Cara Cek IP Server Jaringan Komputer Android Laptop LAN WIFI

cara cek ip server untuk melihat alamat IP jaringan komputer server lan wifi android mudah dan cepat menggunakan cmd windows mac ping google dan dns checker

Dunia maya atau internet itu tidak sepenuhnya aman, karena ada sebuah alamat IP yang memperlihatkan lokasi kita. Makanya, setiap server yang ada di dunia ini pun pasti memiliki alamat atau nomor IP sebagai identitas mereka.

Bahkan alamat IP Server ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari segala sesuatu yang berhubungan dengan internet.

Tujuannya adalah demi memudahkan kita mengenali secara tepat mengenai tempat atau website tertentu di internet.

Memiliki kepanjangn internet protocol, Alamat IP ini merupakan rangkaian angka yang terdiri dari 4-12 angka yang dipisahkan oleh 3 titik. Misalnya IP server DNS miliknya Google adalah 8.8.8.8. Sementara IP komputer lokal kita biasanya lebih panjang, misalnya 192.168.100.32.

Kenapa Kita Harus Tahu Cara Cek IP Server

Perlu diingat bahwa seringkali IP server itu tersembunyi di dalam cangkangnya berupa alamat website atau router Wi-Fi.

Untuk itulah kita wajib mengetahui alamat IP tersebut jika ingin melakukan sesuatu terhadapnya.

Sesuatu seperti apa?

Tanpa berhubungan dengan aktivitas cybercrime, mengetahui alamat IP di luar pengaturan awal router Wi-Fi dapat membantu kita dalam mengatur jaringan VPN, menghubungkan beberapa komputer melalui satu jaringan, hingga tugas teknis terkait jaringan lainnya yang jauh lebih rumit.

Banyak orang yang tidak tahu caranya, padahal saat praktek sangatlah sederhana. Bahkan lebih mudah daripada merayu sang pacar.

Cara Cek IP Server dengan Mudah dan Cepat

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa alamat IP ini pada dasarnya memberikan informasi mengenai lokasi perangkat kita di internet.

Setiap perangkat komputasi di jaringan tersebut akan menggunakan nomor unik, yang mana diperlukan untuk mengirim pesan ke komputer yang ada di luar jaringan lokal kita.

Itupun berlaku bagi website yang sejatinya disimpan di server hosting yang digunakan. Jadi, apapun nama websitenya, saat hosting tersebut diganti maka alamat IP-nya pun akan berubah mengikuti posisi server.

Kita memang tak perlu mengintip server orang lain. Namun alangkah baiknya mengetahui IP server sendiri agar memudahkan pada saat konfigurasi.

Untuk melakukannya, ikuti beberapa pilihan langkah berikut ini.

1. Menggunakan CMD Untuk Mengetahui Server PC Sendiri

Sebelum kita masuk ke dunia website, ada baiknya kita mengintip terlebih dahulu server IP yang digunakan oleh PC kita.

Saat kamu menggunakan PC dan internet rumahan, maka bisa menggunakan cara cek ip server CMD yang sudah tersemat di komputer Windows masing-masing.

Cara lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Ketik nama “CMD” di fitur search miliknya Windows. Biasanya sudah tersedia untuk Windows 10. Jika tidak ada, tekan tombol ikon jendela terlebih dahulu, kemudian ketikan “CMD” di sana.
  • Setelah terbuka, ketik ‘ipconfig’ di command prompt tersebut lalu tekan Enter.
  • Maka akan muncul alamat IP server rumahan yang kita gunakan.

Kamu bisa bandingkan saat mencoba menggunakan Wi-Fi miliknya tetangga atau fasilitas umum seperti kampus. Terutama di jaringan kampus perguruan tinggi yang biasanya memiliki komputer utama.

Untuk melihat server jaringan utama tersebut, maka kamu bisa kembali membuka CMD lalu masukan kata ‘nslookup’ dan tekan Enter.

Biasanya akan muncul dua alamat IP yang berbeda. Tampilan pertama merupakan alamat IP dari komputer berjaringan, yang kedua menunjukkan alamat IP untuk komputer kita.

Perintah ‘nslookup’ pada CMD ini bisa dibilang menjadi metode paling praktis untuk mencari alamat IP tanpa kabel jaringan.

2. Gunakan PING Untuk Mencari IP Situs

Sekarang kita lihat cara menemukan alamat IP server situs tertentu, yakni melalui metode ping yang sangat sederhana.

Melalui metode ini, kita harus mempersiapkan nama host atua domain server terlebih dahulu. Sebagai contoh, kita gunakan Google saja ya!

Caranya cukup simple! Seperti biasa, kita buka dulu CMD di komputer Windows. Selanjutnya, ketikan ‘ping’ yang diikuti oleh alamat website Google.com dengan menggunakan tanda spasi. Lalu tekan enter.

Contohnya: ping google.com

CMD akan memperlihatkan data berupa besaran bytes yang digunakan, alamat IP google, dan waktu akses dalam bentuk milisecond.

Perlu dicatat bahwa cara ini mengharuskan kita terhubung dengan internet. Jika tidak, maka command tak akan bekerja dengan baik.

Kemudian berbicara masalah waktu akses, bagian ini disebut sebagai latensi. Semakin kecil maka akan semakin bagus.

Sebaliknya, semakin tinggi maka website tersebut sudah dipastikan memiliki kecepatan akses yang buruk, atau koneksi internet kitanya yang memang jelek.

3. Menggunakan Sistem Mac

Jika kebetulan gadget kamu menggunakan OS Mac, maka justru jauh lebih mudah untuk mengetahui alamat IP dari server sendiri.

Adapun cara cek ip server di sistem mac adalah sebagai berikut:

  1. Klik ikon Apple dan pilih opsi System Preferences
  2. PilihNetwork, lalu pilih jaringan Wi-Fi atau Ethernet yang saat ini terhubung ke komputer.
  3. Kemudian akan nampak sebuah hasil berupa alamat IP untuk komputer kita.

Buat kamu yang belum tahu, macOS ini merupakan sistem operasi grafis yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc semenjak tahun 2001.

OS ini merupakan sistem operasi utama untuk komputer Mac Apple. Hanya beberapa kalangan saja yang menggunakan sistem OS tersebut, yang mana sebagian besarnya digunakan oleh para geek karena lebih mudah dalam mengakses berbagai macam informasi terkait jaringan komputer.

Buat kamu yang ingin mencoba beralih dari Windows ke MacOS, maka biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari untuk mampu membiasakan diri dengan sistem dan interface yang dimilikinya.

4. Menggunakan Layanan Website Gratis

Kembali ke cara mengetahui alamat IP sebuah website, cara terakhir ini bisa digunakan oleh semua gadget, entah itu smartphone Android, Apple OS, MacOS, ataupun Windows.

Syaratnya hanya 2, yaitu memiliki koneksi internet dan browser di perangkat masing-masing.

Cara melakukannya juga cukup mudah, yaitu:

  1. Akses https://dnschecker.org/di browser favorit kamu.
  2. Pada kolom DNS Check, masukan alamat website yang ingin kamu ketahui alamat IP-nya.
  3. Pilih opsi A, kemudian klik tombol search.
  4. Seketika itu juga, alamat IP akan muncul di sana.

Salah satu hal menarik dari layanan website gratis ini adalah menyajikan testingan dan memperlihatkan hasil koneksi website server kita saat diakses di beberapa negara.

Jika semua tandanya menunjukkan tanda ‘ceklis’, itu berarti website yang tengah dites berjalan secara normal.

Sementara tanda ‘silang’ adalah kebaliknya. Itu juga bisa menjadi pertanda bahwa server hosting website kita tengah down dan harus segera diperbaiki secepat mungkin.

Ada pula tanda ‘silang’ yang hanya terjadi pada area tertentu, yang seringkali terkena batasan wilayah atau DNS yang tak diizinkan akibat sistem sekuriti hosting yang mendeteksi aktivitas tak wajar.

Sistem sekuriti sangatlah dibutuhkan karena seringkali para hacker menjalankan aksinya dan membobol data penting hanya melalui alamat IP server atau komputer kita.

Salah satu informasi paling vital yang harus kita jaga adalah lokasi dan identitas online, baik diri sendiri maupun klien dan konsumen kita.

Untungnya, hampir semua hosting sudah difasilitasi dengan tingkat sekuriti yang mumpuni. Salah satunya adalah dengan menyediakan fitur enkripsi dalam bentuk SSL atau HTTPS.

Demikian pembahasan mengenai cara cek ip server semoga bermanfaat.