Cara Kerja Mobil Listrik Dan Keuntungannya

Mobil listrik sedang booming saat ini. Mobil-mobil yang ramah lingkungan dan bebas polusi ini adalah masa depan, menurut banyak ahli.

Semua pembuat mobil besar berinvestasi dalam kendaraan listrik. Sama seperti setiap teknologi baru, orang ingin tahu cara kerja mobil listrik.

Yang mengejutkan adalah mobil listrik sama sekali bukan barang baru. Mereka muncul sebelum kendaraan pembakaran internal. Mobil listrik pertama yang sukses dibuat pada abad ke-19 oleh Robert Anderson, seorang penemu Inggris.

Itu adalah mobil yang cukup mendasar, dan sejak itu, kendaraan listrik modern menjadi jauh lebih canggih.

Berikut adalah Cara kerja mobil listrik dan keuntungannya :

Cara Kerja Mobil Listrik Dan Keuntungannya

Mobil listrik modern seperti Tesla Model S super cepat. Dengan akselerasi 0-60 mph dalam 2,3 detik.

Mobil listrik terdiri dari tiga bagian utama: baterai listrik (biasanya paket lithium-ion), motor listrik, dan inverter. Motor listrik berfungsi sebagai mesin; dan, baterai berfungsi sebagai bahan bakar atau sumber listrik.

Baterai menghasilkan Arus Searah (DC) untuk memberi daya pada motor listrik. Namun, sebagian besar mobil listrik menggunakan motor induksi AC karena kinerjanya yang halus. Oleh karena itu, inverter mengubah catu daya DC dari baterai ke catu daya AC untuk motor induksi. Setelah itu, motor memutar roda melalui gearbox dan menggerakkan mobil ke depan.

Mari kita memahami bagian-bagian berbeda dari mobil listrik, dan bagaimana Cara kerja mobil listrik teknologi terbaru.

.Motor  Listrik

Motor yang digunakan pada mobil listrik adalah motor induksi AC. Biarkan saya mengingatkan Anda, motor induksi, bersama dengan RMF (Rotating Magnetic Field), ditemukan oleh ilmuwan besar Nikola Tesla pada tahun 1887.

Baca juga >>
7 Laptop Gaming Termahal 2018 Yang Bikin Ngiler, Mampu Beli?

Motor listrik memiliki dua bagian: stator dan rotor. Stator adalah bagian stasioner yang menghasilkan Rotating Magnetic Field atau RMF. Sementara itu, rotor adalah bagian bergerak yang berputar di bawah pengaruh RMF.

Ketika Arus Bolak-balik atau AC melewati stator, ia menciptakan RMF, yang menyebabkan rotor berputar. Rotor terhubung ke transmisi, yang memutar roda dan menggerakkan mobil ke depan. Merupakan Cara kerja mobil listrik teknologi terbaru.

Baterai Mobil Listrik

Baterai mobil listrik umumnya terbuat dari sel lithium-ion karena kepadatan energinya yang tinggi. Mirip dengan baterai lain, ini juga mengandung katoda, anoda bersama-sama dikenal sebagai elektroda dan elektrolit.

Baterai lithium-ion dapat diisi ulang beberapa kali. Setiap kali baterai diisi ulang dan dibuang, ini dikenal sebagai siklus Pengisian daya. Baterai mobil listrik memiliki jumlah siklus Mengisi yang terbatas.

Ketika baterai sedang digunakan, ion lithium mengalir dari elektroda negatif ke elektroda positif. Ketika baterai terisi, ion lithium bergerak menjauh dari elektroda positif ke negatif dan tetap di sana.

Ketika baterai mobil listrik diisi untuk pertama kalinya, elektroda bereaksi dengan elektrolit untuk membentuk lapisan SEI (Solid Electrolyte Interface) awal.

Ini mengurangi kapasitas baterai dengan jumlah kecil, dan prosesnya disebut Formation loss. Namun, pembentukan awal lapisan SEI ini memfasilitasi baterai untuk diisi dan dibuang ribuan kali tanpa elektroda bereaksi dengan elektrolit.

2020 Tesla Model 3 dirancang untuk memiliki lebih dari 1.300 siklus pengisian daya. Yang berarti bahwa Model 3 dapat dengan mudah melakukan perjalanan 300.000 mil sebelum mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan baterai yang signifikan.

Komposisi kimiawi dari aki mobil listrik juga terus berubah seiring berjalannya waktu. Saat ini, Tesla menggunakan kombinasi Nickle-Mangan-Cobalt dengan perbandingan 8: 1: 1. Komponen paling mahal dalam kombinasi ini adalah Cobalt.

Baca juga >>
5 Aplikasi Edit Video Youtuber Terbaik di HP Android

Dan menurut laporan baru-baru ini, Tesla berencana untuk lebih mengurangi proporsi Cobalt dalam baterai mobil listriknya di masa depan. Ini akan membantu membuat EV mendatang sangat terjangkau.

