Cara Membuat Folder Rahasia Di Smartphone Android

Di era modernisasi untuk sekarang ini, ponsel android memiliki kegunaan yang bisa dibilang multifungsi. Bukan lagi hanya sekedar untuk melakukan komunikasi, bekerja bahkan menyimpan berbagai file penting pun bisa dilakukan di smartphone.

Terkadang tidak menutup kemungkinan bahwa kita mengandalkan sistem online yang berjalan. Baik melamar pekerjaan, atau yang lainnya. Maka tak heran apabila ponsel sebagai alat komunikasi menyimpan beberapa file yang terbilang penting. Seperti halnya foto KTP, foto KK, foto akta kelahiran, bahkan foto ijazah. 

Bah Berikut ini kami sediakan Cara Membuat Folder Rahasia di Smartphone Android untuk menyimpan berbagai file penting di ponsel.

Cara Membuat Folder Rahasia di Smartphone Android

1) Bukalah Aplikasi Pengelola File

Langkah pertama dalam membuat folder rahasia pada smartphone adalah dengan memanfaatkan fitur pengelola file. Yups! Fitur ini sangat diperlukan untuk membuat folder rahasia pada smartphone. Jadi pastikan kamu memilikinya, ya.

2) New Folder

Untuk membuat folder rahasia berikutnya, jika kamu sudah masuk ke aplikasi pengelola file atau file manager, maka hal yang perlu dilakukan adalah membuat folder baru. Kamu bisa mengetuk garis horizontal tiga, lalu pilih folder baru.

3) Beri Nama

Setelah membuat folder baru dengan mengklik new folder, berikutnya adalah memberi nama folder tersebut. Kamu bebas hendak memberi nama apa pada folder baru kamu. Apabila sudah fiks memberikan nama, kamu tinggal pilih ok.

4) Pindahkan File Penting

Langkah selanjutnya, kamu tinggal memindahkan file pentingnya.Yakni dengan cara masuk ke lokasi dimana file penting kamu disimpan, tandai, kemudian kamu bisa klik pindahkan ke folder baru kamu.

Baca juga >>
Cara Memperpanjang Domain Atau Hosting Di Domainesia

Agar menjadi folder rahasia, kamu bisa menambahkan titik (.) pada bagian depan nama folder tersebut. Kini, folder kamu menjadi file tersembunyi.

Bagaimana? Ternyata mudah sekali, ya membuat file tersembunyi dalam smartphone android. Pastikan juga bahwa kamu telah menghapus file aslinya ya.

Cara Mengembalikan File Yang Disembunyikan

Nah! Itulah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat file tersembunyi. Jika kamu tidak tahu cara mengembalikan filenya untuk dapat dilihat, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, masuk ke aplikasi pengelola file. Di aplikasi pengelola file, kamu langsung saja klik bagian garis tiga yang berurutan secara horizontal. Kemudian akan muncul berbagai opsi. Karena kamu akan memunculkan kembali file yang tersembunyi, maka pilih saja tampilkan file tersembunyi. Maka secara otomatis akan muncul berbagai file yang sudah kamu sembunyikan.

Mudah sekali, bukan?

Nah! Pengaturan untuk menyimpan file supaya tersembunyi ini tidak memerlukan bantuan aplikasi. Maka kamu cukup melakukannya dengan memanfaatkan fitur bawaan dari ponsel. Pastikan juga hal demikian sebagai bentuk langkah agar file kamu jadi aman sehingga tidak mudah dijamah orang saat meminjam ponsel kamu. 

Selain dapat menyembunyikan file, tentu saja ponsel masa kini telah dibekali oleh aneka fitur yang memadai untuk meningkatkan keamanan. Contohnya saja kunci ponsel. Sudah ada kunci ponsel, ditambah lagi dengan adanya kunci aplikas, kemudian file tersembunyi.. Sudah, kurang aman apa lagi ponse kamu? Ya, kan? Nah! Pada ponsel huawei biasanya tersedia yang namanya brankas. Brankas ini berfungsi sebagai tempat menyimpan file supaya aman dengan diperkuat oleh sandi berupa nomor pin. Untuk menyimpan filenya oun kamu bisa memilih lokasinya sesuai selera, entah mau kartu SD atau penyimpanan internal.

Baca juga >>
Cara Mengubah Voice Quick Chat V0.12 Suara Jepang Loli/Wibu Lengkap Terbaru PUBG Mobile

Itulah sedikit informasi yang semoga bisa pecahkan masalahmu dalam sembunyikan file penting. 

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat