Di masa pandemi seperti sekarang, beberapa aplikasi yang berbasis media sosial dan panggilan grup semakin naik pamornya.

Misalnya ada Zoom yang memungkinkan sesi obrolan satu lawan satu dan kelompok, sehingga bisa mengadakan rapat antar platform sebagai pengganti dari meeting real life.

Salah satu kelebihannya terletak pada banyaknya peserta yang bisa ditampung! Tak heran sesi pelatihan dan webinar selalu mengandalkan aplikasi hebat yang satu ini karena mampu menangani penggunaan global hingga mencapai 1000 peserta dan sebanyak 49 video di layar.

Tapi tentu saja, Zoom memberikan harga bagi penyelenggara rapat jika partisipannya di atas 100 orang.

Sementara bagi para pengguna seperti kita, maka masih diperbolehkan menggunakan Paket Dasar karena sudah berfitur lengkap secara gratis dan rapat tanpa batas.

Cara Download Zoom for PC atau Laptop

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Zoom merupakan aplikasi rapat multiplatform yang selain dapat digunakan di handphone, juga bisa kita download dan install di PC atau laptop.

Sekali kamu menginstall-nya, maka PC atau laptop kamu akan difasiliasi oleh platform konferensi video berbasis cloud yang dapat digunakan untuk rapat konferensi video, konferensi audio, webinar, rekaman rapat, dan obrolan langsung.

Tak perlu menyiapkan uang segala, karena versi dasar tak menagih kita untuk membeli produk mereka.

Jika kamu bukanlah penyelenggara rapat (alias sebagai pengguna), maka menggunakan versi gratisan saja sudah cukup untuk dilakukan.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan buka browser favorit masing-masing, misalnya Google Chrome.
  2. Lalu ketikan zoom download di mesin pencarian Google.
  3. Silahkan masuk ke situs resminya bernama “zoom.us” untuk mendapatkan aplikasi Zoom yang asli.
  4. Di tampilan awal website tersebut, silahkan klik tombol “Download”.
  5. Tunggu hingga semua file terunduh secara sempurna.

Dari sini, proses download Zoom for PC sebenarnya sudah selesai. Tapi kita tak hanya mengunduhnya saja tanpa digunakan.

Dengan begitu, tugas selanjutnya adalah harus menginstall-nya agar bisa digunakan. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  1. Buka file yang barusan didownload. Jika lupa dimana menyimpannya, buka lagi browser Google Chrome lalu tekan tombol ctrl+j.
  2. Cari file yang disebut “ZoomInstaller.exe” lalu klik dua kali untuk melakukan instalasi.
  3. Tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan.
  4. Setelah berhasil terpasang, maka pada tampilan awal akan disuguhkan dua opsi berupa “Join Meeting” atau “Sign In”.
  5. Untuk pilihan “Join Meeting”, kita harus memiliki ID yang diberikan oleh penyelenggara meeting.
  6. Sementara untuk “Sign In”, kita harus sudah memiliki akun di Zoom.us terlebih dahulu. Nantinya, akun ini akan memungkinkan kita untuk bergabung dengan rapat tertentu, membuat rapat, melakukan panggilan, dan sebagainya.

Disarankan untuk membuat akun terlebih dahulu karena di dunia bisnis kita membutuhkan profil yang profesional, terutama jika kamu hendak melakukan wawancara kerja lintas negara.

Belum lagi saat kita memiliki akun, maka ada beberapa fitur yang bisa kita nikmati, seperti contohnya:

  • Rapat one-on-one. Menggunakan versi gratisan pun memungkinkan kita untuk menyelenggarakan rapat dengan seseorang layaknya menggunakan fitur video call di Whatsapp, akan tetapi dengan gambar yang lebih jernih.
  • Konferensi video group. Menyelenggarakan rapat hingga 500 peserta, namun harus membayar sejumlah uang setiap bulannya. Sementara versi gratisan hanya mampu menampung hingga 100 peserta dengan durasi maksimal 40 menit.
  • Berbagi layar. Kita bisa menunjukkan layar di komputer sehingga aktivitas presentasi menjadi lebih lancar.
  • Ada fitur merekam rapat untuk bisa kamu lihat lagi sewaktu-waktu nanti.

Semua fitur ini bisa didapatkan sesaat setelah kamu menginstall-nya di desktop yang tersedia bagi OS Windows dan macOS. Sedangkan aplikasi seluler tersedia untuk Android dan iOS.

Untuk proses pendaftaran menjadi lebih lancar, Zoom juga menyediakan proses registrasi atau pembuatan akun menggunakan Google atau Facebook. Tinggal disesuaikan saja dengan preferensi masing-masing.

Beda Versi Zoom Gratisan dan Berbayar

Kamu masih bisa menggunakan Zoom tanpa harus membayar uang sepeser pun. Namun berbeda jika kamu ingin mengadakan acara tertentu yang akan meminjam resource lebih banyak kepada server si Zoom itu sendiri, sehingga mengharuskan kita mengeluarkan uang.

Untungnya, paket berbayar tidak semahal menyewa gedung yang besar! Cukup dengan $15 per bulan saja, maka semua fitur sudah bisa kamu dapatkan.

Biar lebih pas menentukan tingkat kebutuhan kamu saat ini, kita lihat empat tingkatan harga berikut ini:

  • Zoom Gratis. Tingkat ini tak memerlukan uang! Hanya saja rapat grup akan dibatasi hingga tidak lebih dari 100 peserta dan durasinya tidak lebih dari 40 menit. Meeting juga tak bisa kita rekam.
  • Zoom Pro. Tingkat ini dibandrol dengan harga $14,99 per bulan bagi tuan rumah atau si empunya acara konferensi tersebut. Kita nantinya dapat membuat ID rapat pribadi untuk Rapat Zoom berulang dan memungkinkan perekaman rapat di cloud atau perangkat kita. Batas durasi rapat yang bisa dilakukan adalah 24 jam.
  • Zoom Business. Ada satu tingkat di atas Zoom Pro dengan harga $19,99 per bulan. Sebagai tuan rumah, kita dapat memberikan merk rapat dengan URL cantik sehingga membantu dalam meningkatkan brand awareness kepada peserta rapat. Kita juga mendapatkan fitur berupa transkrip rapat yang direkam oleh Cloud, serta dukungan pelanggan khusus.
  • Zoom Enterprise. Memiliki harga sama dengan Zoom Business di atas, yakni $19,99 per bulan tapi lebih ditujukan kepada pemilik bisnis dengan jumlah karyawan di atas 1000 orang. Fitur yang disediakan berupa penyimpanan cloud tanpa batas, manajer pelanggan, dan diskon untuk webinar dan Ruang Zoom.
  • Ruang Zoom. Versi ini membutuhkan modal sebesar $49 per bulan untuk berlangganan ruang zoom, sementara webinar dikenakan biaya sebesar $40 per bulan. Tentu saja, ada banyak fitur yang telah didesain untuk keperluan mengajar, presentasi, dan sebagainya.

Mengenai Ruang Zoom

Satu-satunya alasan kenapa Ruang Zoom atau zoom room lebih mahal dibandingkan dengan paketan lainnya adalah karena adanya pengaturan perangkat keras secara fisik yang memungkinkan perusahaan mengadakan rapat dari ruang konferensi mereka.

Selain dana sebesar $49 per bulan, ada pula beberapa perangkat yang harus kamu sediakan, diantaranya:

  • Komputer untuk menyingkronkan dan menjalankan Zoom Meeting.
  • Masing-masing peserta rapat sudah harus memiliki aplikasi Zoom (versi gratisan pun tak jadi masalah).
  • Mikrofon, kamera, dan speaker.
  • 1 atau 2 monitor HDTV untuk menampilkan peserta rapat jarak jauh dan berbagi layar atau presentasi.
  • Kabel HDMI untuk berbagi layar komputer di TV, dan kabel internet untuk menyambungkan koneksi kita.

Singkatnya, Zoom Room ini memiliki pengaturan secara fisik untuk membuat penggunaan Rapat Zoom menjadi semakin mulus dan tanpa gangguan.

Jika dilihat dari sisi profesionalitas, Zoom Room sangatlah diperlukan jika kamu memiliki perusahaan yang sangat besar dengan jumlah karyawan di atas 1000 orang.