Cara install Android 11 developer preview di Google Pixel

Salah satu keuntungan menggunakan ponsel Google Pixel yaitu mendapatkan pembaruan Android yang lebih cepat dibandingkan smartphone produsen lainnya. Sebab Pixel dan Android sama-sama produk buatan Google, sehingga sangat sinkron dan masuk akal kalau keduanya bisa lebih kompatibel.

Cara install Android 11 developer preview di Google Pixel

Google Pixel mempunyai banyak seri, dan yang telah mendukung Android 11 developer preview antara lain :

 

<ul>

<li>Pixel 2</li>

<li>Pixel 2 XL</li>

<li>Pixel 3</li>

<li>Pixel 3 XL</li>

<li>Pixel 3a</li>

<li>Pixel 3a XL</li>

<li>Pixel 4</li>

<li>Pixel 4 XL</li>

</ul>

Jika anda seorang developer atau bahkan hanya penasaran ingin coba-coba, anda juga bisa mendapatkan pembaruan Android 11 dengan mudah.

Apa itu developer preview?

Android 11 developer preview adalah versi beta yang artinya untuk kepentingan uji coba sebelum versi final dirilis untuk pengguna luas.

Biasanya google merilis Android developer preview tiap tahun untuk ditujukan kepada pengembang aplikasi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik agar bisa memperbarui bagian-bagian yang masih kurang.

Pada fase ini biasanya pengembang mencoba menjalankan aplikasi dengan percobaan sebanyak mungkin untuk menemukan bug pada sistem.

Jika anda telah menggunakan smartphone Google Pixel dan ingin mencoba Android 11. Berikut cara install Android 11 developer preview di Google Pixel.

Cara install Android 11 developer preview di Google Pixel

Untuk bisa mendapatkan Android 11 developer preview caranya yaitu dengan manual flashing route.

Anda bisa mendapatkannya dari situs developer Android Google, kemudian mem-flash-nya ke smartphone Anda. Tetapi cara ini akan membuat semua data lama akan terhapus dan ditimpa dengan instalasi baru.

Baca juga >>
Download Cheat Mobile Legend Indonesia | Script Radar Map Mobile Legends

Anda bisa mendapatkannya <a href=”https://developer.android.com/preview/download.html” rel=”noopener noreferrer” target=”_blank”>disini</a>.

Perlu diingat sebelum melakukannya, lakukan backup terlebih dahulu data-data penting anda supaya tidak ikut terhapus.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tujuan melakukan ini adalah untuk keperluan pengembang atau untuk anda yang hanya ingin coba-coba karena penasaran. Namun kemungkinan besar anda akan menjumpai banyak bug yang menuntut anda untuk melapor ke google sebagai feedback agar segera diperbaiki.

Cara install Android 11 versi beta di Google Pixel

Jika anda masih sangat awam dengan urusan flashing-memflasing dan tidak ingin kehilangan data penting yang tersimpan di smartphone, maka bisa coba yang versi beta.

Android 11 versi beta kini telah tersedia di bulan mei 2020 dan tentunya anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengujinya.

Cara ini jauh lebih mudah dan tidak perlu mem-flash pembaruan atau melakukan apa pun yang rumit. Dan yang harus anda siapkan adalah smartphone android dengan versi Nougat, Oreo, Pie, atau Android 10 yang nantinya akan di upgrade ke Android 11 versi beta.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda jalankan :

 

  1. Saat Android 11 beta publik telah tersedia, silahkan kunjungi https://google.com/android/beta untuk bisa ikut Program Android Beta.
  2. Setelah daftar, masuk ke akun Google Anda untuk mengikuti prosedur berikutnya.
  3. Pastikan perangkat anda telah memenuhi syarat dalam hal ini menggunakan Android versi Nougat atau diatasnya. Dan kemudian perangkat anda akan muncul dihalaman berikutnya. Cukup tekan tombol untuk mendaftar di program beta Android.
  4. Buka Pengaturan –> Sistem –> Advanced –> Pembaruan Sistem untuk menemukan unduhan yang tersedia dan biasanya akan muncul dalam beberapa saat.

Selesai, setelah itu anda dapat mencoba Android 11 versi beta publik. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk melakukan berbagai pengujian baik di dalam sistem operasi itu sendiri maupun menguji kompatibilitas aplikasi yang anda buat.

Baca juga >>
Download Game Ben 10: Alien Force Iso Cso High Compressed Psp Android

Menariknya lagi Google juga memberikan kemudahan untuk pembaruan otomatis setelah anda melakukan daftar ulang di ponsel anda. Pembaruan versi Android 11 beta akan otomatis dilakukan lewat online dan jika anda tidak menginginkan pembaruan otomatis tersebut.

Atau jika anda memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Android versi beta dan ingin kembali ke OS versi sebelumnya, ulangi langkah-langkah diatas tetapi pada akhir pilih menu “unenroll device”.

Nah, itulah tadi cara install Android 11 versi developer preview maupun versi beta publik yang dapat anda lakukan di smartphone anda.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !