Tutorial Cara Membuat Aquascape Lengkap Contoh

Aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik, berbentuk kotak kaca mau pun bentuk lainnya yang serupa akuarium. Aquascape tidak hanya memelihara ikan tapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium, dengan berbagai pendekatan dan ketelitian.

Aquascape digolongkan pada jenis hobi memelihara ekosistem air tawar pada media akuarium. Memelihara ekosistem air tawar pada akuarium dikenal dengan istilah aquascape sedangkan ekosistem air laut disebut oceanirum. Aquascape bermula pada tahun 1369, ide seorang kaisar China membuatkan wadah untuk memelihara ikan hias.

Cara Membuat Aquascape untuk Pemula

Ketika beralih dari pemelihara ikan biasa ke aquascaper, ada beberapa hal yang perlu diingat. Aquascaping adalah seni lebih dari sekedar memelihara akuarium di rumah. Saat memulai aquascape pemula cenderung kewalahan dengan ilmu tambahan yang harus dikuasai. Berikut tips aquascaping yang akan memandu pemula masuk ke dunia aquascaping dengan lancar.

Cara Membuat Aquascape Untuk Pemula

1. Kenali Tumbuhan dan Ikan Air untuk aquascape

Ada lebih dari 200 tanaman air yang ditemukan, tidak harus mempelajari semuanya hanya beberapa yang mungkin digunakan. Lumut air seperti Weeping moss, Java moss, Peacock moss dan Stringy moss, Fissidens fontanus, Riccia Dwarf, Bucephalandra, Hemianthus callitrichoides Cuba, Eleocharis adalah beberapa tanaman air yang paling populer digunakan dalam aquascaping.

2. Kenali Parameter & Kimia Air Akuarium

Pengetahuan dasar tentang kimia air akuarium akan membantu Anda dalam jangka panjang. Berikut adalah parameter air utama dan detail kimia yang harus Anda ingat.

Senyawa Nitrogen

Ada 3 elemen utama untuk diukur yaitu Amonia, Nitrit, dan Nitrat. Semua memainkan peran utama dalam siklus siklus akuarium Anda.

Nilai pH air

Air akuarium terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen. Nilai pH netral 7,0 berarti bahwa air mengandung jumlah yang sama dari ion hidrogen (H+) dan ion hidroksida (OH-). Ketika mengalami masalah dengan nilai pH rendah di air akuarium , Anda juga harus memeriksa kadar pH dan menjaga kadar fosfat di akuarium tidak lebih dari 2-3 ppm. Tingkat yang lebih tinggi akan mendorong pertumbuhan alga.

3. Pelajari Prinsip Desain Dasar Aquascape

Aquascaping merupakan bentuk seni dimana imajinasi dan kreativitas memainkan peran penting, menguasai proses ini adalah dasar jika Anda ingin sukses. Ukuran sangat penting di alam, dan aquascaping tidak membuat pengecualian. Anda ingin aquascape tidak hanya menyenangkan mata, ingin ikan merasa nyaman dan tanaman tumbuh sepenuhnya.

Ada banyak kombinasi warna yang dapat dicoba dan cara termudah mengetahui apa yang paling berhasil adalah dengan membuat sketsa atau menggambarnya di selembar kertas. Gaya aquascaping yang paling terkenal adalah tentang Nature Aquarium, Iwagumi atau gaya Belanda, semuanya fokus menerapkan aturan rasio emas dan kemudian menciptakan kontras yang kuat.

4. Belajar Dari Aquascaping Masters

Dalam seni aquascape, master terbesar adalah Takashi Amano. Pencipta Nature Aquarium, Amano adalah perintis sejati di dunia aquascaping. Dengan gairah bawaan sejati dan ketelitian Jepang, ia menciptakan beberapa akuarium terbesar di dunia yang pernah ada.

Ciptaan terakhirnya Florestas Submersas, akuarium alam berbentuk U raksasa yang terletak di Oceanário de Lisboa Portugal, adalah bukti nyata akan visi dan keahliannya yang hebat. Dengan media sosial sangat mudah melacak dan mengikuti tokoh terkemuka di aquascaping, kenali lebih banyak orang dalam aquascaping dengan membaca artikel di Instagram.

5. Perhatikan Pertumbuhan Alga Ganggang Akuarium

Ganggang akuarium adalah kelompok organisme air yang memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis secara alami. Beberapa penyebab pertumbuhan alga tidak terkendali diantaranya.

  • Akuarium tidak sepenuhnya melakukan sirkulasi.
  • Jumlah ikan di akuarium terlalu banyak.
  • Anda memberi makan ikan berlebih yang menyebabkan paku amonia.
  • Lampu terlalu terang atau menyalakan lampu terlalu lama.
  • Air mengandung nutrisi yang tinggi.
  • Akuarium ditempatkan di bawah sinar matahari langsung.
  • Tidak cukup mengganti air.

6. Buat Sketsa Aquascape

Hal terbaik tentang membuat sketsa aquascape adalah Anda dapat membuat kesalahan sebanyak mungkin yang mudah diperbaiki menggunakan penghapus. Berbeda dengan meletakkan aquascape kemudian memutuskan ingin mengganti satu batu dengan yang lain yang akan mengganggu aquasoil. Ambil selembar kertas dan pensil lalu mulailah membuat sketsa tata letak aquascape Anda.

7. Batasi jumlah ikan dalam Akuarium

Dalam aquascape harus selalu fokus pada tanaman air daripada ikan. Selalu lebih baik memiliki banyak tanaman daripada ikan, terutama tanaman batang panjang yang memiliki tingkat pertumbuhan lebih tinggi yang akan membantu menyerap nutrisi tambahan dari air.

Memperbanyak jumlah ikan hanya akan menyebabkan nitrit dan nitrat tambahan terakumulasi di dalam air sehingga menjadi lingkungan yang cocok untuk tumbuhnya alga ganggang.

8. Bergabung dengan Forum online Aquascaping

Jelajahi forum aquascaping dan bergabunglah menjadi anggota. Banyak yang bisa dipelajari. Browsing di internet untuk gabung dengan forum Aquascaping. Dapatkan pengalaman langsung dengan menghadiri lokakarya aquascaping yang dijalankan oleh tokoh terkemuka seperti Filipe Oliveira, Oliver Knott, George Farmer dan Jurijs Jutjajevs.

9. Kunjungi Toko Aquascaping untuk Inspirasi

Banyak toko aquascape memiliki galeri akuarium alami. Rencanakan kunjungan dan ambil inspirasi langsung. Mintalah saran dari staf toko tentang pengaturan aquascaping, masalah ganggang, dan tips peralatan teknis.
Buat daftar belanja dan cari tahu berapa biaya untuk membangun akuarium alam pertama Anda.

10. Jangan Menggunakan Blitz Kamera Saat Fotografi

Saat mengambil foto akuarium, pastikan untuk tidak menggunakan blitz internal dari kamera. Jika cahaya flash memotret dari depan akuarium, maka akan terlihat pantulan dalam fotografi Anda. Lebih baik menggunakan unit flash eksternal yang dapat Anda posisikan untuk memotret dari atas akuarium aquascape.

Jenis Ikan Aquascape Terbaik Mudah Dipelihara

Jenis Ikan Aquascape Terbaik Mudah Dipelihara

Memiliki akuarium dengan tanaman atau aquascape tentunya tidak lengkap tanpa ikan di dalamnya. Semakin banyak ikan di akuarium, semakin banyak mereka akan berkumpul, semakin baik penampilan keseluruhan. Jika ada beberapa spesies ikan di aquarium yang sama, jenis yang sama akan berenang ke arah yang sama dan berkumpul dalam jumlah besar membuat aquascape menonjol dan terlihat sangat indah. berikut adalah jenis ikan yang cocok untuk aquascape.

1. Kardinal Tetra

Kardinal Tetra mungkin yang paling populer dari semua ikan Tetra. Yang unik dari ikan ini adalah warna dan pola yang luar biasa di tubuhnya. Garis biru neon yang membentang di seluruh tubuhnya dibatasi dengan garis merah cerah. Sirip dan ekor transparan. Pewarnaan yang berbeda ini membuatnya sempurna untuk aquascaping. Jika Anda ingin meningkatkan kecerahan warna, Anda harus memastikan tangki berisi air yang lembut dan sedikit asam.

Dalam aquascaping, pencahayaan dan dekorasi yang benar sangat penting. Ikan Kardinal Tetra sudah sangat jelas warnanya, tidak perlu terlalu banyak cahaya untuk memamerkan warna. Tanaman mengambang hidup akan membantu mengontrol pencahayaan lebih baik. Juga Kardinal Tetra membutuhkan ruang bersembunyi jadi pastikan Aquarium memiliki banyak ruang.

2. Harlequin Rasbora

Harlequin lebih dikenal sebagai Harlequin Rasbora atau Trigonostigma heteromorpha adalah ikan yang unik dan menarik perhatian, cocok untuk akuarium yang ditanam dengan baik atau aquascape. Warna-warna merah metalik dan pola-pola yang jelas akan membuat akuarium Anda lebih cerah. Ketika disimpan 15-20 ikan, mereka dapat menambah semangat ke akuarium Anda dan meningkatkan latar belakang dan pemandangan aquascape. Warna merah dan oranye mereka sangat kontras dengan aquascape biru yang dingin serta vegetasi air dan bebatuan hijau yang lebat.

