Cara mendaftar menjadi penulis di wattpad.

Kalian homi menulis dan ingin mencoba menuliskan cerita pendek atau novel yang bisa dibaca banyak orang ataupun bisa menghasilkan uang? Maka kamu harus tahu Cara mendaftar menjadi penulis di wattpad.

Penulis bisa dibilang merupakan salah satu pekerjaan yang punya kesempatan besar berperan di zaman sekarang. Sebab, semakin masifnya penggunaan sosial media, beberapa bidang bisnispun tak mau kalah untuk memakai media sosial sebagai sarana promosi produk yang di jual. Mereka mungkin bisa berjualan di dunia nyata, tapi belum tentu mampu menarik minat konsumen di media sosial. Karena itu, disinilah peran penulis dibutuhkan

Itu baru dari satu sektor. Belum sektor yang lain. Dan menjadi penulis memiliki peluang besar untuk terkenal dan banyak uang. Terlebih ketika tulisannya bisa di cetak menjadi buku dan best seller. Berbicara mengenai buku yang best seller, bisa dibilang platform wattpad memiliki sumbangsih besar melahirkan buku-buku laris manis dipasaran. Pada artikel kali ini kami akan mengulas lengkap mengenai wattpad dan cara mendaftar menjadi penulis di wattpad.

Apa itu Wattpad?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai wattpad, terlebih dahulu kita menelisik sejarah singkat aplikasi khusus menulis dan membaca novel online tersebut. Wattpad pertama kali di perkenalkan kepada khalayak pada bulan November tahun 2006. Mereka sudah 14 tahun berdiri pada tahun 2020 ini.

Awalnya wattpad merupakan situs web yang menjadi perantara antara author atau penulis dengan pembaca. Wattpad dulunya hanya situs web seperti pada umumnya website. Hanya saja, pada website tersebut terdapat beberapa fitur untuk mengirimkan atau memublikasikan tulisan. Wattpad bisa dibilang semacam perusahaan terbatas yang berkantor pusat di Toronto, Kanada.

Baca juga >>
Cara Merawat Baterai iPhone Refurbished

Perusahaan yang menaungi wattpad adalah WP Technology, Inc dengan pendiri perusahaan tersebut adalah Allen Lau dan juga Ivan Yuen. Inovasi yang mereka ciptakan di sambut dengan antusias oleh seluruh dunia, termasuk pula di negara Indonesia. Di Indonesia sendiri wattpad menjadi sebuah platform yang telah berhasil mencetak penulis-penulis sukses dan best seller.

Sebut saja beberapa novel terkenal seperti Dear Nathan, Mariposa dan lain sebagainya. Dua novel best seller yang telah di adaptasi menjadi film tersebut awalnya di tulis di platform wattpad. Karena di wattpad novel-novel tersebut ramai dan memiliki pembaca yang militan, alhasil tulisan yang ada di wattpad di cetak menjadi novel.

Tidak sampa disitu saja. Setelah di cetak menjadi novel, keduanya sukses dan best seller. Tentu hal semacam itu menarik minat banyak pegiat film untuk mengadaptasi novel-novel tersebut ke dalam medium lain yang lebih luas jangkauan audiensnya. Dear Nathan lebih dulu menjadi film dan sukses untuk dua seriesnya. Dan belum lama ini Mariposa juga telah di adaptasi ke layar lebar.

Kesimpulannya adalah wattpad bisa menjadi batu loncatan untuk para penulis yang memiliki impian untuk menciptakan novel atau cerita semacamnya. Di wattpad sendiri ada banyak sekali cerita-cerita novel dengan berbagai macam genre. Dari romance, teenlit, fan fiction, horor, adult story dan lain sebagainya.

Menulis di wattpad juga mudah. Ada banyak tools yang disediakan sehingga akan memudahkan para penulis merangkai ceritanya. Penulis juga bisa menyisipkan gambar atau bahkan video sebagai bahan pendukung imajinasi dari cerita yang dibuatnya. Mayoritas gambar-gambar tersebut biasanya aktor atau aktris atau mungkin boy band dan girl band dari Korea Selatan.

Baca juga >>
Cara Daftar Paket Internet Telkomsel 20Ribu 3Gb 2018 Terbaru

Bagi kamu yang sepertinya tidak antusias untuk menulis, tentu wattpad bisa kamu gunakan hanya untuk membaca. Dan yang paling menguntungkannya lagi adalah tulisan-tulisan yang ada di wattpad bisa kamu akses dan baca secara gratis. Namun ada satu catatan, jika kamu mencari bacaan dari novel yang sudah terbit biasanya di akhir kamu akan kecewa.

