check domain authority

Cara Check Domain Authority Page Authority PageRank dan Alexa Rank

Pemilik situs atau blog harus mengetahui beragam istilah berkaitan dengan mesin pencari (search engine) jika ingin menguasai seluk-beluk SEO. Dalam hal cara check domain authority dan quality sebaiknya perlu mengenal baik apa itu SERP, PageRank, Domain Authority, Page Authority dan Alexa Rank sebagai langkah pertama mengoptimalkan peringkat situs.

Berikut ini penjelasan singkat yang mampu membuka wawasan. Siap? Yuk mulai!

Cara Check Domain Authority dan Page Authority

Pengertian Domain Authority

Domain Authority (DA) merupakan metrik yang dibuat oleh Moz untuk memberi penilaian pada sebuah situs dengan skala 1-100 (100 nilai sempurna, sedangkan 1 nilai terburuk). Semakin tinggi Domain Authority sebuah website, maka turut mempengaruhi peringkat hasil penelusuran. Ini bisa dijadikan patokan bagi pemilik situs untuk bersaing secara terbuka dengan situs lain.

Cara check Domain Authority sebuah website tidaklah sulit, cukup memasang MozBar extension pada browser Chrome atau Firefox. Kurang lebih 40 signal digunakan untuk penentuan rangking, tetapi banyak pakar SEO menyarankan tak perlu fokus pada semua signal melainkan hanya beberapa saja. Demi hasil terbaik disarankan untuk memahami terlebih dahulu MozRank dan MozTrust.

Usai memahami apa itu MozRank dan MozTrust, maka semakin mudah mendongkrak domain authority yang turut berpengaruh pada peringkat hasil penelusuran mesin pencari. Cara meningkatkan penilaian DA serupa link building, yakni mencari backlink dari website yang punya skor DA tertinggi.

Berikut sembilan faktor yang mempengaruhi penilaian Domain Authority.

1.  Masa kadarluarsa domain.

Jangan ragu membeli domain dengan masa kadarluarsa lebih dari dua tahun. Ini salah satu bentuk penilaian untuk melihat keseriusan mengembangkan situs.

2.  Cari backlink dengan kuantitas dan kualitas memadai.

Keduanya harus seimbang, jangan hanya pentingkan kuantitas yang justru berkualitas rendah.

3.  Diversifikasi Backlink.

Jangan cari backlink dari beberapa situs saja, coba cari lebih banyak lagi dari beragam situs berbeda. Pertimbangkan geo-location, ekstensi domain hingga sumber manapun. Pastikan backlink relevan dan berkualitas.

4. Internal Link Structure

Buat posting atau artikel yang saling berkaitan dan beri tautan satu sama lain. Ini dikenal istilah internal link structure.

5. Remove Bad Backlink

Selain membangun link, jangan lupa mengecek setiap link yang mati dan gunakan Google Disavow untuk mengabaikannya.

6. Buat konten berkualitas.

Lebih baik menulis 1-2 artikel sehari ketimbang 5-6 artikel tapi minim kualitas.

7. SEO Optimized

Pastikan situs sudah memenuhi semua kriteria SEO untuk mempermudah penjelajahan (crawling) mesin pencari.

8. Optimasi Speed

Jangan biarkan waktu loading menuju situs lambat. Pastikan bisa dikunjungi dalam waktu loading singkat.

9. Sosial Media Marketing

Peran sosial media marketing sudah tidak bisa terbantahkan lagi. Bangun jaringan di Facebook, Twitter ataupun sejenisnya.

Pengertian Page Authority

Page Authority (PA) adalah penilaian skala 1-100 yang dikembangkan Moz untuk laman artikel atau posting sebuah situs di mesin pencari. Bisa dikatakan bahwa tak jauh berbeda dari check Domain Authority, begitu pula dalam hal pembaruan alias update. Sebuah laman mungkin saja awalnya diberi skor 20-30, namun dapat meningkat drastis menjadi 70-80 tergantung dari cara optimasi sejumlah faktor.

