Fakta bahwa facebook merupakan media sosial yang paling diminati berbagai kalangan pasti sudah kita ketahui. Ya, memang facebook menjadi sebuah media sosial yang paling laris manis dan diminati oleh sebagian besar masyarakat dari berbagai kalangan.

Mulai dari remaja, dewasa, hingga orang tua banyak yang mengenakan media sosial yang satu ini. Kiprahnya sangat diminati oleh berbagai kalangan sudah sejak lama.

Karena itu, sudah seharusnya facebook tak hanya menjadi sebuah media sosial yang kita kenakan untuk have fun dan komunikasi dengan teman saja, tetapi dapat juga kita kenakan untuk membuat sebuah lini jaringan bisnis.

Dengan begitu, facebook tak hanya jadi racun yang membuat kita terlena, tetapi juga dapat menjadi sebuah amunisi untuk mendapatkan sejumlah penghasilan.

Tenang, berbisnis di facebook tidak ada ruginya kok! Bahkan untuk pemula menjalankan bisnis di facebook ini aman 100%. Belum percaya?

Jangan berkata tidak percaya sebelum anda mencobanya. Nah, bagi anda para pemula bisnis online yang ingin mendapatkan uang dari facebook, berikut ini kami berikan cara mendapatkan uang dari facebook sebagai media bisnis.

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook bagi Pemula

Apa mungkin bisa menghasilkan uang hanya dengan memanfaatkan facebook? Kenapa tidak, jika memang Anda mengetahui caranya.

Jika selama ini Anda menggunakan facebook hanya untuk sebatas komunikasi bersama dengan sahabat Anda, wajar jika hingga kini Anda belum tahu potensi besar untuk mendapatkan uang dari facebook. Perkembangan dunia teknologi digital yang telah merubah gaya hidup manusia.

Jika dahulunya ada istilah “Makan tidak makan yang penting bisa kumpul, sekarang sudah berubah menjadi, makan tidak makan yang penting bisa connect”. Ini memang benar adanya.

Dulu, untuk bisa bersosial kita masih harus bertemu dan juga bertatap muka secara langsung, tapi hal berbeda seperti sekarang ini, yang semuanya dapat dilakukan hanya dalam dunia digital, melalui sosial media Facebook, twitter, path, instagram, wechat, whatsapp, dan lainnya.

Di Indonesia sendiri, jumlah penguna facebook adalah yang terbesar jika dibandingkan dengan sosial media lainnya. Artinya ada banyak orang berkumpul, yang berarti di situ juga ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dari facebook diantaranya adalah :

1. Cara Gratis dengan Optimasi Algoritma Facebook 

Seperti halnya google yang dapat menghasilkan uang dengan algoritmanya, facebook juga demikian. Facebook memiliki algoritma yang dapat digunakan menghasilkan pundi uang.

Di facebook, algoritma ini dikenal dengan nama adgerank. Apa itu adgerank? Adgerank merupakan algoritma yang dapat memilih dan menyeleksi update pada newsfeed para pengguna facebook.

Pertama Anda buat facebook profil baru. Kemudan tentukan niche akun Anda, ini adalah hal terpenting sebab akan menentukan setiap langkah selanjutnya yakni add friend tertarget serta gaya postingan Anda.

Sebagai contohnya Anda akan memutuskan untuk menggarap niche kesehatan buat ibu rumah tangga, maka Anda hanya melakukan add friend tertarget, hanya pada seorang wanita yang sudah menikah saja.

Lalu isi konten postingan Anda yang lebih relevan, yang berisikan sebuah informasi kesehatan. Anda bisa siapkan beberapa konten atau artikel yang berkualitas, hal ini berguna untuk menjadi bahan postingan terbaik Anda.

Mulailah untuk memposting artikel yang viral atau bermanfaat, sambil Anda terus melakukan addd friend tertarget. Teknik seperti ini bertujuan untuk meningkatkan adgerank di profile facebook Anda.

Silakan Anda posting artikel dengan hootsuite atau pun buffer secara terjadwal. Supaya semuanya dapat dilakukan secara otomatis dan juga efisien waktu.

Monetize akun facebook Anda dengan menjual beberapa produk dari toko online, CPA, atau pun affiliate. Untuk para pemulai, cara paling mudahnya adalah dengan menjual produk.

Dengan menggunakan alat marketing yang satu ini, anda bisa dapat menghasilkan pundi uang secara aman melewati facebook ini. Jika anda masih belum yakin dengan optimasi algoritma facebook, anda dapat melakukan cara kedua di bawah ini.

2. Cara Berbayar menggunakan Advertising Facebook

Banyak pertanyaan yang bermunculan yaitu “kenapa harus marketing dengan cara berbayar jika ada cara gratis?” Memang benar, cara gratis dapat kita lakukan untuk menghasilkan uang. Tetapi cara berbayar juga harus kita lakukan jika anda ingin apa yang anda usahakan di facebook benar-benar lancar.

Mengapa? Jangkauan marketing berbayar dengan gratis tentu saja akan lebih luas jangkauan berbayar. Untuk itu advertising berbayar juga perlu anda lakukan.

Tenang, dua cara ini efektif kok menghasilkan uang di facebook dan pastinya akan membantu percepatan usaha anda.

Dengan menerapkan atau pun menggunakan cara gratis Anda sudah bisa mendapatkan hasil lumayan besar, akan tetapi, cara berbayar ini juga tetap perlu Anda ketahui, guna melakukan percepatan. Cara berbayar di sebuah facebook yakni dengan menggunakan facebook ads.

Perlu Anda ketahui dahulu, bahwa kelebihan dari menggunakan facebook ads ini adalah Anda bisa mendapat hasil seketika itu juga, ketika iklan running, sehingga Anda sudah bisa menganalisis berapa hasil dan mendapatkan sebuah profit.

Keunggulan menggunakan cara berbayar dibanding gratisan

1. Membantu Branding

Apabila Anda memiliki sebuah produk sendiri, dan berkeinginan untuk membangun sebuah brand produk Anda, maka dengan membuat halaman facebook untuk produk Anda merupakan suatu keseharusan.

Branding dengan facebook profile ini dapat saja dilakuakn, tapi akan lebih powerfull dan juga profesional lagi, jika Anda menggunakan halaman facebook (Fanspage).

Hal ini sangat bagus untuk membangun list audience tertarget secara cepat, sesuai dengan produk yang Anda miliki, dan ini juga memerlukan campaign berbayar seperti halnya pada facebook ads.

2. Monetize komunitas

Tahukah Anda jika monetize komunitas ini ternyata dapat menghasilkan uang yang lumayan banyak? Menghasilkan uang dari komunitas yang Anda kelola merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan, pastinya.

Dengan hubungan emosional antara member yang cukup erat, sebab memiliki minat atau pun hobi yang sama juga. Membangun sebuah komunitas dengan ratusan bahkan hingga jutaan audience akan lebih tepat jika menggunakan fanspage.

Ini sama seperti yang telah diterangkan sebelumnya, bahwasannya membangun audience pada fanspage Anda paling efektif adalah dengan bantuan facebook ads.

Sebagai contohnya adalah dengan membangun sebuah komunitas pecinta kucing, maka akan sangat mudah pada saat Anda menawarkan produk suplemen atau pun pakan untuk kucing.

Contoh lagi misalnya saat Anda akan membangun sebuah komunitas pecinta anime naruto, maka dengan sangat mudah sekali Anda monetze dengan cara menawarkan produk kostum-kostum pemainnya.

3. Menjual tanpa ada batas jarak

Dengan menggunakan facebook ads ini, maka Anda dapat menjual setiap produk kesemua orang diseluruh penjuru dunia, sesuai dengan target yang Anda inginkan secara cepat dan juga instan.

Sebagai contohnya Anda memiliki produk kerajinan tangan yang cukup unik, ketika produk tersebut kurang mendapatkan sambutan yang baik ketika di pasarkan di pasar lokal, maka Anda bisa beralih memasarkannya di pasar international, seperti Eropa, Amerika, dan negara-negara yang lainnya.

Nah itu tadi beberapa penjelasan yang dapat penulis informasikan untuk Anda semuanya, tentang Cara Mendapatkan Uang dari Facebook Hingga Jutaan semoga bisa bermanfaat. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yakni cara gratis dan juga berbayar.

Dimana kedua cara tersebut bukanlah sesuatu hal yang bertentangan dan juga harus dipilih salah satunya, akan tetapi keduaya merupakan sesuatu hal yang wajib Anda gunakan dan juga Anda kuasai untuk bisa memaksimalkan setiap pendapatan Anda di setiap bulannya.