simak cara membuat email baru di hp dan komputer menggunakan e-mail gmail yahoo dan outlook setelahnya anda bisa mengirim dan menerima pesan elektronik

Kita sudah tak akan pernah bisa bertemu lagi dengan bapak pos si pengantar surat, soalnya sudah ada alternatif tercanggih dan tercepat dengan menggunakan media teknologi.

Sekalipun pengiriman barang masih kerap kali dibutuhkan, akan tetapi berbeda dengan pengiriman informasi berbentuk tulisan, gambar, hingga video.

Semuanya sudah bisa dilakukan melalui jejaring sosial dan email. Adalah Gmail, Yahoo, dan Outlook yang menjadi 3 layanan email gratis yang paling banyak digunakan sampai sekarang.

Sayangnya, masih banyak anak muda yang belum memiliki layanan tercanggih seperti ini. Padahal akan dibutuhkan untuk berbagai macam tujuan, dimulai dari hiburan hingga karir.

Untuk itulah, silahkan pilih salah satu layanan email untuk dibikin dan simak tata cara membuat email barunya dengan langkah mudah dan praktis berikut ini.

Cara Membuat Email Baru Gmail

Kita mulai dulu dari layanan email paling terkenal dan paling banyak digunakan sampai sekarang. Bahkan saking terkenalnya, banyak anak sekolahan yang mengira bahwa layanan email itu hanyalah Gmail seorang.

Secara tujuannya, Gmail (dibaca jimeil) merupakan layanan email berbasis web gratis yang menyediakan ruang penyimpanan hingga sebesar gigabyte bagi para penggunanya.

Alhasil, kita bisa mengirimkan pesan dalam berbagai macam bentuk tanpa harus takut cepat kehabisan ruang penyimpanan.

Untuk membuatnya cukup mudah, yakni dengan melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

  1. Silahkan akses Gmail.com melalui browser favorit masing-masing.
  2. Kemudian klik kata “buat akun” di halaman tersebut.
  3. Akan ada 3 pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, entah itu untuk diri sendiri, anak, atau perusahaan.
  4. Misalnya kamu membuatnya untuk diri sendiri, maka akan dibawa ke halaman profil. Di sini, kita akan diminta memasukan data berupa nama, tanggal lahir, dan sebagainya. Cukup isi saja sesuai data diri, kemudian klik tombol “berikutnya”.
  5. Masukan nomor telepon. Ini adalah kolom penting yang akan memudahkan kita mengakses email jika nanti sewaktu-waktu ingin mengaktifkan verifikasi tahap dua atau mengatasi lupa kata sandi.
  6. Masukan pula alamat email pemulihan jika punya layanan email alternatif lainnya. Jika tidak pun tak apa-apa, karena hanya berupa opsional saja.
  7. Setelah itu, kita akan dibawa ke halaman verifikasi. Google akan mengirimkan 6 digit angka unik melalui SMS ke nomor yang telah dimasukan.
  8. Ambil angka tersebut kemudian masukan ke kolom Gmail yang telah disediakan. Kemudian klik tombol “verifikasi”.
  9. Kemudian kamu akan masuk ke halaman “Optimalkan penggunaan nomor telepon anda”. Tinggal klik “ya, saya ikut”.
  10. Halaman selanjutnya berupa privasi dan persyaratan. Tinggal scroll saja ke bawah dan klik tombol “saya setuju”.
  11. Selamat, layanan email Gmail kamu sudah aktif dan dapat digunakan.

Layanan Gmail ini hampir tersedia di semua platform desktop dan seluler, sehingga memudahkan kita mengaksesnya dan menyelesaikan tugas sehari-hari menjadi lebih cepat.

Cara Membuat Email Baru Yahoo

Alternatif kedua dalam pembuatan layanan email gratis adalah berupa Yahoo. Ini sudah menjadi salah satu layanan terjadul yang pernah merajai internet sebelum akhirnya diambil alih oleh Google.

Akan tetapi dari segi tampilan dan layanannya masih oke dan benar-benar layak untuk kita gunakan.

Terlebih lagi antarmuka Yahoo yang tak dipenuhi dengan embel-embel dan iklan. Versi baru di tahun 2022 ini juga telah dipoles dan nampak profesional, sehingga tetap mampu melawan kompetisi dalam menyediakan layanan berbasis teknologi informasi.

