Cara Daftar Internet Indihome Solusi ODP Penuh

Internet kini menjadi salah satu kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat Indonesia. Dimulai dari pekerjaan hingga hiburan, semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui layanan internet. Terlebih di zaman pandemi saat ini, maka banyak orang yang menjalani ”kerja di rumah” yang mana internet menjadi pilar utama dari aktivitas tersebut.

Salah satu penyedia layanan internet terbesar yang ada di Indonesia adalah Indihome. Bahkan bisa dibilang perusahaan penyedia layanan ini menjadi yang pertama ada di negara kita, dengan cakupannya yang meluas hingga ke pelosok-pelosok daerah yang belum dapat diakses oleh provider manapun.

Indihome sendiri menyediakan layanan internet rumah berupa Triple Play yang terdiri dari telepon rumah, internet fiber optik hingga 300 MPBS, dan interaktif TV yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya.

Cara Daftar Internet Indihome

Sebelum dapat berlangganan layanan internet super cepat yang disediakan indihome, tentunya kamu harus daftar terlebih dahulu dengan menyertakan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat pertama yang biasanya diminta adalah foto kopi KTP dan biaya pasang baru (PSB) yang hanya berkisar 75 ribu rupiah saja, yang mana akan ditagih di bulan pertama pemakaian.

Selanjutnya, kamu tinggal pilih layanan yang tersedia, seperti misalnya jenis paket kecepatan dan fitur-fitur yang ada di sana.

Untuk paket rumahan biasa, maka penggunaan layanan internet dengan kecepatan 20 mbps juga sudah lebih dari cukup. Sementara untuk warnet dan kantoran, maka rata-rata haruslah menggunakan paket 100 mbps.

Ada pula fitur tambahan yang bisa kamu gunakan berupa addon, seperti misalnya UseeTV. Tentunya penambahan addon ini akan menambahkan beban biaya per bulannya.

Cara Daftar Internet Indihome

Lantas, bagaimana cara daftar internet indihome untuk menggunakan layanan internet super cepat tersebut? Gampang! Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

  1. Melalui Situs Resmi Indihome. Selain kemudahan yang ditawarkannya, situs resmi indihome juga memungkinkan kamu melihat banyak sekali fitur dan paket yang telah disediakan secara lebih jelas. Terkadang tersedia juga promo yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.
  2. Melalui Plasa Telkom. Mungkin ini cara yang paling sering dilakukan oleh masyarakat kita. Dengan mendatangi plasa telkom terdekat, maka kamu akan dilayani oleh customer service secara langsung.
  3. Melalui Call Center 147. Bisa dibilang ini cara termudah yang bisa kamu lakukan. Cukup hubungi 147 melalui telepon genggam kamu (atau 021-147 bagi pengguna selain kartu telkomsel), maka proses registrasi kamu akan semakin mudah.
  4. Melalui Avenger Indihome. Seringkali ada sales indihome yang bertugas untuk menawarkan produknya di event-event tertentu. Seringkali juga terlihat di beberapa pusat perbelanjaan seperti mall. Silahkan dekati mereka tanpa harus malu-malu dan langsung lakukan pendaftaran.
Baca juga
Game VR Android Terbaik Tanpa Controller Multiplayer

Sepengalaman para penggunanya, petugas indihome akan datang dalam kurun waktu maksimal 24 jam saja untuk pemasangan kabel fiber optik dan memastikan bahwa rumah kamu telah terakses dengan dunia internet.

Berlangganan Indihome Internet Saja

Setelah mengetahui cara daftar internet indihome tidak perlu ragu berlangganan indihome. Indihome pada dasarnya merupakan layanan internet berbasis telepon rumahan. Selain itu, ada pula layanan TV kabel yang terakses langsung dengan internet tersebut. Sayangnya, semakin banyak fitur yang kamu gunakan, maka akan semakin menambah beban biaya yang harus dikeluarkan.

Untuk itulah, kamu bisa memilih paket indihome yang hanya menyertakan internetnya saja. Cara ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan fitur-fitur yang mungkin tidak sering kamu gunakan sama sekali.

Adapun harga yang dibebankan untuk paket indihome berupa internet saja adalah sebagai berikut:

  • 20 mbps: 275 ribu
  • 30 mbps: 315 ribu
  • 40 mbps: 385 ribu
  • 50 mbps: 445 ribu
  • 100 mbps: 795 ribu

Harga di atas tentunya memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Harga juga belum termasuk PPN dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi untuk lebih jelasnya, silahkan hubungi 147 melalui telepon genggam kamu sekarang juga. Asyiknya, bagi pengguna kartu telkomsel seperti simpati dan By.U akan dibebaskan beban pulsa.

Jika tak percaya, silahkan coba saja! Dengan begitu, kita akan jauh lebih tahu jenis paket mana yang ingin kita gunakan.

