Cara Flash HP Xiaomi Redmi 3, Redmi 3s, Redmi 3 Pro

Banyak kasus dimana pengguna ponsel Xiaomi Redmi 3 mengalami kendala berupa pola lupa atau lupa kata sandi. Supaya hp tidak bisa digunakan dan diakses, tapi tenang saja karena kalian bisa memperbaikinya dengan cara hard reset xiaomi redmi 3 dengan mudah tanpa bantuan pc. Xiaomi sendiri merupakan salah satu merk HP android yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia hingga saat ini, selain menawarkan harga jual yang cukup murah di pasaran, hp merk xiaomi ini ditujukan untuk mereka yang kelas menengah ke bawah yang menginginkan spesifikasi tinggi namun tetap pada harga jual yang terjangkau.

Oleh karena itu, jika Anda mencari ponsel Android murah dengan spesifikasi tinggi, maka tidak ada salahnya membeli salah satu produk andalan Xiaomi bernama Redmi 3, didukung dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB, maka ponsel ini bisa menjadi pilihan untuk bagi anda yang suka. bermain game atau sekedar melakukan aktivitas media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan prosesor Octa-Core yang akan membuat aktivitas multitasking menjadi lebih ringan dan cepat tanpa ada lag.

Pengertian Xiaomi Bootloop

Istilah bootloop bila diterjemahkan berdasarkan asal kata tersebut merupakan gabungan dari kata ‘boot’ = menyalakan perangkat (gadget atau PC) dan ‘loop’ = repeating / repeating. Jadi bootloop dapat diartikan sebagai proses boot / startup yang berulang atau reboot sendiri tanpa masuk ke sistem secara terus menerus. Bootloop di Android sendiri memang merupakan proses atau bisa disebut kegagalan sistem. Dimana ketika kita menghidupkan perangkat Android dan masuk ke bootscreen tetapi sistem tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka yang terjadi selanjutnya adalah restart dan sistem kembali ke awal lagi sebelum sempat masuk ke menu utama.

Penyebab bootloop bisa bermacam-macam, bisa juga disebabkan oleh sistem yang berat atau cache yang penuh karena banyaknya aplikasi yang terinstal atau ada masalah dengan aplikasi tertentu. Menggunakan aplikasi yang terlalu lama dan terlalu sering dapat mengakibatkan perangkat Android ‘lelah’ dan kesulitan melakukan booting sehingga perlu dilakukan refresh / refresh. Proses rooting juga dapat menyebabkan bootloop jika proses root yang Anda jalankan tidak mengikuti prosedur atau terjadi malfungsi.

Bootloop di Android dapat terjadi karena beberapa penyebab berbeda. Oleh karena itu, tingkat kerusakan yang mengakibatkan terjadinya bootloop pun berbeda-beda. Bootloop ringan dapat diselesaikan dengan cara mudah, tetapi bootloop yang disebabkan oleh malfungsi akibat kesalahan prosedur dapat berakibat fatal dan bahkan memerlukan proses penginstalan ulang sistem Android Anda. Berikut ini adalah berbagai level bootloop beserta penyebabnya beserta langkah-langkah yang dapat diambil sebagai solusinya.

Baca juga >>
Cara edit tulisan graffiti lewat HP

Pengertian Xiaomi Bootloop

Android Light Bootloop atau Light Bootloop

Bootloop ringan terjadi karena cache penuh sehingga sistem Android ‘habis’ dan memerlukan penyegaran atau penyegaran. Penyebab bootloop ini biasanya terjadi ketika kita menggunakan aplikasi atau game dalam waktu lama secara terus menerus, menginstal aplikasi tertentu atau terdapat masalah pada aplikasi yang menyebabkan error. Solusi dari masalah ini cukup mudah, pada smartphone android cukup dengan mematikan / mematikan dan mencabut baterai beberapa saat lalu pasang kemudian hidupkan kembali. Sedangkan pada gadget berbentuk tablet yang baterainya terpasang secara permanen / non-removable atau juga pada smartphone jika cara sebelumnya tidak berhasil dilakukan langkah-langkah dengan melakukan proses ‘wipe data pengguna’ atau factory reset melalui Android System Recovery. .

Android Medium Bootloop atau Intermediate Bootloop

Bootloop menengah biasanya terjadi karena kesalahan prosedural yang disebabkan oleh proses rooting. Biasanya kegagalan sistem seperti ini terjadi ketika pengguna melakukan tweak secara berlebihan, seperti mengutak-atik sistem Android, menyesuaikan tema, memodifikasi boot screen dan lain sebagainya sehingga menyebabkan terjadinya malfungsi. Medium bootloop adalah kerusakan tingkat menengah dimana pengguna masih bisa melakukan reset dari dalam sistem Android karena biasanya System Recovery masih bisa diakses.

Solusi dari masalah seperti ini adalah dengan masuk ke menu Android System Recovery dan melakukan factory reset agar sistem kembali normal. Solusi lainnya adalah jika sudah melakukan backup, maka kita bisa melakukan proses restore menggunakan file recovery melalui bantuan PC berbasis Windows. Jika kita tidak memiliki file recovery maka kita dapat menggunakan file dari pengguna lain tetapi dengan syarat kita harus memiliki perangkat dengan tipe yang sama dan versi Android yang sama persis.

Android Hard Bootloop atau Bootloop Parah

Bootloop yang fatal biasanya terjadi saat pengguna melakukan rooting dan mengutak-atik secara berlebihan. Seperti mengubah atau menghapus elemen android dan file penting yang dibutuhkan oleh sistem Android dan tidak dapat dipulihkan atau dipulihkan. Serangan virus atau program jahat lainnya juga bisa menjadi penyebab kesalahan.

Solusi dari masalah seperti ini cukup kompleks dimana kerusakannya berakibat fatal. Kerusakan seperti ini mengharuskan sistem Android untuk di-install ulang, dan sebelumnya kita harus mengetahui secara detail perangkat yang kita gunakan karena proses yang dilakukan akan berbeda-beda untuk tiap jenis perangkat. Untuk mengatasi kerusakan seperti ini disarankan menghubungi service expert atau pelajari dulu proses flashing jika ingin memperbaikinya sendiri.

Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan bootloop di Android dan cara mengatasinya, setidaknya kita tidak panik saat menghadapi masalah ini. Dan jika kami tidak terbiasa dengan perbaikan yang melibatkan prosedur teknis, sebaiknya gunakan perangkat Android secara normal dan alami untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga >>
Download God Of War: Chains Of Olympus Iso Cso Psp Android

Cara Flash Hp Xiaomi Redmi 3 Redmi 3s Redmi 3 Pro

Cara Reset Xiaomi Redmi 3

Meski Xiaomi Redmi 3 sudah laris manis di pasaran, namun ponsel ini tetap tidak lepas dari yang namanya kerusakan, dan kerusakan yang sering terjadi juga sangat beragam, mulai dari kerusakan software, kerusakan sistem hingga kerusakan hardware. Oleh karena itu jika mengalami kegagalan sistem maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperbaikinya dengan melakukan flashing kembali atau dengan melakukan factory reset (kembali ke pengaturan pabrik).

Dengan melakukan hard reset / memformat ulang Redmi 3 ke pengaturan pabrik, maka Anda dapat dengan mudah memperbaiki kerusakan sistem, misalnya jika Xiaomi Redmi 3 mengalami masalah dalam hal pola lupa, lupa kata sandi hingga lupa kata sandi MI Cloud, maka yang terbaik solusi wajib untuk Anda. coba adalah untuk mem-flash lagi menggunakan ROM stok default. Namun jika ingin cara yang lebih mudah, bisa coba saja reset kembali, dan cara hard reset sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa bantuan PC atau komputer.

Cara ini bisa dicoba jika hp xiaomi anda mengalami beberapa masalah software seperti misalnya xiaomi redmi 3 hang, aplikasi force close, lemot dan lain sebagainya, cara factory reset ini juga bisa dilakukan langsung tanpa perlu bantuan komputer pc atau laptop.

  1. Langkah pertama silahkan buka menu Setting di hp Xiaomi yang kalian gunakan, baik itu seri Redmi 3, Note 3 hingga 3 Pro.
  2. Kemudian gulir ke bawah dan pilih dan klik opsi Pengaturan Tambahan.
  3. Kemudian akan muncul pilihan baru dan klik saja pada pilihan Backup & Reset Device.
  4. Kemudian klik lagi pada opsi Kembalikan ke Pengaturan Pabrik dan pilih YA.
  5. Setelah itu Anda hanya perlu menunggu hingga proses reset pabrik Xiaomi selesai. biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 1-3 menit.
  6. Terakhir, setelah proses selesai, ponsel Redmi Anda akan otomatis restart.
  7. Selesai.

