Cara Kalibrasi Gyroscope PUBG Mobile Delay Lambat

Beberapa HP seperti Vivo Oppo Xiaomi dan lain sebagainya yang rata rata menggunakan Gyroscope software mungkin akan mengalami delay lambat yang cukup parah dan akan mengganggu saat memainkan game PUBG mobile. Di artikel ini Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai cara mengatasi delay gyroscope pada PUBG mobile. Yuk Mulai.

Apa Itu Gyroscope

Sebelum lanjut ada baiknya kita mengenal apa itu Gyroscope. Giroskop adalah perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, yang berlandaskan pada prinsip-prinsip momentum sudut. Secara mekanis, giroskop berbentuk seperti sebuah roda berputar atau cakram di mana poros bebas untuk mengambil setiap orientasi. Meskipun orientasi ini tidak tetap, perubahannya dalam menanggapi torsi eksternal jauh lebih sedikit dan berlangsung dalam arah yang berbeda jika dibandingkan dengan tanpa momentum sudut, yang berkaitan dengan tingginya tingkat putaran dan inersia momen. Orientasi perangkat tetap sama, terlepas dari gerak platform pemasangan, karena pemasangan perangkat pada sebuah gimbal akan meminimalkan torsi eksternal.

Cara kerja giroskop yang berlandaskan pada prinsip-prinsip operasi lain juga ada, misalnya giroskop MEMS perangkat elektronik yang ditemukan pada perangkat elektronik konsumen, cincin laser, giroskop optik serat, dan giroskop kuantum yang sangat sensitif.

Giroskop ditemukan oleh Léon Foucault pada tahun 1852. Replica dibangun oleh Dumoulin-Froment untuk universelle Pameran di 1867. Pada 1860-an, munculnya motor listrik memungkinkan untuk giroskop untuk berputar selamanya, hal ini menyebabkan prototipe pertama gyrocompasses . Pada tahun 1917, Perusahaan Chandler dari Indianapolis, menciptakan “giroskop Chandler”, sebuah giroskop mainan dengan string menarik dan alas.

Baca juga >>
Cara backup kontak ke email

Selama Perang Dunia II, giroskop menjadi komponen utama untuk pesawat-pesawat dan anti incaran. Giroskop juga digunakan dalam perangkat elektronik portabel seperti generasi sekarang Apple iPad dan iPhone. Accelerometer menyediakan komponen penginderaan 6 gerak, mengukur tingkat dan kecepatan rotasi dalam ruang (roll, pitch dan yaw).

Apa Itu Gyroscope

Apa itu Game PUBG Mobile

PUBG adalah singkatan dari PlayerUnknown’s BattleGrounds yang berarti Pemain yang tidak tahu medan pertempurannya. Singkatnya PUBG adalah sebuah permainan dengan genre battle royale, yang para pemainnya bisa bermain dengan 100 orang sekaligus secara daring. Di dalam permainan ini pemain bisa bermain solo, tim 2 orang, dan tim 4 orang, serta bisa mengundang teman untuk bergabung ke dalam permainan sebagai tim.

Sistem bermain PUBG ini last men standing, artinya pemain terakhir yang menang. Pemenang harus lebih lama bertahan hidup dari serangan pemain lain. Pemain akan diminta membentuk tim atau bisa juga bermain solo. Game dimulai dengan diluncurkan seratus pemain di sebuah pulau. Keseratus pemain itu harus mempertahankan hidup sampai detik terakhir. Pemain yang bisa bertahan sampai akhir merupakan pemenang dari permainan PUBG.

PUBG diluncurkan di Steam pada bulan Maret 2017. Walaupun belum genap satu tahun, tapi permainan ini telah membuat rekor baru, ada sekitar 877.844 pemain yang online secara bersamaan pada tanggal 26 Agustus 2017 di platform Steam. Angka ini mengalahkan rekor jumlah pemain Dota 2 dalam waktu bersamaan yang hanya mencapai 842.919.

Di Playstore, permainan ini telah dimainkan sebanyak lebih dari 50 juta pengguna Android seluruh dunia. Spesifikasi ponsel pintar untuk memainkan PUBG adalah 2Gb/16Gb (versi lite) tetapi disarankan 4Gb/64Gb dan 6Gb/128Gb (versi asli). LightSpeed & Quantum Studio, divisi internal dari Tencent Games, mengembangkan versi Android dan iOS untuk permainan ini.

Baca juga >>
Spesifikasi Realme 6 and 6 Pro Lengkap Beserta Harganya

PUBG MOBILE diadaptasi dari PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), game Battle Royale Original di PC dan Xbox One dan merupakan fenomena yang memukau dunia entertainment interaktif di tahun 2017.

Apa Itu Pubg Mobile

Penyebab Gyroscope Delay dan Error

Gryroscope merupakan sensor yang membuat simulasi gerakan pada HP. PUBG Mobile menggunakan gyroscope untuk menggerakkan arah pada kamera dan ketika memakai scope. Efek yang paling terasa pas menggunakan sniper untuk mengeker atau scope. Namun, ternyata tidak semua HP bisa mulus menggunakan Gyroscope. Ada kasus dimana gyroscope pubg tidak berfungsi, delay, error

Untuk mengetahui penyebab gyroscope error pertama coba cek dulu apakah HP yang dipakai sudah support Gyroscope atau belum, pada beberapa kasus sering terjadi salah mengartikan Gyroscope error tidak berfungsi, padahal HP-nya sendiri memang belum support fitur ini.

Penyebab Gyroscope delay bisa juga karena Cache dan File sampah yang menumpuk. Apabila Anda tidak pernah membersihkan cache sampah pada smartphone biasanya akan membuat error pada sebagian sistem Android.
Direkomendasikan untuk sering hapus file cache dan sampah menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master, CCleaner, KeepClean atau lainnya

Sering gonta-ganti config Pubg juga bisa jadi penyebabnya. Penggunaan config sendiri sebenarnya tidak dilarang jika bukan untuk curang pada gameplay, misal untuk fast render, patah-patah, lag dan semacamnya. Biasakan jika ingin mengubah config Pubg sebelumnya silahkan anda hapus config+ active sav lalu masuk ke dalam game lagi supaya config kembali reset ke semula.

Penyebab lainnya bisa jadi karena HP Sering kebanting dan tertindih. Ini bisa jadi faktor karena sensor yang berfungsi untuk Gyroscope bermasalah dan harus ganti sensor.

Aplikasi untuk cek Gyroscope PUBG

Untuk cek gyroscope HP Samsung, OPPO, VIVO, Asus Xiaomi atau HP android lainnya, untuk cek apakah HP Anda sudah support gyroscope atau belum bisa ikuti panduan Aplikasi Gyroscope PUBG di bawah ini.

Baca juga >>
Tips Mengatasi Whatsapp Error di iPhone dengan Mudah

1. Instal aplikasi AIDA64
2. Buka Aplikasi AIDA64 dan masuk ke bagian Sensors.
3. Lihat di bagian Gyroscope apakah muncul data sensor dan angka, coba goyangkan HP ke kiri kanan atas bawah apakah angkanya berubah. Kolom Gyroscope pasti muncul di AIDA64 jika HP Anda support gyroscope.

Aplikasi Gyroscope Pubg

Dengan aplikasi AIDA64 kita juga bisa mengetahui apakah Gyroscope masih normal atau tidak. Jika berfungsi normal, maka angka yang ada pada baris gyroscope tersebut akan berubah-ubah mengikuti posisi HP. Penyebab Gyroscope error atau delay biasanya disebabkan sistem HP yang error. Entah karena bug atau hal lainnya.

Cara Mengatasi Gyroscope Delay Lambat

Gyroscope Delay Lambat merupakan permasalahan yang sangat menyebalkan apalagi jika kita memakai gyroscope untuk game PUBG Mobile, tentunya gerakan giroskop yang lambat atau delay akan membuat pergerakan karakter pada game terganggu. Berikut cara mengatasi gyroscope error lambat delay atau tidak berfungsi. Gunakan metode dari paling atas jika hasilnya masih gagal gunakan cara berikutnya. Namun jika berhasil, tips berikutnya abaikan saja.

1. Matikan Auto Brightness

Terkadang cara simple seperti ini justru dapat mengatasi permasalahan kita. Ya, dengan mematikan kecerahan otomatis atau turn off auto brightness dapat memperbaiki masalah gyroscope delay yang ada di smartphone android. Cara ini terkesan sepele namun ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu, jika permasalahan gyroscope delay masih terjadi silahkan baca tutorial selanjutnya.

2. Lakukan restart HP

Sensor gyroscope di HP error bisa teratasi dengan cara restart, ini salah satu tips yang paling sederhana. Karena bisa saja sensor gyro error karena sistem crash. Jadi, lakukan restart matikan HP dan hidupkan kembali

3. Matikan Ftur Pembatasan Daya PUBG Mobile

Penyebab delay lamabat dan error bisa juga karena daya PUBG Mobile dibatasi. Di smartphone saat ini ada fitur hemat daya. Dimana akan membatasi penggunaan daya baterai di aplikasi tertentu. Mengingat PUBG Mobile lumayan boros maka ada kasus gyroscope pubg tidak berfungsi karena adanya fitur hemat daya.

Baca juga >>
Cara Membeli Akun Wifi.Id Memakai Pulsa

Cara mematikan fitur hemat daya di PUBG Mobile

  • Buka setelan
  • Cari aplikasi terinstall/apps
  • Cari PUBG dan buka
  • Bagian hemat daya rubah ke tidak ada pembatasan

4. Kalibrasi sensor gyroscope

Melakukan kalibrasi gyroscope dengan tujuan mengatur ulang sensor, ini bisa mengatasi gyroscope yang error. Biasanya digerakkan ke kiri malah ke kanan dan sebaliknya. Pengaturan Gyroscope memang tidak bisa kita temukan. Namun untuk pengaturan kalibrasinya sendiri bisa kita buka melalui halaman tes hardware. Halaman tes hardware ini bisa kita akses lewat kolom versi kernel di pengaturan HP.

Membuka menu Gyroscope:

  • Buka Setelan HP Android.
  • Buka menu Tentang HP.
  • Cari opsi Versi Kernel.
  • Klik opsi tersebut sebanyak 5 kali. Akan muncul pesan baru.
  • Cari opsi Gyroscope,  buka opsi tersebut.

Cara kalibrasi Gyroscope :

  • Letakkan HP di tempat yang datar.
  • Selanjutnya, tekan tombol Calibration di halaman Gyroscope
  • Nanti akan muncul pesan “Calibration Success“.
  • Kalau sudah, tekan tombol back pada HP untuk menutup halaman.

Cara Kalibrasi Gyroscope Samsung Vivo Oppo Xiaomi

Cara Kalibrasi Gyroscope SAMSUNG, VIVO, OPPO, XIAOMI

Cara kalibrasi Gyroscope PUBG tiap HP berbeda-beda. Berikut kami lampirkan data cara kalibrasi untuk beberapa HP populer.

Cara Kalibrasi Gyroscope SAMSUNG

  • Buka dial dan tekan *#0*#
  • Masuk menu test pilih sensor
  • Letakkan HP di tempat yang rata
  • Tekan gyro selftest
  • Ttekan selftest

Cara Kalibrasi Gyroscope VIVO

  • Buka menu dial ketik *#808# akan masuk engine mode
  • Pilih gyroscope
  • letakkan HP di tempat yang rata
  • Tekan gyro selftest
  • dan tekan selftest

Cara Kalibrasi Gyroscope OPPO

  • Buka menu dial ketik *#808# akan masuk engine mode
  • Pilih gyroscope
  • letakkan HP di tempat yang rata
  • Tekan gyro selftest
  • dan tekan selftest

Cara Kalibrasi Gyroscope XIAOMI

  • Buka setelan
  • Masuk tentang telpon
  • Ketuk-ketuk versi kernel 5 kali sampai masuk menu enggine
  • Cari dan buka gyroscope
  • Pilih calibrate
Baca juga >>
Cara Menggalang Dana di Instagram ( Dengan Fitur Baru "Donation" )

Cara Kalibrasi Gyroscope HP MEDIATEK

Cara nya mudah jika hp Anda menggunakan Mediatek maka cara masuk ke MTK engineer dengan dial ke *#*#3646633#*#* akan masuk ke MTK engineer. Masuk ke hardware cari menu sensor Gyroscope lalu klik dan silahkan ikuti petunjuk. Biasanya akan disuruh goyang ke arah rotasi X dan Y atau di guling gulingkan.
Jika tidak ingin rumit atau tidak ada menu engineering, Anda bisa mendownload Gyroscope kalibrasi di playstore lalu install seperti biasa. Setelah itu kalian ikuti petunjuk nya sampai selesai.. jika masih mengalami gyro error’ bisa mencoba Update System bisa jadi sistem HP anda kurang cukup untuk menjalankan Gyroscope apalagi jika Gyroscope hanya berbasis software.
Order via Whatsapp !