Meningkatkan nilai Page Authority serupa Domain Authority, ada beberapa faktor penting wajib diperhatikan khususnya pemahaman dasar mengenai MozRank dan MozTrust. Penasaran? Baca “sembilan faktor yang mempengaruhi penilaian DA” seperti terpampang pada paragraf sebelumnya.

Apa itu Pagerank !

PageRank (PR) merupakan bagian dari sistem Google untuk menilai seberapa penting sebuah laman situs, bahkan dianggap salah satu faktor penentu hasil penelusuran mesin pencari. PageRank memegang prinsip bahwa sebuah laman dianggap penting jika banyak laman situs lain yang memberi tautan balik alias backlink. Semua backlink yang mengarah ke sebuah laman situs dianggap bagian dari voting.

PageRank tak sekedar menilai seberapa banyak backlink yang tertuju pada sebuah laman web, tetapi turut mempertimbangkan kualitas. Backlink dari situs ber-PageRank tinggi jauh lebih bernilai ketimbang backlink dari situs ber-PageRank rendah. Jadi, jangan sekedar fokus memperbanyak kuantitas tanpa mempertimbangkan kualitas.

Google memberi penilaian PageRank dari 1 sampai 10. Semakin tinggi, semakin baik. Situs PageRank 6 jauh lebih baik ketimbang PageRank 2. Biasanya penilaian diberikan pada laman individual, bukan seluruh bagian situs. Untuk mengecek PageRank bisa memakai Google Toolbar. Perlu diingat bahwa hanya beberapa laman saja berhasil memperoleh PageRank 10.

Bagaimana meningkatkan PageRank? Seperti sudah dibahas paragraf sebelumnya. sebuah laman situs perlu memperoleh backlink. Cara paling cepat dan mudah yaitu membuat konten berkualitas yang membuat orang lain ingin memberi tautan balik secara gratis, entah via blog, situs, forum atau sosial media.

Apa itu Alexa Rank !

Alexa saat ini dikenal sebagai salah satu mesin statistik internet terkemuka. Hampir semua situs dari segala penjuru dunia masuk pantauannya yang tersusun dalam sebuah grafik tingkat popularitas alias banyaknya kunjungan. Urutan pertama dihiasi oleh Google, kemudian diikuti Facebook. Grafik menunjukkan bahwa semakin tinggi popularitas situs, peringkat terus merangkak naik.

Kehebatan statistik Alexa tak sekedar menampilkan tingkat popularitas situs se-dunia, melainkan lebih spesifik lagi dari segi geografis. Pemilik situs bisa mengecek popularitas di tingkat global dan nasional. Meskipun terkesan sepele, ini bisa dimanfaatkan untuk menganalisa kekuasaan situs di lingkup nasional sehingga dapat menyusun rencana mendongkrak jumlah pengunjung.

Kesimpulan

Dengan mengenal pemahaman dasar mengenai check domain authority, page authority, SERP, PageRank, dan Alexa Rank, maka pemilik situs dapat lebih mengerti seluk-beluk SEO dan menaklukkan mesin pencari. Seperti diketahui,, semua elemen di atas berpengaruh besar pada peringkat hasil penelusuran.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Berbagi posting ini

Komentar (1)

  • seonindo
    Hadis Balas

    mau tanya untuk plugin checker seperti extention gitu gimana…? ada nggak yang bisa untuk cek domain outority dan page autority…?
    yang sifatnya seperti SeoQuake gitu…?

    10 Maret 2018 at 00:49
    • seonindo
      SEON One Stop Solution Balas

      untuk check domain authority dan page authority bisa menggunakan moz atau tools seo lainnya

      23 Maret 2018 at 01:06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Dapatkan kualitas dan harga terbaik untuk semua kebutuhan Bisnis Online Anda

soft opening coupon

15% off

exclusive & limited offer
berlaku hingga:

-31 oktober 2019-

Coupon code: