Cara Memperbaiki status bar tidak bisa ditarik ke bawah

Perangkat ponsel android tidak hanya dibekali oleh berbagai macam fiturnya yang canggih, namun ternyata juga tersedia aneka macam pintasan fitur yang berfungsi untuk menyingkat waktu kerja anda dalam penggunaan ponsel android.

Di antara fitur yang bisa dijamah dalam waktu singkat ini biasanya tersimpan dalam bar notifikasi. Di mana anda bisa menyeret layar dari atas ke bawah sehingga munculah bilah notifikasi. Terdapat beragam fitur dalam bilah notifikasi, di mana fitur-fitur tersebut merupakan sangat penting.

Tidak hanya itu saja, tentunya hal demikian dapat memudahkan proses pengerjaan kamu. Nah! Lalu bagaimana jika bar notifikasi anda tidak berfungsi? Tentu saja segala akses fitur yang seharusnya dapat dilakukan dengan singkat akan terasa lama, bukan?

Cara Memperbaiki status bar tidak bisa ditarik ke bawah

Status bar adalah suatu panel atau elemen kontrol grafis yang mengandung informasi status atau keadaan suatu program aplikasi yang sedang dijalankan. Status bar berada di bagian bawah jendela aplikasi dan berfungsi untuk menampilkan informasi tentang status aplikasi yang berjalan saat ini, meskipun beberapa bilah status memiliki fungsionalitas tambahan. Misalnya, banyak browser web memiliki bagian yang dapat diklik yang memunculkan informasi keamanan atau privasi.

Berikut adalah cara mengatasi status bar tidak bisa ditarik pada hp xiaomi, asus, sony z3, realme c2 atau smartphone android lainnya.

1. Matikan Auto Brightness

Terkadang cara simple seperti ini justru dapat mengatasi permasalahan status bar. Ya, dengan mematikan kecerahan otomatis atau turn off auto brightness dapat memperbaiki masalah status bar yang tidak bisa ditarik ke bawah pada smartphone android. Cara ini terkesan sepele namun ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu, jika permasalahan masih terjadi silahkan baca tutorial selanjutnya.

2. Hapus cache File

Penyebab panel notifikasi tidak bisa ditarik ke bawah bisa juga karena Cache dan File sampah yang menumpuk. Apabila Anda tidak pernah membersihkan cache sampah pada smartphone biasanya akan membuat error pada sebagian sistem Android. Direkomendasikan untuk sering hapus file cache dan sampah menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master, CCleaner, KeepClean atau lainnya.

3. Lakukan restart HP

Status bar error bisa teratasi dengan cara restart, ini salah satu tips yang paling sederhana. Karena bisa saja terjadi error karena sistem crash. Jadi, lakukan restart matikan HP dan hidupkan kembali.

4. Mengembalikan Ponsel Ke Pengaturan Pabrik

Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Maka tidak ada masalah yang tidak mempunyai solusi. Maka dari itu, untuk mengatasi kenapa status bar tidak bisa ditarik ke bawah, kamu bisa melakukannya dengan cara yang satu ini. Yakni dengan mengembalikannya ke pengaturan atau setelan pabrik. Dengan mengembalikan ponsel ke setelan pabrik, maka kondisi ponsel seperti baru lagi dan tentu saja belum dipakai. Hanya saja, untuk mengembalikan ponsel anda ke setelan pabrik, pastikan segala data dalam ponsel sudah dicadangkan.

Namun jangan lupa! Pencadangan ke Kartu SD tidak berakibat pada data yang telah dicadangkan apabila kamu melakukan ponsel kembali ke setelan pabrik. Nah! Untuk mengembalikan ponsel dalam keadaan setelan pabrik, pertama kamu harus pergi ke menu setela lebih dulu. Setelah itu, silahkan pilih opsi buat cadangan dan setel ulang. Kemudian, kamu pilih opsi kembali ke setelan pabrik.

Setelah ponsel melakukan proses reboot, maka otomatis ponsel kamu akan hidup kembali. Cek status barnya, apakah kembali berfungsi? Jika benar demikian, selamat mencoba.

5. Menggunakan Bantuan Pihak Ketiga

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk atasi ponsel yang tidak bisa menyeret status bar dari atas ke bawah, cobalah menggunakan bantuan aplikasi lain. Aplikasi lain biasanya bisa kamu dapatkan dari Google Play Store. Canggihnya perkembangan zaman memang mengharuskan kamu pandai memilah bahkan tentang aplikasi untuk atasi kasus status bar yang tidak dapat diseret ke bawah.

Nah! Salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk kasus bar notifikasi kamu adalah assistive touch for android. Kamu bisa dapatkan gratis dari google play store.

Assistive Touch adalah aplikasi yang membantu Anda untuk mengontrol berbagai parameter di smartphone Android Anda menggunakan pintasan gestural. Sehingga hanya dengan sebuah ikon lingkaran kecil di layar ponsel Anda, Anda dapat mengelola semua proses pada perangkat dengan cara yang sangat mudah.

Cara Memperbaiki Status Bar Tidak Bisa Ditarik

6. Melakukan Flashing ROM

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk atasi bagaimana status bar agar bisa diseret kembali yakni dengan melakukan Flashing ROM. Flashing ROM ini sebenarnya cukup berisiko. Karena kamu perlu masuk ke menu setelan yang terdapat pada android. Kemudian sebelum itu jangan lupa untuk melakukan factory data. So, data-data penting yang berkaitan harus di backup terlebih dahulu. Setelah itu, lakukan proses Flashing ROM. Cara ini dilakukan dengan cara mencolokan flashdisk ke komputer. Kemudian, pindahkan data-data anda yang sudah di backup untuk di copy paste ke perangkat tersebut sebelum ponsel di hard reset. Apabila kamu sudah selesai melakukan flashing ROM ini, coba untuk menyalakan ponsel android apakah kasus status bar tidak bisa ditarik itu sudah teratasi?

Itulah tiga cara bagaimana mengatasi status bar yang tidak bisa diseret ke bawah. Selamat Mencoba.

Cara Menampilkan Notifikasi Status Bar Oppo F3

Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan agar Status Bar Oppo F3 dapat ditampilkan pada layar smartphone kamu.

  1. Cara Menampilkan Notifikasi Status Bar Oppo F3 yang pertama adalah, kamu harus membuka Google Play Store lalu download aplikasi status bar.
  2. Setelah aplikasi didownload, buka aplikasi tersebut, saat aplikasi telah terbuka kamu akan dihadapkan pada permintaan izin dari pihak pengembang untuk menggunakan data seluler, klik Izinkan.
  3. Setelah izin Kamu setujui, selanjutnya akan muncul beberapa permintaan izin lainnya agar aplikasi ini bisa benar-benar diaktifkan dan digunakan di smartphone kamu, kemudian klik Grant Access lalu aktifkan status server.
  4. Jika muncul Grand update lainnya, jangan diambil pusing, kamu hanya perlu mengklik bagian pengaktifan dan setujui permintaan izin dari pihak pengembang aplikasi.
  5. Setelah semua izin disetujui, Kamu bisa masuk ke aplikasi yang telah kamu download dan bisa mulai mengatur warna, ukuran, dan posisi icon notifikasi di status bar yang kamu inginkan.
  6. Terakhir aktifkan status bar, baik Status Bar Oppo ataupun untuk smartphone lainnya yang tidak memiliki notification bar.

Setelah Oppo Notification Bar aktif, Kamu dapat mengkreasikan Status Bar Oppo kamu dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut, agar Status Bar Oppo Kamu terlihat semakin keren.

1. Floatification

Aplikasi ini merupakan singkatan dari Float notification, yaitu sebuah aplikasi yang dapat membuat Status Bar Oppo kamu terlihat berbeda. Menariknya, aplikasi ini juga bekerja di bagian full screen, sehingga kamu tetap bisa melihat pesan yang masuk saat bermain game.

2. Metro notification

Aplikasi ini dikhususkan untuk kamu yang memiliki smartphone berbasis Windows 8. Mayoritas pengguna mengatakan bahwa aplikasi ini termasuk aplikasi yang mudah digunakan, setelah aplikasi didownload maka kamu bisa langsung berkreasi dengan Metro notification, tanpa perlu melakukan hal-hal lainnya.

3. Notif Pro

Merupakan sebuah aplikasi yang dimanfaatkan untuk membuat tampilan Status Bar Oppo kamu terlihat menarik. Selain itu Notif Pro juga bisa digunakan sebagai reminder. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan beberapa catatan kegiatan yang akan Kamu lakukan pada waktu tertentu, lalu aplikasi ini akan segera mengingatkan kamu pada waktu kegiatan itu harus kamu lakukan.

Masih banyak aplikasi lain yang bisa kamu gunakan agar tampilan Status Bar Oppo Kamu terlihat menarik, pilihlah satu aplikasi yang sesuai dengan smartphone kamu. Jadi, setelah mengetahui Cara Menampilkan Notifikasi Status Bar Oppo F3, tidak ada salahnya Kamu mencoba mengkreasikan Status Bar Oppo dengan aplikasi-aplikasi yang bertebaran di Play Store.

5/5 (1 Review)