cara mengatasi jika anda lupa kata sandi email untuk login di gmail yahoo outlook siapkan verifikasi melalui no hp atau email pemulihan ikuti langkah berikut

Email dikirim dengan sangat cepat dibandingkan dengan pos biasa. Menariknya lagi, kita bisa melakukannya tanpa batasan waktu! Selama layanan e-mail tersebut disediakan secara gratis, kita dapat menggunakannya selama 24 jam sehari, dan 365 hari dalam setahun secara non-stop. Yang terpenting adalah kita sudah mendaftar dan memiliki akun di salah satu layanan pesan elektronik tersebut.

Dengan berbekal nama email (atau nama akun) dan kata sandi, kita bisa mengakses kapanpun dan mengirimkan pesan sebanyak apapun. Hanya saja ada kalanya kita tidak bisa mengakses e-mail tersebut akibat lupa kata sandi.

Nah, khusus buat kamu yang mengalami hal tersebut, mungkin beberapa langkah mengatasi lupa kata sandi berikut bisa membantu secara instan.

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Gmail

Salah satu layanan e-mail terkemuka dan paling banyak digunakan saat ini adalah Gmail. Dikelola langsung oleh Google, layanan ini hampir-hampir tak pernah mengalami gangguan.

Saat kita mengirimkan data dan file, semuanya tersimpan di dalam Cloud yang berarti semua dokumen tersebut akan selalu tersedia untuk kita akses selama bisa login menggunakan alamat e-mail dan password.

Jika lupa kata sandinya, maka lakukan beberapa langkah mudah berikut ini:

  1. Akses gmail.com melalui browser (misalnya Google Chrome). Tak peduli kamu menggunakan PC atau smartphone.
  2. Di kolom “email atau ponsel”, silahkan masukan alamat email kamu. Kemudian klik tombol “berikutnya”.
  3. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukan kata sandi. Lalu klik “Lupa sandi?” yang terletak di bawah kolom yang disediakan.
  4. Dari sini kita akan ditawarkan beberapa cara pemulihan akun, biasanya berupa “masukan sandi terakhir”. Jika tidak ingat, klik “coba cara lain”.
  5. Cara yang kedua ini kita harus memasukan nomor handphone kita pada saat mendaftar akun Gmail tersebut. Jadi, pastikan nomor tersebut masih aktif ya! Kemudian tekan tombol “kirim”.
  6. Tunggu beberapa saat dan cek SMS di nomor yang kamu masukan tersebut. Google akan mengirimkan semua nomor verifikasi.
  7. Masukan nomor verifikasi tersebut ke kolom yang telah disediakan. Biasanya menggunakan awalan G-. Lalu klik tombol “lanjutkan”.
  8. Jika berhasil, maka kamu akan dibawa ke halaman Ubah Sandi. Masukan kata sandi baru di kolom yang telah disediakan. Jangan lupa masukan pula kata sandi sama di kolom konfirmasi.
  9. Sekarang silahkan kamu login lagi dengan menggunakan kata sandi baru tersebut.

Jangan sampai lupa lagi ya! Jika misalnya kejadian, lakukan cara yang sama dari nomor 1-9 di atas. Kuncinya adalah jangan sampai nomor handphone kamu hilang!

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Yahoo

Sebelum ada Gmail, Yahoo lebih dulu menjadi sorotan banyak orang, terutama bagi generasi tahun 90an.

Email ini juga termasuk ke dalam layanan gratisan yang dapat dimiliki oleh semua orang. Ada dua alternatif yang ditawarkan, yakni .com dan .co.id.

Namun untuk alasan tertentu, sekarang pamornya kalah dengan Gmail. Meskipun begitu, masih ada orang yang doyan menggunakan layanan tersebut untuk berbagai macam alasan.

Jika kamu adalah salah satunya dan kebetulan lupa kata sandi dari layanan email yang satu ini, maka ikuti saja langkah mudah berikut ini:

  1. Akses yahoo.comdi browser masing-masing ya! Disarankan menggunakan Google Chrome.
  2. Masukan alamat email di kolom yang telah disediakan, kemudian klik tombol “lanjutkan”.
  3. Setelah itu, kita akan dibawa ke halaman kata sandi. Dikarenakan kita lupa, jadi klik saja “lupa kata sandi”.
  4. Sama halnya seperti Gmail di atas, kita pun akan ditawarkan beberapa opsi untuk mengatasi masalah lupa tersebut. Diantaranya ada nomor handphone dan email pemulihan.
  5. Untuk contoh kali ini, kita gunakan nomor handphone saja ya!
  6. Tinggal pilih opsi nomor handphone tersebut dan klik tombol “Ya, kirimi saya Kunci Akun via SMS”.
  7. kemudian tunggu sampai Yahoo mengirimi kita ‘Kunci Akun’ via SMS.
  8. Jika sudah sampai, masukan Kunci Akun tersebut ke kolom yang telah disediakan. Biasanya berupa 8 alfabet unik. Setelah itu klik tombol “verifikasi”.
  9. Kamu akan dibawa ke halaman password untuk memasukan kata sandi baru.
  10. Kamu juga akan ditawari untuk memasukan recovery emailjika misalnya besok-besok kamu kembali lupa kata sandi email Yahoo tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa orang lebih doyan menggunakan Yahoo berkat desainnya yang sederhana dan antarmukanya yang bersih.

Sekalipun fiturnya cukup terbatas, akan tetapi layanan ini bebas iklan, memiliki filter pesan, dan kemampuannya untuk beralih antara versi lama ke versi baru – atau sebaliknya.

Jadi jangan panas kepala jika misalnya ada orang yang mengejek kamu gegara masih menggunakan layanan email Yahoo. Toh, masih sangat keren dan berkelas kok!

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Outlook

Ada lagi layanan email jadul yang disediakan oleh microsoft. Bahkan beberapa orang kelahiran era 90an pastinya pertama kali diajari membuat email outlook di mata pelajaran IT pas sekolah dulu.

Kelebihan dari MS Outlook ini adalah kemampuannya dalam membantu mengelola dan mengoptimalkan layanan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Ini memungkinkan kita mengatur kontak dan email ke dalam beberapa kategori berdasarkan pemilik bisnis dan karyawan.

Sekalipun sudah jarang dilirik dan digunakan, namun email ini masih sangat diperlukan untuk tujuan tertentu.

Seperti misalnya bagi para penyedia jasa SEO, email outlook masih mampu bekerja dengan sempurna saat disingkronkan dengan software seperti GSA SER.

Kamu juga boleh mengenang masa-masa indah di sekolah dengan mengakses email jadul yang satu ini.

Semisal kata sandinya lupa, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama masuk ke microsoft.com melalui browser favorit masing-masing.
  2. Selanjutnya klik tombol “sign in”.
  3. Kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya. Silahkan masukkan alamat email kamu ya! Kemudian klik tombol “Next”.
  4. Setelah itu, kamu akan diminta memasukan kata sandi. Dikarenakan lupa, klik “forgotten your password”.
  5. Berbeda dengan Yahoo dan Gmail di atas, kita hanya diminta memasukan satu buah email berbeda sebagai pemulihan. Silahkan masukan bebas selama kamu punya akses ke email pemulihan tersebut (misalnya yahoo atau gmail).
  6. Setelah itu, tulis “captcha” untuk verifikasi dan klik tombol “lanjutkan”.
  7. Cek email pemulihan kamu dan cari email dari “Microsoft Account Security Code”.
  8. Copas nomor pemulihan tersebut ke kolom yang telah disediakan, lalu klik tombol “verify”.
  9. Kamu akan dibawa ke halaman profil. Masukan saja data yang diminta (seperti nama, ttl, dan lain sebagainya), kemudian klik tombol “next”.
  10. Dari sini kamu baru bisa membuat kata sandi baru di dua kolom yang telah disediakan.

Seperti biasa, jangan sampai lupa lagi kata sandi kamu ya! Oh iya, Outlook dan Microsoft itu saling tersingkronisasi.

Jadi saat kamu ingin menyewa atau membeli produk microsoft seperti Ms.Office dan Windows, maka bisa menggunakan akun dan kata sandi yang sama!