Cara Membedakan HP Asli dan Palsu Paling Mudah

Jika Anda akan membeli HP baru, entah itu merknya Samsung, Xiaomi, Oppo, Realme atau smartphone merk lainnya, artikel ini memberi informasi supaya tidak tertipu ketika membeli HP baru, silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Banyaknya HP baru yang beredar dipasaran, membuat pasaran HP bekas perlahan hilang, jika ada pun peminatnya sangat kecil. Jika dilihat dari segi ekonomi, siapa sih orang yang tidak ingin menggunakan HP baru, dengan harga lebih murah, dan juga fitur dan kemanfaatan produk yang jauh lebih tinggi, tentu jika dibandingkan dengan HP bekas. Celah tersebut, rupanya yang dimanfaatkan oleh para produsen dan penjual HP baru ditanah air.

Sayangnya, ada juga oknum pedagang kotor yang mencoba bermain dalam penjualan HP baru tersebut. Mereka menjual HP yang seolah olah terlihat baru, padahal HP tersebut sudah pernah dipakai, atau bahkan hasil rekondisi, atau bisa dikatakan palsu. Tentu kasihan yang mendapat produk tersebut, dikira HP asli, ternyata palsu, padahal sudah cukup banyak keluar uang untuk mendapatkan HP tersebut.

Cara membedakan hp asli dan palsu berbagai merk

Agar kita terhindar dari penipuan ketika membeli HP baru, alangkah baiknya kita simak tips cara membedakan hp asli dan palsu yang bisa Anda praktekkan dengan mudah. Berikut tips dan caranya :

Baca juga >>
Original Config + Active sav iPad 6 Fredly Bramanto PUBG Mobile

1. Cek kemasan smartphone

Untuk dapat membedakan apakah smartphone asli atau palsu, kita bisa mulai cek dari kemasan smartphone, tentu yang dimaksud dengan kemasan adalah dusbox HP. Jika dusboxnya menampilkan produk yang berbeda dari yang seharusnya ada didalamnya, bisa dipastikan ada sesuatu yang salah dengan HP yang ada didalamnya, jadi sebaiknya jangan dibeli. Selain dari kenampakan, perhatikan juga detail dus HP tersebut, jika pabrikan yang membuat pasti cetakan setiap hurufnya jelas, dan apabila dibuka posisi HP dan berbagai komponen pelengkap HP pasti dalam kondisi fit, tidak goyah dan tidak longgar.

Cara Membedakan Hp Asli Dan Palsu

2. Cek langsung bentuk fisik dan material smartphone yang dijual

Untuk mengetahui apakah hp yang akan dibeli itu asli atau palsu, kita baiknya juga cek bentuk fisik hp tersebut. Ya, memang kita harus membukanya, bukankah sebelum membeli penjual juga akan membukakan dusnya ? kecuali jika Anda beli online, maka part ini tidak bisa dilakukan. Setelah Anda berhasil mendapatkan smartphone tersebut, silahkan cek casing dan layar HP tersebut, apakah ada hal yang berbeda dan mecurigakan.

3. Perhatikan bahasa pengantar pada buku petunjuk

Cara berikutnya yang cukup mudah untuk membedakan apakah HP itu asli atau palsu adalah dengan membaca buku panduan yang turut disertakan dalam box, jika tujuannya adalah Indonesia, pasti didalam box itu ada bahasa Indonesia, namun jika tidak ada bahasa Indonesia, maka Anda patut curiga bahwa HP tersebut bermasalah.

4. Cek nomor IMEI HP tersebut

Langkah berikutnya yang bisa ditempuh adalah dengan mencocokkan IMEI HP dengan yang ada di dus atau kemasan. Cara cek IMEI nya pun cukup gampang, silahkan tekan *#06# pada layar HP, lalu OK, selanjutnya akan ditampilkan nomer IMEI pada HP.

Baca juga >>
Download God Of War: Chains Of Olympus Iso Cso Psp Android

5. Cek keaslian HP dengan menggunakan aplikasi pihak lain

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengetahui HP tersebut asli atau palsu adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satu contohnya adalah AnTuTu Benchmark. Dengan membandingkan hasil bencmark AnTuTu dengan ulasan yang ada di internet, kita bisa tahu bahwa HP tersebut asli atau palsu, yang jelas jika lebih rendah maka kita patut curiga.

6. Cek logo merk HP tersebut

Poin selanjutnya untuk mengenali sebuah HP asli atau palsu adalah dengan melihat logo merk HP tersebut, tentu pabrikan akan membuat signature terbaiknya, dalam hal ini adalah logo hp tersebut. Biasanya, dan hampir dapat dipastikan, logo sebuah merk HP saat ini adalah salah satu bagian yang cukup sulit rusak atau terhapus, jadi jika bagian ini saja ketika baru tidak sempurna, maka sudah sewajarnya kita sebagai konsumen mempertanyakan keaslian smartphone tersebut.

7. Coba cek dan uji kamera smartphone

Hal berikutnya yang dapat kita jadikan indikator apakah HP tersebut asli atau palsu adalah dengan menguji jepretan kamera dan hasil fotonya, caranya simpel, silahkan jepret sebuah foto, kemudian perhatikan apakah foto tersebut bagus atau tidak secara kasat mata, minimal sesuai dengan yang diiklankan oleh vendor. Jika hasil foto tidak terlalu jauh dengan yang selama ini diiklankan, maka itu tentunya bukan menjadi masalah. Namun sebaliknya, apabila kualitasnya buruk, maka Anda patut mempertanyakan.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui keaslian HP melalui hasil fotonya adalah dengan melihat meta deskripsi yang ada pada foto tersebut, Anda bisa memindahkan foto tersebut ke laptop atau tablet, kemudia klik kanan, dan cek detail, maka info detail akan diperlihatkan, termasuk ukuran pixel dan HP apa yang digunakan untuk memotret.

Baca juga >>
Cara Setting APN Indosat 3G Dan 4G Paling Mudah

8. Cek kabel USB charger di HP

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk melihat keaslian sebuah HP adalah dengan melihat socket kabel charger apakah longgar atau tidak, sekarang sudah umum bahwa antara kabel charger dan kepala charger terpisah. Nah salah satu cara untuk melihat apakah itu asli atau tidak adalah dengan melihat apakah colokan USB ke kepala charger tersebut longgar atau tidak, jika longgar dan tidak presisi mungkin itu palsu.

9. Harga tidak jauh lebih murah daripada harga pasaran

Tips berikutnya untuk membedakan apakah sebuah ponsel itu asli atau palsu adalah dengan melihat harganya, harga HP yang jauh dibawah harga pasar menandakan ada sesuatu disitu, bisa jadi ada diskon besar, promo, atau bisa jadi itu adalah barang palsu. Maka dari itu jika melihat ponsel dengan harga jauh dibawah pasaran, ada baiknya kita cek secara benar apa yang membuat HP itu murah, jika tidak ada diskon atau promo, boleh kita curiga tentunya.

Akhirnya kita sampai di penghujung artikel, jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan share ke media sosial yang Anda ikuti, seperti WA, Twitter dan FB. Semoga setelah membaca artikel tentang cara membedakan HP asli dan palsu ini, sekarang Anda bisa lebih tahu, dan lebih teliti lagi ketika hendak membeli smartphone baru, dan yang paling penting jangan sampai kita jadi korban oknum penjual HP yang tidak bertanggung jawab. Sekian, salam sukses!

 

Order via Whatsapp !