Proposal bisnis adalah penawaran tertulis dalam bentuk dokumen dengan tujuan menawarkan produk atau layanan dari calon penjual kepada pembeli dengan biaya yang telah ditentukan.

Dokumen-dokumen ini telah banyak digunakan oleh perusahaan B2B untuk menarik investor untuk menerima produk baru mereka.

Perusahaan B2B atau Bisnis ke Bisnis adalah perusahaan yang menjual produk atau layanan dari satu perusahaan ke perusahaan lain, bukan untuk mengarahkan konsumen.

Cara Membuat Proposal Usaha dan Bisnis

Ketika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengirim proposal bisnis ke perusahaan lain.

Jadi, membuat proposal bisnis yang menarik adalah hal utama yang harus Anda kuasai sebagai pengusaha. Jika dokumen dibuat dengan menarik, itu akan meningkatkan kemungkinan diterima oleh perusahaan.

1. Buat sketsa proposal yang akan Anda buat

Membuat sketsa ini akan membantu Anda dalam membuat proposal bisnis nanti, misalnya membuat garis besar rencana bisnis Anda, membuat jadwal dan daftar apa yang akan Anda masukkan ke dalam proposal, dan membaca referensi proposal bisnis yang telah diterima.

Semua hal ini harus Anda ketahui dan lakukan sebelum menyiapkan proposal bisnis sehingga nantinya Anda tidak bingung apa yang akan Anda tulis. Perencanaan bisnis yang cermat membuat Anda percaya diri ketika menawarkan produk kepada perusahaan.

Selain hal di atas, Anda juga harus membuat ringkasan bisnis yang akan Anda buat dan membuat rencana bisnis yang persuasif dan berkelanjutan.

2. Jangan menyalin proposal orang lain

Menyalin proposal orang lain adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lakukan meskipun dokumen tersebut mungkin telah diterima oleh perusahaan.

Menyalin pekerjaan orang lain adalah sesuatu yang tidak bisa ditoleransi. Jika sebuah perusahaan tahu bahwa proposal Anda adalah hasil dari penyalinan, maka itu adalah sesuatu yang akan membuat bisnis Anda gagal.

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat proposal bisnis. Selanjutnya, Anda akan diberikan cara membuat proposal bisnis yang menarik.

3. Tujuan bisnis yang realistis

Ketika Anda akan membangun bisnis, tujuan bisnis harus realistis, dengan tujuan ini investor akan lebih meyakinkan. Selain itu, target pasar juga harus jelas dan realistis.

Ketika bisnis dibuat, target pasar harus spesifik dan agar bisnis yang Anda buat bukanlah target yang salah. Jenis produk atau layanan yang digunakan sebagai bisnis harus sesuai dengan target pasar.

Cara Membuat Proposal Usaha yang Menarik

Pengertian proposal adalah tulisan yang dibuat oleh penulis dengan maksud buat menerangkan rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada para pembaca, sehingga mereka menbisakan pemahaman tentang tujuan kegiatan itu dengan lebih jelas dan detail.

Jadi dengan proposal maka diharapkan bisa memberikan informasi yang jelas kepada para pembaca, sehingga mereka mengerti maksud dan tujuan proposal itu.

Pada umumnya proposal ialah sebuah program atau rencana suatu kegiatan yang sifatnya hanya sebagai usulan saja, bisa dikatakan juga proposal ialah usulan yang tertulis buat melakukan suatu kegiatan yang ditujukan kepada pihak-pihak yang ada kaitannya dengan kegiatan itu.

Adapun jika menyusun suatu proposal maka haruslah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut ini:

  • Harus memiliki struktur maupun logika yang sangat jelas dan mudah di mengerti.
  • Hasil dari kegiatan itu harus terstruktur.
  • Rumusan jenis kegiatan yang dilakukan harus di tulis dengan jelas dan detail serta harus benar-benar bisa dikerjakan.
  • Jika ada anggaran dana yang dibutuhkan, maka anggaran dana yang di butuhkan harus realistis dengan kegiatan itu.

Adapun fungsi-fungsi dari suatu proposal yang disusun, diantaranya sebagai berikut:

  • Buat melakukan penelitian yang ada kaitannya dengan sosial, budaya, ekonomi dll.
  • Bisa digunakan buat mengajukan mendirikan suatu usaha.
  • Bisa digunakan juga buat mengajukan tender dari berbagai macam lembaga.
  • Bisa digunakan buat mengadakan acara-acara kegiatan contohnya bagaikan acara perayaan, seminar, pelatihan, perlombaan

Berikut adalah cara membuat proposal usaha yang menarik.

1. Pahami secara detail rencana bisnis Anda

Ketika Anda akan membuat bisnis, pikirkan secara terperinci tentang bisnis yang akan Anda jalankan sebelum menuliskannya dalam dokumen. Selain itu, Anda juga harus memahami bisnis yang menjadi pesaing Anda di pasar nanti.

Ini akan membuat Anda semakin mengembangkan ide bisnis baru dan menghindari kesamaan bisnis dengan pesaing yang telah mengeluarkan bisnis mereka. Selanjutnya, bisnis Anda melakukan studi pada perusahaan yang akan Anda masukkan sebagai investor.

Penelitian ini akan menjadi bekal Anda bagi investor ketika bisnis Anda diterima. Bahkan nama merek yang akan digunakan harus dipikirkan secara rinci karena itulah yang pertama kali dilihat dan didengar oleh pasar.

2. Pikirkan tentang rencana anggaran dengan hati-hati

Rencana anggaran dana sangat penting dan sensitif ketika membuat rencana bisnis. Jadi, perencanaan dana harus cermat dan tepat agar tidak gegabah dan tidak mempertimbangkan segalanya.

Kami tidak dapat menyangkal ketika Anda menawarkan proposal bisnis, rencana anggaran adalah hal utama yang mungkin dipertimbangkan.

Saat membuat presentasi kepada investor, pastikan Anda berbagi informasi anggaran dengan semua orang yang datang. Ini akan menjamin investor bahwa rencana anggaran dana Anda sudah baik.

3. Berpikir jauh ke depan tentang berinvestasi

Ketika Anda memasuki dunia bisnis, maka Anda harus memikirkan bisnis jangka panjang dan apa yang akan Anda lakukan setelah bisnis pertama yang sukses.

Investor akan lebih percaya diri jika Anda memiliki rencana yang lebih panjang daripada bisnis yang Anda tawarkan. Biasanya investor akan bertanya tentang dana investasi dan investasi untuk dapat meningkat ke tahap selanjutnya.

4. Mengembalikan uang investor dengan bisnis Anda

Ketika seorang investor menginvestasikan modal dalam bisnis Anda, mereka akan bertanya kepada Anda bagaimana Anda mengembalikan modal saya. Anda harus memiliki prinsip yang mengembalikan modal mereka ke bisnis yang Anda jalankan.

Ini akan membuat investor tetap di pihak Anda dan jika bisnis Anda berhasil, ia akan dengan mudah menginvestasikan modal dalam bisnis Anda berikutnya.

Jenis Proposal dan Unsur Proposal

Pada umumnya proposal dibagi kedalam 4 (empat) jenis, diantaranya sebagai berikut ini:

1. Proposal bisnis

Ialah proposal yang ada kaitannya dengan dunia bisnis atau usaha, bisa juga yang berhubungan dengan bisnis kelompok ataupun perseorangan. Contohnya bagaikan proposal pendirian badan usaha, tempat usaha dll.

2. Proposal Proyek

Ialah proposal yang ada kaitannya dengan dunia pekerjaan, umumnya berisi serangkaian rencana-rencana dalam usaha atau komersil. Contohnya bagaikan proposal proyek pembangunan suatu kantor.

3. Proposal penelitian

Ialah proposal yang sering digunakan pada bidang akademisi bagaikan penelitian buat tugas akhir, tesis dan lain-lain. Biasanya proposal jenis ini digunakan buat mengajukan suatu kegiatan penelitian yang akan dilakukan.

4. Proposal kegiatan

Proposal jenis ini sering digunakan di lingkungan masyarakat, karena ialah proposal buat mengajukan suatu rencana kegiatan baik itu kegiatan individu maupun perorangan. Contohnya bagaikan proposal mengadakan perayaan, perlombaan dll.