Cara Mengatasi Krisis Ekonomi

Krisis ekonomi sedang melanda seluruh dunia. Selain dampaknya yang luar biasa secara global, krisis ini diperkirakan akan berlangsung lebih lama. Berikut adalah berbagai kebijakan untuk mengatasi krisis ekonomi, seperti penurunan PDB.

Krisis ekonomi bisa mengakibatkan :

– Kurangnya pertumbuhan ekonomi / resesi.

  • Pengangguran Tinggi.
  • Defisit struktural jangka panjang.
  • Kurangnya kepercayaan pada sektor keuangan dan konsumen.

– Devaluasi cepat

Cara Mengatasi Krisis Ekonomi

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi krisis ekonomi diantaranya adalah sebagai berikut :

Kebijakan Fiskal

Ketika pemerintah mempengaruhi permintaan melalui perubahan pengeluaran atau pajak. Investasi pemerintah dalam infrastruktur baru membantu merangsang permintaan dan menciptakan lapangan kerja. Pemotongan pajak pendapatan adalah meningkatkan pendapatan pekerja yang dapat dilakukan, mendorong mereka untuk berbelanja. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Kebijakan Moneter

Ketika Bank Sentral mempengaruhi permintaan dan penawaran uang. Pemotongan suku bunga – membuat pinjaman lebih murah dan seharusnya meningkatkan pendapatan perusahaan dan rumah tangga yang mengarah ke pengeluaran yang lebih tinggi. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Pelonggaran Kuantitatif

Ketika Bank Sentral menciptakan uang dan membeli obligasi untuk mengurangi hasil obligasi dan Uang helikopter – ketika bank sentral menciptakan (mencetak) uang dan memberikannya kepada semua orang dalam perekonomian.

Kebijakan sisi penawaran

Kebijakan jangka panjang untuk mencoba dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam perekonomian. Kebijakan sisi penawaran pasar bebas – mengurangi intervensi pemerintah dalam ekonomi, mis.  pajak yang lebih rendah Kebijakan intervensionis – pengeluaran pemerintah untuk pendidikan dan pelatihan. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Baca juga >>
67 Desain Rumah Minimalis Konsep Villa

Dana talangan IMF memberikan uang untuk membendung hilangnya kepercayaan dan menerapkan kebijakan penyesuaian struktural, misalnya  pengumpulan pajak yang lebih baik, privatisasi, liberalisasi harga. Dana talangan pemerintah untuk industri / bank.  Untuk mencegah hilangnya kepercayaan pada sektor keuangan. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Cara mengatasi krisis ekonomi akibat Covid-19

Pada Maret 2020, virus korona telah menyebabkan guncangan tajam pada permintaan yang mengarah ke tekanan resesi.  Hal ini menyebabkan harga minyak anjlok dan pasar saham jatuh. Beberapa sektor ekonomi sangat terpukul. perjalanan, rekreasi, ekonomi pertunjukan.  Tidak diketahui apakah itu akan membuktikan kesalahan sementara atau berubah menjadi resesi skala penuh.

Pemotongan suku bunga

 Pemotongan suku bunga akan memberikan sedikit keringanan bagi bisnis dan pemilik rumah atau mereka akan memiliki biaya hipotek yang lebih rendah.  Namun, hal itu tidak mungkin untuk merangsang permintaan atau membuat perbedaan sebanyak itu.  Dalam iklim yang sulit, bisnis tidak akan mulai berinvestasi karena pemotongan kecil suku bunga.  Banyak pekerja ekonomi pertunjukan tidak akan memperhatikan penurunan suku bunga.  Intinya, penurunan suku bunga sebanding dengan sentimen negatif. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Pemotongan pajak penghasilan

Diusulkan oleh Dewan, pemotongan pajak gaji atau pendapatan meningkatkan pendapatan yang dapat dilakukan dan secara teori, dapat mendorong pengeluaran.  Namun, pemotongan pajak penghasilan tidak membantu mereka yang paling terkena dampak krisis.  Mereka yang menganggur atau wiraswasta yang mengalami penurunan pendapatan.  Selain itu, banyak pemilik rumah mungkin akan menghemat pemotongan pajak karena kepercayaan diri dan ketidakpastian yang rendah. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Uang Helikopter

Baca juga >>
Penyebab Dan Indikasi Resesi Ekonomi

Ini melibatkan Bank Sentral menciptakan uang dan memberikan jumlah tetap kepada semua orang.  Hal ini untuk menghindari pengujian kemampuan dan berarti mereka yang terkena dampak buruk akan mendapatkan penghasilan.  Dalam keadaan normal, mencetak uang menyebabkan inflasi.  Namun, saat ini ada ancaman yang lebih besar dari tekanan deflasi. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Tunjangan pengangguran / sakit yang lebih tinggi

Tunjangan yang lebih tinggi bagi mereka yang sakit atau menganggur – dan membuatnya lebih mudah untuk mengklaim tunjangan.  Ini akan membuat perbedaan besar bagi mereka yang berada di pinggiran ekonomi.  Ini akan memungkinkan mereka untuk terus berbelanja dan membayar sewa mereka.  Manfaat yang lebih tinggi tidak disukai oleh mereka yang menganggap hal itu menimbulkan disinsentif untuk bekerja. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Kebijakan fiskal ekspansif

Pengeluaran yang lebih tinggi untuk investasi publik dapat memicu perekonomian.  Tapi, ini adalah kebijakan yang lambat untuk dilakukan.

