Cara Membuat Toko Online Gratis untuk Pemula

Artikel ini membahas cara membuat toko online gratis untuk pemula. Belanja online saat ini semakin diminati oleh banyak orang, hal ini dikarenakan mereka tidak perlu repot-repot pergi ke tempat yang menjual barang-barang yang kita inginkan.

Cukup bisa memilih barang yang disuka lalu membayarnya dan akan langsung datang barang yang kita pesan tersebut. Melihat peluang yang besar ini, sebagian besar orang tidak ingin menyia-nyiakannya.

Cara Membuat Toko Online Gratis untuk Pemula

Saat ini telah banyak orang yang mulai mencoba menjalankan bisnis online shop ini. Bagi anda yang ingin mencoba menjalankan bisnis online shop, dibawah ini ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk bisa membuat toko online anda sendiri dengan gratis. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak selengkapnya dibawah ini.

1. Daftar Blogspot gratis di blogger

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membuat toko online gratis adalah daftar blogspot gratisan di blogger.com. Anda bisa langsung membuka blogger.com, lalu masukkan e-mail dan password. Kemudian ikuti langkah-langkah yang diberikan.

2. Menerapkan Template online shop pada blog

Setelah membuat blog, langkah selajutnya adalah menerapkan template online shop, Template online shop ini, bisa anda dapatkan secara gratis di google. Anda cukup tulis template toko online di pencarian google, maka google akan langsung menampilkan beberapa template toko online yang bisa anda download secara gratis.

Setelah anda selesai mendownload, anda bisa langsung menerapkannya pada blog online shop anda. Untuk cara menerapkan template pada blog, simak dibawah ini.

  • Buka blogger
  • lalu pilih blog yang ingin anda pasangi template
  • setelah itu, langsung saja anda klik “template”, lalu pilih “cadangkan pulihkan”.
  • Setelah itu, klik choose file lalu pilih template yang sudah anda download tadi dan
  • Tunggukah hingga proses selesai.

3. Membuat postingan produk di blog

Setelah selesai membuat blog, langkah selanjutnya adalah membuat postingan produk yang akan anda tawarkan. Disini, anda bisa mencantumkan foto, deskripsi dan harga produk yang anda tawarkan. Usahakan foto dan deskripsi dibuat dengan sebenarnya, tidak terkesan membohongi para pelanggan.

4. Melakukan promosi online shop

Setelah selesai semua, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi online shop anda. Dengan adanya promosi ini, online shop anda akan bisa mendapat banyak pelanggan.

Itulah tadi beberapa langkah cara membuat toko online gratis untuk pemula yang bisa anda lakukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Cara Membuat Toko Online Disukai Pembeli

Apakah Anda tahu cara membuat toko online yang disukai calon pembeli? Jika Anda seorang penjual, mempelajari ini cukup penting bagi Anda. Apa alasannya? Kemajuan peradaban telah membuka banyak jalan, salah satunya adalah keberadaan toko online.

Toko online mampu meningkatkan pendapatan penjual dan memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia. Bahkan pada saat-saat kritis seperti wabah, toko online dapat mengatasi masalah ekonomi dan distribusi barang.

Anda tentu ingin merasakan berbagai manfaat dari toko online, bukan? Mari cari tahu cara membuat toko online yang mudah di sini.

1. Memanfaatkan Fitur E-Commerce

Cara termudah untuk membuat toko online adalah dengan menggunakan fitur-fitur pada platform e-commerce. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar, membuat nama toko, dan meletakkan produk di platform e-commerce.

Pilih platform e-commerce yang memiliki banyak pengguna, sehingga produk Anda menjual dengan cepat. Anda juga dapat menggunakan fitur promosi dorong dari beberapa situs e-commerce sehingga produk Anda dapat naik ke daftar rekomendasi.

Ada beberapa keunggulan platform e-commerce untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Platform e-commerce diakses oleh banyak orang sehingga mereka dapat menghubungkan pembeli dan penjual. Selain itu, penggunaan platform ini benar-benar gratis.

Namun, ada beberapa kelemahan platform e-commerce. Anda harus bersaing dengan ribuan toko lain yang sudah memiliki nama. Selain itu, Anda hanya dapat melakukan pengiriman dengan layanan pengiriman yang sudah diizinkan oleh platform e-commerce.

2. Menggunakan media sosial

Selain platform e-commerce, Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk membuat toko online. Facebook, misalnya, telah menyediakan templat toko online ketika Anda membuat halaman bisnis.

Anda hanya perlu memasukkan nama produk, deskripsi, dan juga harga barang di toko online Facebook. Setelah itu, produk dan harga akan segera muncul di katalog di halaman Facebook Anda.

Ada satu hal menarik dari platform toko Facebook yang akan sangat menguntungkan penjual. Kiwari, Facebook menyediakan tombol toko pada tampilan antarmuka, sehingga pengguna dapat segera mencari barang yang diinginkan dan deretan toko.

Ini mirip dengan platform e-commerce. Bahkan lebih menguntungkan, Facebook juga menyediakan fasilitas iklan berbayar yang terjangkau melalui kartu kredit dan metode transfer bank. Anda dapat mengiklankan produk hanya dengan membayar hanya Rp. 20.000 lho.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ingin membuat toko online di situs Anda? Membuat pengkodean khusus toko online untuk situs cukup memakan waktu dan mahal. Nah, untuk mengantisipasi ini, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus menyediakan plugin toko online.

Anda hanya perlu mencari aplikasi yang menyediakan plugin toko online ke berbagai situs, baik situs dengan hosting gratis maupun berbayar. Kemudian, jangan lupa menyalin HTML toko online ke situs Anda sehingga templat toko dapat muncul di sana.

Meskipun metode ini agak lebih rumit daripada dua metode sebelumnya, bisnis profesional membutuhkan toko online sendiri. Pelanggan akan lebih memercayai bisnis Anda jika Anda memiliki toko online pribadi dengan gerobak yang memudahkan mereka untuk berbelanja.

Cara Membuat Toko Online Laris Banyak Pembeli

Sebagai pelaku bisnis sejati pastinya sangat banyak hal yang ingin kita ketahui, khususnya dalam kasus pemasaran. Pemasaran sendiri adalah salah cara lebih untuk mengembangkan bisnis apapun itu, termasuk bisnis online.

Tentu kita sudah tahu, jika sudah banyak trend gaya-hidup yang pada dasarnya selalu membudayakan internet sebagai pembantu yang maksimal, apalagi sudah banyak pula toko offline yang menyediakan online shop yang menarik sebagai pembantu wajib di dunia maya.

Kira-kira apa sebenarnya alasan para pebisnis yang mengharuskan mereka membuka toko online, Tahukah Anda? Harga dari tempat sewalah yang ternyata membuat mereka kurang rajin berdagang di tempat offline, kecuali bagi mereka yang sudah mempunyai tempat resmi.

Namun kalau di lihat di jaman sekarang, justru pusat perdaganngan online-lah yang mulai banyak di incar para pebisnis. Menarik pengunjung saat di toko offline dan online pastinya berbeda-beda cara yang di gunakan.

Kali ini khusus bagi Anda yang sedang fokus menarik perhatian konsumen di dunia maya, Nah? Ini Dia Cara Membuat Toko Online Laris Banyak Pembeli

1. Menentukan Produk Yang Akan Kita Jual

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan menentukan jenis produk yang akan kita jual nantinya. Kita bisa memilih produk seperti baju, kosmetik, serta berbagai macam produk lainnya untuk menunjang bisnis yang kita jalankan.

Alangkah lebih baik jika kita memiliki kerjasama dengan beberapa perusahaan atau agen penyedia produk agar kita bisa mendapatkan harga grosir atau pabrik.

2. Membuat Toko Online

Langkah kedua adalah denganan membuat sebuah toko online. Cara membuat toko online sangat mudah sekali, kita tinggal menyiapkan sebuah akun instagram, sebuah website, dan juga sebuah fanspage.

Ketiga item tersebut sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini lantaran untuk membuat seorang konsumen percaya kepada kita, dibutuhkan beberapa bukti yang nyata mengenai bisnis yang kita jalankan.

Sekarang, Anda sudah tahu cara membuat toko online. Namun, ada beberapa hal kecil yang dapat mempengaruhi kesuksesan toko online Anda. Perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Jangan hanya fokus pada satu platform e-commerce. Gunakan semua platform dengan pengguna terbesar di Indonesia atau di seluruh dunia.
  • Buat deskripsi produk yang tidak membosankan.
  • Hindari mengambil foto produk toko online lainnya tanpa izin, karena Anda dapat dikenakan klaim hak cipta.
  • Gunakan fitur promosi dorong atau fitur iklan dengan memperhatikan target pemasaran sehingga iklan berbayar Anda tidak sia-sia.
  • Promosi di berbagai media sosial penting untuk meningkatkan kesadaran akan produk orang.

3. Buatlah fitur desain toko online yang menarik perhatian

Ini sudah syarat wajib, serta keharusan yang sangat berpengaruh dari hasil penjualan Anda. Jika Anda kurang memperhatikan profesionalitas desain toko onlinenya, siap-siap kena imbas. Imbasnya adalah kurangnya kepercayaan diri dari masing-masing konsumen terhadap jasa toko online Anda. Ya meskipun sebenarnya Anda tidak berniat untuk menipu sih.

4. Lakukan pelayan service yang memuaskan

Para pembeli utamanya adalah raja. Usahakanlah untuk merespon pesanan dengan cepat, pengantaran barang yang tepat waktu, dan berkanlah diskon menarik atau bonus-bonus tertentu agar para konsumen bisa jadi langganan, dengan trik seperti ini tanpa sadar para konsumen akan promosi lewat mulut ke-mulut.

5. Usahakan produk saat di foto sama dengan kualitas barang yang dikirim

Biasanya banyak para konsumen yang kecewa karena barang yang saat ada di foto tidak sama dengan barang yang sudah sampai. Agar para konsumen tidak kecewa dengan jasa Anda, usahakanlah menampakkan foto yang asli, triknya adalah, jepret dengan ukuran kamera yang jernih dan kualitasnya bagus.

6. Beri sedikit artikel

Ada yang Anda lupakan. Jika kita sudah ahli dalam hal pelayan dan kualitas, usahakan memberi artikel di dalam website Anda, ini untuk membantu website Anda agar ada di peringkat 1 di google.

Dengan demikian para konsumen akan semakin lebih mudah mengenal jasa toko online Anda tersebut, tidak terlalu sulit sih, kalau bisa tambahkan pula fanpage yang sudah di like beribu banyak orang. Ini tugas Anda untuk belajar SEO dengan baik.

7. Lakukan Pendekatan dan Promosi

Langkah terakhir ini merupakan kunci utama dalam menjalankan usaha yang bermodalkan toko online. Lakukanlah pendekatan ke beberapa orang terdekat Anda bahwa saat ini Anda sedang menjalankan bisnis toko online, hal ini dilakukan agar mereka menyebarluaskan informasi mengenai keberadaan toko online yang kita kelola.

Selain itu, kita juga bisa melakukan berbagai macam promosi diberbagai macam sosial media seperti facebook, dan twitter. Kita juga bisa beriklan mengenai toko online yang kita kelola dengan membayar ke penyedia jasa layanan iklan seperti Google Ads.

Pelajari banyak hal, bukan hanya itu saja sebenarnya, masih banyak trik-trik lain yang bisa kita pakai. Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Toko Online Laris Banyak Pembeli. Semoga apa yang penulis uraikan benar-benar ada manfaatnya untuk bisnis online Anda.

Pentingnya Membuat Toko Online Multi Bahasa

Ketika memutuskan untuk mengejar bisnis online, Anda harus tahu bahwa penggunaan berbagai bahasa di toko online sangat diperlukan. Toko online dibuat untuk dapat diakses oleh semua pengguna internet, bahkan orang yang mengaksesnya berasal dari seluruh dunia.

Karena itu, multi-bahasa sangat penting untuk digunakan di toko online. Anda dapat memasukkan beberapa bahasa, dan jangan lupa untuk memasukkan bahasa internasional, yaitu Bahasa Inggris.

Menggunakan situs web toko online pada awalnya diatur oleh Anda, jadi bahasa situs web juga dipilih sendiri. Sebagian besar bisnis online hanya memilih bahasa Indonesia dan Inggris untuk toko online mereka.

Keterbatasan bahasa yang digunakan dapat merugikan Anda, karena banyak pelanggan potensial di luar negeri yang ingin membeli, tidak tahu bahasa situs web toko online. Akibatnya, pelanggan memutuskan untuk tidak membeli di toko Anda.

Jangan takut untuk menggunakan berbagai bahasa di situs web toko online. Jika Anda tidak tertarik memasukkan semua bahasa di seluruh dunia, Anda dapat memasukkan beberapa bahasa yang paling terkenal.

Penggunaan berbagai bahasa tidak hanya menguntungkan penjual karena mereka mendapatkan banyak pembeli, tetapi pembeli juga akan mendapat manfaat dari mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

Berbelanja di toko online dalam bahasa yang dipahami, membuat pembeli tidak takut untuk melakukan proses pembelian barang. Instruksi pesanan produk dapat dipahami dengan mudah, sehingga pembeli tidak mengalami kesulitan sama sekali saat memesan.

Perlu diingat bahwa penelitian menunjukkan bahwa pengguna situs web toko online harus menggunakan minimal 14 bahasa. Tujuannya adalah agar penjualan toko online dapat naik ke pasar global dan internasional.

Manfaat yang diperoleh antara bisnis online yang menggunakan banyak bahasa dan tidak menggunakan sangat berbeda. Sejujurnya, keuntungan yang lebih besar dimiliki oleh bisnis online yang telah menerapkan banyak bahasa di toko online mereka.

Manfaat Membuat Toko Online Multi Bahasa

Tahukah Anda bahwa penggunaan berbagai bahasa dapat meningkatkan pengunjung dan calon pembeli produk? Tentunya Anda baru tahu sekarang. Memang benar bahwa meskipun beberapa bahasa masih dianggap sepele, fitur ini dapat meningkatkan pengunjung toko online.

Caranya adalah penjual bisa membagikan konten yang telah disediakan oleh pembeli dari berbagai negara. Konten dapat berupa testimo, umpan balik, dan komentar pada produk. Reputasi toko online Anda meningkat jika konten ada di sana.

Banyak pelanggan di berbagai negara akan membacanya, jika mereka tertarik dengan komentar dan testimonial yang diberikan, ada kemungkinan mereka akan melakukan pembelian. Perhatian pelanggan segera difokuskan pada produk-produk toko online, sehingga mereka tidak ragu untuk membeli produk Anda.

Keuntungan menggunakan multi bahasa itu bagus, bukan? Omset penjualan produk terjamin melonjak setiap bulan. Karena itu, sekarang Anda harus memikirkan cara untuk membuat pelanggan segera menulis berbagai testimoni dan komentar pada produk Anda. Semua komentar dapat ditulis menggunakan setiap bahasa, tidak ada istilah penggunaan bahasa.

Sebagian besar pelaku bisnis online berpikir bahwa penggunaan berbagai bahasa kurang dapat diterima oleh pelanggan. Alasannya, jumlah bahasa yang digunakan membuat pelanggan rumit harus memilih bahasa mereka ketika memasuki toko online.

Memang ada beberapa pelanggan yang menyatakan ketidakpuasan terhadap keberadaan situs web toko online multi-bahasa, namun, sebagian besar pelanggan sebenarnya merasa sangat bahagia.

Pelanggan merasa ada dukungan langsung dari penjual toko online, sehingga multi-bahasa yang disediakan akan memudahkan mereka berbelanja untuk produk apa pun.

Tidak hanya itu, penggunaan berbagai bahasa tidak hanya di situs web toko online, tetapi semua bentuk layanan seperti layanan pelanggan juga harus menggunakan berbagai bahasa. Ini disebut totalitas, bukan setengah-setengah dalam melayani pelanggan.

Anda juga dapat mendukung pelanggan dengan menulis beberapa artikel produk, tentang manfaat, fungsi, dan keunggulan dalam berbagai bentuk bahasa. Gunakan optimasi SEO sehingga artikel bisa dibuka oleh semua pelanggan ke dunia internasional.

Kisah Milenial yang Membuat Toko Online Sukses

Melakukan bisnis sejak usia muda memang merupakan hal yang semakin baik untuk dilakukan. Pada usia muda inilah wirausaha dan mental mereka akan terbentuk. Jadi semakin muda seseorang memulai bisnis, semakin mental dan kewirausahaan akan diuji.

Pada usia muda saja seseorang tidak hanya akan belajar, tetapi meskipun memiliki pengalaman minimal, mereka yang kurang beruntung bukan tidak mungkin untuk mencapai kesuksesan. Setidaknya ada 4 pengusaha yang membuktikan bahwa di usia muda, kesuksesan bisa diraih.

Sekarang ada beberapa wirausahawan muda berusia 20-an yang dapat berhasil dengan toko bisnis online mereka, diantaranya adalah :

1. Fajar Teguh Pribadi membuat Toko Online Belikulit.com

Pengusaha milenial berusia 20-an yang telah berhasil membangun bisnis toko online adalah Fajar Teguh Pribadi. Dengan toko online bernama belikulit.com, Fajar pantas disebut sebagai pebisnis yang sukses.

Ini karena dari toko online Fajar bisa mendapatkan lebih dari Rp20 juta per bulan. Fajar sendiri mencapai kesuksesan ini pada usia muda 20 tahun. Belikulit sendiri dipelopori oleh Fajar pada awalnya dari mode membangun toko offline milik ayahnya ke domain online.

Pada waktu itu Fajar menjual produk toko offline ayahnya di pasar. Tidak ada yang spesial dari sana, dan sekarang produk-produk tersebut sangat diminati oleh masyarakat untuk membuat Fajar kemudian membangun situs web belikulit.com yang berbuah sukses.

2. Eni Kusuma Wardani membuat Toko Online Hailadies.com

Dari sekadar coba-coba, siapa sangka wanita berusia 23 tahun ini telah berhasil membangun toko online hailadies.com. Dengan bimbingan dari Danton Prabawanto, Eni Kusuma Wardani membangun bisnis online yang menjual produk pakaian dalam wanita.

Produk yang awalnya dijual offline oleh pakaian dalam wanita oleh Eni kepada teman-teman kuliahnya memang tumbuh segera setelah menerima bimbingan dari Danton Prabawanto. Menariknya untuk bisnis SEO (Optimalisasi Mesin Pencari) ini, hailadies.com mencapai posisi teratas di halaman pertama Google selama 2 tahun.

Sekarang dengan kerja keras dan konsistensi, wanita yang lulus dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Ilmu Komputer (STIKOM SURABAYA) ini telah mencapai kesuksesan dari toko online hailades.com.

3. Muhammad Yukka Harlanda dan Putera Dwi Karunia membuat toko online Bro.do

Dengan produknya, khususnya busana pria, Muhammad Yukka Harlanda berhasil membawa toko online-nya yang bernama Bro.do tidak hanya sukses di Indonesia tetapi juga di dunia. Bersama dengan rekannya Putera Dwi Karunia, Yukka membangun Bro.do pada 2010 dengan modal awal Rp. 7 juta.

Untuk menghasilkan produk sendiri, Yukka memiliki kemitraan dengan beberapa pengrajin di Bandung. Terlepas dari kendala awal berkat orang tua, Yukka dan Putera, yang berusia 20-an, telah berhasil menjadikan Bro.do sebagai platform pembelian busana pria terkemuka di Indonesia. B

ahkan sekarang Bro.do tidak hanya sukses di negara ini, tetapi perkembangannya yang cepat telah menyebabkan Yukka dan Putera menaklukkan pasar luar negeri.

Rifky Setyan Ananta dan Maulidiyyatul Laili membuat Toko Online DewiHijab.com

Akhirnya, toko online yang berhasil dirintis oleh anak muda adalah DewiHijab.com yang didirikan oleh Rifky Setyan Ananta bersama istrinya Maulidiyyatul Laili yang masih berusia 20-an.

Toko online ini yang menjual berbagai produk fashion wanita pertama kali dirintis oleh Rifky dan Laili pada 2012. Pasangan muda yang semuanya teman ini memang tidak bermain-main untuk mendirikan DewiHijab.com.

Keseriusan ini terlihat ketika Rfiky memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya di sebuah perusahaan swasta pada tahun 2012 dengan tujuan untuk fokus mengembangkan DewiHijab.com pada tahun 2013.

Dengan biaya yang ada, Rifky dan Laili mengembangkan DewiHijab.com hingga pengalaman mereka setelah pengalaman ditemukan. Dari banyak pengalaman yang dimiliki Rifky dan Laili dalam mengembangkan DewiHijab.com, mereka perlahan mendapatkan kesuksesan.

Dan sekarang kesuksesan DewiHijab.com tidak hanya sukses di Indonesia tetapi juga mampu menembus pasar internasional.

Itulah beberapa toko online yang telah berhasil dibangun oleh wirausahawan milenial berusia 20-an. Dari sini, Anda yang ingin memulai bisnis online sejak usia muda, maka jangan pernah ragu. Karena dengan kegigihan dan ketekunan yang Anda jalankan, bukan tidak mungkin Anda bisa meraih kesuksesan dengan baik.