Cara Mematikan Core di Android

Cara Mematikan Core Android – Teknologi sangat pesat perkembangannya, salah satunya adalah perkembangan prosesor yang digunakan oleh android. Saat ini jumlah core yang digunakan android paling banyak 8 core. Dan rumornya mediatek akan meluncurkan prosesor terbarunya dengan jumlah 10 core. Tentunya semakin banyak core yang digunakan semakin ringan kinerja smartphone android.
Akan tetapi, dampak dari banyaknya core, membuat daya baterai yang digunakan akan semakin banyak dan mengakibatkan borosnya baterai ponsel android. Banyak sekali cara yang dapat kamu gunakan untuk menghemat baterai. Seperti menurunkan kecepatan prosesor, selain dapat membuat baterai menjadi lebih hemat juga dapat membuat smartphone anda terhindari dari panas berlebihan yang diakibatkan dari prosesor.

Selain menurunkan kecepatan prosesor. Terdapat cara tergolong lebih ekstrim yakni mematikan beberapa core. Dengan mematikan beberapa core daya baterai kamu dapat bertahan hingga 2x dari biasanya. Tentunya performa yang kamu rasa akan menjadi turun. Terkadang untuk penggunaan yang berat mengakibatkan ponsel android kamu akan mengalami lagging.

Cara mematikan core di Android

Syarat :
– Root
– Aplikasi Kernel Adiutor

1. Pastikan jika kamu sudah mempunyai aplikasi kernel adiutor.
2. Buka aplikasi kernel adiutor. Tekan menu, kemudian skroll kebawah hingga kamu menemukan pilihan init.d

Cara Mematikan Core di Android

3. Pilih tombol + (plus) kemudian isi sesuai selera anda. Setelah itu tambahkan dengan script berikut ini.
echo “0” > /sys/devices/system/cpu/cpu4/online
chmod 444 /sys/devices/system/cpu/cpu4/online
Script diatas hanya mematikan satu core saja. Jika ingin mematikan 2 core kamu tinggal menambahkan scriptnya lagi. Tulisan merah dapat kamu ganti sesuai selera anda. Dimana tulisan merah itu mewakili core yang akan anda matikan.

Baca juga >>
Cara Melihat Akun Instagram yang di Private

5. Pilih tombol simpan di bagian pojok kanan atas. Setelah itu reboot ponsel android anda.
6. Cek core anda dari aplikasi kernel adiutor. Dan lihat core yang anda matikan statusnya offline.

Itulah cara menonaktifkan core pada ponsel android. Apabila terdapat pertanyaan silahkan berkomentar pada kolom komentar yang telah tersedia.
Order via Whatsapp !