3. Mosquito Rasbora

Jika Anda mencari ikan yang sangat kecil, maka Mosquito Rasbora atau Boraras brigittae mungkin cocok. Berukuran kurang dari 1 inci, warna merah dan abu-abu yang cerah menambah keindahan akuarium aquascape.

Jangan tertipu hanya karena mereka kecil, bukan berarti Anda bisa menyimpannya dalam tangki kecil. Nyatanya Mosquito tumbuh subur di tangki yang lebih besar dengan 20-30 galon. Kami merekomendasikan tangki yang lebih besar di mana mereka dapat berenang bebas di kelompok besar. Tidak hanya ikan-ikan ini menikmati ruang yang luas, tetapi juga membuat mereka lebih terlihat dan akan membuat kumpulan yang fantastis sekitar 20-30 ikan.

Satu kelemahan utama adalah ketersediaan. Mosquito Rasbora lebih sulit diperoleh sehingga, Anda mungkin menemukan ikan ini lebih mahal daripada ikan Rasbora lainnya. Selain itu, mereka adalah ikan berkelompok yang berarti Anda harus mendapatkan setidaknya 15 ikan.

4. Angelfish

Ikan air tawar yang dihargai kebanyakan penggemar akuarium adalah Angelfish atau Pterophyllum. Ini adalah ikan yang anggun. Meskipun tidak dilengkapi dengan warna-warna cerah seperti ikan aquascaping lainnya, ia memiliki warna tersendiri dengan perilaku berenang yang elegan. Sebagian besar, Anda akan menemukannya di penangkaran dan karenanya tersedia banyak warna. Namun yang paling umum adalah perak dengan garis-garis hitam.

5. Neon Tetra

Neon Tetra atau Paracheirodon innesi mungkin merupakan salah satu spesies yang paling populer di kalangan pemelihara ikan karena warna yang menarik dan kemudahan perawatan. Mereka adalah ikan tropis nomor satu yang terjual di dunia dan berada di urutan kedua setelah ikan paling banyak dijual di dunia yang merupakan ikan mas.

Bahkan Neon Tetra sangat cocok untuk pemula yang baru memulai aquascaping. Garis pirus yang mengular dari mata mereka ke sirip hanya untuk dipatahkan oleh lapisan merah, memberikan sensasi yang sempurna untuk setiap aquascape. Efeknya diperkuat ketika sekelompok ikan ini berenang bersama. Tetra Neon adalah solusi anggaran yang sempurna untuk membeli ikan aquascaping dalam jumlah besar.

6. Black Neon Tetra

Black Neon Tetra atau Hyphessobrycon herbertaxelrodi yang berwarna-warni adalah ikan yang sangat energik dan mempesona dengan latar belakang lebih gelap dan vegetasi hijau yang lebat. Warna-warna cerah mereka hanya tumpul oleh kepribadian mereka yang bersemangat dan santai.

Garis-garis berwarna perak sangat kontras dengan garis-garis neon hitam beludru di bawahnya. Mereka tumbuh sekitar 1 inci. Sebagai hasilnya, Anda dapat memelihara mereka dengan ikan komunitas tropis kecil lainnya seperti Tetras dan Rasboras. Karena mereka adalah ikan komunitas, mereka berkembang dengan damai bersama anggota spesies mereka yang lain. Secara umum, kami merekomendasikan kumpulkan 6-12 ikan dalam tangki 10-20 galon.

Secara keseluruhan, Black Neon Tetra adalah ikan luar biasa yang akan meningkatkan tampilan akuarium Anda sepuluh kali lipat. Salah satu akuarium terbaik aquascape adalah akuarium terbuka atas 100 galon dengan sekitar 60 tetra neon hitam dan itu tampak menakjubkan.

7. Discus

Discus atau Symphysodon besar dan berbentuk unik menambah unsur kekaguman pada akuarium Anda. Ikan ini lebih besar dari ikan kelompok lainnya yang sering digunakan dalam akuarium aquascape dan tersedia dalam berbagai warna dan pola yang lebih besar.

Ini termasuk biru, merah, coklat, darah merpati, tefe, tutul, pirus merah dan diskus heckle. Semua ini memiliki bentuk Frisbee yang umum, sehingga mereka diberi nama 'Diskus.' Bagian terbaiknya adalah Anda dapat memelihara semua ras yang berbeda di kelompok yang sama dan bahkan kawin silang. Warna dan pola yang sangat berbeda pasti akan memberikan tampilan unik untuk aquascape Anda.

8. Cherry Barb

Cherry Barb atau Puntius titteya adalah ikan dengan warna merah ceri yang indah, dengan betina menjadi sedikit lebih ringan daripada jantan. Akibatnya, sebagian besar orang cenderung membeli laki-laki, namun ketiadaan perempuan dapat menyebabkan lingkungan yang tidak stabil.

Terlepas dari gender, mereka akan menambahkan percikan warna di aquascape hijau dan biru Anda. Kecenderungan luar biasa lainnya adalah mereka sangat suka bergerak dan berenang. Ini cenderung menciptakan gerakan yang menarik sepanjang waktu dari kiri ke kanan dalam pola resimen. Sangat penting bahwa ikan ini merasa di rumah. Jadi, Anda perlu memastikan perkebunan yang lebat dengan banyak tanaman hijau.

9.White Cloud Mountain Minnow

Jika Anda menyukai Kardinal Tetras tetapi tidak senang dengan harganya, maka White Cloud Mountain Minnow atau Tanichthys micagemmae adalah pengganti yang mudah dan terjangkau. Mereka biasanya tumbuh hingga 1,5 inci dan dibedakan oleh garis pirus neon.

Tubuh mereka berwarna coklat berkilauan yang berakhir dengan transisi merah yang menakjubkan. Ada varian lain seperti emas atau sirip panjang yang tersedia di sebagian besar toko. Ikan ini juga menunjukkan dimorfisme, dengan pejantan lebih ramping dan berwarna-warni. Selain itu, mereka cukup damai dan cocok dengan spesies damai lainnya.

10. Zebra Danio

Sebagai ikan yang agak unik, Zebra Danio atau Danio rerio tetap menjadi favorit diantara penghobi dan pemelihara ikan. Kemudahan perawatan dan perkembangbiakan yang mudah bersama dengan pola yang menarik membuat mereka menjadi bahan pokok bagi setiap pemula akuarium. Pola zebra biru dan ungu yang berbeda membuat mereka lebih menonjol daripada ikan lainnya. Karena mereka perenang aktif, mereka selalu keluar dan memberikan tampilan unik Anda kepada aquascape Anda.

11. Clown Loach

Clown Loach atau Chromobotia macracanthus adalah salah satu ikan yang paling dikenal yang menawarkan warna-warna cerah yang berlimpah. Kombinasikan sirip merah dengan tubuh bergaris oranye dan hitam dan Anda memiliki bahan pokok akuarium.

Mereka unik karena mereka memiliki paku lonjakan tajam yang menonjol dari bawah mata mereka untuk tujuan pertahanan. Jadi sangat penting Anda berhati-hati dalam mencoba menanganinya karena paku dapat dengan mudah merobek jaring dan melukai tangan Anda.

12. Black Widow Tetra

Sementara namanya mungkin tampak menakutkan, Tetra Black Widow nyatanya damai dan menarik. Getaran gothic-nya terikat untuk disinkronkan dengan beberapa aquarists yang lelah dengan aquascaping dengan warna-warna cerah. Yakinlah tubuh perak dan sirip punggung hitamnya sempurna untuk akuarium atau tangki apa pun.

Mereka juga tersedia dalam warna lebih terang atau merah muda jika Anda masih membutuhkan sembulan warna. Poin penting adalah bahwa ikan ini berwarna cerah saat mereka tumbuh dewasa.

13. Neon Biru Tux Guppy

Neon Biru Tux Guppy adalah salah satu ikan komunitas akuarium paling populer tetapi sering diabaikan sebagai ikan kelompok yang cocok untuk akuarium aquascape. Variasi ini, khususnya, Neon Blue Tux Guppy adalah ikan yang luar biasa jika disimpan di aquascape berisi sekitar 20-30 ikan.

Ikan ini tidak mahal dan dapat dipesan dalam jumlah besar dari toko ikan tropis setempat atau toko hewan peliharaan. Guppy adalah salah satu ikan pertama yang ditambahkan oleh kebanyakan orang ke akuarium baru, tetapi perawatan harus dilakukan untuk memberikan kondisi air terbaik yang mereka butuhkan untuk berkembang.

14. Hatchet Daado

Ikan Dadio Hatchet atau Laubuca Dadiburjori adalah spesies yang ideal untuk akuarium yang lebih dingin. Ini adalah ikan alami yang berarti harus disimpan dalam kelompok yang terdiri setidaknya 8 ikan atau lebih.
Pastikan akuarium Anda matang, cukup luas, dan menggabungkan banyak penanaman berakar dan mengambang untuk memberikan perlindungan yang membantu mereka tetap tenang.

Jenis Tanaman Aquascape Terbaik

Jenis Tanaman Aquascape Terbaik Mudah Perawatan

Memilih tanaman hidup untuk akuarium mungkin tampak sesederhana ke toko ikan lokal dan memilih beberapa yang anda suka. Tetapi jika Anda ingin tanaman berkembang, Anda harus mempertimbangkan dengan banyak pertimbangan.

Ada banyak tanaman akuarium hidup yang berbeda untuk dipilih dan masing-masing memiliki persyaratan perawatan yang unik. Sebelum Anda mengisi tangki dengan tanaman akuarium, Anda harus meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan mengapa Anda menginginkannya, jenis mana yang paling sesuai, dan bagaimana Anda akan merawatnya.

Tanaman hidup dapat memberikan berbagai manfaat tetapi Anda masih perlu mempertimbangkan bagaimana Anda ingin menggunakannya dan mengapa. Berikut adalah manfaat yang dapat diberikan tanaman hidup di akuarium Anda.

  • Mengubah karbondioksida menjadi oksigen untuk ikan.
  • Tumbuhan hidup menggunakan nitrat dan produk limbah kimia lainnya, membantu mengeluarkannya dari kolom air sehingga tidak membahayakan ikan Anda.
  • Menjenuhkan air tangki dengan oksigen yang membantu memberi udara tangki.
  • Mendapat tampilan alami.
  • Menyediakan tempat berlindung dan keamanan untuk ikan dan memecah garis pandang yang dapat bermanfaat bagi ikan teritorial.
  • Dapat digunakan untuk menyembunyikan perlengkapan akuarium untuk meningkatkan estetika.
  • Tanaman akuarium membantu meningkatkan dan menjaga kualitas air tangki.

Kualitas air yang tinggi sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan ikan. Ketika kualitas air rendah, ikan menjadi stres dan itu membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit. Tumbuhan hidup memiliki beragam bentuk, ukuran, dan warna. Tergantung pada ukuran dan bentuk yang Anda pilih, Anda dapat menggunakan tanaman akuarium untuk membuat karpet yang subur di sepanjang bagian bawah tangki atau latar belakang hidup untuk akuarium Anda.

Tanaman akuarium dapat dibagi menjadi tiga kategori berbeda berdasarkan penempatannya di tangki

1. Tanaman latar depan

Tanaman latar depan adalah tanaman yang Anda tempatkan di bagian depan tangki umumnya lebih pendek dan tumbuh cukup lambat. Beberapa tanaman latar depan disebut tanaman karpet karena cenderung menyebar ke luar daripada ke atas, menutupi bagian bawah tangki dengan lapisan seperti karpet hijau.

2. Tanaman pertengahan tanah

Tanaman pertengahan tanah atau mid-ground lebih tinggi dari tanaman latar depan dan dapat digunakan di sepanjang sisi tangki Anda dan di tengah.

3. Tanaman latar belakang dan Penerangan

Cahaya adalah sumber energi utama untuk tanaman akuarium yang memungkinkan mereka menyelesaikan proses fotosintesis yang mengubah karbon dioksida menjadi energi. Ada banyak pilihan berbeda untuk penerangan akuarium tetapi tidak semuanya ideal untuk tanaman hidup.

Tanaman Anda akan membutuhkan sekitar 8 jam cahaya spektrum penuh per hari yang meniru sinar matahari alami untuk fotosintesis. Namun berhati-hatilah dalam menggunakan cahaya alami seperti menempatkan tangki Anda di dekat jendela karena terlalu banyak cahaya dapat berkontribusi pada pertumbuhan alga.

Jenis pencahayaan terbaik untuk tangki yang ditanam adalah pencahayaan dengan lampu LED. Pencahayaan LED sangat efisien dalam hal konsumsi energi dan bola lampu bertahan lama. Perlengkapan ini juga tidak menghasilkan panas seperti perlengkapan lainnya sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang terlalu panas tangki Anda.

Berikut adalah jenis tanaman aquascape terbaik yang mudah perawatannya.

1. Java Moss

Java Moss tumbuh paling baik di air yang bersih dan bersirkulasi dengan baik dan tumbuh lebih cepat dalam pencahayaan yang terang. Java Moss adalah tanaman karpet yang sangat baik karena menyebar dengan cepat dan mudah dipangkas.

2. Lilaeopsis

Lilaeopsis juga dikenal sebagai Pedang Mikro Brasil, Lilaeopsis adalah tanaman bertangkai pendek yang berfungsi baik sebagai tanaman karpet. Dapat tumbuh sepenuhnya atau sebagian terendam dan membentuk karpet padat dengan kombinasi pencahayaan, CO2, dan nutrisi lainnya yang tepat.

3. Dwarf Baby Tears

Tanaman ini menghasilkan kelompok daun kecil dan sangat ideal untuk tangki pengembangbiakan. Dan membentuk karpet padat dengan pencahayaan yang tepat, dan umumnya mudah dirawat sekali didirikan.