Sebagian besar paket baterai litium-ion berbobot dalam jumlah yang signifikan. Baterai biasanya diletakkan di bawah lantai mobil. Paket baterai yang berat meningkatkan berat kendaraan listrik secara signifikan, tetapi juga memberi mereka pusat gravitasi yang sangat rendah. Yang, pada gilirannya, memberi mereka perjalanan yang sangat matang. Merupakan Cara kerja mobil listrik teknologi terbaru.

Inverter Pada Mobil Listrik

Seperti disebutkan sebelumnya, inverter di mobil listrik mengubah daya DC yang berasal dari baterai ke dalam AC dan memasoknya ke motor induksi. Selain itu, itu juga dapat membuat variasi amplitudo daya AC, yang dapat mengendalikan motor listrik.

Inverter secara signifikan bertanggung jawab untuk mengendalikan kecepatan kendaraan. Orang bisa menganggapnya sebagai throttle body. Namun, fungsinya lebih dari itu. Merupakan Cara kerja mobil listrik teknologi terbaru.

Pengereman Regeneratif

Mobil listrik sangat efisien. Mereka tidak hanya membutuhkan lebih sedikit energi untuk bergerak, tetapi mereka juga mengisi ulang biaya yang mereka habiskan saat mengemudi melalui proses yang disebut Regen.

Ketika mobil listrik bergerak maju, kecepatan rotor kurang dari kecepatan RMF. Namun, selama pengereman regen, kecepatan rotor menjadi lebih tinggi daripada kecepatan RMF, menyebabkan motor berfungsi sebagai generator dan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik.

Gaya elektromagnetik yang berlawanan bekerja pada rotor selama proses ini, membuat roda dan mobil berhenti. Inverter menyesuaikan frekuensi daya dan menjaga kecepatan input RMF lebih rendah dari kecepatan rotor.

Sementara Regen aktif, sejumlah besar listrik dihasilkan dalam gulungan stator. Listrik ini ditambahkan ke paket baterai, meningkatkan jangkauan keseluruhan mobil.

Baca juga >>
Cara Membuat Folder Rahasia di Smartphone Android

Mobil listrik yang berbeda menggunakan Regen secara berbeda. Pada mobil seperti Porsche Taycan, pengereman regeneratif bekerja saat Anda menginjak pedal rem.

Padahal, dalam Tesla, ada fitur yang disebut mengemudi pedal tunggal. Menggunakan sistem yang Anda dapat cukup banyak mengendarai mobil Anda tanpa menggunakan rem. Dalam mode mengemudi satu pedal, mobil Anda akan berakselerasi secara normal tetapi segera setelah Anda mengangkat kaki, motor listrik akan memperlambat Anda sehingga rem tidak digunakan. Merupakan Cara kerja mobil listrik teknologi terbaru.

Keuntungan menggunakan mobil listrik :

-Biaya operasional lebih murah.

Karena mobil listrik tidak menggunakan bensin,  hanya kena biaya listrik saat isi ulang baterai dan biayanya  sangat murah.

-Biaya perawatan lebih murah

Karena mobil listrik tidak menggunakan mesin pembakaran yang rumit,  tidak banyak spare part yang  digunakan jadi idak perlu tune-up, ganti ol atau filter.

-Ramah lingkungan

Mobil listrik tidak memiliki emisi gas buang jadi tidak memiliki jejak karbon dan ramah lingkungan.

-Mobil listrik nyaman dan senyap

Menggunakan mobil listrik hampir sama seperti mengendarai sepeda listrik yang tanpa suara dan nyaman karena bisa mengisi ulang baterai di rumah.

-Mobil listrik memiliki torsi instan dan kinerja luar biasa.

Hanya pengemudi mobil listrik yang mengetahui akselerasi cepat dan responsif dari motor listrik. Cobalah sekali, dan Anda pasti akan ketagihan.

Masa Depan mobil listrik

 Dari 5,1 juta mobil yang terjual secara global, sekitar dua juta adalah mobil listrik. Ini sebagian besar dijual di Cina, AS, dan Eropa.

Menurut beberapa ahli, pangsa kendaraan listrik akan terus meningkat seiring perkembangan teknologi baterai dan infrastruktur pendukung.

Selain itu, beberapa pasar Asia, termasuk Indonesia, masih jarang dihuni oleh mobil listrik EV. Beberapa mobil listrik yang diluncurkan di wilayah ini mampu berkinerja baik dalam hal penjualan. Namun, infrastruktur pengisian daya di sekitar kawasan perlu dikembangkan sebelum adopsi mobil listrik secara massal dapat dilakukan di wilayah ini.

Baca juga >>
Aplikasi xiaomi Redmi 3 Terbaik

Dengan mengetahui Cara kerja mobil listrik dan keuntungannya, Anda pasti tertarik untuk menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan masa depan anda.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !