cara mematikan administrator perangkat android

Canggihnya perkembangan ponsel masa kini menjadikannya tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, melainkan juga mampu berguna sebagai alat bisnis.

Android merupakan salah satu jenis ponsel yang begitu populer di kalangan masyarakat saat ini dengan berbagai fitur. Salah satu fitur yang bisa anda rasakan yakni adanya administrator pada ponsel android anda. Di mana fitur ini berfungsi sebagai jaminan keamanan bagi tiap-tiap ponsel android.

Untuk dapat memasang beragam aplikasi selain aplikasi bawaan pada android, anda harus mematikan administratornya untuk dirubah dalam sesi izinkan. Barulah perangkat android anda mampu memasang berbagai macam aplikasi selain aplikasi bawaan. Hal demikian juga berlaku bagi android anda apabila ingin menghapus aplikasi system namun terhalang oleh adanya administrator yang masih aktif ini.

Nah! Untuk dapat melepas aplikasi system yang barangkali tidak begitu penting fungsinya, gimana sih cara mematikan administrator perangkat android? Di bawa ini kami bahas secara lengkap.

cara mematikan administrator perangkat android

1) Buka Menu Setelan 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk dapat mematikan administrator pada perangkat android adalah dengan mengaktifkan administrator pada sistem androidnya. Maka, langkah paling awal adalah dengan masuk ke menu setelan atau settings.

2) Nonaktifkan Administrator Perangkatnya

 Selanjutnya, apabila anda sudah masuk ke menu setelan, maka langsung bisa menonaktifkan administrator perangkatnya. Gimana caranya? Caranya adalah dengan memilih opsi dalam setelan berupa tulisan keamanan. Kemudian dalam opsi keamanan tersebut juga terdapat banyak sekali pilihan, maka kamu klik saja administrator. Selanjutnya, kamu baru akan sampai pada topik utama berupa mematikan administratornya. Begitu selesai menonaktifkan administratornya, kamu tinggal pergi ke aplikasi yang akan diuninstall. Maka semula aplikasi tersebut tidak bisa diuninstall, kini dengan mudah dapat dilepas.

Baca juga >>
Cara Install Pubg Mobile (Global) Di Android

Resiko Mematikan Administator Perangkat Android

Nah! Sampai pada langkah di atas, sudah selesai mematikan administrator pada android. Kemudian apabila kamu telah sepakat akan menonaktifkan administrator yang terdapat dalam perangkat android, maka kamu harus siap atas berbagai macam kemungkinan serta resiko yang akan terjadi. Di antara hal-hal yang mungkin saja terjadi apabila kamu menonaktifkan administrator perangkat adalah sebagai berikut:

1) Adanya Pencurian Data 

Salah satu resiko dari adanya penonaktifan administrator dari perangkat android anda, yakni bahwa perangkat anda apabila menyimpan data-data pribadi akn sangat mudah dicuri. Bahkan perangkat ponsel anda begitu mudah di hack oleh seseorang.

2) Mudah Terserang Virus

 Risiko lainnya yang kemungkinan dapat terjadi pada perangkat ponsel anda yakni adanya virus. Sebab apabila kamu menonaktifkan administrator pada perangkat android, maka tidak heran jika ponsel anda jadi mudah memasang aplikasi apa saja bahkan sekalipun aplikasi yang akan anda pasang tidak tersedia pada app store. Hal ini akan memudahkan ponsel anda terserang virus. 

Bahaya Menonaktifkan Administator Android

Di sisi dari risiko kemungkinan adanya hal berbahaya dari menonaktifkan administrator pada ponsel android, maka ada juga sisi kelebihannya Nah! Berikut penjelasannya.

1) Dapat memasang aplikasi dari manapun

 Sekalipun ponsel kamu tadinya tidak bisa memasang aplikasi secara sembarangan, karena kini administrator pada androidnya sudah dinonaktifkan, maka kamu dengan benar dapat memasang aplikasinya. Hanya saja dengan berbagai pertimbangan risiko yang dapat terjadi seperti hal-hal di atas.

2) Dapat Memasang Aplikasi Meski Tidak Resmi

Salah satu kelebihan dari menonaktifkan administrator adalah ponsel anda bebas memasang aplikasi sekalipun aplikasi tersebut tidak resmi. Yups! Hanya saja dengan berbagai pertimbangan risiko ya. Mulai dari kebocoran data, hingga di hack.

Baca juga >>
10 Fitur Tersembunyi Aplikasi WhatsApp Yang Belum Kamu Ketahui, Yu Intip

Nah! Itulah beberapa cara tentang menonaktifkan administrator android dan juga risikonya. 

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !