Tips Cara Desain Kamar Tidur Minimalis Terbaru

Kamar tidur adalah tempat pribadi dimana Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu selama hidup. Pernahkah Anda menemukan desain kamar tidur yang terlihat nyaman? Dari sekian banyaknya desain kamar tidur yang dapat anda pilih, desain kamar tidur minimalis nampaknya tengah menduduki peringkat teratas. Sebanyak 90% dari kamar tidur yang memenuhi kriteria idaman menggunakan desain kamar tidur sederhana dengan fungsionalitas tinggi.

Gaya kamar minimalis banyak dipilih karena keunggulannya dalam kesederhanaan yang diciptakan. Kamar tidur yang mengusung tema ini biasanya selain sederhana, juga terlihat bersih, luas, dan modern. Yang perlu anda lakukan hanyalah pemilihan furniture yang sesuai, yaitu yang memiliki ukuran ramping dengan garis garis tegas.

Beberapa solusi yang bisa dilakukan adalah memilih cat warna tembok kamar tidur berwarna cerah, menggunakan furnitur yang bisa disembunyikan, dan mengkurasi barang-barang yang diletakan di ruangan tersebut.

Tips Desain Kamar Tidur Minimalis

1.Utamakan tempat tidur

Tempat tidur adalah bagian utama sebuah kamar tidur. Baik kamar tidur kecil atau besar, tempat tidur sebaiknya ditata seksama agar tampak mengundang badan yang terasa penat segera berbaring di atasnya. Saat membuat desain kamar tidur sejak awal pun, lokasi tempat tidur adalah hal yang pertama kali dipikirkan seorang desainer. Begitu juga saat berencana mengubah desain kamar tidur.

Desain Kamar Minimalis

Mengubah atau memindah letak tempat tidur adalah hal pertama yang sebaiknya kita pikirkan. Misalnya, bila sebelumnya tempat tidur berhadapan langsung dengan pintu, bagaimana bila sekarang letaknya digeser sedikit menjauh dari pintu? Setelah masalah peletakan beres, kini saatnya kita memikirkan bagaimana mengubah tampilan tempat tidur. Ingat, kita tidak harus membeli tempat tidur baru agar desain kamar tidur terlihat baru. Cukup ganti seprei dan sarung bantal gulingnya saja.

Baca juga >>
Model Pagar Lipat Minimalis 2020

Untuk memberikan tampilan tempat tidur ala hotel silakan ganti seprei dengan seprei warna putih. Lalu pasangkan sarung bantal dan guling berwarna kalem. Bisa dilengkapi juga dengan selimut berwarna senada agar hasilnya lebih menenangkan.

2.Memilih warna cat dinding

Yang kita butuhkan hanya beberapa kaleng cat dan kuas. Satu hal yang perlu diingat adalah pemilihan warna, mengingat ada atmosfer ketenangan dan relaksasi sesuai fungsi ruangan sebagai ruang untuk beristirahat. Sangat mungkin warna favorit kita tidak sesuai untuk desain kamar tidur idaman, apalagi kita menyukai warna pink, kuning terang, hijau pupus, atau warna-warna ngejreng lainnya.

Alangkah baiknya bila warna yang dipilih adalah warna-warna netral seperti abu-abu, putih, atau beige. Bila tidak punya banyak waktu untuk mengganti warna cat dinding, cara simpel lainnya untuk mengupdate desain kamar tidur adalah dengan memasang kertas dinding alias wallpaper. Ingin suasana romantis? Saat ini sudah ada wallpaper yang bisa menyala dalam gelap lho. Harganya juga sangat terjangkau, antara Rp 19 ribu sampai Rp 50 ribu saja.

3.kamar tidur lebih cantik dengan sedikit barang

Ini bukan lantaran terinsipirasi gaya minimalis yang sedang kekinian. Saat hendak pergi tidur kita harus dalam kondisi tidak memikirkan apa-apa. Bahkan ujaran pada diri sendiri untuk segera memejamkan mata pun sebaiknya tidak. Yang kita lakukan adalah pergi tidur begitu saja. Ini mungkin tidak akan bisa kita lakukan bila kamar tidur kita terlalu penuh dengan barang. Ada buku-buku, pakaian berserakan, atau tas kantor yang bergeletakan. Bisa-bisa kita tidak jadi mengantuk karena mendadak teringat pekerjaan yang belum selesai.

Menjaga kerapian kamar tidur itu penting. Namun ada juga hal lain yang lebih penting, yaitu mengurangi jumlah barang yang diletakkan di kamar tidur. Kursi atau karpet lama masih bisa digunakan lagi bila sudah dicuci agar warnanya yang tertutup debu dan kotoran muncul kembali. Mengganti kain pelapis kursi juga bisa dilakukan agar tampilan desain kamar tidur juga terlihat baru. Jika ingin cara yang lebih ekonomis, kita bisa letakkan kain polos atau bermotif sebagai aksen sederhana.

Baca juga >>
7 Fakta Game Free Fire yang Bikin Pemainnya Makin Banyak

4. Manfaatkan Karpet

Banyak yang menganggap pemakaian karpet di dalam kamar hanya detail dekoratif dan ornamen tambahan saja. Padahal, karpet memiliki fungsi yang cukup fungsional karena dapat membantu menjadikan ruangan kecil terlihat lebih luas. Anda perlu memperhatikan perbandingan ukuran karpet dan ruangan. Cara mudahnya, karpet lebih baik tidak melebihi 50% luas alas ruangan.

Karpet Kamar Minimalis

Jika tempat tidur Anda berada di tengah dinding, tempatkan karpet sekitar 2/3 pada bagian tempat tidur. Dengan desain kamar tidur minimalis ini, Anda harus bisa menyelaraskan tema ruangan dengan karpet. Selain lebih nyaman untuk dilihat, warna dan corak karpet yang selaras dengan tema kamar akan membuat lebih luas.

5. Kreasikan Tempat Penyimpanan yang Unik

Memiliki kamar minimalis memberikan tantangan sendiri untuk kamu yang punya banyak barang. Tips desain kamar minimalis yang satu ini menyarankan Anda untuk menjadi kreatif. Contohnya, Anda bisa menggunakan kotak penyimpanan khusus di bagian bawah tempat tidur, dan manfaatkan rak di dinding sebagai tempat untuk menyimpan buku, atau papan untuk menggantung tas, sepatu, dan barang-barang Anda lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba hal lebih unik, Anda bisa membuat tempat tidur yang bisa dilipat ke dalam tembok. Hal ini memang membutuhkan usaha yang lebih besar dalam pembuatannya, tapi jika berhasil, Anda bisa menikmati nyamannya tempat tidur tanpa terhalang besarnya tempat tidur.

6. Hiasi dengan foto atau gambar

Foto orang-orang tercinta, tempat wisata yang pernah dikunjungi, atau gambar cocok sebagai hiasan kamar tidur. Untuk menciptakan atmosfer tenang dan tidur yang lebih nyenyak, sebaiknya foto menampilkan suasana yang tenang juga. Lebih baik lagi bila dicetak dengan warna lembut, monokrom, atau hitam putih.

Baca juga >>
Warna Cat Rumah Elegan 2020

Demikian juga dengan gambar. Obyek dalam foto atau gambar sebaiknya tunggal dan tidak menunjukkan aktivitas yang sangat aktif. Selain itu, frame atau bingkai juga perlu diperhatikan. Bentuk frame sebaiknya lurus dan simpel, tidak terlalu banyak detil pada tepiannya.

Saat ini bingkai foto ditawarkan dengan harga antara Rp 11 ribu sampai dengan Rp 45 ribu per buah, tergantung pada ukurannya. Sekelompok bingkai ukuran 4R yang sudah dilengkapi dengan gambar saat ini ditawarkan seharga Rp 60 ribu sampai Rp 100 ribu. Untuk kamar tidur sebaiknya gambar atau foto yang dipasang tidak terlalu banyak agar suasana tenang tetap terjaga.

7. perhatikan cahaya lampu

Cahaya adalah elemen penting untuk segala jenis ruangan. Namun unsur ini menjadi sangat penting bila kita hendak menciptakan desain kamar tidur yang mengundang dan menenangkan. Meletakkan lampu di samping tempat tidur sudah biasa dilakukan. Biasanya lampu ini diletakkan di atas nakas atau meja samping tempat tidur.

Cahaya Lampu Kamar

Bila ingin sesuatu yang beda, kita bisa mencari alternatif lain seperti lampu yang digantung di samping tempat tidur seperti contoh. Atau bisa juga lampu tempel dinding yang saat ini tersedia dalam beragam pilihan bentuk dan warna. Sebaiknya pilih lampu yang tidak memancarkan cahaya menyilaukan, agar penghuni kamar tidak sulit memulai tidur. Warna bisa disesuaikan dengan warna kesukaan si penghuni kamar tidur.

Saat ini lampu gantung gaya minimalis atau industrial ditawarkan dengan kisaran harga Rp 175 ribu sampai Rp 185 ribu per unit. Sedangkan untuk lampu tempel dinding warna-warni cocok untuk kamar tidur anak atau mereka yang berjiwa muda. Lampu semacam ini harganya sangat terjangkau dan ditawarkan dengan kisaran harga Rp 150 ribu sampai Rp 165 ribu per satu setnya.

Baca juga >>
Denah Rumah Type 36 Beserta Tampak Dan Potongan Dwg

Alternatif lainnya, berkonsultasilah dengan profesional bila menginginkan desain kamar tidur minimalis yang hasilnya dijamin tidak mengecewakan.

 

 

 

Order via Whatsapp !