Cara Mendapat Dan Membangunnya

Cara Mendapat Dan Membangunnya

Siapa sih yang gak pengen punya rumah impian? Pasti gak ada kan gan, semua orang niscaya menginginkan mempunyai sebuah rumah harapan yang sanggup dihuni dengan nyaman beserta seluruh anggota keluarga tercinta. Pada kesempatan kali ini saya ingin share sebuah goresan pena perdana saya untuk membantu Anda dalam membangun sebuah rumah impian, mulai dari mendapat sebuah pandangan gres desain rumah minimalis sampai segala hal yang berkaitan dengan cara membangunnya. O iya gan,, Untuk sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan Terimakasih tak terhingga telah sudi berkunjung di situs minimalis pribadi saya yang masih banyak kekurangan ini. Jika ada sesuatu yang salah atau kurang silahkan diberi masukannya ya gan, sebab saya disini hanya ingin membuatkan sedikit pengalaman dalam membangun sebuah rumah. Saya berharap, segala hal yang ada di situs ini sanggup sangat membantu Anda dalam membangun sebuah rumah harapan Anda kelak. Sekarang kita masuk pada inti goresan pena perdana saya kali ini yaitu supaya Anda mendapat sebuah pandangan gres dari desain rumah yang Anda impikan dan juga akan saya tambahkan beberapa point-point penting dalam membangun sebuah rumah. Agar tidak sulit difahami, akan saya bagi goresan pena kali ini ibarat beberapa serpihan dibawah ini saja:

  • Perencanaan Pembangunan Rumah

  • Mendapatkan Ide Desain dan Membuatnya

  • Memilih Bahan dan Material

  • Menetapkan Kontraktor Pelaksana

Makara akan saya bahas point-point tersebut dari atas sampai paling bawah, kalau goresan pena saya kurang terperinci atau sulit difahami harap maklum ya gan (masih butuh banyak berguru menulis) ^_^ Mari kita bahas point penting yang pertama dalam pembangunan sebuah rumah minimalis impian.

Baca juga >>
68 Desain Rumah Minimalis Yang Murah

PERENCANAAN PEMBANGUNAN RUMAH

 “Hasil yang maksimal, sudah bareng tentu mempunyai sebuah perencanaan yang sangat maksimal juga”, maka dari itu sebuah perencanaan dalam pembangunan rumah juga sangat diutamakan. Tentu agan-agan sekalian juga sudah mengetahui akan hal itu. Cara Mendapat Dan Membangunnya Sebuah perencanaan tersebut akan saya bagi lagi menjadi beberapa serpihan pembahasan, yaitu:

  1. Menentukan luas bangunan

  2. Menetapkan batas dana dan Membuat RAB

  3. Membuat IMB

Sekarang, mari kita bahas satu persatu..

1. Menentukan luas bangunan

Sebelum tetapkan akan membangun sebuah rumah impian, tentunya sebuah lahan tanah juga sudah agan punya kan..! Maka sangat penting untuk agan cek dan kroscek kembali lahan tanah milik agan tersebut sebelum memulai pembangunan. Ukur kembali luas tanah tersebut dan mulailah memetakan posisi letak dan luas dari aneka macam hal yang menyangkut dalam ruangan rumah Anda nanti ibarat teras, ruang tamu, kamar dan lain sebagainya. Buatlah sketsa sederhana dengan menyertakan ukuran dan susunan letak tiap ruangnya yang Anda inginkan. Sketsa tersebut nantinya akan sangat mempunyai kegunaan saat Anda mencari sebuah desain rumah minimalis harapan yang sesuai dengan apa yang Anda diinginkan. Setelah semua sudah tersketsa, Anda akan mendapat hasil total dari keseluruhan luas bangunan yang nantinya akan menjadi sebuah rumah minimalis impian.

2. Menetapkan batas dana dan Membuat RAB

Setelah menentukan luas bangunan, Anda tentunya harus tetapkan pula batas maksimal dari dana yang akan Anda keluarkan dari pembangunan rumah tersebut nantinya.

Cara Mendapat Dan Membangunnya

Silahkan ditotal melalui luas bangunan yang sudah Anda tentukan sebelumnya dengan harga asumsi sementara ibarat biaya pembelian aneka macam material dan juga biaya upah pengerjaan pembangunan tersebut. Agar lebih gampang mendapat total biaya, saya sarankan untuk menemui seorang kontraktor yang sudah berpengalaman dalam membangun sebuah rumah yang ada didaerah Anda. Tanyakan biaya upah pengerjaan dan juga asumsi biaya pembelian segala kebutuhan materialnya. Nah.. saat Anda menemui seseorang tersebut janganlah lupa membawa sketsa sederhana yang sebelumnya Anda buat, perlihatkan dan sebutkan total luas bangunan yang Anda inginkan. Misalkan luas bangunan yang Anda ingin berdiri berjumlah 75 meter persegi, dan biaya upah pengerjaan seandainya Rp. 700.000,- permeter persegi, maka dana yang harus Anda siapkan sebelumnya untuk biaya upah pengerjaan yaitu sebesar Rp. 52.500.000,-

Baca juga >>
67 Download Video Desain Rumah Minimalis | Desain Rumah Minimalis Terbaru

(Rp. 700.000  X  75  = Rp. 52.500.000)

Sedangkan untuk biaya pembelian materi dan segala materialnya seandainya diperkirakan Rp. 1,5 juta permeter persegi berarti dana yang dibutuhkan untuk hal itu sebesar Rp. 112.500.000,-

(Rp. 1.500.000  X  75  = Rp. 112.500.000)

Total biaya upah + biaya materi sebesar Rp. 165.000.000,-

Cara Mendapat Dan Membangunnya

Dengan cara ini Anda akan lebih terbantu dan lebih gampang mendapat total asumsi dana yang akan Anda habiskan kelak. Setelah itu Anda sanggup menciptakan sebuah catatan lebih mendetail lagi atau dalam istilah ilmu sipil ialah RAB yaitu Rencana Anggaran Biaya, hal ini kalau Anda tidak menginginkan kontrak higienis keseluruhan dengan pihak kontraktor pembangunan atau biasa kita sebut dengan istilah terima kunci. Istilah terima kunci atau higienis ini sering kita temukan diberbagai lokasi perumahan-perumahan yang ada disekitar kita. Jika Anda menginginkan terima kunci atau higienis tersebut, maka Anda cukup memperlihatkan semua dana yang diminta oleh si kontraktor pelaksana pembangunan. Jika tidak..! RAB akan lebih membantu Anda dalam hal mengetahui biaya masing-masing item material maupun biaya upah pengerjaan dari sebuah rumah minimalis harapan Anda dengan lebih mendetail. Atau, RAB sanggup juga Anda jadikan sebagai kontrak kerja dengan kontraktor pelaksana pembangunan rumah minimalis harapan Anda.

3. Membuat IMB

Kita sebagai warga Negara yang patuh pada peraturan daerah, maka IMB harus kita miliki sebelum memulai sebuah pembangunan. Membuat IMB tidaklah sulit, Anda cukup mendatangi kantor Dinas Perijinan atau biasa desebut dengan KP2T dan mulailah dengan mengisikan data lengkap pada  formulir pembuatan IMB tersebut dan memenuhi segala macam persyaratannya. Pada pembuatan IMB, Anda juga akan dikenakan pembayaran pajak atas menurut luas bangunan yang akan Anda berdiri kedepannya. Setelah semua tahapan dalam perencanaan pembangunan rumah minimalis tersebut terpenuhi, kini kita masuk pada pembahasan selanjutnya yaitu:

Baca juga >>
99+ Tips Menentukan Partisi Untuk Rumah Anda

MENDAPATKAN IDE DESAIN DAN MEMBUATNYA

Cara Mendapat Dan Membangunnya Proses pembangunan rumah harapan Anda tersebut tentunya tidak luput dari sebuah desain rumah yang akan dijadikan sebuah contoh atau biasa disebut dengan istilah gambar kerja oleh para pelaksana pembangunan. Kali ini akan saya share cara gampang untuk mendapat hal tersebut. Mulailah untuk mendapat pandangan gres desain rumah Anda tersebut dengan cara yang sangat sederhana dan mudah.

Bisa Secara Online..!

Seperti mengumpulkan beberapa gambar contoh dari aneka macam sumber online ibarat situs ini yang sanggup membuka dan menambah pandangan gres Anda dalam menentukan sebuah desain rumah harapan keluarga, atau Anda juga sanggup memanfaatkan mesin pencarian gambar Google.

Atau Secara Offline..!

Seperti membeli sebuah majalah khusus yang membahas aneka macam hal perihal rumah minimalis idaman semua orang. Dan kali ini akan saya bagikan pula salah satu contoh rumah minimalis buatan saya yang mungkin sanggup membantu Anda untuk mendapat pandangan gres dari desain rumah yang akan Anda bangun.

Cara Mendapat Dan Membangunnya

Cara Mendapat Dan Membangunnya

Selanjutnya, Apakah dari pengumpulan contoh-contoh desain tersebut sudah memenuhi point-point dari desain rumah minimalis yang Anda inginkan? Setelah beberapa contoh desain yang sesuai dengan point keinginan Anda terkumpul, maka mulailah menciptakan sebuah gambar utuh dari campuran beberapa sumber contoh itu. Jika Anda tidak bisa, maka Anda sanggup membayar seseorang yang memang jago dalam bidang tersebut. Atau saya sarankan Anda menggunakan jurus metode KTP saja (Amati, Tiru, Modifikasi).. ^_^ Anda sanggup membuatnya sendiri juga dengan gampang gan, menggunakan aplikasi 3D Sketchup ataupun AutoCAD, tutorialnya banyak.. silahkan agan search aja dipencarian atau di gudang video ibarat Youtube. 😀 Saya juga menggunakan aplikasi Sketchup untuk keperluan situs saya ini.. 🙂 Menurut saya lebih gampang dan tidak kalah sama AutoCAD yang sudah sekian usang melintang dalam hal desain sebuah bangunan. Atau kalau Anda lagi beruntung, Anda akan eksklusif mendapat sebuah contoh desain dan sudah memenuhi dengan apa yang Anda inginkan, maka Anda tidak perlu repot lagi menciptakan sebuah desain rumah tersebut. Seperti tata letak ruang yang sudah sesuai dengan apa yang Anda inginkan.. Luas bangunannya juga sesuai dengan apa yang Anda harapkan.. Dan tentunya sanggup Anda miliki dengan mudah.. Inilah salah satu alasan saya menciptakan blog www.idesainrumahminimalisku.com, supaya Anda lebih terbantu dan tidak repot lagi untuk mendapat sebuah desain rumah harapan Anda.

Baca juga >>
68 Desain Rumah Minimalis 7 X 9

MEMILIH BAHAN DAN MATERIAL

Cara Mendapat Dan Membangunnya

Next… Selanjutnya kita masuk ke pembahasan menentukan materi dan material, hal ini yang akan menentukan kualitas dari sebuah bangunan nantinya. Terutama untuk hal material pekerjaan beton cor..! Seperti pekerjaan pemasangan kerikil pondasi, slob, tiang, pekerjaan dinding dan lain sebagainya yang berafiliasi dengan adukan semen. Pilihlah material yang benar-benar berkualitas, asalkan Anda jeli melihat pasar, maka tidaklah tidak mungkin Anda akan mendapat harga miring dengan kualitas material terbaik. Jangan sepelekan material yang bercampur lumpur, ibarat material pasir yang banyak mengandung lumpur dan lain sebagainya. hal inilah yang sering menciptakan beton menjadi tidak kokoh dan cepat retak. Ataupun menentukan kerikil cor yang juga tidak bersih, maka saya sarankan lebih baik membeli kerikil split apabila Anda tidak ingin repot mencuci kerikil cor yang bercampur dengan lumpur. Sebuah rumah harapan tentunya tidak hanya mementingkan segi keindahan desainnya saja, tapi juga dari segi kekuatan dan kokohnya rumah tersebut. Setelah beberapa tahapan awal dalam membangun rumah terpenuhi dengan baik yaitu perencanaan, mendapat desain rumah minimalis, dan juga yang gres saja kita lewati yaitu menentukan materi dan material. Selanjutnya Anda tinggal tetapkan kontraktor pelaksana pembangunan rumah tersebut supaya terealisasi dengan baik, rapi dan dengan hasil memuaskan.

MENETAPKAN KONTRAKTOR PELAKSANA

Cara Mendapat Dan Membangunnya

Bagian ini yang juga akan menentukan sebuah hasil selesai yang sangat kuat terhadap keindahan sebuah bangunan. Kontraktor disekitar kita sangatlah banyak, akan tetapi pilihlah seseorang yang memang sudah jago dalam bidang tersebut. Dengan pengalaman mengerjakan sebuah pembangunan lebih dari puluhan tahun. Jika Anda berniat akan mendatangi seseorang yang bergelut dibidang kontraktor pembangunan, maka mintalah beberapa arsip pekerjaan yang pernah mereka selesaikan. Jangan terburu-buru..! Kumpulkan beberapa pilihan dan bandingkan harga dan juga intip beberapa contoh dari hasil pekerjaan yang pernah mereka selesaikan. Apabila dirasa perlu, cobalah tanya segala hal terkait dengan mereka kepada beberapa orang yang pernah menggunakan jasa mereka sebelum menjatuhkan pilihan dan tetapkan salah satunya untuk melakukan pembangunan. Setelah Anda menentukan pilihan maka Anda akan sanggup segera memulai pembangunan, menanti penyelesaian segala proses pembangunan dan kemudian menikmati hasil selesai selesainya pekerjaan rumah minimalis harapan Anda itu. Semoga goresan pena perihal cara mendapat pandangan gres desain rumah minimalis dan cara membangunnya ini sanggup membantu siapapun dan dimanapun Anda berada. Selamat membangun.