cara cek nomor telkomsel untuk mengetahui nomor hp sendiri apakah masih aktif atau masa tenggang sudah 4G atau belum dengan mudah dan cepat melalui kode dial *888#

Dari dulu hingga sekarang, PT Telekomunikasi Seluler masih menjadi salah satu penyedia jaringan nirkabel Indonesia paling terbesar.

Didirikan pada tahun 1995 dan dimiliki oleh Telkom Indonesia dan Singtel, perusahaan ini berkantor pusat di Jakarta Selatan.

Produknya juga bermacam-macam, dimulai dari kartu prabayar hingga jaringan internet yang dikenal dengan nama Indihome.

Khusus untuk kartu prabayar, perusahaan ini mengeluarkan berbagai macam merk yang salah satunya adalah Telkomsel.

Menariknya, dari sekian banyaknya merk kartu yang dikeluarkan, Telkomsel merupakan produk yang paling lama bertahan dan paling banyak digunakan hingga sampai sekarang.

Bahkan dulu nomor Telkomsel lebih sering digunakan oleh bos-bos besar demi meningkatkan citranya di dunia bisnis.

Cara Cek Nomor Telkomsel Kita

Katakanlah kamu sudah membeli nomor Telkomsel dan mengalami masalah klasik diantara para penggunanya, yakni lupa dengan nomor sendiri atau bahkan belum tahu sama sekali.

Maklum, pergeseran dunia teknologi menjadi lebih instan membuat seseorang melewatkan berbagai macam hal detail kecil di sekitarnya.

Bisa kita bandingkan dengan zaman dulu yang mana hampir semua pengguna handphone bisa hafal dengan nomor sendiri hingga nomor teman dekat dan pacarnya.

Setelah kehadiran smartphone, menghafal nomor sendiri bisa nampak seperti menghafal rumus kalkulus yang menjelimet.

Untungnya masih ada cara yang bisa dilakukan, yang mana akan kita bahas dengan lebih lengkap berikut ini.

  1. Buka telepon untuk mengetikkan kode dial.
  2. Ketikkan kode dial berupa *888#.
  3. Setelah itu akan muncul beberapa opsi produk yang disediakan oleh Telkomsel. Silahkan pilih “cek pulsa & kuota” menggunakan angka, lalu klik “kirim”.
  4. Pada opsi berikutnya, pilih “lain” yang biasanya ada di paling bawah daftar pilihan.
  5. Di opsi selanjutnya, silahkan pilih “cek nomor” lalu klik kirim.
  6. Maka secara otomatis akan ada pop up info nomor telkomsel kita.

Harap dicatat nomor telkomsel tersebut dan diingat jika bisa, karena cara ini sebenarnya menyedot pulsa kita sebesar Rp.100 per sekali permintaan.

Pastikan juga kamu simpan nomor sendiri di buku telepon biar tidak menyulitkan diri sendiri, terutama jika pada saat itu nomor Telkomsel kita sedang cekak pulsa.

Cara Cek Nomor Telkomsel Aktif atau Tidak

Selain itu, dengan mengetahui nomor Telkomsel maka memungkinkan bagi kita untuk mengisi pulsa dan memperpanjang masa aktifnya.

Namun ada kalanya kita belum menerima cuan dari tempat kerjaan, sementara nomor Telkomsel kita khawatirnya akan melewati masa tenggang dan tak dapat digunakan kembali.

Sekalipun ada banyak sekali nomor tersedia yang dijual di konter sana, akan tetapi tak jarang nomor Telkomsel yang kita miliki sudah menjadi soulmate dan aset.

Biar lebih tenang di hati, mending kita cek yuk cara melihat masa aktif dari nomor Telkomsel tersebut. Dengan begitu kita bisa mengetahui kapan batas waktu terakhir nomor tersebut harus diisi pulsa.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu atau aplikasi telepon.
  2. Ketikan dial *888# dan tekan tombol panggil.
  3. Pada menu pilihan, silahkan pilih angka 5 atau “cek pulsa & kuota”, lalu tekan kirim.
  4. Dari sini kita akan mengetahui sisa pulsa dan masa aktif atau masa tenggang dari nomor Telkomsel yang kita miliki. Format tanggalnya berupa tangga/bulan/tahun. Misalnya, 22/01/2022.