Karena beberapa part dari novel-novel terbit tersebut sudah di hapus untuk kepentingan penerbit. Dengan kata lain kamu tidak bisa secara keselurah menikmati bacaan tersebut sampai tamat. Tapi tenang, masih ada banyak cerita-cerita menarik di luar sana yang belum kamu baca dan bisa saja cerita-cerita tersebut berkualitas dan bermutu tinggi. Meski tak sedikit pula cerita ampas disana.

Fitur-fitur Wattpad

Tentu sebagai sebuah platform yang dijadikan sebagai wadah untuk para penulis menuangkan gagasan dan imajinasinya, wattpad menyediakan beberapa fitur yang bisa mendekatkan antara penulis dan pembaca. Ada banyak fitur-fitur yang dihadirkan di wattpad semisal Copyright, vote, perpustakaan, discover dan lain sebagainya.

Copyright merupakan hak cipta. Jadi, ketika kamu menulis sebuah cerita di wattpad, tulisan atau cerita tersebut di lindungi oleh hak cipta. Sehingga ketika ada yang menjiplak secara keseluruhan cerita, maka kamu bisa melayangkan gugatan pada tulisan tersebut. Karena tentu saja di wattpad terdapat tanggal pertama tulisan mu di publikasikan dan lain sebagainya.

Fitur lain dari wattpad adalah vote. Ketika kamu suka dengan sebuah part dari tulisan, kamu bisa melakukan vote pada tulisan tersebut. Di aplikasi wattpad, vote memiliki lambang bintang dan ketika kamu klik simbol tersebut maka akan berubah menjadi bintang berwarna orange. Sebuah tulisan yang memiliki banyak vote akan bertengger di jajaran peringkat atas sesuai genrenya.

Baca juga >>
Mantap, Google Glass Kini Anti Air Bahkan Bisa Dilipat!

Fitur perpustakaan berguna untuk kamu menyimpan cerita yang kamu suka. Sehingga kamu bisa mudah menjangkau jika ingin membaca part selanjutnya. Dan ketika kamu baru membaca beberapa part, kemudian melanjutkan membaca di keesokan hari, maka saat kamu klik cerita tersebut akan langsung terarahkan ke part yang terakhir kamu baca.

Sementara itu, fitur discover merupakan wadah yang disediakan wattpad untuk kamu menjelajah berbagai macam cerita dari seluruh dunia. Selain beberapa fitur diatas, masih ada banyak lagi fitur-fitur lain yang akan memudahkan kamu membaca atau menulis sebuah cerita.

Cara Mendaftar Menjadi Penulis di Wattpad

Berikutnya akan kami jelaskan bagaimana cara Cara mendaftar menjadi penulis di wattpad bagi kamu yang baru pertama kali berkenalan dengan aplikasi tersebut. Berikut ini adalah Cara mendaftar menjadi penulis di wattpad. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah download dan instal aplikasi wattpad di google playstore.
  2. Setelah aplikasi wattpad kamu instal, berikutnya adalah kamu buka aplikasi tersebut.
  3. Kamu akan diharuskan untuk mengisi data-data yang diperlukan seperti nama, ussernama, kata sandi dan email yang aktif. Setelah itu kamu klik daftar.
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman utama dari aplikasi wattpad tersebut.
  5. Kamu klik halaman profil mu dan kamu bisa lengkapi semua identitas untuk profil mu tersebut.
  6. Setelah semua data dan foto profil kamu lengkapi, berikutnya kamu bisa mulai menulis cerita berdasarkan imajinasi mu.
  7. Pada deretan menu tersebut kamu bisa klik ikon yang berada di bagian paling tengah.
  8. Setelah kamu klik ikon tersebut, kamu bisa menulis dan memanfaatkan tools-tools yang tersedia. Jika sudah kamu klik publikasi. Maka part pertama dari cerita mu sudah bisa baca pengguna wattpad.
Baca juga >>
Hati hati posting atau komentar sembarangan di Instagram bisa terancam blokir.

Nah itulah ulasan lengkap tentang wattpad dan juga Cara mendaftar menjadi penulis di wattpad. Sekian dan terima kasih.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !