Cara Cepat dan Efektif Membersihkan dan Memoles Lantai Marmer

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan perawatan interior yang terbuat dari marmer dengan perawatan sendiri, tentu saja akan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Melakukan proses perawatan sendiri harus membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi tidak masalah jika Anda memiliki lebih banyak waktu luang. Selain itu, sisi positif dari pemolesan marmer itu sendiri akan mengurangi biaya yang lebih murah. Namun, jika di semir marmer Jakarta Pusat misalnya, Anda tidak perlu repot dan hanya menunggu hasil selesai. Jika manual, tentu saja, Anda harus menyiapkan dana material sendiri. Lalu, bahan dan alat apa yang dibutuhkan untuk memoles marmer secara manual? Berikutnya adalah penjelasannya.

Persiapan Sebelum Memoles Marmer

Cara Cepat Dan Efektif Membersihkan Dan Memoles Lantai Marmer

Mempersiapkan Bahan Dasar

Banyak sekali bahan yang digunakan untuk memoles peralatan yang terbuat dari marmer. Bahan-bahan ini memiliki komposisi dengan kualitas yang berbeda. Sebelum menyiapkan bahan, identifikasi jenis bahan dan sesuaikan dengan jenis marmer di lantai marmer Anda, dinding atau furnitur. Bahan marmer yang biasa digunakan misalnya adalah:

  • Bubuk pemoles marmer
  • Pemoles marmer merah
  • klin marmer
  • Terra Nova
  • Deterjen ringan dan lainnya

Selain bahan kimia di atas yang biasa digunakan oleh layanan pemoles marmer, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan bahan sehari-hari. Harganya relatif lebih murah. Bahan-bahan ini adalah garam, deterjen cair.

Alat Poles

Penggunaan alat poles marmer yang biasa digunakan pada pemoles marmer Jakarta Pusat umumnya menggunakan alat otomatis. Sebenarnya, Anda juga bisa menggunakan alat ini. Ada dua jenis alat yang digunakan, yaitu manual dan otomatis.

  • Untuk otomatis, Anda dapat membeli mesin pemoles seperti fiorentine karena kualitasnya bagus. Memang, awalnya Anda bisa menghabiskan anggaran yang layak tetapi bisa digunakan berulang kali.
  • Untuk alat manual, Anda dapat menggunakan kain yang lembut dan fleksibel. Sehingga permukaan marmer akan tetap halus dan tidak ada goresan yang memperburuk tampilan koleksi marmer Anda.
Baca juga >>
Pentingnya Logo dan Tips Cara Design Logo Online

Bahan Pendukung Lainnya

Bahan pendukung ini digunakan saat Anda memoles marmer menggunakan bahan yang mudah ditemukan. Ini berarti tidak menggunakan mesin otomatis. Bahan pendukung lainnya, misalnya.

  • Kain lembut.
  • Tompon untuk membantu menyerap dan menggosok lebih optimal.
  • Selotip untuk membingkai noda yang membandel.

Dalam proses pemolesan marmer sebenarnya menggunakan lebih banyak tahapan yang cukup rumit. Karena ada beberapa tahapan seperti pembersihan hingga pembersihan sehingga bahan yang digunakan diserap lebih optimal. Ketika memutuskan untuk merawat marmer Anda, Anda benar-benar harus memiliki persiapan lengkap. Selain itu, yang terpenting adalah teknik yang digunakan dalam perawatannya. Anda harus dapat memproses langkah demi langkah dengan cara yang benar.

Risiko yang dialami cukup tinggi jika Anda tidak menguasai semua aspek. Misalnya teknik menggosok atau membersihkan. Itu sebabnya layanan pemoles marmer dicari. Alih-alih ragu dan menghasilkan karya yang optimal, banyak orang mempercayakan layanan pemoles marmer Jakarta Pusat yang ahli. Namun, jika Anda cukup percaya diri dan puas dengan hasil Anda sendiri, bukan itu sebabnya ini dilakukan. Nasihatnya hanya cukup untuk mencari pengetahuan dan menambah keterampilan sehingga kemampuan perawatan semakin meningkat. Mudah, coba gunakan media sosial atau internet dengan mempelajari cara yang benar.

Cara Membuat Marmer Mengkilap

Cara Cepat Dan Efektif Membersihkan Dan Memoles Lantai Marmer

Lantai marmer diklasifikasikan sebagai lantai yang perlu dilestarikan karena keindahannya karena bahan marmer ini identik dengan harga selangit dan kualitas yang baik. Tidak hanya itu, lantai marmer ini sering ditemukan di tempat-tempat yang dianggap bergengsi, sehingga keberadaan lantai marmer ini akan semakin menambah kesan gengsi di tempat itu. Namun jika tidak dirawat dan dibersihkan secara teratur, bukan tidak mungkin lantai marmer ini akan kehilangan keindahannya. Apalagi lantai adalah area yang sangat mudah kotor, berdebu, dan mudah ternoda. Jika noda-noda ini dibiarkan, terutama noda yang mengandung asam, maka berpotensi merusak keindahan lantai marmer.

Baca juga >>
Tips Cara Desain Kamar Tidur Minimalis Terbaru

Jika Anda menempati salah satu hunian yang mengeksplorasi keindahan marmer, tidak ada salahnya Anda memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini terkait dengan material dan cara membersihkan serta memoles lantai marmer. Beberapa produk bahkan dapat ditemukan dengan mudah dan tersedia di rumah. Ada apa disana

  1. Amonia

Amonia adalah pembersih alkali dan cukup aman untuk diterapkan pada lantai marmer jika digunakan seperlunya. Cairan pembersih alkali atau alkali mampu mengelupas semua debu dan noda di permukaan lantai marmer dengan lebih aman. Dalam membersihkan lantai marmer dengan amoniak, gunakan campuran satu sendok amoniak dengan 1 gelas air, lalu bersihkan bagian bernoda dari lantai. Tidak diragukan lagi, noda akan lebih mudah dihilangkan tanpa merusak permukaan lantai. Hindari menggunakan bahan pembersih atau cairan yang mengandung asam, karena ini akan menyebabkan goresan di permukaan lantai marmer.

  1. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah jenis alkali lain yang cocok untuk digunakan sebagai cairan pembersih permukaan marmer. Cairan ini efektif untuk menghilangkan noda, terutama noda asam. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan membasahi kain dengan sedikit hidrogen peroksida, lalu gosokkan pada lantai yang bernoda hingga bersih. Noda akan cepat terkelupas dan lantainya akan bersih.

  1. Deterjen cair

Deterjen cair yang kita gunakan untuk mencuci pakaian, kita juga bisa berfungsi membersihkan debu yang membandel dan noda pada permukaan marmer. Cukup campur seperempat sendok teh deterjen cair dalam 1 gelas air, lalu celupkan kertas atau kain bersih dan lap kain pada permukaan yang terkena. Pastikan Anda menggunakan deterjen cair sesedikit mungkin agar tidak menimbulkan bekas pada permukaan marmer. Pastikan juga bahwa deterjen cair yang Anda gunakan tidak mengandung pemutihan.

  1. Baking Soda
Baca juga >>
7 Fakta Game Free Fire yang Bikin Pemainnya Makin Banyak

Selain bahan kimia yang disebutkan di atas, Anda juga bisa membuat cairan pembersih dari campuran baking soda dengan air, dan membuat campuran yang agak tebal dengan tekstur yang menyerupai pasta. Soda kue juga merupakan jenis alkali, dan campuran santan dan air cukup kuat untuk memoles dan membersihkan bintik-bintik di lantai, tetapi tidak terlalu abrasif sehingga tidak menyebabkan goresan.

  1. Handuk kecil

Agar lebih optimal dalam membersihkan noda, gunakan handuk kecil sebagai ganti kain. Handuk memiliki permukaan berserat, sehingga dapat mengangkat kotoran lebih cepat. Selain itu, permukaan yang halus cukup lembut, sehingga tidak akan merusak permukaan lantai marmer.

Cara cepat dan efektif untuk membersihkan dan memoles lantai marmer

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Cairan pembersih (pilih salah satu dari 4 bahan yang disebutkan di atas)
  • Air hangat
  • Kain / handuk kering
  • Air untuk dibilas
  • Kain yang bisa menyerap debu
  • Permukaan marmer (semir marmer)
  • Pad diamond polishing

Langkah-langkah untuk membersihkan dan memoles lantai marmer:

  • Buat larutan pembersih menggunakan salah satu dari empat bahan yang dijelaskan di atas. Lalu, campur dengan air hangat. Jika luas lantai cukup besar, tingkatkan dosis tetapi tetap mematuhi aturan komposisi bahan yang disebutkan di atas. Campur dengan baik.
  • Celupkan kain atau handuk ke dalam larutan pembersih, lalu gosokkan dengan lembut di lantai dan hindari menggaruk permukaan.
  • Untuk area di mana noda lebih parah, berikan sedikit tekanan saat menggosok permukaan lantai marmer dengan kain. Ulangi beberapa kali sampai noda benar-benar hilang. Celupkan kain ke dalam larutan pembersih sesekali.
  • Biarkan cairan pembersih di lantai selama beberapa waktu, sekitar 1-2 jam.
  • Bilas permukaan lantai marmer dengan air bersih, lalu keringkan dengan kain yang bisa menyerap debu.
  • Saat lantai benar-benar kering, Anda dapat menambahkan semir atau poles marmer ke semua permukaan. Agen pemoles ini diaplikasikan ke lantai menggunakan kain baru. Jangan lupa membaca instruksi untuk menggunakan bahan ini dan jumlah yang tepat sebelum mengaplikasikannya ke lantai. Setelah itu, gunakan Diamond polishing pad untuk membuat permukaan marmer lebih mengkilap.
Baca juga >>
Kenali Peluang Usaha Tas di Saat Pandemi Bersama CV. OSCAS

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !