Cara Membuat Aplikasi Android dengan Baik

Saat ini banyak pilihan dalam menggunakan smartphone. Namun tidak di pungkiri lagi jika saat ini banyak orang yang menggunakan android menjadi salah satu sistem smartphone yang dimiliki. Oleh karena itu jika anda bisa mencari keuntungan dengan membuat aplikasi berbasis android jika anda memerlukan sesuatu hal. Jika anda masih belum mengerti cara membuat aplikasi android, maka yang and perlukan adalah mengetahui cara membuat aplikasi android secara sederhana.

Aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi android dan caranya

Sebelum membahas tentang cara memuat aplikasi android, maka sebaiknya anda mengetahui beberapa aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk membuat android. Ada beberapa aplikasi yang anda gunakan dan beberapa cara membuatnya sehingga membuat anda menjadi lebih mudah dalam penggunaannya. Membuat aplikasi pun mudah – mudah gampang sehingga anda harus mengetahui dulu caranya pula dengan benar setelah anda memilih aplikasi yang digunakan untuk membuat android. Adapun beberapa pilihan ini pula memiliki cara yang berbeda – beda sehingga membuat orang – orang yang belajar harus mengetahui jenis penggunaanya. Namun jika anda pelajari semuanya, maka anda akan paham dengan baik beberapa cara yang bisa anda pakai dalam melakukan cara pembuatan aplikasi android.

Android Tools

android tools

 

Salah satu aplikasi yang legendaris karena aplikasi yang satu ini memang benar – benar resmi dan digunakan dalam pembuatan aplikasi android yang dikeluarkan oleh sang pemilik android yaitu goggle. Adapun beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan. Hal ini akan membuat anda semakin mengerti jika anda mengetahui kegunaan setiap bagian yang dimiliki di Android Tools. Adapun kelebihan yang bisa anda dapatkan adalah penggunaan kode editor yang mudah, adanya instan run, kemudian emulator yang digunakan sangat ringan dan mudah. Ada kelebihan lainnya yang bisa anda nikmati sehingga dalam membuat aplikasi android sederhana akan terasa lebih mudah.

Baca juga >>
Berbagai Cara Bayar Listrik PLN Online

IDE Eclipse

IDE Eclipse

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi android yang lainnya adalah IDE Eclipse. Adapun aplikasi ini juga hampir sama dengan android studio namun tetap saja ada yang membedakan dari kedua aplikasi ini, sehingga dalam cara membuat aplikasi android pun juga memiliki sedikit perbedaan. Walaupun banyak orang yang memilih menggunakan android studio, namun IDE Eclipse juga masih banyak penggemarnya. Adapun beberapa persiapan yang harus anda lakukan sebelum menggunakan IDE Eclipse dengan harus melakukan beberapa instalisasi aplikasi yang lainnya. Namun hal ini tidak mengurangi performa dalam melakukan pembuatan android sehingga sangat patut untuk dicoba.

Membuat Aplikasi tanpa coding

Jika sebelumnya dijelaskan beberapa cara membuat aplikasi android dengan coding, maka ada beberapa aplikasi yang tidak perlu menggunakan coding dalam membuatnya. Adapun beberapa aplikasi tersebut bisa anda dapatkan secara gratis dari internet seperti App Builder, AppyPie, dan lain – lainnya. Fungsinya hampir sama namun lebih instan dalam pembuatannya. Hal ini membuat anda menjadi lebih mudah lagi dalam menggunakan dan membuat aplikasi android. Nantinya pada aplikasi instan tersebut akan disediakan menu – menu untuk membuat aplikasi secara mudah. Hal ini pula menjadi lebih mudah namun memiliki kekurangan karena anda terbatas dalam melakukan pilihan untuk membuat aplikasi android.