Adapun langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke yahoo.commelalui browser masing-masing.
  2. Kemudian klik tombol “buat akun”.
  3. Kita akan dibawa ke halaman “daftar”. Di sini kita harus memasukan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, dan sebagainya. Masukan saja sesuai dengan data diri.
  4. Jangan lupa juga untuk memasukan nomor handphone yang sesuai dan masih aktif. Biar nanti tidak kesulitan saat ada masalah seperti lupa kata sandi atau sekedar verifikasi.
  5. Setelah semua data terisi dengan baik, maka klik tombol “lanjutkan” untuk dibawa ke halaman berikutnya.
  6. Di halaman baru, kita akan diminta untuk memferivikasi nomor handphone yang telah didaftarkan. Klik tombol “kirimi saya kode verifikasi via SMS” dan tunggu hingga Yahoo mengirimkan berupa angka atau alfabet unik.
  7. Jika sudah sampai, ambil kode tersebut dan tempelkan di kolom yang telah disediakan. Lalu klik tombol “verifikasi”.
  8. Selamat, akun layanan email Yahoo sudah selesai dibuat dan bis kamu gunakan detik itu juga.

Sayangnya, semenjak tanggal 31 Agustus lalu, layanan aplikasi Yahoo sudah diberhentikan sehingga harus kita akses melalui browser sekalipun kamu menggunakan ponsel.

Jadi cenderung tak disarankan buat kamu yang hanya ingin menggunakan layanan email tersebut melalui smartphone.

Cara Membuat Email Baru Outlook

Sebelum masa Yahoo dan Gmail mengudara di kehidupan kita sehari-hari, Outlook sudah lebih dulu unjuk gigi di dunia perpesanan digital.

Kala itu orang-orang sangat tergugah dengan kehadiran layanan ini karena menjadi tempat berkomunikasi gaya baru yang jauh lebih efektif dan lebih produktif demi menyelesaikan berbagai macam hal.

Semuanya hadir untuk memenuhi kebutuhan kita seperti menyiapkan rapat, menemukan kontak dengan kategori tertentu, melakukan panggilan konferensi, hingga rapat online.

Dewasa ini, masih banyak orang yang menggunakan akun Outlook berkat pemiliknya yang legendaris, yakni Microsoft.

Alhasil, penggunaan Outlook ini dapat diutilisasi pula kepada layanan lainnya termasuk pembelian Windows terbaru dan Ms.Office.

Sementara langkah untuk membuat email Outlook terbarunya adalah sebagai berikut:

  1. Akses microsoft.comdengan menggunakan browser pribadi.
  2. Klik ikon titik-titik di pojok kiri paling atas, kemudian pilih Outlook.
  3. Dari sini, kita akan diminta untuk login. Namun dikarenakan tujuan kita adalah membuat email baru, maka klik kata “Buatlah akun!”.
  4. Di halaman buat akun, silahkan masukan alamat email yang diinginkan lengkap dengan kata sandi. Ingat, kata sandi haruslah minimal 8 karakter dengan perpaduan antara huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Jika sudah, silahkan klik tombol “Berikutnya”.
  5. Kita akan dibawa ke halaman “Tambahkan Detail”. Silahkan masukan nama depan dan nama belakang. Kemudian klik tombol “berikutnya” jika sudah.
  6. Data selanjutnya yang dibutuhkan adalah berupa Negara dan tanggal lahir. Klik tombol “berikutnya” jika sudah memasukan data yang sesuai.
  7. Di halaman berikutnya cukup penting karena kita harus memasukan nomor telepon yang masih aktif. Perlu diingat bahwa nomor telepon ini akan digunakan sebagai kunci utama jika sewaktu-waktu kamu lupa kata sandi yang telah dibuat.
  8. Masukan nomor handphone dan klik tombol “kirim kode”.
  9. Cek SMS dan lihat kode yang telah dikirim. Kemudian tempelkan di kolom yang verifikasi yang telah disediakan. Lalu klik tombol “berikutnya”.
  10. Dari sini proses pendaftaran kita sudah selesai. Kamu bisa menggunakan Outlook detik itu juga.

Dikarenakan Outlook dan Microsoft saling tersingkronisasi, maka kamu juga dapat login ke website microsoft.com dengan menggunakan akun yang sama. Demikian tutorial cara membuat email baru , semoga bermanfaat