Selain itu ada pula cara kedua untuk mengetahui masa aktif dan masa tenggang nomor telkomsel kita.

Cara ini cukup mudah dan singkat, hanya saja tantangannya harus menghafal susunan nomor yang akan kita gunakan.

Caranya masih menggunakan angka dial melalui menu telepon, yaitu *888*5#, lalu klik panggil.

Susunan angka ini sebenarnya mengikuti track di atas. Ini tentunya disarankan buat kamu yang sudah hafal posisi menu pada opsi dial yang disediakan oleh Telkomsel.

Cara Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Sebagai generasi keempat dari teknologi jaringan seluler broadband, jaringan 4G masih menjadi primadona di negeri kita sekalipun sudah ada jaringan 5G.

Jaringan ini bisa dibilang memiliki kecepatan yang lebih ngebut dan latensi yang jauh lebih stabil daripada adeknya, 3G.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu mengenai kelebihan dari jaringan semacam ini, yang padahal bisa kita cek melalui handphone masing-masing.

Dengan mengetahui nomor Telkomsel kita sudah 4G atau belum, nanti kita bisa menentukan pengaturan jaringan yang diinginkan, misalnya hanya 4G dan memblokir 3G.

Lagipula, ada beberapa produk atau paket yang hanya bisa digunakan jika jaringan kita sudah 4G. Sistem lock 4G juga akan mencegah pergantian jaringan secara dinamis untuk kembali ke 3G atau bahkan 2G (edge), yang mana seringkali membuat handphone panas dan baterai cepat habis.

Tapi sebelum ke arah sana, kita cek dulu yuk apakah nomor Telkomsel kita sudah dipersenjatai oleh 4G atau belum, dan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu atau aplikasi Telepon di handphone masing-masing.
  2. Ketikan dial *888*47#, lalu tekan tombol “panggil”.
  3. Biasanya akan disuguhkan 3 pilihan berupa cek kartu, cek ponsel, dan cek m-banking.
  4. Untuk mengetahui nomor Telkomsel kita sudah 4G atau belum, maka silahkan pilih nomor 1 yaitu “cek kartu”. Lalu tekan tombol ‘kirimkan’.
  5. Di halaman pop-up selanjutnya, silahkan pilih nomor 1 atau “cek 4G”. Lalu tekan “kirimkan”.
  6. Dari sini kita akan mendapatkan notifikasi pop-up mengenai status nomor Telkomsel kita.
  7. Jika memang sudah 4G, maka akan ada tulisan “kartu anda sudah 4G”.
  8. Jika belum, maka notifikasi tersebut akan berbunyi “kartu anda masih 3G”.

Nah, selamat buat kamu yang sudah memiliki kartu Telkomsel 4G! Namun tugas kita sebenarnya belum selesai sampai di sini.

Ini karena kita harus melakukan lock pada jaringan 4G biar tidak kembali lagi ke 3G atau bolak-balik antara 3G dan 4G yang seringkali menghabiskan banyak daya.

Untuk melakukannya (khusus Android), maka ikuti langkah berikut:

  1. Buka menu atau aplikasi “Telepon” di smartphone masing-masing.
  2. Ketikan dial *#*#4636#*#*. Tak perlu menekan “pangil” ya, soalnya akan secara otomatis keluar opsi berupa pop-up “Menguji”.
  3. Pada opsi “Menguji” tersebut, silahkan pilih “Informasi Telepon”.
  4. Di tampilan berikutnya mungkin bisa bikin kepala mumet karena banyak informasi yang tersedia. Gampangnya, tinggalscroll saja ke bawah hingga menemukan kata “setel jenis jaringan yang disukai”. Lalu klik saja opsi tersebut.
  5. Lalu pilih “LTE Only”.

Dari sini, nomor Telkomsel kamu sudah pasti di-lock hanya dengan menggunakan sinyal 4G saja, tak peduli apakah pada saat itu sinyalnya kuat atau lemah.

Dengan begitu kita tak akan risau lagi mengenai daya baterai karena bisa awet seharian penuh. Faktanya, perpindahan antara 3G dan 4G secara sering termasuk ke dalam faktor paling dominan sebagai penyebab baterai handphone kita cepat habis dan lowbat.

Demikian pembahasan mengenai cara cek nomor telkomsel.