Cara Membuat Aplikasi Android

Jika anda sudah mengetahui aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android, maka anda dapat melangkah selanjutnya ke cara membuat aplikasi di ponsel android. Ada beberapa hal yang bisa anda buat, namun dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa saja yang bisa anda buat. Hal ini dikarenakan anda nantinya bebas eksplorasi berbagai macam cara yang bisa anda manfaatkan dalam membuat aplikasi android. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda pelajari, anda berhak mencari beberapa materi lainnya dalam mencoba cara membuat aplikasi android secara sederhana. Hal inilah yang nantinya akan membuat anda menjadi lebih berkembang lagi saat anda sudah bisa menggunakan cara membuat aplikasi android dengan benar.

Baca juga >>
Aplikasi Podcast Terbaik Android untuk Hiburan Audio di Ponsel

Splash Screen

Satu hal yang bisa anda gunakan dalam cara membuat aplikasi android di pc dengan mudah adalah menggunakan splash screen. Splash screen adalah salah satu item pada aplikasi android dalam memberikan nuansa menunggu saat akan membuka aplikasi yang nantinya akan anda buat. Adapun aplikasi tersebut terdapat beberapa poin jika anda ingin mempelajarinya dengan baik dan benar. Pertama yang harus anda ketahui adalah cara membuat layout splash screen dengan menggunakan xml. Kemudian cara yang kedua adalah dengan menggunakan koding untuk splash screen dengan menggunakan bahasa program java. Jika dua poin ini bisa anda lakukan maka splash screen sudah bisa anda dapatkan.

WebView dan Progress Bar

Adapun cara membuat aplikasi android lainnya dengan cara membuat web view dan progress bar. Menurut goggle, web view adalah penampilan aplikasi yang sangat mirip dengan bentuk web. Ini bisa anda manfaatkan jika anda tidak memiliki web atau sudah memiliki web dan menginginkan tampilannya sama dengan web anda. Kemudian ada pula progress bar yang memiiki fungsi untuk menunjukkan progress atau sebuah menu. Adapun yang harus anda pelajari dan anda miliki untuk membuat aplikasi dengan model seperti ini adalah seperti membuat layout dengan memanfaatkan xml dan membuatnya secara langsung dengan menggunakan java.

Animasi Transisi

Kemudian cara lainnya yang bisa anda gunakan dalam melakukan cara membuat aplikasi android di laptop adalah dengan menggunakan animasi transisi. Animasi transisi membuat anda bisa membuat aplikasi anda lebih dinamis dalam melakukan on atau off. Kemudian anda juga bisa membuat animasi transisi dengan mudah seperti membuat lampu yang bisa anda matikan sesuka anda. Adapun jika anda menggunakan animasi transisi dengan menggunakan android studi, maka ada beberapa tutorial yang bisa anda gunakan. Oleh karena itu anda bisa manfaatkan animasi transisi dalam pembuatan aplikasi android anda. Anda perlu memahami koding yang digunakan dan beberapa pengaturan seperti icon, layout dan apapun yang akan anda jadikan animasi transisi menggunakan xml.

Baca juga >>
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android Yang Sederhana Dan Mudah

Membuat Kalkulator

Adapun aplikasi yang bisa anda buat adalah dengan membuat kalkulator. Anda bisa mencari cara membuat aplikasi berbasis android yang satu ini dengan menggunakan tutorial. Anda bisa membuatnya secara mudah atau yang susah sekalipun asal anda mengetahui cara menghitungnya dengan baik dan benar. Anda bisa memanfaatkan IDE Eclipse atau Android Studio. Adapun yang harus anda pahami lagi – lagi adalah koding dan pengaturan untuk layout dan lain sebagainya. Pastikan agar hitungan anda sudah sesuai dan pas sehingga anda dapat dengan mudah membuat kalkulator. Pastikan sistem berjalan dengan baik agar kalkulator anda siap untuk digunakan.

Sekilas pembahasan tentang cara membuat aplikasi android dengan mudah di atas, begitu mudah untuk dilakukan bukan? Semoga bisa mengisi waktu anda dan bisa anda manfaatkan cara membuat aplikasi android untuk apa saja. Hal ini bisa membuat anda menjadi lebih produktif.

Order via Whatsapp !