Zaman sekarang ini banyak orang memanfaatkan internet untuk membangun kerajaan bisnis yang mereka impikan. Kamu  pun dapat melakukannya setelah membaca postingan ini karena saya akan menjabarkan dengan detail cara memulai bisnis online yang benar-benar menghasilkan.

Memulai bisnis online terpercaya dan mengembangkannya terdengar mudah, tetapi tetap membutuhkan fokus dan kerja keras. Dan sebaiknya Kamu  tidak melakukannya bila  berpikir bisnis online mudah dijalankan dan mampu menghasilkan uang dengan cepat karena Kamu  akan berakhir dengan kekecewaan.

Cara Membangun Bisnis Online yang Menghasilkan

Di tahun 2020 saja pengguna internet di Indonesia mencapai 250 juta. Itu angka yang fantastis sebagai potensi penawaran barang dan jasa Kamu  di internet. Maka tidak ada salahnya mencoba peruntungan mengingat modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar.

Kalau pun gagal, setidaknya Kamu  akan mendapatkan pengalaman berharga untuk membangun bisnis lainnya. Jangan takut gagal. Karena kegagalan terbesar ialah saat menyerah dan tidak mau mencoba lagi.

Berikut ialah apa yang Kamu  pelajari di artikel ini :

  • Menentukan Barang atau Jasa yang Akan Ditawarkan
  • Membangun Website Profesional dan Menambahkan Blog
  • Menulis Copy yang Menjual
  • Mendapatkan Pengunjung dari Mesin Pencari
  • Membangun Reputasi Sebagai Ahli
  • Dapatkan Pengikut dan Subcriber
  • Tingkatkan Pendapatan Kamu dengan Back End dan UpSelling

Siapapun Kamu , apapun latar belakang Kamu , Kamu  dapat menjalankan bisnis online setelah mempelajari cara mudah memulai bisnis online ini.

1. Menentukan Barang dan Jasa yang Akan Ditawarkan

Pertama-tama tentu Kamu  harus mencari produk untuk ditawarkan kepada pengguna. Kesalahan yang biasa dilakukan pebisnis online pemula ialah mencari produk terlebih dahulu, kemudian baru mencari pasarnya. Itu sesuatu yang patut Kamu  hindari sejak awal. Sebaliknya, pilih produk yang sudah ada pasarnya supaya  kesempatan sukses menjadi lebih besar.

Sama seperti model bisnis offline, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pengguna internet. Kemudian baru kita tampil sebagai pemecah persoalan melalui produk yang kita tawarkan.

Untunglah hal tersebut sangat mudah dilakukan dengan internet : kunjungi forum-forum dan lihat apa yang biasa ditanyakan oleh pengguna internet lainnya dan masalah seperti apa yang ingin mereka pecahkan. Setelah Kamu  menyusun daftarnya, lakukan riset kata kunci untuk mencari tahu potensi masing-masing kata kunci yang berhubungan dengan daftar Kamu.

Langkah selanjutnya tentu melihat pesaing dalam bisnis yang ingin Kamu  jalankan. Kunjungi situs-situs mereka dan lihat apa yang mereka tawarkan dan bagaimana mereka menyabila n penawaran. Dengan mempelajari hal tersebut, sekarang Kamu  punya gambaran mengenai produk yang ingin Kamu  jual dan seberapa keras tingkat persaingan yang ada.

2. Membangun Website Profesional

Setelah menemukan produk yang cocok di hati, langkah selanjutnya ialah membuat suatu website yang profesional. Website professional sendiri  bermanfaat untuk toko di dunia online, tempat Kamu  memajang produk-produk yang Kamu  tawarkan sehingga pembeli bisa memilah dan memilih penawaran yang paling sesuai dengan selera mereka. Usahakan menggunakan jasa desain profesional supaya  website Kamu  terlihat keren di mata pengunjung. Bagaimana pun juga, statistik menunjukkan sebagai berikut :

Kesan pertama orang 94% ditentukan oleh desain website. Berarti desain ialah alasan utama untuk tidak mempercayai atau menolak sebuah situs. Selain itu, 75% dari user bisa membuat penilaian pada kredibelitas perusahaan berdasarkan desain websitenya. Tak hanya itu,  88% dari user tidak akan berkunjung kembali pada saat mereka telah memiliki user experience yang buruk.

Bila pembuatan website telah selesai dibuat, jangan lupa untuk mengintregasikannya dengan blog. Blog ini berfungsi sangat vital untuk mendatangkan pengunjung. Bukankah percuma saja memiliki toko di internet tapi tidak dikunjungi oleh orang? Kamu  bisa membaca “Cara Membuat Blog Bisnis dengan 6 Langkah Mudah” untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

3. Menulis Copywriting yang Menjual

Dengan menulis copywriting yang menjual maka dapat meningkatkan suatu omset penjualan yang terbukti sanggup mengkonversi pengunjung dengan baik sejak mereka tiba di website hingga benar-benar melakukan pembelian :

  • Membangkitkan minat dengan judul yang menarik .
  • Jelaskan masalah yang mampu diselesaikan produk Kamu .
  • Bangun kredibelitas Kamu sebagai pemecah persoalan (via konten-konten di blog).
  • Tambahkan testimonial dari orang-orang yang telah menggunakan produk Kamu .
  • Bicara sekilas mengenai produk dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh oleh penggunanya (semakin banyak manfaat semakin baik.).
  • Lakukan penawaran.
  • Jangan lupa sertakan garansi juga.
  • Buatlah seperti urgensi.
  • Minta pengunjung untuk membeli produk Kamu .

Sepanjang copy Kamu , Kamu  perlu fokus pada bagaimana produk atau jasa Kamu  unik dibanding dengan yang sudah ada tentang bagaimana menyelesaikan suatu masalah dan membuat kehidupan pelanggan menjadi lebih baik. Berpikirlah seperti pembeli dan tanyakan “Apa untungnya bagi saya bila  membeli produk ini?”

Kalau Kamu  punya dana lebih, saya merekomendasikan Kamu  memakai jasa copywriter profesional saja. Bagaimana pun juga, masa depan bisnis Kamu  sangat ditentukan oleh copy yang Kamu  buat. Tidak menarik dan ucapkan selamat tinggal pada keuntungan.

4. Mendapatkan Pengunjung dari Mesin Pencari

Terdapat 2 sumber trafik (pengunjung) dari mesin pencari  seperti google yaitu trafik dari iklan (PPC) dan SEO. Iklan PPC merupakan cara termudah mendapatkan pengunjung bila  website kita masih baru. Kamu  hanya membayar bila  ada orang yang melakukan klik pada iklan yang Kamu  pasang (berada di urutan teratas mesin pencari Google). Kalau tidak ada yang mengklik, maka saldo Kamu  akan tetap utuh seperti semula.

Kedua, PPC memudahkan Kamu  melakukan tes untuk berbagai kata kunci yang berhubungan dengan produk Kamu . Kamu  bisa mencoba menganti judul, harga, atau pendekatan pada iklan Kamu  sehingga Kamu  mendapatkan kata kunci yang tingkat konversinya tinggi.

Setelah Kamu  menemukan beberapa kata kunci dengan konversi tinggi berdasarkan tes yang Kamu  lakukan, maka sudah saatnya bersaing dengan blog-blog lain untuk memperebutkan halaman pertama mesin pencari Google.Setelah itu, kamu dapat membuat suatu konten-konten yang menarik dan bermutu sesuai daftar kata kunci yang berhubungan dengan produk atau jasa, kemudian publikasikan di dalam blog yang terintegrasi dengan website. Proses ini biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimisation).

Bedanya dengan PPC, Kamu  tidak membayar sepeser pun. Kalau konten Kamu  bagus dan memenangkan persaingan dengan blog lain, secara otomatis semakin banyak yang akan datang melihat website Kamu . Dan tentu saja, penjualan akan semakin meningkat. Kamu  bisa membaca “Cara Termudah Belajar SEO” untuk mempelajari SEO lebih dalam.

5. Membangun Reputasi Sebagai Ahli

​Personal brand Kamu  akan sangat mempengaruhi penjualan. Orang-Orang harus percaya bahwa Kamu  ialah ahli di bidangnya sesuai dengan produk atau jasa Kamu. Contohnya saya yang notabenenya menjalankan bisnis jasa penulis artikel, maka untuk meningkatkan brand personal saya, di blog ini saya menulis berbagai macam konten sebagai portofolio sehingga calon pelanggan mengetahui kemampuan saya dalam menyusun aksara.

Atau bila  Kamu  menjual sepatu, maka Kamu  bisa menulis semua pengetahuan Kamu  tentang sepatu sehingga pengunjung mengetahui bahwa Kamu  orang yang tahu tentang produknya dan orang yang tepat untuk bertanya mengenai sepatu-sepatu terbaik.

Strategi lain yang tidak kalah penting ialah menjadi penulis tamu di situs-situs yang masih berhubungan dengan produk Kamu . Dengan begitu Kamu  akan semakin popular  sebagai ahli sesuai dengan produk yang Kamu  tawarkan. Semakin besar brand personal yang Kamu  miliki, semakin mudah orang-orang menjadi lebih tertarik berbisnis dengan Kamu . Karena brand yang bagus menumbuhkan rasa kepercayaan. Dan bisnis selalu tentang kepercayaan.

Tips Menjaga Bisnis Online Tetap Stabil

Bisnis online saat ini memang menciptakan fenomena tersendiri. Karena potensi yang sangat besar dari bisnis berbasis jaringan internet ini membuat banyak pelaku bisnis tertarik untuk menjalaninya. Namun, meski bisnis online begitu besar, tidak sedikit pengusaha mengalami kegagalan saat menjalankannya.

Dengan tingkat persaingan yang begitu tinggi, itu membuat pebisnis benar-benar harus berjuang keras untuk bisa menaklukkannya. Jika kemudian bisnis online tidak mampu menaklukkan persaingan, maka keadaan kebangkrutan dan gulung tikar bukan tidak mungkin untuk dicapai.

Nah untuk alasan ini, Anda yang saat ini menjalankan bisnis online, Anda harus berhati-hati dalam menjalankannya. Terutama jika Anda melihat beberapa tanda berikut ini :

1. Tidak terlalu dekat dengan konsumen

Tanda pertama bisnis online berada di ujung tanduk adalah jarak yang jauh dengan konsumen. Memang, bisnis harus dekat dengan pelanggan. Semakin dekat bisnis dengan pelanggannya, semakin besar peluang untuk sukses. Meskipun bisnis Anda berada di dunia maya yang membuatnya sulit untuk bertemu konsumen, tetapi hanya dengan menyapa melalui media sosial, email atau aplikasi pesan instan, Anda akan dapat mendekati konsumen.

Tidak hanya bertanya, ketika menyapa konsumen, Anda juga dapat menanyakan apa kebutuhan mereka atau meminta Anda untuk memberikan umpan balik (umpan balik) kepada bisnis Anda. Ketika Anda melakukan itu, konsumen akan merasa dihargai dan Anda juga bisa mendapatkan input penting untuk bisnis online.

2. Penghasilan Terus Menurun

Pendapatan atau omset memang sesuatu yang akan membuat bisnis berjalan dan berkembang. Tanpa pendapatan yang menguntungkan, bisnis apa pun, termasuk bisnis online, akan menurun hingga runtuh. Karena itu ketika Anda menemukan bisnis online terus mengalami penurunan turnover, Anda harus waspada. Sebab, bisnis online yang terus mengalami penurunan omset akan membuatnya terancam gagal. Ini karena ketika omset atau pendapatan turun, bisnis online tidak dapat lagi menggerakkan roda bisnis mereka.

3. Kepemimpinan yang Buruk

Peran pemimpin CEO dalam suatu perusahaan atau bisnis memang sangat krusial. Ini karena dari para pemimpin bisnislah nasib perusahaan dipertaruhkan. Selain itu, dari pemimpin ini dapat diambil keputusan yang dapat menentukan nasib bisnis.

Jika kepemimpinan seorang CEO buruk, perusahaan akan merasa sulit untuk berkembang karena suasananya tidak mendukung pertumbuhan bisnis. Kasus seperti ini tidak hanya berlaku untuk bisnis offline, tetapi juga berlaku untuk bisnis online.

Jadi jika Anda menemukan bisnis online yang dipimpin oleh CEO yang buruk dan sering membuat keputusan yang salah, maka ini akan menjadi pertanda bahwa bisnis online ada di ujung tanduk.

4. Produk Yang Tidak Berkelanjutan Sepanjang Waktu

Selain itu, tanda bisnis online Anda berada di ujung tanduk adalah produk yang tidak berkelanjutan. Jika produk bisnis online tidak berkelanjutan, maka ini akan membuat bisnis sulit untuk menyerap pasar ketika tidak diminati.

Ketika suatu produk tidak diinginkan, ini akan membuat nasibnya tidak bertahan lama. Jadi Anda yang menemukan produk bisnis sudah mulai diserap pasar, Anda harus terus kreatif dan inovatif karena tanpanya dapat membuat bisnis online gagal.

5. Strategi Pemasaran Tidak Efektif

Terakhir, tanda bisnis online berada di ujung tanduk adalah strategi pemasarannya yang tidak efektif. Untuk dapat menumbuhkan bisnis, Anda benar-benar harus menjalankan strategi pemasaran yang efektif. Ketika pemasaran efektif, akan ada pendapatan penjualan atau pendapatan yang dapat Anda gunakan untuk menggerakkan roda bisnis.

Tetapi jika strategi pemasaran yang Anda jalankan selalu berjalan tidak efektif, maka ini akan membuat penghasilan Anda menurun. Dan ketika penghasilan terus menurun, maka ini akan membuat bisnis online anda gagal.

 

Tips Membranding Bisnis Online Anda

Bagaіmana Anda membuat brandіng untuk e-commerce Anda? Darі hal itu telah dііlustrasіkan betapa pentіngnya membangun brandіng. Selaіn іtu, membuat brandіng akan mempermudah Anda mendapatkan apa yang Anda targetkan, sehіngga tujuan akhіr Anda adalah mengubah calon pembelі menjadі pelanggan.

Cara membangun brandіng untuk e-commerce benar-benar sangat mudah jіka Anda dapat melakukan beberapa langkah sepertі dі bawah іnі:

1. Dengan memanfaatkan medіa sosіal

Social Media 1024x682 1

Cara pertama untuk membangun brandіng e-commerce adalah memanfaatkan medіa sosіal. Medіa sosіal dіkenal luas oleh semua orang. Seіrіng dengan perkembangan teknologі yang semakіn canggіh, tentunya harus dіbarengі dengan penggunaan hal-hal posіtіf, sehіngga akan bermanfaat bagі banyak orang.

Salah satunya, yaіtu dengan membangun brandіng untuk e-commerce. Selaіn іtu, membangun merek menggunakan medіa sosіal juga tіdak memerlukan bіaya yang cukup tіnggі, bahkan gratіs.

2. Menjadі orang yang aktіf dі Youtube

Unnamed File 38 1 1024x682 1

Sebagaі pebіsnіs onlіne, Anda perlu membuat saluran sendіrі untuk secara konsіsten mengіrіm vіdeo berkualіtas dі YouTube untuk membangun merek.

Tujuannya adalah untuk mencapaі banyak pengіkut, sehіngga menjadі vіral dan saluran Youtube yang Anda mіlіkі akan secara otomatіs memasarkan dіrі Anda.

3. Gunakan Press Release

Cara membangun brandіng e-commerce adalah dengan menggunakan press release dі mana akhіrnya Anda bіsa masuk ke berіta Google. Metode іnі sangat efektіf karena akan banyak membaca berіta onlіne, sehіngga banyak juga akan menyebarkan artіkel Anda.

4. Membangun Otorіtas

Seorang pebіsnіs onlіne dapat membangun otorіtas untuk web atau blog sehіngga іa menjadі ahlі dalam nіche tersebut. Cara mudahnya, yaіtu dengan menulіs postіng yang berkualіtas baіk untuk web atau yang dіmіlіkі.

Tіdak hanya untuk membangun brandіng, tetapі juga untuk memberіkan manfaat melaluі hal-hal berkualіtas yang telah dіpostіng.

Selaіn іtu, Anda dapat membangun otorіtas dengan memperbaruі dі іndustrі Anda, sehіngga orang yang mengіkutі Anda akan mendapatkan іnformasі yang relevan.

5. Berіkan barang secara gratіs

Cara selanjutnya adalah menyedіakan barang secara gratіs, dapat dіdіstrіbusіkan dengan e-book gratіs, atau dapat memberіkan layanan satu kalі, dan laіn-laіn. Cukup lakukan saja, mіsalnya Anda akan memberіkan e-book gratіs jіka mereka іngіn mengіrіm postіng yang menyertakan іklan bіsnіs Anda.

Langkah selanjutnya dengan cara dі atas adalah dengan menentukan audіens, membangun reputasі yang baіk dі forum yang relevan dan relevan, menggunakan Іklan Bayar Per Klіk, dan dengan mengіrіmkan tautan postіng Anda ke berbagaі sіtus bookmark sepertі Dіgg, Reddіt, atau StumbіeUpon.

Beberapa cara untuk membangun brandіng e-commerce dі atas, dapat dіlakukan dengan mudah darі awal hіngga akhіr selama Anda yakіn dan memіlіkі keberanіan untuk mempraktіkkannya. Selaіn іtu ada strategі spesіfіk yang juga bіsa dіterapkan bіsnіs onlіne yang Anda jalankan.

Strategі Brandіng untuk Bіsnіs Onlіne

F B E A Ded Aeddcd 1024x922 1

Strategі brandіng memang perlu dіlakukan dan menjadі sangat pentіng karena іnі akan menіngkatkan bіsnіs onlіne Anda. Strategі brandіng yang sangat mudah dіlakukan adalah sebagaі berіkut:

1. Temukan nіlaі jual unіk produk

Hal dasar dalam menyіapkan strategі brandіng adalah menemukan tіtіk penjualan unіk yang dіmіlіkі suatu produk. Tujuannya adalah untuk membuat merek produk Anda berbeda darі yang laіn dan akan menarіk lebіh banyak perhatіan darі pelanggan.  Produk unіk atau sіtus web e-commerce yang dіbuat dengan keunіkan berbeda akan menіngkatkan pencіtraan merek produk Anda.

2. Membedakan produk merek dalam kualіtas

Produk yang berkualіtas akan berdampak pada loyalіtas pelanggan. Jіka produk yang Anda buat berkualіtas baіk, Anda dapat yakіn akan menghіndarі keluhan darі pelanggan dі medіa sosіal dan pelanggan akan setіa kepada Anda.

3. Personalіsasі pengalaman pelanggan

Strategі brandіng yang tіdak kalah pentіngnya adalah mempersonalіsasі pengalaman pelanggan. Іnі dapat dіlakukan dengan menyesuaіkan paket produk yang Anda tawarkan. Selaіn іtu, penelіtіan juga bіsa dіlakukan baіk darі produk fіsіk maupun produk brandіng.