Cara Mengaktifkan HDR di WhatsApp

Seringkali saat kita hendak mengirim foto lewat aplikasi WhatsApp fotonya terlihat kurang jernih dan tajam. Kalau menggunakan aplikasi kamera bawaan padahal ada mode HDR yang bisa kita aktifkan dan dapat membuat foto lebih jernih dan tajam. Tapi ketika kita mengambil gambar langsung lewat aplikasi WhatsApp mode HDR tidak muncul dan tidak bisa diaktifkan sehingga kualitas gambar yang terkirim menjadi ala kadarnya.

Ternyata hal ini disebabkan oleh settingan dari aplikasi WhatsApp sendiri yang tidak mengijinkan pengambilan gambar HDR secara langsung. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat bandwith dan untuk meningkatkan kecepatan pengiriman gambar. Nah supaya gambar yang kita kirim lewat aplikasi WhatsApp bisa berkualitas HDR maka triknya adalah kita foto dulu menggunakan kamera bawaan smartphone dengan mode HDR.

Setelah itu baru kita kirim menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai dokumen. Caranya pilih ikon attach ( gambar klip kertas ) kemudian pilih dokumen, kemudian kita cari file foto yang barusan kita ambil. Kenapa tidak langsung kita kirim sebagai gambar, karena aplikasi WhatsApp bakal mengcompress secara otomatis semua gambar yang terkirim lewat aplikasi WhatsApp, sehingga kualitasnya bakal menurun. Berbeda jika kirim sebagai dokumen, aplikasi WhatsApp tidak akan mengcompress suatu dokumen.

Order via Whatsapp !