Cara Mengatasi Laptop Windows 10 Lemot, 100% Ampuh!

Windows 10 saat ini menjadi sistem operasi berbasis windows terbaru dari Microsoft yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, tentunya termasuk di Indonesia. Berbagai fitur bisa ditemukan dengan menggunakan sistem operasi yang satu ini.

Hanya saja ada satu kelemahan dari Windows 10 yang paling terlihat adalah lemot. Jika masalah windows 10 lemot terjadi pada sistem operasi berbasis windows milik Anda, ada beberapa cara mengatasi laptop windows 10 lemot yang Anda bisa terapkan.

Berikut cara mengatasi laptop windows 10 lemot yang bisa Anda terapkan dan dijamin 100% ampuh. Lets check these out!

Cara Mengatasi Laptop Windows 10 Lemot, 100% Ampuh!

Lakukan update windows 10

Bagi pengguna sistem operasi windows 10, cara mengatasi laptop windows 10 lemot yang pertama bisa dilakukan adalah melakukan update. Anda harus tahu bahwa Microsoft terus menerus melakukan update windows 10 yang tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan atas bug yang melambatkan kerja dari suatu sistem.

Beberapa update tersebut terhitung minor namun juga ada yang membawa perubahan cukup signifikan atas kinerja dan efisiensi sistem. Karena itu update diperlukan dan bisa menjadi salah satu cara Anda mengatasi masalah lemot pada windows 10.

Hapuslah aplikasi – aplikasi yang tidak digunakan

Anda harus tahu bahwa aplikasi yang tidak digunakan akan memakan tempat di harddisk Anda dan bisa menurunkan kerja dari windows 10. Anda harus menghapus aplikasi – aplikasi yang tidak digunakan tersebut.

Baca juga >>
Cara Merubah Suara Quick Voice Chat PUBG Mobile Ke Versi Loli Jepang Versi C

Untuk melihat aplikasi apa saja yang terpasang di perangkat, Anda bisa buka :

  • Control Panel
  • Kemudian pilih Programs
  • Pilih Programs and Features
  • Uninstall a Program

Install aplikasi anti virus

Anda harus tahu bahwa virus dan spyware di laptop bisa mengakibatkan sistem operasi windows 10 di laptop Anda menjadi lemot. Solusinya, Anda harus install aplikasi anti virus disana. Aplikasi Windows Defender menjadi salah satu antivirus terpercaya yang bisa digunakan untuk mengecek virus dan spyware pada windows 10.

Ganti pengaturan daya laptop Anda

Selanjutnya ubah pengaturan daya baterai laptop Anda. Caranya dengan Anda masuk ke Control Panel, pilih System and Security, kemudian pilih Power Options. Setelah itu, klik tanda panah di bagian sebelah kanan agar bisa menampilkan kotak dialog “Additional plans” kemudian pilih opsi High Performance.

Perhatikan aplikasi ketika proses booting berlangsung

Salah satu penyebab laptop windows 10 lemot adalah karena banyaknya program di laptop Anda yang secara langsung berjalan otomatis ketika laptop dihidupkan. Untuk mempercepat booting di windows 10, Anda bisa batasi aplikasi apa saja yang bisa berjalan di proses booting.

Caranya Anda buka Task Manager dan klik tab Startup. Disana Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang berjalan ketika startup dan seperti apa dampaknya terhadap performa sebuah laptop. Untuk aplikasi yang tidak penting dan tidak digunakan, segera hapus.

Jalankan disk cleanup

Apa itu disk cleanup? Disk cleanup merupakan suatu utility yang dapat membantu Anda untuk menghapus berbagai macam file yang tidak diinginkan seperti halnya file sementara, halaman web offline, dan juga file installer. Cara mengaksesnya juga cukup mudah. Buka menu start dan klik disk cleanup.

Baca juga >>
5+ Game Asah Otak yang Wajib Dimainkan, Seru Banget!

Jalankan perawatan sistem windows 10

Sistem operasi windows 10 merupakan sebuah sistem operasi yang memiliki layanan built in yang dapat menjalankan perawatan sistem secara rutin seperti defragmenting harddisk, pemindaian update baru dan pengecekan malware.

Task semacam itu biasanya bisa berjalan di bagian background, namun jika Anda merasa ada suatu perubahan pada kinerja sistemnya maka Anda bisa menjalankannya secara manual. Caranya Anda buka menu Control Panel kemudian pilih menu System and Security.

Selanjutnya pilih Security and Maintenance, setelah itu klik tanda panah yang menunjukkan opsi maintenance. Klik start maintenance dan pemeliharaan akan dilakukan oleh sistem.

Itulah beberapa tahapan cara mengatasi laptop windows 10 lemot yang bisa Anda terapkan. Laptop lemot Anda akan segera teratasi.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat