Cara Memperbaiki Amplifier

Amplifier sering diartikan sebagai penguat audio Cara Memperbaiki Amplifier
driver amplifier

Cara memperbaiki amplifier – Amplifier sering diartikan sebagai penguat audio. Atau aku sering menyebutnya aktivis speaker. Amplifier sering dipakai dalam banyak sekali berangkata audio, Misalnya speaker aktif, televisi, radio compo, dan perangkat lain yang memakai sistem audio.  Hal sering dialami amplifier yaitu amplifier matitotal, bunyi serak, dengung, desis, bunyi pecah.

Pada pelajaran elektro dasar, amplifier sering dipakai sebagai bahan pelajaran awal. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan pada yang berguru elektro mengenal amplifier dan power suplay. Sehingga nanti dikala mengenal perangkat lain sudah mengerti jenis blok di dalam rangkaian, yang bermasalah. 
Bagi anda yang belum mengenal elektro dasar sedikitpun tidak usah khawatir. Disini aku akan sedikit menggambarkan sesederhana mungkin biar anda paham mengenai sebuah kerusakan amplifier.
Aspek pengenalan dasar, anda harus kenal pada blok power suplay. Pada jenis amplifier terdapat banyak sekali macam jeis power suplay. Yaitu smps dan power suplay trafo step dwon konvensional.
Jenis power suplay smps bisa dijumpai pada banyak sekali macam perangkat di jaman sekarang. Tidak terkecuali pada perangkat audio Misalnya speaker aktif. Mungkin memakai smps pada perangkat dikala ini lebih efektif dalam segala hal. Namun utuk ketahanan memang lebih kokoh pada trafo konsfensional.
Trafo konvensional ada dua bentuk. Ada yang bentuk kotak dan bentuk donat atau yang sering disebut trafo donat. Trafo donat sering dipakai jenis amplifier built up sedangkan trafo kotak sering dipakai pada amplifier rakitan.
Kerusakan yang disebabkan oleh power suplay bermasalah yaitu amplifier mati total. Untuk itu anda perlu mempelajari power suplay sebelum mengenal lebih jauh mengenai kerusakan power suplay. Minimal mengenal komponen power suplay. Yaitu dioda,elko,trafo,resistor,volt dc,voltac. Dengan mengenal tersebut anda sanggup mempelajari kisi-kisi apa saja kerusakan pada blok power suplay.
Nah sehabis anda mengenal blok power suplay lalu anda menginjak pada cara memperbaiki amplifier.
Pada sebuh blok amplifier terdapat macam jenis komponen. Namun disini sya tidak mengharuskan anda untuk mempelajari seluruhnya. Hanya pada poin pada komponen yang sering bermasalah. Diantara riuhnya komponen yang terdapat pada sebuah perangkat amplifier terdapat rahsia di balik keriuhan komponen tersebut. Berikut aku sebutkan kisi komponen yang sering rusakpada blok amplifier. 
Transistor, bagi amplifier yang mengunakan transistor sebagai sistem penguat. Ic bagi amplifier penguatnya memakai ic. Resistor pembatas, elko. Dan dua jenis tegangan ac dan dc. Komponen tersebut merupakan biang dari kerusakan amplifier. Untuk mempelajari ini lebih lanjut, kita akan pribadi terjun ke kisi pada banyak sekali macam kerusakan pada amplifier.

Berbagai macam kerusakan pada sebuah amplifier niscaya ditandai tanda-tanda kerusakan

Sistem kerja pada jenis amplifier satu dengan yang lainya berbeda-beda, tergantung pada sistem yang dipakai pada sebuah amplifier.
Ada beberapa kelas pada amplifier audio yaitu class a, class b, class ab, class c, class d, class h.
Amplifier mempunyai banyak sekali macam ukuran mulai yang sekelas rumahan hingga kelas lapangan. Untuk itu disini kita akan membahas kerusakan Menurut kisi-kisi saja tidak secara niscaya komponen no berapa yang rusak namun komponen apa yang rusak.
Cara memperbaiki amplifier
Berikut kisi-kisinya;
Amplifier ketika dihidupkan mengakibatkan mcb pln jeglek
Amplifier kalau dihidupakan MCB/spedo PLN jeglek ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor dari amplifier berdaya tinggi sehingga spedo tidak bisa menahan daya amplifier dan yang keduafaktor pkerusakan pada power amplifier. Kerusakan pada amplifier dengan tanda-tanda menyerupai ini biasanya terjadi pada jenis power amplifier memakai smps. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahawa trafo konvensional juga mengalami kerusakan dengan tanda-tanda sperti ini. Gejala mcb pribadi anjlok mengambarkan bahwa ada sesuatu komponen yang mengalami korslet berat. Sehingga perlu pengecekan lebih lanjut. Pertama cek pada gulungan primer trafo bagi tyang memakai trafo. Biasanya terjadi penurunan impedansi pada spoel trafo sehingga mengakibatkan korslet berat pada trafo. Pada jenis yang  mengguakan smps ini biasanya juga terjadi pada cuilan primer smps. Namun sebelum itu perlu pengecekan pada transistor final amplifier. Pengalaman yang telah aku alami bahwa keryusakan pada power amplifier dengan kerusakan mcb pribadi anjlok dikala dihidupkan terjadi short circuit pada komponen transistor final.
Selain transistor final kerusakan menyerupai ini juga dipicu oleh transistor driver short terutama pada cuilan bufer selesai yang pribadi menyuplai basis trsansistor final.
Cara memperbaiki amplifier Terjadi cacat audio 
Cacat audio yang dimaksud yaitu hasil selesai dari penguatan speaker. Biasanya amplifier yang baik mempunyai artikulasi bunyi yang sangat higienis tanpa ada cacat nada. Hal ini lah yang dibutuhkan para pengguna audio.  Sehingga kalau terjadi ganguan dan cacat pada perangkat amplifier akan sangat tidak nyaman. Cacat audio gejalanya yaitu bunyi serak, hum, nois,distorsi,. Diantara cacat audio tersebut seringkali terjadi pada amplifier. Sehingga perlu pengenalan lebih lanjut, Silahkan baca; pengertian hum, nois,distorsi,.

Cara memperbaiki amplifier berdengung dan berdesis
Bagi amplifier yang dilengkapi dengan tone control gangguan dengung dan desis sering terjadi. Hal ini sangat masuk akal terjadi kalau sistem power suplay kurang memadai, contohnya kekurangan suplay, dan Kelebihan suplay. Untuk mengatasinya, setabilkan suplay sesuai dengan tegangan normal, dan sebisa mungkin menghubungkan body potensio dengan ground secara langsung. Dan bagi yang merakit usahakan memakai box dengan body besi untuk menghindari frekuensi liar.
Cara memperbaiki Amplifier bunyi kecil
Suara kecil dipicu oleh dua banyak hal diantaranya
·         Sistem tone control terjadi kerusakan, sperti ; matinya ic opamp pada tone control ic dan transistor.
·         Pada driver amplifier terjadi kerusakan transistor pada sistem penguatan pertama, contohnya terjadi pada transistor a733 dan c945.
·     
          Kekurangan daya, mengakibatkan bunyi kecil. Karena suplay yang dibawah standar, untuk itu perlu pengukuran memakai dc meter.

Baca juga >>
Mempercepat Mengatasi Lag Dengan Game Booster Pocophone Untuk Semua Ponsel Xiaomi

baca juga;cara memperbaiki audio kendaraan beroda empat mati total dan proteck

Output pada amplifier terdapat tegangan dc
Sebuah amplifier normal pada output to speker akan mengeluarkan tegangan ac kalau diukur memakai dc meter jarum tidak akan bergerak . Jika mengalami hal bunyi amplifier asing contohnya bunyi serak segera lepas speaker dari out amplifier. Ukur tegangan secra pasif memakai dc volt pada output amplifier. Jika terdapat tegangan dc pada output amplifier maka ini akan sangat berbahaya untuk speaker, lantaran sanggup mengkremasi spoel speaker. Ini terjadi lantaran ada kebocoran pada sistem penguat terutama transistor final. Ini sering kali disebabkan oleh transistor final antara kolektor dan emitor terjadi kebocoran sehingga arus dc mengalir ke emitor atau output amplifier. lanjut baca; memperbaiki amplifier terdapat dc pada output speaker
Mungkin sedikit itu dulu Semoga memperlihatkan refrensi untuk anda semua yang sedang mencari cara memperbaiki amplifier.
Order via Whatsapp !