejadiannya semacam itu, cobalah untuk menghubungi customer servis dari providernya untuk mencari tahu apa penyebabnya. Tetapi jika yang terjadi justru sebaliknya, maka itu artinya ada masalah serius pada ponsel Anda, dan lebih baik segera dibawa ke tempat servis resminya untuk mencari tahu sumber kerusakan.

2. Smartphone dalam Kondisi Airplane Mode

 Mode Airplane atau mode pesawat juga termasuk salah satu faktor yang menyebabkan hilangnya sinyal atau jaringan pada smartphone Anda. Apabila ternyata permasalahan ini perihal mode airplane ponsel yang menyala, maka bisa langsung dimatikan dan ditunggu beberapa saat setelahnya. Dengan cara itu sinyal atau jaringan pada smartphone Anda bisa kembali seperti semula.

3. Restart Smartphone

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hilangnya sinyal atau jaringan pada smartphone Anda, cobalah untuk me-restart smartphone. Walaupun hal ini terlihat sepele, tetapi pada kenyataannya cukup sukses untuk mengembalikan sinyal atau jaringan pada smartphone Anda. Namun khusus untuk cara ini, bisa dilakukan apabila smartphone yang sering digunakan untuk sudah lama tidak di-restart.

4. Pencarian Jaringan Secara Manual

Pada saat sinyal atau jaringan pada ponsel Anda mendadak hilang, maka cobalah untuk melakukan pencarian secara manual. Cara ini bisa dilakukan pada saat semua usaha yang sebelumnya sudah disebutkan tidak membuahkan hasil apapun.

Untuk melakukan cara ini, cukup masuk ke menu Setting di smartphone dan kemudian memilih menu Network, dilanjutkan Connections. Kemudian dilanjutkan ke Mobile Network. Supaya jaringan bisa terdeteksi, Anda bisa pilih menu Operator dan berikutnya mengklik Select Automatically. Jika sudah melakukan langkahnya dengan benar, maka sinyal atau jaringan di smartphone Anda akan langsung muncul.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Tidak Ada Jaringan

5. Pengecekan Pengaturan APN

Biasanya pengaturan APN yang tidak tepat akan menjadi penyebab jaringan pada smartphone menjadi error. Itulah mengapa pada saat smartphone yang digunakan tiba-tiba sinyal atau jaringannya mendadak hilang, Anda bisa melakukan pengecekan di bagian pengaturan APN. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke menSetting, lalu pilih Kartu SIM dan kemudian Jaringan Seluler lalu di akhirnya dengan mengklik APN.

Pada saat melakukan cara ini, hal yang harus dipahami yaitu pengaturannya akan sangat dipengaruhi oleh jenis provider yang digunakan, dengan begitu bisa ditarik kesimpulan kalau pengaturan APN dari provider yang satu dengan yang lain sangat berbeda alias tidak sama.

6. Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Cara berikutnya yang yaitu mengembalikan smartphone Anda ke setelan pabriknya atau istilah yang biasa dikenal yaitu factory reset. Namun perlu digarisbawahi, pada saat memilih cara ini maka ada hal yang harus dikorbankan yaitu Anda harus siap untuk kehilangan semua data di smartphone. Maka dari itu, sebelum menggunakan cara ini, ada baiknya jika Anda mencadangkan lebih dulu atau back up seluruh data yang ada di smartphone. Dengan cara itu, semua data-data penting yang ada di smartphone tidak akan hilang dan akan tetap aman, serta sinyal atau jaringan di ponsel akan kembali seperti semula.

7. Membersihkan Cache HP

Cache merupakan sekumpulan data yang akan tersimpan secara otomatis pada saat smartphone Anda sedang digunakan, dimana fungsinya yaitu mengoptimalkan sistem. Pada saat sinyal atau jaringan ponsel Anda mendadak hilang, maka membersihkan cache merupakan salah satu solusinya. Mengapa demikian? Sebab dengan menghapus cache, maka konfigurasi yang ada di sistem bisa terhapuskan. Namun cache yang dimaksud dalam kasus ini yaitu Dalvik Cache dan Partition Cache yang bisa dihapus lewat mode recovery.

8. Membersihkan Konektor dan Kartu SIM

Pada setiap seri smartphone zaman sekarang, hampir seluruh memiliki sebuah slot khusus yang berfungsi sebagai penyimpan kartu SIM. Tetapi yang namanya hardware, tentu saja bisa kotor. Ketika slot khusus itu kotor maka akan menimbulkan masalah yaitu pembacaan kartu SIM akan menjadi terganggu dan akhirnya membuat sinyal atau jaringan di ponsel Anda mendadak hilang.

Supaya bisa mengembalikan sinyal atau jaringan di smartphone Anda, maka cobalah untuk lebih dulu membersihkan slot khusus itu menggunakan kain yang lembut atau tisu. Kemudian periksa juga kartu SIM-nya, apakah ada kotoran yang menempel atau tidak. Sebab, ketika sudah digunakan bertahun-tahun dan jarang dilepas, sangat mungkin kotoran untuk menempel dan akhirnya membuat sinyal atau jaringan mendadak hilang.

9. Flash Ulang Smartphone

Jika Anda sudah me-reset smartphone tetapi masih rusak, maka itu artinya ponsel Anda butuh di-flashing. Flash ulang smartphone umumnya dilakukan untuk memperbaiki banyak kerusakan yang sudah terjadi, dimana ponsel sering error, bootloop, error hingga mati total. Flash umumnya menjadi cara yang paling ampuh dalam memperbaiki segala jenis kerusakan yang terjadi smartphone Anda.

Lalu apa kaitannya flash ulang smartphone dengan mengembalikan sinyal atau jaringan yang hilang? Tentu saja ada kaitannya, karena apabila ternyata kerusakan yang terjadi itu merupakan kerusakan sistem di bagian ROM yang mengalami bug, maka dengan melakukan flash ulang semua hal itu bisa teratasi. Lalu sinyal atau jaringan ponsel Anda bisa segera kembali.

10. Invalid IMEI

Cara selanjutnya mengembalikan sinyal atau jaringan yang mendadak hilang yaitu dengan melakukan pengecekan IMEI-nya. Tahukah Anda apakah IMEI itu? IMEI merupakan nomor yang ada ponsel Anda dan dikenal sebagai identitasnya, karena setiap ponsel punya nomor IMEI yang berbeda-beda.

Biasanya setiap sinyal atau jaringan ponsel yang hilang memiliki hubungan erat dengan IMEI karena terjadinya ke-invalidan atau yang biasa disebut invalid IMEI yang umumnya terjadi karena beberapa hal mulai dari ROM HP yang mengalami perubahan, mengalami bug hingga salah flash.

Apabila IMEI ponsel Anda sampai invalid maka akan menyebabkan kartu SIIM jadi tidak terbaca dan akhirnya membuat sinyal atau jaringan mendadak lenyap. Apabila kasus yang terjadi seperti ini, maka ada dua hal yang mungkin terjadi. Bisa kembali atau tidak. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan lebih dulu menggunakan kode dial *#06# atau menggunakan aplikasi khusus.

11. Kartu SIM Tidak Terbaca

Kartu SIM menjadi bagian yang sangat penting pada smartphone, karena lewat SIM Card Anda bisa melakukan berbagai kegiatan melalui smartphone, seperti menelpon, berkirim pesan, bersosmed ria dan masih banyak lagi. Lalu, apa jadinya jika kartu SIM tidak terbaca? Tentunya akan membuat menjadi repot, karena aktivitas Anda menggunakan smartphone jadi terganggu. Biasanya ada banyak hal yang menyebabkan kartu SIM bisa tidak terbaca, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Kartu SIM Panas

Penyebab pertama kartu SIM tidak terbaca yaitu karena terlalu panas. Biasanya untuk kasus ini ada pengaruh yang besar dari ponsel Anda, sehingga dalam jangka waktu tertentu bakal membuat kartu SIM rusak dan tidak dapat terdeteksi kembali hingga akhirnya membuat sinyal atau jaringan jadi tidak terdeteksi.

2. Slot Kartu SIM Mengalami Kerusakan

Penyebab berikutnya mengapa kartu SIM tidak terbaca yaitu karena slot kartunya mengalami kerusakan. Kerusakan slot kartu yang umumnya terjadi karena ada kuningannya dan akhirnya membuat kartu SIM bisa jadi tidak terbaca.

3. IMEI Hilang

Hal berikutnya yang membuat kartu SIM jadi tidak terbaca yaitu IMEI-nya hilang. Sebab IMEI merupakan identitas HP, maka dapat dikatakan jika pengaruhnya sangat besar pada HP. Tentunya jika sudah hilang, maka akan membuat kartu SIM menjadi tidak terbaca dan akhirnya membuat sinyal atau jaringan menjadi tidak terdeteksi.

4. Adanya Gangguan Jaringan Provider

Berikutnya yang menjadi penyebab dari tidak terbacanya kartu SIM pada ponsel Anda yaitu adanya gangguan provider. Biasanya gangguan provider akan membuat kartu SIM di ponsel mendadak jadi tidak terdeteksi walaupun sebelumnya biasa-biasa saja alias tidak ada gangguan sama sekali.

5. Masa Pakai Kartu SIM Sudah Terlalu Lama

Tidak bisa dipungkiri kalau setiap barang pasti ada jangka waktu penggunaannya, demikian pula dengan kartu SIM. Biasanya, kartu SIM yang dipakainya sudah terlalu lama umumnya akan habis juga kadaluarsanya, dan jika hal ini terjadi pastinya akan membuat sinyal atau jaringan di ponsel Anda jadi tidak terdeteksi.

6. Adanya Masalah IC PA

Masalah terakhir yang menjadi penyebab kartu SIM tidak terbaca yaitu terjadinya masalah pada IC PA, yang merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam penangkapan sinyal pada smartphone. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka sinyal atau jaringan ponsel Anda akan mendadak hilang karena kartu SIM jadi tidak terdeteksi.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Setelah Hp Android Di Flash

Cara Mengatasi Sinyal Hilang setelah HP android di flash

Pengguna android mungkin alami kebingungan ketika tiba tiba sinyal hp hilang setelah atau update rom ke versi lebih tinggi atau setelah hp di flash. Ini bisa terjadi akibat proses flashing android gagal. Jika demikian, maka biasanya flashing gagak ditandai beberapa hal berikut ini :

1. IMEI tak terdeteksi, hilang (null)

2. Partisi EFS rusak, kartu sim tidak terdeteksi (no SIM Card)

3. Wifi dan bluetooth tidak menyala atau nonaktif

4. Sinyal hilang

Siapa tidak kesal, jika tiba tiba sinyal hp hilang setelah di flash. Padahal, dengan flashing hp berniat ingin membuat performa lebih baik ketimbang sebelumnya, bukan kehilangan sinyal. Tentu hal ini akan sangat mengganggu produktivitas anda. Tanpa sinyal, hp tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi maupun untuk internetan. Lalu, kenapa sinyal hp bisa hilang setelah di flash?

Sinyal hilang setelah flashing, bisa jadi karena firmware atau rom HP tidak sesuai. Ketidaksesuaian rom dapat membuat sinyal hilang atau tak terdeteksi sama sekali. Kadang kadang juga muncul kasus lain seperti hp tidak bisa deteksi kartu sim. Ini bisa jadi karena imei di android hilang, karena rom tidak resmi.

Hal ini membuat sinyal tidak terdeteksi. Ini tidak mengherankan jika pengguna menggunakan rom kustom yang tidak sesuai. Jika ingin flash HP xiaomi, misalnya, sebaiknya gunakan rom global MIUI global. Jadi bila sinyal hp tiba tiba hilang setelah flashing, maka langkah pertama yang dilakukan yakni gunakan firmware resmi untuk indonesia. Ini agar sinyal hp anda bisa digunakan untuk operator seluler indonesia.

Berikut cara yang bisa dilakukan jika sinyal hp android hilang setelah di flash.

1. Gunakan ROM sesuai bawaan hp

Masalah sinyal hilang di hp android setelah di flash, bisa jadi karena rom atau firmware yang tak sesuai, atau tidak resmi. Maka sebaiknya gunakan rom resmi atau rom untuk wilayah Indonesia.

2. Cek IMEI dengan Kode Android

IMEI juga bisa menjadi penyebab sinyal hilang setelah hp di flash. Jika IMEI hilang, maka sinyal akan hilang. Nomor IMEI bisa hilang jika HP merupakan hasil blackmarket, atau dari pasar gelap dimana romnya palsu dan tidak resmi.

Di Indonesia, baru baru ini juga diterapkan kebijakan penghapusan imei untuk beberapa produk elektronik termasuk hp. Sebagai konsekuensi kebijakan ini, hp ilegal atau black market yang menggunakan berbagai fitur palsu atau tidak resmi dipastikan diblok, sehingga tidak bisa digunakan termasuk sinyal hilang.

Untuk cek IMEI, bisa lakukan kode dial *#06#. Bila muncul informasi IMEI tidak valid/null, maka sinyal hilang bisa dipastikan berasal dari hilangnya IMEI. namun jika setelah di flash data seluler sudah aktif tapi tak bisa terhubung internet, mungkin ada faktor penyebab lainnya.

Itulah informasi tentang sinyal hilang setelah hp android di flash. Hilangnya sinyal bisa disebabkan beberapa faktor, seperti penggunaan rom yang tak sesuai, juga bisa jadi disebabkan rom yang dipakai tidak resmi atau palsu. Untuk itu, pastikan selalu beli HP bergaransi resmi, dan tidak palsu. Sehingga aman dari kerusakan seperti sinyal hilang.

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G LTE only

Untuk sekarang ini kecepatan jaringan Internet di Indonesia sudah banyak yang menggunakan jaringan 4G LTE yang mampu mengunduh dengan kecepatan 100Mbps walaupun belum merata sampai kesetiap daerah nusantara akan tetapi kedepanya kualitas jaringan Internet akan semakin stabil juga merata.

Jaringan 4G LTE setidaknya mampu memberikan kebebasan juga kelancaran dalam hal penggunaan internet yang tidak perlu menunggu loading dan buffering saat sedang menonton video di Youtube. Untuk melakukan komunikasi lewat Videocall juga lancar tanpa ada hambatan. Untuk saat ini ponsel pintar OPPO dengan akses jaringan 4G LTE seperti model OPPO F1s, OPPO R9 Plus, OPPO A37,A35, OPPO R7, Neo 7, Oppo A59, dan Oppo R9 plus.

Jika Anda pemilik ponsel OPPO yang dikeluarkan pada tahun 2016 ke atas maka akses jaringan 4G LTE bisa dinikmati, akan tetapi untuk merubahnya dari jarinagn 3G HSPA ke jaringan 4G LTE tidak semua pemilik bisa melakukannya apalagi untuk para pengguna baru, walaupun caranya sangat gampang sekali. Silahkan simak ulasanya dibawah ini:

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G LTE only Pada HP OPPO

  • Silahkan masuk ke menu Settingan ponsel lalu pilih Sim jaringan seluler dan pilih lagi jenis jaringan yang dianjurkan setelah itu pilih 4G/3G/2G otomatis.
  • Jika settingan telah benar, silahkan tekan kode rahasia hp oppo yaitu *#*#4636#*#* setelah itu akan dibawa ke menu informasi tentang ponsel oppo, silahkan kalian pilih Informasi telepon, akan muncul jenis jaringan untuk ponsel oppo.
  • Jika sudah masuk ke informasi telepon scroll ke bawah dan pilih jaringan LTE Only, maka akan menggunakan jaringan 4G LTE Only.
  • Jika sudah memilih jaringan di atas tadi maka ponsel hanya akan menerima jaringan atau sinyal G LTE saja.
  • Untuk menikmati akses 4G LTE tentunya harus memiliki paket data internet 4G yang bisa dibeli sesuai provider yang digunakan.

Demikian beberapa cara mengatasi sinyal hilang tidak ada jaringan di smartphone Anda yang bisa coba untuk dilakukan. Tetapi yang jelas, apabila ponsel Anda sering terjatuh biasanya akan membuat sinyal atau jaringannya sering hilang meskipun ketika digunakan normal-normal saja. Jadi, usahakan untuk tidak sering menjatuhkan ponsel Anda agar hal-hal sinyal atau jaringannya tidak tiba-tiba hilang.

5/5 (2 Reviews)