Keringanan sewa / keringanan hipotek

Karena ini mungkin terbukti menjadi krisis jangka pendek tetapi terjal, opsi lainnya adalah memaksa bank untuk mengizinkan mereka yang kehilangan pendapatan untuk menunda pembayaran sewa / keringanan hipotek atau pemerintah dapat menawarkan keringanan pajak  tagihan dan tarif.  Hal ini dapat membuat perbedaan antara kebangkrutan dan bertahan bagi perusahaan yang berada di ujung tanduk setelah penurunan permintaan. Ini merupakan salah satu cara mengatasi krisis ekonomi terbaik.

Sampai batas tertentu, tidak ada kebijakan yang dapat mencegah terjadinya penurunan permintaan, saat Anda mengalami krisis seperti ini.  Tapi, pemerintah bisa

Kurangi dampak bagi mereka yang tidak memiliki pendapatan, pembayaran langsung, keringanan sewa, keringanan pajak

Baca juga >>
Cara Menghindari Resesi Ekonomi 2020

Cegah kemerosotan sementara berubah menjadi resesi skala besar – jika sektor swasta mengurangi investasi, ada peran kebijakan moneter dan fiskal untuk memberikan permintaan tambahan.

Hal yang dapat dilakukan secara pribadi

Singkirkan Jaminan Pribadi Jika Memungkinkan.  Jaminan pribadi adalah jerat finansial yang dibuat orang-orang sebagai ganti pinjaman, dan sejumlah besar kebangkrutan non-konsumen diakibatkan oleh jaminan pribadi.  Rencana yang lebih baik adalah mencoba menegosiasikan diri Anda sendiri di luar jaminan pribadi sebelum pinjaman ditarik, tidak peduli betapa menyakitkan hal itu.  Jika Anda harus menjual barang untuk mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk membeli jaminan, lebih baik lakukan itu kemudian lihat aset tersebut dijual dengan harga jual tapi nanti setelah jaminan ditarik.

Kumpulkan Uang Tunai

Satu hal yang konstan dalam setiap penurunan adalah Cash Is King.  Memiliki uang tunai memungkinkan orang tidak hanya untuk puas dengan kreditor, tetapi juga mendapatkan persyaratan yang lebih baik dalam penyelesaian.  Alasannya adalah bahwa kreditor sering kali memiliki kreditor dan pengeluaran mereka sendiri, dan penawaran tunai jauh lebih berharga daripada surat promes yang meragukan atau pembayaran jangka panjang lainnya. Debitur terpintar adalah mereka yang mulai melikuidasi sebanyak mungkin dengan segera dan membangun posisi kas betapapun kecilnya, karena bahkan sedikit uang tunai terkadang dapat sangat membantu dalam berurusan dengan kreditor.

Bayar Pajak Anda.

Memiliki hutang pajak menempatkan seseorang dalam situasi yang sangat buruk dalam hal kebangkrutan.

Kecilkan Semuanya Sekarang

Penurunan tidak terjadi dengan seger,  biasanya membutuhkan beberapa tahun sebelum akhirnya tercapai.  Melikuidasi aset yang tidak perlu seperti rumah peristirahatan, kendaraan tambahan, barang yang mahal seperti pesawat terbang dan kapal, properti . Akan mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada awal penurunan dibandingkan ketika akhirnya mencapai palung.

Baca juga >>
Jenis Smart Glasses Augmented Reality dan Aplikasinya

Jadikan Bisnis Anda Ramping

Kemerosotan sebenarnya bisa menjadi hal yang sangat baik bagi perekonomian karena memaksa bisnis untuk bersandar sedemikian rupa sehingga lebih efisien ketika segala sesuatunya mulai bergulir lagi.  Pelaku bisnis yang baik akan segera memotong bisnis mereka hingga ke tulang, dan mencoba untuk berada di sisi kurva di mana kapasitas mereka untuk menangani bisnis hanya di bawah pasokan bisnis itu, berlawanan dengan saat-saat baik ketika bisnis membawa kapasitas cadangan untuk menangani  bisnis baru tambahan apa pun yang mungkin muncul.

Kemerosotan sebenarnya hanyalah musim perekonomian. Sekarang, musim resesi ekonomi sedang menimpa kita, dan kita harus bertindak seolah dengan tepat.  Mereka yang menyadari bahwa banyak hal telah berubah dan “keadaan normal” tidak akan kembali dalam waktu dekat akan bertahan.

Order via Whatsapp !