Cara cek nomor indosat im3 ooredoo dengan mudah melalui website resmi, aplikasi myIM3, USSD atau UMB, cover kartu perdana atau customer service indosat

Indosat merupakan salah satu provider telekomunikasi seluler terpopuler di Indonesia. Terlebih semenjak bergabung dengan 3 (Tri), Indosat saat ini menempati peringkat kedua sebagai operator dengan pengguna terbanyak di Indonesia di bawah Telkomsel.

Nah, bila kalian adalah pengguna Indosat (IM3 atau 3) namun lupa nomor sendiri karena belum sempat menghafalnya atau menyimpannya maka jangan khawatir! Dengan menggunakan beberapa fitur bawaan, cara cek nomor Indosat bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan akurat. Jika penasaran, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Indosat

Indosat (Indosat Ooredoo Hutchison) adalah penyedia jasa telekomunikasi seluler di Indonesia yang berada di bawah naungan perusahaan Ooredoo Hutchison Asia.

Provider seluler ini awalnya didirikan pada tahun 1967 dengan modal asing dari investor luar negeri yaitu ITT Corporation, sebuah perusahaan konglomerat dari US.

Namun, kepemilikan oleh ITT hanya sampai tahun 1980, hal ini karena beberapa tahun kemudian pemerintah membeli Indosat dengan kepemilikan saham sebesar 100% dan menjadi perusahaan telekomunikasi internasional pertama yang dibeli pemerintah.

Kemudian, di akhir tahun 1994 atau tepatnya tanggal 19 Oktober 1994 pemerintah mulai me-listing brand ini di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan NYE (New York Stock Exchange) dengan maksimal kepemilikan publik sebanyak 35%.

Sejak saat itu, operator ini terus berkembang beriringan dengan Telkomsel yang merupakan perusahaan telekomunikasi seluler tertua dan terbesar di Indonesia. Hingga pada tahun 2003, Operator ini sudah merger bergabung dengan ketiga anak usahanya yakni PT Indosat Multimedia Mobile (IM3), Satelindo, dan Bimagraha.

Di tahun tersebut, operator ini menjadi pelopor pertama penyedia layanan GPRS di Indonesia yang menggunakan satelit Internasional. Kemudian, di tahun 2009 Indosat IM3 sudah memiliki lisensi jaringan 3G oleh Kemenkominfo dan empat tahun kemudian disusul dengan layanan 4G dengan  frekuensi 900 MHz.

Setahun semenjak peluncuran layanan 4G, Operator ini mengubah namanya menjadi Indosat Ooredoo akibat penggabungan dua perusahaan yakni perusahaan Ooredoo Asia dan Hutchison Asia Telecom. Lalu pada 4 Januari 2022, terjadi lagi merger antara Indosat Ooredoo dengan 3 (PT Hutchison 3 Indonesia) yang membuatnya berganti nama lagi menjadi Indosat Ooredoo Hutchison.

Cara Cek Nomor Indosat secara Cepat dan Akurat

Ada lima metode yang bisa kalian gunakan untuk mengecek nomor Indosat secara cepat dan akurat. Berikut diantaranya:

Metode 1: Cek Nomor Indosat via Website Resmi

Melalui situs resminya, kalian bisa mengecek nomor yang kalian miliki menggunakan data dari NIK dan KK yang sudah didaftarkan. Karena itu, pastikan sudah terdaftar atas nama KK dan NIK milik kalian sendiri. Jika kartu yang kalian beli sudah didaftarkan oleh pihak toko atau konter, maka metode satu ini tidak akan berguna.

Berikut langkah-langkah cara cek nomor Indosat melalui website resmi:

  • Buka browser favorit kalian masing-masing, namun saya sarankan gunakan Chrome atau Edge.
  • Pada kotak penelusuran, ketikan alamat berikut ini: https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index
  • Setelah masuk ke halaman cek nomor, masukan “NIK” dan “KK” pada kolom yang disediakan. Pastikan kedua nomor sudah betul.
  • Centang “chaptcha” di bawahnya yang berbunyi I’m Not Robot, jika muncul pilihan tebak gambar silakan centang hingga chaptcha tervalidasi.
  • Jika chaptcha sudah tervalidasi yang ditandai dengan tanda centang yang muncul pada bagian kotak, silakan klik tombol “Periksa”.
  • Bila informasi yang kalian masukan benar, maka akan muncul daftar nomor yang pernah kalian daftarkan.

Metode 2: Cara Cek Nomor Indosat via Aplikasi myIM3

Jika metode pertama gagal, kalian bisa menggunakan aplikasi myIM3 nya baik versi Android maupun iOS. Namun, bagi kalian yang belum pernah daftar myIM3 maka disarankan untuk login terlebih dahulu untuk bisa mengetahui nomornya.

 

No Jenis Keterangan
1. Nama aplikasi My IM3
2. Developer Indosat Ooredoo Hutchison
3. Versi aplikasi 80.8.4
4. Ukuran 57 MB
5. Last update 3 Januari 2022
6. Minimum OS Android 4.4 Up
7. Unduhan 10 juta+ kali unduhan
8. Ulasan 4,5 dari 5 juta+ pengulas
9. Download Download Aplikasi MyIM3

Cara cek nomor Indosat via myIM3:

  • Download lalu instal aplikasi myIM3 melalu link pada tabel di atas.
  • Jika sudah, buka aplikasi myIM3 lalu setujui semua jenis perizinan yang muncul.
  • Nah pada bagian beranda akan muncul nomor kalian masing-masing.
  • Silakan salin nomor tersebut lalu simpan di aplikasi Note / catatan agar tidak  hilang.
  • Selesai!

Perlu diingat, cara di atas hanya bisa kalian gunakan apabila sebelumnya sudah pernah login ke dalam aplikasi myIM3 menggunakan nomor kalian masing-masing. Jika belum, maka metode ini tidak bisa kalian gunakan sehingga perlu mencoba langkah selanjutnya di bawah ini.

Metode 3: Cara Cek Nomor Indosat via via USSD / UMB

UMB (USSD Menu Browser) merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh semua provider telekomunikasi seluler termasuk oleh Indosat untuk mempermudah akses terhadap fitur-fitur yang disediakan pihak operator. Salah satu fungsi dari UMB ini ialah untuk mengecek nomor Indosat yang sedang kalian gunakan.

Dibandingkan metode lainnya, bisa dibilang cara untuk cek nomor Indosat via UMB merupakan yang paling mudah sekaligus murah karena tidak membutuhkan pulsa maupun internet. Berikut langkah-langkah yang kalian perlukan untuk mencobanya:

  • Pastikan mode pesawat non aktif dan sinyal dalam keadaan stabil.
  • Buka aplikasi panggilan / telepon dari HP kalian masing-masing.
  • Pada aplikasi panggilan, silakan ketik dial *123*30#.
  • Klik call / panggil sesuai SIM nomor yang ingin kalian cek.
  • Tunggu hingga sistem menampilkan informasi berikutnya.
  • Nah, nomor kalian akan muncul pada pop up UMB yang ada.
  • Simpan nomor tersebut ke dalam aplikasi catatan agar tidak hilang.

Metode 4: Cara Cek Nomor Indosat via Cover Kartu Perdana

Bila ketiga cara di atas tidak ada yang berhasil, silakan coba untuk mengeceknya menggunakan cover kartu perdana yang kalian beli. Pada bagian depan cover kartu perdana akan tampil deretan nomor beserta masa berlaku kartu.

Namun bila cover kartu perdana tersebut rusak atau hilang maka kalian bisa melakukannya dengan cara menghubungi customer service resmi Indosat Ooredoo di bawah ini.

Metode 5: Cara Cek Nomor Indosat via Customer Service

Selain menggunakan cara di atas, kalian pun dapat mengecek nomor Indosat via customer service pada saat jam kerja yakni mulai dari pukul 09.00 – 17.00. Berikut detail kontak yang dapat kalian hubungi:

  1. Telepon:0815 1201 8888
  2. Email:cs@indosatooredoo.com
  3. Email bisnis: business@indosatooredoo.com
  4. Whatsapp:08551000185
  5. Facebook: web.facebook.com/indosatooredoobusiness
  6. Twitter: twitter.com/indosatcare
  7. Youtube: www.youtube.com/channel/UCo6oqJ2JanSVyzJLe_VyZFQ/featured
  8. Instagram: www.instagram.com/indosatooredoobusiness
  9. Linkedin: www.linkedin.com/company/indosat-ooredoo-business

Atau jika kalian ingin mengunjungi langsung alamat kantor pusatnya, silakan datang saja ke alamat berikut:

  • Jln Medan Merdeka Barat 21
  • RT 2 RW 3, Gambir, Kec Gambir,
  • Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 10110
  • DKI Jakarta, Indonesia

Demikianlah cara cek nomor Indosat yang perlu kalian coba langkah demi langkah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!