Syarat Berlangganan Internet Indihome

Kita pastinya akan diminta data-data pribadi saat mencoba untuk berlangganan internet indihome paket apapun. Data pribadi yang diminta tersebut ditujukan untuk mempermudah proses pendaftaran, pembayaran iuran, serta keluhan jika ada kebutuhan perbaikan mengenai layanan yang tengah digunakan.

Sekalipun kita melampirkan data pribadi, tapi kamu tidak perlu khawatir karena data-data kita aman bersama mereka. Sama halnya seperti produsen produk dan jasa, sebuah perusahaan pastinya akan menyimpan data pelanggannya dengan sebaik-baiknya.

Adapun persyaratan yang harus kamu penuhi saat melakukan registrasi diantaranya:

  • Melampirkan fotokopi KTP asli. Nantinya produk indihome tersebut akan menggunakan atas nama pemilik KTP yang telah dilampirkan tersebut.
  • Melampirkan alamat email. Pastikan masih aktif ya! Akan lebih baik juga alamat email utama kamu yang sering dipakai. Pasalnya, indihome seringkali memberikan informasi mengenai promo menarik yang tak boleh kamu lewatkan begitu saja.
  • Foto selfie setengah badan sambil memegang KTP. Alasannya cukup sederhana, yaitu memverifikasi bahwa kamu memang pemilik dari KTP yang dilampirkan tersebut, bukan KTP milik orang lain.
  • Memfoto rumah yang akan kamu pasangi indihome. Tapi pada kebanyakan kasus, syarat ini jarang sekali dilampirkan. Soalnya nanti pihak pegawai indihome pasti akan menghubungi kamu dan meminta alamat rumah secara jelas. Kamu tinggal kasih tahu area penting yang dijadikan patokan dan ciri-ciri rumah kamu. Misalnya warna cat, berlantai satu, minimalis, dan lain sebagainya.
  • Melampirkan nomor HP yang aktif. Agar pihak indihome bisa menghubungi kita kapan saja.
  • Pilih paket yang ingin dipasang. Yang paling hemat adalah kecepatan 20 mbps. Tapi sudah cukup memberikan fasilitas dan kecepatan terbaik untuk orang rumah tanpa adanya gangguan atau hambatan.
Baca juga
Ini Aplikasi Download Video Youtube Terbaik Android PC

Pastikan kamu melampirkan semua data yang dibutuhkan. Semakin lengkap maka semakin bagus, karena bisa mempermudah berbagai macam proses dalam jangka panjang.

Tunggu Pegawai Indihome Untuk Memasang Kabel

Dalam waktu kurang dari 24 jam saja, biasanya pegawai indihome akan muncul dan mulai bekerja untuk memasang kabel fiber optik di rumah kamu. Pemasangan ini tentunya gratis, jadi jika mereka meminta sejumlah uang, maka tinggal hubungi saja call center dan adukan mengenai kejadian tersebut.

Tapi jika kamu ingin memberikan uang tips pun tak jadi masalah. Mereka akan senang hati menerimanya.

Pemasangan dilakukan oleh tim profesional sehingga cenderung sangat cepat untuk dilakukan. Rata-rata pemasangan hanya berlangsung tidak lebih dari 2 jam saja. Kamu pun akan dipinjami modem yang dilengkapi dengan fitur wifi.

Tentunya modem tersebut haruslah kamu kembalikan jika memutuskan untuk berhenti berlangganan internet indihome. Selain itu, kamu juga harus membayar tagihan tepat waktu sebelum tanggal 20 setiap bulannya, agar tidak terkena anulir dan denda.

Solusi Odp Indihome Penuh Penambahan Odp

Solusi ODP Indihome Penuh Penambahan ODP

Walaupun sudah mengetahui cara daftar internet indihome yang benar, namun terkadang kita tidak bisa berlangganan indihome karena ODP penuh.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jenis ODP (Optical Distribution Point), perlu diingatkan bahwa ODP dan JointBox (JB) itu berbeda. Sedikit ke belakang, sebelum sistem jaringan Fiber Optik digunakan oleh provider seperti Telkom Indonesia dengan produk Indihome.

Bagi Anda yang belajar di bidang jaringan pasti sering mendengar istilah ODP namun untuk yang awam dengan jaringan Fiber Optic sangat jarang mendengar mengenai apa itu Optical Distribution Point.

Apa itu ODP Indihome

ODP adalah singkatan dari Optical Distribution Point yaitu sebuah perangkat yang berfungsi untuk melindungi dan membagi kabel FO atau Fiber Optic ke beberapa saluran atau pelanggan.

Fungsi utama dari ODP adalah membagi satu core optic dari jalur utama (provider) ke beberapa pelanggan, dengan menggunakan komponen passive splitter. ODP berfungsi sebagai titik terminasi kabel drop optik ataupun tempat membagi satu core optic ke beberapa pelanggan.

Baca juga
Spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Note 9 Pro

ODP Indihome merupakan tempat terminasi kabel yang mempunyai sifat- sifat tahan korosi, tahan cuaca, kokoh serta kuat dengan konstruksi untuk dipasang di outdoor. Fitur ODP bisa berisi optical pigtail, connector adaptor, splitter room serta dilengkapi ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu.

Proses registrasi indihome seringkali gagal pemasangan dikarenakan ODP penuh dan tidak ada jaringan baru. Jika Optical Distribution Point di tempat Anda penuh pasti tidak bisa pasang baru dan harus menunggu hingga pihak indihome menambah slot ODP di tempat Anda.

Odp Indihome

Solusi untuk ODP Indihome Penuh

1. Lakukan vote di situs https://vote.indihome.co.id supaya lekas dilakukan penambahan ODP di tempatmu. Semakin banyak orang yang melakukan vote di tempatmu maka penambahan ODP akan semakin cepat dilakukan oleh pihak Telkom.

2. Sharing koneksi internet dengan Indihome tetangga. Paling simple bisa minta password wifi tetangga. Cuman kalau tiba-tiba koneksi jadi lemot jadinya gak enak juga sih sama tetangga.

3. Pasang Indihome alternatif jika memang tersedia di tempatmu. Misalnya Biznet, First Media, Indosat GIG, MNC Play, MyRepublic, Oxygen.id

4. Nyambung ke ODP tempat lain yang belum penuh. Tapi ini biasanya butuh modal buat beli kabelnya supaya bisa nyambung. Kalau jaraknya tidak terlalu jauh saya kira tidak mahal dan teknisi Telkom juga siap membantu.

Penambahan ODP Indihome

Untuk penambahan ODP khusus area yang belum tercover jaringan atau di area yang ODP nya penuh diharuskan menunggu 20 orang pelanggan baru untuk pemasangan ODP baru. Anda bisa menghubungi sales atau plasa telkom, bisa juga secara online melalui aplikasi my indihome, social media resmi atau melalui telepon 147. Estimasi pemasangan biasanya sekitar 3-5 hari.

Mengajukan Keluhan melalui Call Center indihome

Call center bisa anda hubungi ketika terjadi masalah pada indihome yang terpasang di rumah anda. Bagi anda yang mengalami masalah ketika menggunakan produk atau ingin menyampaikan keluhan atau saran bisa langsung menghubungi call center serta beberapa alamat website yang berhubungan dengan IndiHome seperti Facebook, twitter, situs resmi dan lainnya. Berikut data lengkap call center yang bisa Anda hubungi kapanpun karena aktif 24 jam.

Baca juga
Cara Mengunci Aplikasi di Smartphone Android

Telp: 021 – 5215328
Call Center PSTN / Telepon Rumah : 147
Call center melalui Telepon Seluler : (kode lokasi) +147
Situs resmi: https://www.indihome.co.id.
Facebook: https://www.facebook.com/IndiHome/
Twitter: https://twitter.com/IndiHome
Alamat kantor : Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM) , Graha Merah Putih Lt. 9 , Jl. Gatot Subroto Kav. 52 , Jakarta 12710

Cara mengajukan keluhan atau laporan

Jika anda ingin mengajukan keluhan atau laporan mengenai masalah yang terjadi terhadap produk IndiHome maupun pelayanannya tidak perlu datang jauh-jauh ke kantor IndiHome, Anda bisa langsung meminta bantuan customer service dengan menghubungi no 147. Layanan customer service ini dibuka 24 jam. Layanan ini bukan untuk dipermainkan sebaiknya hubungi ketika benar-benar terjadi masalah.

Anda juga bisa langsung bergabung di facebook resmi untuk mengetahui berita terbaru dan paling update. Keuntungan lain bergabung di Facebook ini anda bisa langsung bertanya ataupun mengajukan laporan dan lainnya melalui chating di kotak messenger.

Selain melalui Facebook resmi, anda juga bisa bergabung di twitter resminya dengan alamat “@IndiHome” untuk melihat semua berita yang ada. Berbagai komunikasi melalui dunia internet ini ditujukan untuk memberi pelayanan terbaik bagi para pelanggan. juga dilengkapi dengan situs resmi dengan alamat https://www.indihome.co.id anda bisa mempelajari layanan ini secara lengkap.

Demikian ulasan mengenai call center indiHome paling lengkap mengatasi berbagai masalah anda. Bagi anda pelanggan yang kurang puas dengan pelayanannya bisa menghubungi customer service yang telah kami jelaskan di atas.

5/5 (4 Reviews)