Cara ERICK THOHIR Mengatasi Bisnis Saat Pandemi

Di tengah situasi ekonomi yang serba tidak menentu seperti saat ini memang membuat seorang pengusaha perlu melakukan strategi khusus. Karena dengan tingkat daya beli masyarakat yang terus menurun akibat pandemi ini, tidak dapat dipungkiri para pelaku bisnis harus kreatif dalam memikirkan berbagai cara dan out of the box jika tidak ingin mengalami kegagalan.

Cara Erick Thohir Mengatasi Bisnis Saat Pandemi

Beralih ke Dunia Digital

Hal senada juga diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Pengusaha sekaligus pendiri Mahaka Group ini memang sudah malang melintang di dunia bisnis. Dari sinilah menyikapi situasi ekonomi yang terus merosot, Erick memiliki beberapa tips dan trik bagi para wirausahawan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menurut mantan bos klub sepak bola Inter Milan ini, berbisnis di era pandemi mengharuskan para wirausahawan beralih ke ranah digital atau online. Dengan beralih ke ranah digital, pengusaha akan memiliki peluang besar untuk bangkit kembali dari keterpurukan.

Peran Digitalisasi

Dalam bisnis terbesar yang dikelola oleh Erick yaitu media, ia sangat merasakan peran digitalisasi. Sebab di dunia media yang berlatar belakang konten, saat ini industri yang berkembang didominasi oleh akses digital. “Kalau saya tambahkan karena backgroundnya adalah media yaitu konten. Karena industri ini akan terus berkembang apalagi akses ketimbang digitalisasi akan terus merambah,” kata Erick dalam webinar.

Harus Terbiasa Beradaptasi dengan Zaman

Lebih lanjut pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 ini juga menjelaskan bahwa siapa pun yang berkecimpung di dunia bisnis harus selalu terbiasa beradaptasi dengan perkembangan zaman. Dengan begitu, produk yang dijual akan selalu terserap pasar. Erick menambahkan, bisnis juga perlu berkolaborasi dan juga diferensiasi. “Jadi kuncinya kita harus beradaptasi, harus berkolaborasi, tapi jangan lupakan diferensiasi produk, itu penting. Miliki produk yang unggul dengan pasar yang mapan,” kata Erick.

Baca juga >>
FITUR MANAJEMEN KESEPAKATAN, PERSPEKTIF BISNIS GAYA CRM BARANTUM DALAM MEMAKSIMALKAN POTENSI PENJUALAN KLIEN

Bisnis Makanan Sehat

Dalam websitenya, Erick juga mencontohkan bisnis yang berpeluang besar sukses saat terjadi pandemi. Bisnisnya makanan sehat. Menurut Erick, bisnis makanan sehat yang pada masa pandemi ini banyak diminati konsumen karena perubahan gaya hidup masyarakat saat ini.  “Nah dengan isu Covid salah satunya adalah makanan sehat. Baik itu vegan, ini kesempatan baru,” kata Erick.

Tren untuk Menangkap Peluang Bisnis

Sebelum menutup webinar, Erick menjelaskan bahwa generasi muda Indonesia berpotensi menciptakan trend dengan hadirnya media sosial. Nah, dari tren ini, menurut Erick, sebenarnya mereka bisa menangkap peluang bisnis yang menjanjikan. Karena kasus-kasus di lapangan memang tampak banyak bisnis yang cemerlang karena mereka mulai dan muncul dari sebuah trend. “Jadi itu yang saya katakan dari awal, jadilah generasi yang produktif, jangan jadi generasi yang konsumtif. Karena Andalah yang menciptakan tren dan terbukti anak muda Indonesia bisa menciptakan tren. Apalagi dengan media sosial kita saat ini sedang trend. Ini yang kita harapkan bisa jadi peluang, ”

Order via Whatsapp !