4. Water Wisteria

Tanaman ini menghasilkan daun seperti renda yang ukurannya bervariasi sesuai dengan suhu air. Mereka dapat dengan mudah diperbanyak dengan mengambil stek dari daun bagian bawah.

5. Amazon Sword

Salah satu tanaman akuarium yang paling dikenal, pedang Amazon adalah tanaman latar ideal yang menghasilkan daun besar dan lebar. Mudah dirawat dan lebih memilih media yang longgar.

6. African water Fern Pakis Air Afrika

Tanaman ini tumbuh cukup lambat, bahkan dalam kondisi yang ideal, dan yang terbaik adalah berlabuh pada sepotong kayu apung daripada berakar di substrat. Setelah terbentuk, mudah untuk mempertahankannya. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan memiliki berbagai ukuran dan bentuk daun.

7. Java Fern

Pakis jawa baik dalam pencahayaan moderat jika pencahayaan terlalu kuat, daunnya bisa berubah menjadi coklat.

8. Anubias

Salah satu tanaman yang paling mudah bagi pemula, anubias kuat dan mudah tumbuh. Tanaman ini umumnya ditambatkan ke batu atau kayu apung alih-alih berakar. Saat di-root, rimpang harus diletakkan di atas media untuk mencegah pembusukan.

9. Cryptocoryne Beckettii

Juga dikenal adalah terompet air, tanaman ini adalah tanaman mid-ground yang bagus. Sangat toleran dengan parameter air dan bekerja dengan baik dalam cahaya rendah hingga sedang.

10. Aponogeton Ulvaceus Bulb

Tumbuhan yang indah yang menghasilkan daun beriak, spesies ini sangat toleran dan menyebar dengan baik sebagai tanaman latar. Satu bola lampu menghasilkan hingga 40 daun.

11. Dwarf Aquarium Lily

Tanaman menarik yang menghasilkan daun berbentuk unik, lily kerdil akuarium mudah dirawat. Bola lampu harus ditanam setengah jalan dari substrat atau ia akan mati.

Jenis Gaya Aquascape Populer

Jenis Gaya Aquascape Populer

Saat Anda membuat akuarium kemungkinannya tidak terbatas. Semuanya mulai dari tangki telanjang sampai tangki Belanda tersedia. Anda mungkin akan membuat hasil yang jauh lebih menarik jika Anda mengikuti gaya aquascaping tertentu. Berikut adalah cara membuat aquascape dengan gaya populer paling umum yang akan Anda lihat di akuarium.

1. Gaya Belanda

Gaya ini dicirikan oleh berbagai jenis tanaman dengan beberapa jenis daun. Ini biasa terlihat dengan lapisan yang terangkat, atau teras yang dikenal sebagai jalanan Belanda.

Lantai ditutupi oleh karpet, atau tanaman, dengan tanaman yang lebih tinggi melapisi bagian belakang tangki. Yang paling mencolok, biasanya tidak memiliki hardscape. Anda tidak akan melihat banyak, jika ada batu atau kayu apung di tank Belanda.

2. Gaya Taiwan

Ini sudah tidak umum lagi dan di beberapa daerah sudah ketinggalan gaya dibandingkan Iwagumi atau tangki Akuarium Alam. Meskipun demikian, biasanya terlihat dengan teras tinggi dengan kedalaman yang berbeda-beda, dan fitur teranehnya adalah benda-benda kecil atau patung-patung yang ditempatkan di dalam tangki untuk menciptakan rasa 'kehidupan'.

3. Gaya Iwagumi Jepang

Iwagumi adalah salah satu gaya aquascaping paling populer saat ini. Pertama kali dipopulerkan oleh Bapa Aquascaping Modern, Takashi Amano, dan ditandai dengan serangkaian batu yang disusun sesuai dengan Rasio Emas, atau Aturan Ketiga dimana selalu ada jumlah batu ganjil untuk mencegah tata letak 'menyeimbangkan', karena mata manusia selalu mencoba melihat 'split' dalam tata letak seimbang.

Setidaknya ada tiga batu: batu 'Ayah' yang lebih besar, dan setidaknya dua batu sekunder. Mungkin ada lebih, asalkan jumlah totalnya tetap ganjil. Tank-tank ini dapat meniru lanskap alami dengan tema umum tentang kesederhanaan dan ruang terbuka. Ada warna terbatas pada tanaman & batu, dan jumlah flora dan fauna yang bervariasi dijaga seminimal mungkin untuk menciptakan minimalis.

Skala sangat penting dalam gaya ini. Substrat jenis bubuk digunakan untuk menciptakan rasa berskala lebih besar, dan batu induk harus menjadi objek terbesar di akuarium. Ikan nano seperti Neon Tetra juga digunakan untuk menjaga skala.

4. Gaya Biotope

Gaya ini berusaha untuk meniru dengan sempurna lingkungan alami, termasuk kondisi air, spesies flora dan fauna, dan bahkan hardscape batu dan kayu apung. Gaya Biotope bisa sangat indah dan berguna bagi beberapa ahli biologi untuk mempelajari lingkungan yang seharusnya menjadi tantangan untuk dipelajari.

Anehnya tangki-tangki ini biasanya agak lebih mudah dipasang dan dipelihara, karena tidak ada penelitian yang diperlukan untuk menentukan apakah flora dan fauna yang Anda gunakan kompatibel, mereka ada berdampingan di alam liar.

5. Gaya Hutan atau Jungle

Gaya ini agak jelas tujuannya adalah untuk meniru hutan, apakah itu Amazon, atau lokasi lain. Gaya Jungle cukup populer di tangki yang lebih besar di mana skala penuh gaya dapat digambarkan secara efektif.

6. Gaya Alam atau Nature

Gaya ini yang mungkin pernah Anda lihat di Internet, di berbagai forum, dan memenangkan banyak penghargaan. Gaya alam ini berupaya menciptakan kembali berbagai lanskap darat bukit, gunung, lembah, dan sebagainya. Selanjutnya dikategorikan ke dalam berbagai subtyles, seperti jenis 'pulau', yang menampilkan batu 'gunung', atau gundukan di tengah, atau tipe segitiga.

7. Gaya Walstad

Anda tidak akan menemukan gaya ini memenangkan penghargaan Aquascaping, meskipun tata letak ini sangat menarik secara visual. Itu karena tujuannya tidak selalu memenangkan penghargaan kecantikan, tetapi menciptakan kembali situasi yang sepenuhnya alami.

Berbeda dari akuarium alam dan biotop adalah penempatan hardscape dan tanaman yang sepenuhnya acak. Ini untuk mensimulasikan cara hal-hal alami di alam, daripada menempatkan untuk kecantikan yang optimal. Tangki-tangki didesain untuk perawatan rendah, dan dirancang dengan anggaran rendah. Biasanya menggunakan tanah pot dan juga membutuhkan sedikit perubahan air, karena kepadatan tanaman.

Jika Anda memilih gaya ini, pastikan dan gunakan tanah pot tanpa aditif atau bahan kimia lainnya, karena ini dapat larut ke dalam air dan membunuh ikan Anda.

8. Menemukan Gaya Anda Sendiri

Tentu saja ada lebih banyak gaya aquascaping, dan bahkan lebih banyak perbedaan di antara masing-masing . Terserah Anda untuk memutuskan jenis tangki apa yang Anda nikmati. Jika Anda menikmatinya, Anda akan mempertahankannya lebih baik dan mendapatkan kualitas lebih dari itu, jadi pilihlah apa yang Anda suka dan mulailah membuat aquascape.

Contoh Gambar Aquarium Aquascape

Desain aquascape tentu saja harus disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Aquascape minimalis kini sudah menjadi hal yang banyak diminati semua orang. Apabila semua komponen di atas sudah terkumpul sekarang kita bisa langsung memulai proses pembuatannya. Perlu anda garis bawahi sebenarnya konsep murni aquascape hanya natural iwagumi dan dutch style namun dari natural tersebut terpecah pecah menjadi beberapa gaya aliran seperti gunung sungai dan hutan.

Aquascape merupakan teknik penciptaan ekosistem tiruan bawah air atau laut di dalam sebuah tangki akuarium atau media lainnya. Cara membuat aquascape memang cukup rumit bagi pemula namun ada tips cepat bagaimana cara membuat aquascape sederhana dan murah yang akan saya bahas kali ini. Meski dengan modal yang terjangkau aquascape dapat dibuat menjadi menarik dan indah.

Contoh Gambar Aquascape Sederhana

Seni dalam aquascape adalah seni dalam hal mengatur air tanaman karang ikan batu dan berbagai komponen lainnya dalam aquarium. Kriteria jenis tanaman aquascape untuk pemula adalah yang mudah dirawat dan tidak memerlukan berbagai perawatan yang rumit. Aquascape adalah salah satu aksesoris atau barang yang banyak diminati oleh para pecinta hewan air. Nah jika anda mencari tanaman aquascape yang cocok untuk pemula anubias nana adalah sebuah pilihan yang cocok.

Contoh Aquascape Bonsai

Ini adalah contoh menata bonsai di aquarium. Salah satu material yang kerap dipakai untuk menghias aquarium aquascape adalah kayu. Jenis kayu aquascape merupakan kayu khusus yang mampu tetap baik meskipun terendam di dalam air. Cara paling mudah untuk memiliki aquascape ini tentu saja dengan menghubungi penjual ikan atau tukang aquarium terdekat.

Para aquascaper memilih kayu untuk kegiatan aquascaping nya dimana dengan ekosistem ini akan menampakkan sisi keindahan dari segi visual dan secara praktis mampu untuk menunjang kehidupan binatang air seperti ikan udang bintang laut lobster kuda laut dan sebagaimanya. Membuat bonsai aquascape sederhana dengan mudah sehingga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman karpet aquascape atau dijadikan daun dari kayu bonsai.

Ada beberapa jenis moss yang membusuk jika terlalu lama diletakkan di dalam air. Karena bentuknya yang unik dan juga dapat membuat akuarium di rumah anda menjadi lebih hidup karena adanya pohon bonsai di dalamnya. Selain itu aquascape dengan tema bonsai ini juga dapat membuat pemandangan yang indah di dalam akuarium miliki anda karena dapat menumbuhkan ekosistem baru di dalamnya.

Contoh Aquascape Kayu

Bukan hanya jati mahoni atau pinus yang bisa digunakan untuk membuat aneka jenis hiasan berkelas. Perpaduan antara akar kayu dan sedikit hiasan pohon menambah kesan mewah tapi murah. Kayu rasamala adalah kayu yang paling banyak dipakai untuk aquascape karena sifat kayu ini tidak mengeluarkan tanin yang dapat membuat air menjadi kuning selain itu bentuk fisik kayu ini juga bagus dengan banyaknya cabang yang dapat kita percantik dengan tanaman air.

Perpaduan antara akar kayu dan sedikit hiasan pohon menambah kesan mewah tapi murah. Salah satu material yang kerap dipakai untuk menghias aquarium aquascape adalah kayu. Tidak semua jenis kayu bisa digunakan untuk aquascape mungkin para aquascapers professional sudah mengetahui jenis kayu apa saja yang cocok untuk aquascape. Hardscape adalah komponen keras seperti ornamental batu kayu koral atau karang yang berguna mewujudkan suatu landscape pemandangan dalam air yang ideal untuk aquascape.

Contoh Tebing Air Terjun Aquascape

Cara membuat tebing air terjun aquascape di akuarium sangat mudah dan simple. Sebenarnya itu bukan air terjun tapi efek dari pasir putih lembut yang diangkat keatas trus dijatuhkan ke wadah tertentu dan diangkat lagi keatas. Kebutuhan yang diperlukan untuk membuat tema aquascape waterfall diantaranya hardscape berupa batu untuk dijadikan tebing air terjun kemudian untuk memperindah berikan beberapa tanaman moss untuk menempel di batu tersebut dan juga beberapa tanaman midground seperti anubias atau bucephalandra.

Berikut ini contoh air terjun pasir didalam aquarium kecil dan aquarium besar. Untuk hiasan aquariumnya semacam tanaman airnya tinggal kita kreasikan sendiri agar terlihat lebih menarik. Ide tersebut biasanya berupa bentang alam misalnya gua danau bukit air terjun atau perkampungan bentuk minimalis. Dalam hal ini sketsa atau gambar grafis harus dipakai sebagai acuan pembuatan desain.

Contoh Keong Hama Aquascape

Meski ukuran tubuh keong masih kecil namun ia bisa makan sepanjang waktu apalagi pada kondisi lingkungan yang tidak panas seperti dalam aquascape. Keong assasin sangat direkomendasikan untuk mengatasi keong hama di aquascape sifatnya yang gesit dan pandai mencari keong hama bahkan sampai ke sela sela batu maupun tanaman dalam tangki akuarium anda.

Membersihkan aquarium dari keong hama tanpa obat dan bahan kimia. Untuk mengatasi hama keong dalam aquascape maka ada banyak cara yang bisa anda tempuh mulai dari memungutnya langsung atau dengan cara menjebaknya dengan acar. Keong ramshorn paling mungkin ditemukan di ph akuarium yang netral.

Contoh Keong Hama Aquascape

Nitrit harus selalu 0. Ukuran 38 68 spesies keong ramshorn mempunyai ukuran bervariasi yang tumbuh terkecil hanya 14 sedangkan terbesar dapat tumbuh hingga 1 lebih. Ramshorn siput sensitif terhadap lonjakan amonia dan aditif tembaga. Jika ada fauna yang mati segera buang bangkainya dari dalam aquascape kita.

Keong ramshorn ini sebenarnya termasuk keong hama keong hama yang dibutuhkan. Bagi anda yang hobby aquascape atau memelihara ikan hias pasti pernah menjumpai keong yang tiba tiba muncul.

 

5/5 (1 Review)