Cara Reset Xiaomi Redmi 3

Cara Flash HP Xiaomi Redmi 3s Bootloop

Bagi Kalian yang mengalami masalah bootloop atau kerusakan software pada hp xiaomi redmi 3s Kalian, Kalian bisa mengikuti tutorial flashing redmi 3 yang akan saya berikan untuk Kalian. Untuk masalah kali ini adalah redmi 3s yang bootloop, kerusakan software seperti aplikasi force stop, jika melihat masalah seperti itu tinggal flash saja tidak perlu khawatir tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki hp kalian, dan caranya juga tidak terlalu sulit, kok. resikonya tinggi, bisa mati atau apalah, itu juga kalau tidak hati-hati. Oke ya…

Sebelum melakukan flashing alangkah baiknya jika factory reset hp terlebih dahulu tinggal tekan tombol volume up + power untuk masuk ke test pcba dan hp harus dalam keadaan mati atau mati. Setelah masuk ke test PCBA, pilih recovery dan konfirmasi ya untuk masuk recovery mode, untuk konfirmasi ya, Anda hanya perlu menekan tombol power. Setelah masuk recovery mode, tinggal pilih Wipe All Data dan konfirmasi dengan memilih Confirm, lalu tunggu proses wipe selesai. Setelah selesai, pilih Back To Main Menu dan terakhir pilih Reboot, tunggu proses boot sampai masuk ke setup wizard. Booting awal memang agak lama, jadi tunggu saja dan jangan panik. Jika factory reset tidak berhasil, kita lanjutkan ke tutorial flashing redmi 3s di bawah ini.

Baca juga >>
Deretan HP Android dengan Chipset Exynos 980

Sebelum melakukan flashing, Anda harus mengunduh ketiga bahan ini terlebih dahulu:

1. Firmware Xiaomi Redmi 3S/Prime Miui 8 Global (Fastboot ROM)

Di bawah ini kami berikan link untuk download firmware xiaomi ROM untuk Redmi 3S, Redmi Prime untuk MIUI 7 8 atau 9 versi Global Stabil.

ROM MIUI 7 Global Stable

ROM Fastboot

ROM Recovery

ROM MIUI 8 Global Stable

ROM Fastboot

ROM Recovery

ROM MIUI 9 Global Stable

ROM Fastboot

ROM Recovery

2. Download ADB Driver (Untuk metode fastboot mode)

Driver Xiaomi ADB adalah komponen perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk mencadangkan file, pemulihan data, sinkronisasi, dan berbagai fitur canggih lainnya. Driver ADB untuk Xiaomi juga dapat dianggap sebagai Android Debug Bridge untuk smartphone Android Xiaomi. Biasanya proses ini dilakukan saat akan melakukan root atau memasang TWRP hingga memasang custom ROM pada smartphone Android.

Anda bisa mendownload ADB Driver Offisial di sini

>> Download Xiaomi ADB Driver

3. Download Driver Qualcomm QD Loader (Untuk metode Test Point)

Salah satu driver terpenting saat mem-flash atau memulihkan ROM MIUI adalah Qualcomm HS-USB QDLoader 9008. Dalam posting ini kami akan mencoba membahas proses instalasi sedetail mungkin serta kami akan menyertakan semua tautan unduhan yang diperlukan.

Seperti yang Anda ketahui, driver Qualcomm yang diinstal pada PC Anda diperlukan untuk mengidentifikasi dan kemudian mem-flash perangkat ponsel cerdas Anda. Misalnya jika Anda menghubungkan perangkat Xiaomi Anda ke PC dan tidak teridentifikasi, itu pada dasarnya berarti PC Anda kehilangan driver yang diperlukan.

Driver tersedia untuk berbagai versi OS Windows termasuk 7 & Windows 10.

Anda bisa mendownload Driver Qualcomm QD Loader di sini

  1. QDLoaderHS_USB_Driver_64bit_Setup.exe
  2. QDLoaderHS_USB_Driver_32bit_Setup.exe

4. MiFlash Tool

Xiaomi MiFlash Tool adalah alat flashing yang dikembangkan oleh Xiaomi Inc. Alat Xiaomi ini memungkinkan pengguna untuk mem-flash Stock MIUI 8, MIUI 9, MIUI 10 dll. Semua versi ROM MIUI yang lebih lama dan terbaru pada Mi atau Redmi Phone apa pun.

