Cara Kerja Karburator Mobil dan Cara Merawatnya

Fungsi Karburator adalah mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil dan dalam mobil tua atau khusus seperti yang dirancang untuk balap mobil tanpa injeksi.

Mobil dengan teknologi karburator adalah mobil yang diproduksi sebelum tahun 2000 di Indonesia diantaranya mobil timor, kijang kapsul dan innova lama, Mitsubishi L300, suzuki carry, mitsubishi vulcan, suzuki esteem, suzuki futura, suzuki jimny 1982, daihatsu zebra, daihatsu taruna dan honda grand civic.

Kebanyakan mobil yang diproduksi di atas tahun 2000 telah menggunakan sistem EFI atau injeksi bahan bakar elektronik terkomputerisasi. Mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, tetapi pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar EFI. Artikel ini membahas cara kerja karburator mobil dan cara merawatnya.

Karburator ditemukan oleh Karl Benz pada tahun 1885 dan dipatenkan pada tahun 1886. Pada tahun 1893 insinyur kebangsaan Hungaria bernama Janos Csonka dan Donat Banki juga mendesain alat yang serupa. Adalah Frederick William Lanchester dari Birmingham, Inggris yang pertama kali bereksperimen menggunakan karburator pada mobil. Pada tahun 1896 Frederick dan saudaranya membangun mobil pertama yang menggunakan bahan bakar bensin di Inggris, bersilinder tunggal bertenaga 5 hp (4 kW), dan merupakan mesin pembakaran dalam (internal combustion).

Tidak puas dengan hasil akhir yang didapat, terutama karena kecilnya tenaga yang dihasilkan, mereka membangun ulang mesin tersebut, kali ini mereka menggunakan dua silinder horisontal dan juga mendisain ulang karburator mereka. Kali ini mobil mereka mampu menyelesaikan tur sepanjang 1.000 mil (1600 km) pada tahun 1900. Hal ini merupakan langkah maju penggunaan karburator dalam bidang otomotif

Karburator umum digunakan untuk mobil berbahan bakar bensin sampai tahun 2000an. Setelah banyak kontrol elektronik digunakan pada mobil, penggunaannya mulai digantikan oleh sistem injeksi bahan bakar karena lebih mudah terintegrasi dengan sistem yang lain untuk mencapai efisiensi bahan bakar.

Baca juga
Dealer Motor Bekas Bandung Cahaya Setia Motor

Cara Kerja Karburator Mobil

Pada dasarnya karburator bekerja menggunakan Prinsip Bernoulli yaitu semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statis-nya namun makin tinggi tekanan dinamis-nya. Pedal gas pada mobil sebenarnya tidak secara langsung mengendalikan besarnya aliran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar. Pedal gas sebenarnya mengendalikan katup dalam karburator untuk menentukan besarnya aliran udara yang dapat masuk kedalam ruang bakar. Udara bergerak dalam karburator inilah yang memiliki tekanan untuk menarik serta bahan bakar masuk kedalam ruang bakar.

Cara Kerja Karburator Mobil

Kebanyakan mesin mobil hanya memiliki satu buah karburator, tetapi ada pula yang menggunakan satu karburator untuk tiap silinder yang dimiliki. Bahkan sempat menjadi trend modifikasi sepeda motor di Indonesia penggunaan multi-carbu (banyak karburator) namun biasanya hal ini hanya digunakan sebagai hiasan saja tanpa ada fungsi teknisnya.

Karburator pada dasarnya merupakan pipa terbuka dikedua ujungnya, dalam pipa ini udara bergerak menuju intake manifold menuju kedalam mesin atau ruang bakar. Pipa ini berbentuk venturi, yaitu dari satu ujung permukaannya lebar lalu menyempit dibagian tengah kemudian melebar lagi di ujung satunya. Bentuk ini menyebabkan kecepatan aliran udara meningkat ketika melewati bagian yang sempit.

Di ujung karburator dilengkapi dengan katup udara berbentuk kupu-kupu yang disebut sebagai throttle valve ataukatup gas, semacam cakram yang dapat berputar untuk menutup dan membuka pergerakan aliran udara sehingga dapat mengatur banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar.

Banyaknya campuran udara dan bahan bakar inilah yang menentukan besar tenaga kecepatan gerak mesin. Pedal gas dihubungkan langsung dengan katup ini melalui kabel. Bahan bakar disemburkan kepada aliran udara melalui saluran-saluran kecil yang terdapat dalam ruang sempit dalam venturi. Tekanan rendah dari udara yang bergerak dalam venturi menarik bahan bakar dari mangkuk karburator sehingga bahan bakar ini tersembur dan ikut aliran udara.

Mesin mobil generasi awal menggunakan karburator aliran ke atas atau updraft, dimana udara masuk melalui bagian bawah karburator lalu keluar melalui bagian atas. Keuntungan desain ini adalah dapat menghindari terjadinya mesin banjir, karena kelebihan bahan bakar cair akan langsung tumpah keluar karburator dan tidak sampai masuk kedalam intake manifold.

Keuntungan lainnya adalah bagian bawah karburator dapat disambungkan dengan saluran oli supaya ada sedikit oli yang ikut kedalam aliran udara dan digunakan untuk membasuh filter udara. Namun dengan menggunakan filter udara berbahan kertas pembasuhan menggunakan oli ini sudah tidak diperlukan lagi sekarang ini.

Baca juga
Peluang dan Prospek Karir Kuliah Jurusan Psikologi

Tujuan penyetelan karburator adalah untuk mendapatkan campuran yang sesuai atau normal, mengatur tinggi rendahnya pelampung atau float, mengatur tinggi rendahnya jarum skep atau jet needle, dan mengatur banyaknya putaran baut udara atau air screw.

Kelebihan dan Kekurangan Karburator Mobil

Setelah mengetahui cara kerja karburator mobil selanjutnya membahas kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan karburator dibanding teknologi EFI adalah di bagian komponennya yang sederhana dan mudah dibongkar pasang, memungkinkan untuk mengatur kompisisi perbandingan bahan bakar dan udara sesuai kebutuhan mesin yang diinginkan, lebih tahan terhadap kualitas bahan bakar yang tidak konsisten, serta mudah dibersihkan dan dianalisis secara manual jika terjadi gangguan.

Kelebihan Dan Kekurangan Karburator Mobil

Kekurangan karburator dibanding teknologi injeksi diantaranya sulit start saat dingin,maka disediakan tuas choke untuk memudahkan start dingin, semprotan bahan bakar tidak stabil meskipun pada RPM konstan, sulit untuk dikombinasikan dengan sistem elektronik yang menjadi tren kendaraan masa kini, serta untuk mesin yang lebih dari satu silinder, pengaturan komposisi udara dan bahan bakar tiap silindernya akan sangat sulit.

Bila mogok tidak bisa dihidupkan, caranya tinggal masuk gigi satu, lalu digas mati atau dalam perjalanan mesin “mbrebet”, kemungkinan karburator dalam keadaan dingin atau karena kehujanan sehingga kemasukan air atau embun uap air. Bisa juga karena karena debu, pasir, tanah atau lumpur yang melekat pada needle jet jarum skep.

Bila masih rusak, bisa jadi disebabkan masalah pada sistem pengapian, lindungi karburator dari air hujan atau perbaiki karburator termasuk skep dan jarumnya. Penggantian karburator baru juga dapat dilakukan boleh dengan karburator model vakum.

Cara Membersihkan Karburator Mobil

Cara Membersihkan Karburator Mobil

Seperti dilansir dari https://www.harapanrakyat.com kerusakan yang terjadi pada karburator seringkali disebabkan karena bagian dalam karburator kotor. Biasanya banyak pemilik mobil yang membawa pada bengkel untuk merawat karburator. Padahal membersihkan di rumah bisa anda lakukan sendiri dan meringankan biaya pengeluaran. Berikut langkah pengerjaannya.

1. Idle Up Mobil Anda

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan cara idle up yaitu cara membersihkan karburator mobil dengan menyalakan mesin dan kendorkan dulu sekrup idel up. Nyalakan AC dan kendorkan idle up hingga tidak mampu merendahkan RPM mesin. Lakukan dengan cara yang lebih teliti dan cara yang tepat.

2. Kendorkan Sekrup RPM Mesin

Langkah berikutnya untuk membersihkan karburator dengan mengendorkan sekrup RPM mesin hingga RPM turun, namun jangan sampai mesin mati. Putar sekrup idle ke bagian kiri hingga mesin hampir mati. Lanjutkan dengan memutar ke kanan secara perlahan hingga didapatkan RPM tertinggi. Saat posisi inilah terjadi campuran bahan bakar udara yang terbaik.

Baca juga
10 Tempat Wisata Di Semarang Terbaru dan Menarik

3. Setel Kembali Sekrup RPM Mesin

Setelah memperoleh RPM terbaik, setel kembali sekrup RPM mesin (gas). RPM posisi terbaik berkisar antara 700-900 RPM, namun usahakan jangan terlalu kecil agar mesin tidak mati.

Selanjutnya anda bisa melakukan penyetelan sendiri dengan sekrup idle up AC. Perhitungkan dengan RPM mesin yang berkisar antara 900-1000 RPM. Jika sudah diatur, barulah matikan AC dan lihat apakah RPM sudah sesuai yang diinginkan.

4. Bersihkan Filter Udara

Bersihkan filter bahan bakar dan filter saringan udara bisa dilakukan dengan cara yang sebelumnya. Setelah selesai, mobil akan mudah digunakan untuk kegiatan seperti biasa tanpa adanya masalah pada karburator.

Contoh Gambar Karburator Mobil

Setelah mengetahui cara kerja karburator mobil, kelebihan kekurangan serta cara membersihkan karburator selanjutnya kami sajikan beberapa contoh karburator sebagai bahan referensi. Yuk Simak.

1. Karburator Mobil Timor

Karburator Mobil Timor

Timor adalah kependekan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat. Timor mulai dipasarkan di Indonesia pada pertengahan tahun 1990. Awalnya dimaksudkan sebagai mobil nasional indonesia karenanya merek Timor ini dibebaskan dari pajak dan bea lainnya yang biasa dikenakan pada mobil lain yang dijual di Indonesia pada masa itu.

2. Karburator Mobil Mitsubishi L300 Bensin

Karburator Mobil Mitsubishi L300

Mobil ini dikenal juga dengan nama Mitsubishi Delica adalah mobil multi guna atau Multi Purpose Vehicle buatan Mitsubishi Motors, Jepang, dengan tipe perdana diproduksi tahun 1964. Model terbaru adalah Delica D5 yang diluncurkan November 2018 dengan sentuhan kabin yang luas, tiga baris kursi, mesin bertenaga diesel 2.2 liter yang mampu menghasilkan tenaga 170 horse power dan tarikan torsi 392 Nm.

3. Karburator Mobil Suzuki Carry

Karburator Mobil Suzuki Carry

Suzuki Carry adalah truk mini yang diproduksi oleh Suzuki. Versi microvan awalnya disebut Carry van sampai 1982 dinamai Suzuki Every. Di Jepang, Carry dan Every adalah mobil kei, tetapi ada juga Suzuki Every Plus atau Landy yang ukurannya lebih besar, dengan mesin 1.3-liter 4 silinder. Selain di Jepang, mobil ini juga di ekspor ke berbagai negara dengan spesifikasi mesin yang lebih besar dari versi mobil kei. Kini versi ekspor dari Carry dibuat oleh Suzuki Indomobil Motor di Indonesia.

4. Karburator Mobil Suzuki Esteem

Karburator Mobil Suzuki Esteem

Esteem dikenal juga sebagai Suzuki Cultus yang dikeluarkan mulai tahun 1983 hingga tahun 1988. Memiliki mesin yang berada didepan mobil, penggerak roda depan, menggunakan bensin sebagai sumber bahan bakar, dan memiliki 3 pintu bertipe hatchback. Mesin Suzuki berkapasitas 1000 cc dengan 3 silinder dan 2 katup per silinder.

Baca juga
Aneka Kerajinan Teraso Membuat Rumah Antik Cantik

5. Karburator Mobil Suzuki Jimny 1982

Suzuki Jimny merupakan kendaraan jeep dan SUV yang diproduksi oleh Suzuki sejak tahun 1968 untuk pasaran global. Diluncurkan pertama kali tahun 1968 dengan kendaraan 2 pintu. Mobil ini dirakit di Hamamatsu, Jepang dan Linares, Jaen, Spanyol.

Karburator Mobil Suzuki Jimny 1982

Di Indonesia, Suzuki Jimny generasi kedua mulai dipasarkan pertama kali pada tahun 1982 dan pernah dipasarkan sebagai Suzuki Katana yang diproduksi di pabrik Suzuki Indomobil Motor di Bekasi pada tahun 1988 hingga 2005. Pada tahun 2004, muncul Suzuki Caribian yang merupakan versi double cabin dari Suzuki Jimny generasi kedua dan dijual secara CBU dari Thailand.

6. Karburator Mobil Daihatsu Zebra

Daihatsu Zebra Espass adalah mobil dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Motor untuk minibus dan pikap kecil di Indonesia. Mulai diperkenalkan pada bulan April 1995 menggantikan Daihatsu Hijet. Mobil ini merupakan salah satu mobil yang diminati oleh masyarakat, pada awal perjalananya mobil Zebra Espass menggunakan mesin Karburator dengan 2 varian mesin 1300 cc dan 1600 cc, kemudian tahun 2000 memperkenalkan mesin dengan 2 varian mesin 1300 cc dan 1600 cc.

Karburator Mobil Daihatsu Zebra

Model ini terakhir diproduksi pada tahun 2007 dan digantikan oleh Daihatsu Gran Max untuk Zebra tipe pikap dan ZL sedangkan untuk tipe ZX dan ZSX digantikan oleh Daihatsu Luxio.

7. Karburator Mobil Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna adalah mobil dari pabrikan Daihatsu untuk segmen small SUV di Indonesia yang menggantikan Daihatsu Feroza. Kompetitor yang mirip dengannya antara lain Honda CR-V, Isuzu Panther Touring dan Mitsubishi Kuda Grandia. Mulai diperkenalkan pada tahun 1999.

Karburator Mobil Daihatsu Taruna

Dibuat berdasarkan platform dan bodi Daihatsu Terios generasi pertama, PT. Astra Daihatsu Motor mengganti mesin seri K3 (1300 cc) dengan tipe HE/HD (1500 – 1600 cc), menambah jarak sumbu roda mobil menjadi dua ukuran, mengkonversi drivetrain dengan parts milik Daihatsu Feroza, dan mengubah tampilan mobil sebagian besar di bagian depan mobil seperti lampu utama, gril, dan bemper depan. Taruna minus seat belt bangku belakang, Airbag dan ABS dari Daihatsu Terios generasi pertama versi pasar Jepang.

8. Karburator Mobil Honda Grand Civic

Honda Civic adalah mobil yang diproduksi oleh Honda Motor Co. Pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai coupe 2 pintu, diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada September tahun itu juga. Mobil ini menganut sistem gerak roda depan, di mana mesinnya diletakan melintang, sehingga dapat menyediakan ruang interior yang cukup luas walaupun dimensi mobil terbilang kecil.

Baca juga
Ternyata Ini Efek Tiktok yang Lagi Viral Sekarang

Karburator Mobil Honda Grand Civic

Generasi pertama Honda Civic diluncurkan 1973 dan mulai dijual tahun 1974. Bermodalkan mesin 1.2L 4 segaris, mobil ini didesain untuk melawan mobil-mobil kompak Amerika saat itu. Mobil ini sangat populer karena ada krisis minyak mentah tahun 1973 saat itu.

Generasi kedua Honda Civic diperkenalkan 1980. Bentuknya lebih besar dan lebih membulat dari pendahulunya. Semua mesin Civic generasi kedua sudah menggunakan mesin CVCC dengan penambahan katup ketiga pada tiap silindernya. Menggunakan mesin 1335 cc bertenaga 55 hp dan mesin 1500 cc bertenaga 67 hp.

5/5 (1 Review)