6 Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Kusam Secara Alami

Anda perlu mengetahui cara mengatasi kulit kering dan kusam agar bisa tampil cantik alami. Terlebih bagi Anda yang mengalami masalah kulit seperti bersisik, kering dan kurang perawatan. Dengan tips dari cantikkekinian.com berikut, Anda bisa melakukan perawatan secara alami agar kulit lebih sehat dan lebih cerah.

Banyak sekali faktor penyebab yang menjadikan kulit tampak kusam dan kering. Tentu kondisi ini akan mengganggu penampilan dan kecantikan Anda. Faktor seperti cuaca, iklim dan bahkan umur merupakan penyebab yang menjadikan kulit tampak kusam dan kering. Penyebab kulit kering lainnya yaitu akibat adanya masalah pada kelenjar minyak di bawah kulit.

Cara Alami Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Salah satu tips yang bisa diterapkan dalam perawatan kulit kering yaitu dengan menggunakan bahan alami. Meskipun terkesan tradisional, namun penggunaan bahan alami dalam perawatan kulit wajah maupun tubuh terbukti cukup efektif. Ada banyak sekali bahan alami yang terdapat di sekitar kita yang bisa digunakan. Selain hemat dan murah, penggunaan bahan alami juga lebih aman bagi kesehatan kulit jangka panjang.

Berikut adalah tips cara merawat kulit yang kusam dan kering. Simak selengkapnya.

Cara Alami Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Banyak minum air putih

Air adalah sumber kehidupan. Sebagian besar dari tubuh manusia juga terdiri dari air. Oleh karena itu, kita harus selalu memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh. Selain dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar, minum air putih secara teratur juga akan menjadikan kulit lebih segar dan terhindar dari kusam dan kekeringan. Minumlah air setidaknya 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Konsumsi makanan dengan vitamin A dan C

Baca juga >>
Ketahui Model Potongan Rambut yang Cocok Sesuai Bentuk Wajah!

Untuk mendapatkan asupan vitamin A dan vitamin C bagi tubuh, kita bisa mengonsumsi buah-buahan segar. Buah seperti pepaya, mangga, apel, pisang, strowbery, kiwi dan jeruk merupakan buah yang kaya kandungan vitamin C. Buah-buahan ini dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang akan meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Makan makanan yang mengandung vitamin E

Cara lain untuk menjaga kesehatan kulit yaitu dengan banyak memperoleh asupan vitamin C. Vitamin E di dalam tubuh berperan menjaga kelembapan, kesegaran, menjaga elastisitas kulit dan membuat kulit lebih kencang. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, Anda bisa mengonsumsi jenis kacang-kacangan.

Cukup asupan lemak

Cara mengatasi kulit kering dan kusam secara alami juga harus memastikan tubuh tercukupi kebutuhan lemaknya. Namun bukan berarti kita boleh mengonsumsi sembarang lemak, pastikan hanya lemak sehat yang baik bagi tubuh. Jenis lemak yang baik bagi tubuh yaitu asam lemak omega. Kita bisa mendapatkannya melalui makanan seperti ikan salmon, kenari, kelapa,buah alpukat.

Teratur menjalani olahraga

Olahraga juga bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan kulit. Mengatasi masalah kulit kering dengan menjalani olahraga teratur juga akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun melalui keringat yang dikeluarkan. Pastikan Anda mandi dengan bersih setelah menjalani olahraga.

Menggunakan pelembab

Penggunaan pelembab juga cukup penting untuk mengatasi kekeringan pada kulit yang kusam. Gunakan pelembab kulit setelah mandi agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Lakukan tips-tips di atas agar kesehatan kulit senantiasa terjaga. Cara mengatasi kulit kering dan kusam secara alami ini bisa Anda coba agar bisa tampil cantik alami.