Alat Flash Xiaomi hanya dapat mem-flash file Fastboot ROM, sehingga Paket ROM Pemulihan atau OTA ROM tidak dapat di-flash oleh Alat Flash Xiaomi. File fastboot dapat di-flash melalui alat ini dalam Mode Fastboot atau Mode EDL.

Syarat dan Ketentuan Xiaomi MiFlash Tool :

  • Alat Xiaomi hanya kompatibel dengan perangkat Xiaomi.
  • Alat MiFlash Pro hanya mendukung perangkat yang didukung Qualcomm Chipset.
  • Sebelum menginstal versi terbaru, pastikan untuk menghapus versi MiFlash Tool sebelumnya dari PC Anda.
  • Mi Flash Tool 2017 dan yang lebih baru mendukung Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 versi 32-bit dan 64-bit.
  • Anda mungkin harus membuka kunci bootloader untuk mem-flash file ROM fastboot. (Tergantung situasinya)
  • Mi Flash Pro kehilangan kemampuan untuk mem-flash file OTA dan ROM Pemulihan MIUI.
  • Alat Flash Xiaomi Mi mendukung perangkat yang diluncurkan setelah Xiaomi Mi 3 saja.
Baca juga >>
Cara Mengubah Efek Suara Tembakan, Step, Scope, Dll Seperti iPhone Untuk Android

Jika sudah mendownload ketiga bahan diatas (no 1,2,3), terlebih dahulu ekstrak semua bahan yang sudah didownload tadi dan simpan di folder yang mudah ditemukan, kemudian install drivernya dengan MiFlash Tool.

  1. Pertama buka MiFlash Tool terlebih dahulu kemudian pilih pilih dan arahkan ke folder firmware hasil ekstrak, ingat untuk mengekstrak firmware di folder yang mudah ditemukan dan nama folder pendek, agar nantinya error tidak terjadi.
  2. Lalu pada Redmi 3s Kalian masuk mode fastboot, caranya sama dengan factory reset yang sudah saya jelaskan diatas, akan tetapi bedanya jika factory reset pilih recovery, jika sudah fastboot tunggu Android masuk mode fastboot. Jika android tidak bisa masuk ke mode fastboot gunakan cara yang kedua yaitu test point. Kalian cari saja di google dengan kata kunci, misal: test point redmi 3s, juga akan ada tutorialnya.
  3. Jika sudah masuk mode fastboot, sambungkan android ke pc dengan kabel usb (disarankan menggunakan usb ori xiaomi) lalu klik refresh. Jika driver sudah terpasang dengan benar maka otomatis akan terbaca di flashtool sebagai ponsel serial jika dalam mode fastboot dan COM saat menjadi test point.
  4. Klik flashdisk dan tunggu proses flashing redmi 3s selesai.
  5. Jika sudah selesai atau ada tanda sukses berwarna hijau pada flash tool, tandanya berhasil, kemudian cabut koneksi android dari pc, lalu colokkan kembali baterai (untuk cara test point) dan hidupkan hp dan tunggu booting hingga masuk ke homescreen. Seperti biasa, booting awal membutuhkan waktu beberapa saat, jadi tunggu saja. Jika sudah masuk ke setup wizard, artinya Redmi 3s Kalian sudah kembali normal, dan setingan setup sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Jika sudah di-setup, Android otomatis akan masuk ke homescreen.

Cara Flash Hp Xiaomi Redmi 3s Bootloop

Cara Flash HP Xiaomi Redmi 3 PRO Bootloop

Hp Xiaomi Redmi 3 PRO Bootloop atau bukan, memang mempunyai tujuan umum yang sama yaitu memperbaiki atau mengganti file system yang ada di dalamnya sehingga diganti. Memang ini salah satu solusi paling ampuh dalam menangani kerusakan hp yang berhubungan dengan software, tapi tidak berlaku jika hardware rusak. Yang perlu anda perhatikan adalah pada saat anda mendownload ROM Xiaomi pastikan sudah mendownload ROM yang cocok dengan hp anda, artinya tentunya tidak bisa berfungsi jika ROM yang anda download tidak sesuai dengan tipe Xiaomi anda.

Tidak hanya itu, pastikan kamu memiliki jaringan internet yang bagus agar unduhan bisa berjalan dengan lancar dan tidak crash. Dan berikut cara flash xiaomi redmi 3 Pro.

Baca juga >>
Tips Mengatasi Whatsapp Error di iPhone dengan Mudah

Cara dan persiapan Flashing Xiaomi Redmi 3 PRO

Sebelum kita lanjut ke langkah-langkah flash Xiaomi redmi 3 pro, ada beberapa file yang harus anda download dan persiapkan.

  • Unduh ROM Xiaomi sesuai dengan jenis ponsel Anda.
  • Kabel data asli
  • Laptop atau PC dengan OS Windows 64bit.
  • Lakukan backup data terlebih dahulu karena semua data yang ada di memori Internal akan terhapus secara permanen.
  • Nonaktifkan Signiature di Komputer Anda.
  • Unduh MiFlash Tools.

Langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah pastikan file ROM yang anda download benar-benar sesuai dengan jenis hp yang anda gunakan, file tersebut berekstensi tar atau tgz. Tentu saja, jangan lupa laptop dengan 64-bit widows, kabel data asli dan nonaktifkan signature di komputer Anda.

Cara Flash Hp Xiaomi Redmi 3 Pro Bootloop

Tutorial Flash Reset Xiaomi Redmi 3 Pro melalui fasboot

  • Silahkan masuk ke mode download hp anda dengan menekan tombol power dan volume naik secara bersamaan lalu pilih “download”
  • Kemudian Anda dapat menginstal semua aplikasi yang telah Anda unduh di komputer Anda.
  • Buka PC Anda dan pilih manajer perangkat dengan mengklik kanan “Komputer saya” dan memilih “properti” lalu memilih “Manajer perangkat”
  • Kemudian silakan hubungkan Xiaomi Anda ke PC menggunakan kabel data dan akan terdeteksi dengan “QHUSB_BULK”.
  • Pada “QHUSB_BULK” Klik Kanan Shit dan Pilih “Update driver” lalu, pilih.
  • Hubungkan HP ke PC.
  • Ponsel kita akan terdeteksi sebagai: “QHUSB_BULK”.
  • Klik kanan “QHUSB_BULK” lalu pilih “Perbarui Driver” dan pilih “Pilih Jelajahi Komputer Saya untuk Perangkat Lunak Driver”.
  • Silakan cari komputer Anda di lokasi.
  • Kemudian cari lokasinya di “C: \ Program Files (x86) \ Xiaomi \ MiPhone \ Qualcomm \ Driver” dan jika floder ‘Xiaomi’ tidak ada, silahkan install “MiFlash” hingga proses selesai, jika saat install kemudian pilih “Instal Perangkat Lunak Driver ini”.
  • Jika berhasil maka akan berubah menjadi ‘Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (COMX)’
  • Kemudian kita lanjutkan cara flash xiaomi kalian, jadi pastikan kalian sudah download ROM Xiaomi sesuai type hp kalian dan tidak ada masalah, jika filenya masih berekstensi .tar silahkan masuk ke .tgz dulu ya mengklik file tersebut, lalu pilih ganti nama.
  • Silahkan buka aplikasi Miflash beta ‘C: \ Program Files (x86) \ Xiaomi \ MiPhone’ dan klik Browse kemudian pilih file yang dihasilkan. INGAT ROM Folde dan tekan ‘Refresh’.
  • Selanjutnya, di bagian ‘Device’, pastikan itu menjadi ‘COM #’ atau yang lainnya.
  • Dan di bagian bawah silahkan pilih ‘Flash All’ dan klik ‘Flash’ tunggu sampai selesai, setelah selesai akan muncul notifikasi ‘The Operation Completed Successfully’, artinya sudah berhasil.
  • Silahkan cabut kabel data dan restart hp xioami anda lalu silahkan lakukan konfigurasi dasar hingga selesai.

Sekian ulasan yang bisa kami berikan mengenai Cara Flash HP Xiaomi Redmi 3, Redmi 3s, Redmi 3 Pro, semoga metode ini bisa membantu anda dalam mengatasi permasalhan pada semua ponsel Xiaomi. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial. Terimakasih

Order via Whatsapp !