Cara back up RKAS 2020

Apakah kalian sedang mencari tutorial dan Cara back up RKAS 2020? Jika tutorial backup RKAS sedang kalian butuhkan hari ini, silahkan simak penjelasan lengkap dari kami berikut ini.

Di era modern yang serba digital ini, sudah bukan jamannya lagi menyimpan file atau berkas secara manual terutama di perkantoran maupun instansi pemerintahan. Apalagi jika menyangkut dengan berkas yang penting dan rentan rusak atau hilang, belum lagi jika menyimpan berkas secara manual maka kita harus menyediakan ruang yang cukup luas untuk gudang arsip atau gudang penyimpanan.

Hal ini bisa menyebabkan berkas mudah hilang, rusak ataupun tercecer karena saking banyaknya berkas yang selalu bertambah dari tahun ke tahun. Dengan demikian maka menyimpan berkas secara manual sudah tidak efektif lagi, namun biasanya ada surat-surat yang penting yang tidak bisa di simpan dengan penyimpanan digital misalnya seperti sertifikat tanah, sertifikat rumah, kartu keluarga dan berkas penting lainnya.

Mengenal RKAS

Cara Merawat Baterai Iphone Refurbished

Sekarang ini kantor-kantor pemerintahan juga telah menerapkan sistem elektronik atau sistem digital dalam menyimpan berkas, melayani kegiatan operasional secara online, menyediakan aplikasi pendukung serta berbagai fasilitas lainnya yang mendukung kinerja kantor pemerintah sehingga mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan pelayanan dari kantor pemerintah.

Salah satu kementrian yang juga menyediakan fasilitas secara digital adalah kementrian pendidikan dan kebudayaan. Kementrian yang menangani pendidikan di Indonesia ini memiliki fasilitas RKAS yakni kepanjangan dari Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah.

RKAS ini di khususkan untuk sekolah-sekolah negri di seluruh Indonesia terutama digunakan untuk mengakses BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Sehingga pemerintah dapat dengan mudah mengontrol pengajuan BOS di sekolah masing-masing dan pihak sekolah juga dapat menuliskan atau melaporkan rencana anggaran dan kegiatan sekolah untuk di ajukan ke pemerintah sebagai pertimbangan pencairan dana BOS.

Baca juga >>
Begini, Cara Internetan Gratis iPhone Dengan Benar

Back up RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah)

Agar file atau data berkas dari rencana kegiatan dan anggaran (RKAS) sekolah ini selalu update dan sinkron maka anda harus rajin memback up data sehingga dengan begitu data RKAS anda akan aman.

Jika data RKAS anda tidak di back up maka jika sewaktu-waktu komputer anda eror maka data RKAS yang ada di komputer juga bisa ikut eror, corrupt atau bahkan terhapus sehingga anda bisa kehilangan data RKAS yang tersimpan di komputer anda. untuk itu berikut cara memback up data RKAS agar data anda tetap aman dan tersimpan dengan update sehingga anda tidak perlu khawatir lagi jika komputer anda rusak atau eror.

  • Klik kanan pada menu windows di komputer anda, selanjutnya buka file explorer atau windows explorer.
  • Kemudian pada bagian direktorinya ketikan tulisan %appdata%
  • Setelah pada bagian direktori di tulis %appdata% maka langkah selannjutnya adalah klik enter atau tekan enter
  • Setelah di klik enter maka akan muncul folder ArtTechRKAS yang di dalamnya terdapat file database yang perlu di backup
  • Kemudian pilih file RKASClient2018, RKASClient2019 dan seterusnya. File inilah yang perlu anda back up karena file tersebut berisi database utama dari RKAS.
  • Back up file tersebut secara rutin dan berkala agar file backup anda selalu update sehingga file akan aman ketika terjadi eror atau kerusakan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk memback up data file dari RKAS, baiknya anda selalu mengupdate dan memback up file RKAS secara berkala misalnya saja harian, mingguan, dua mingguan ataupun bulanan. Kalau bisa maka lebih baik lagi jika lakukan back up data setiap anda menyelesaikan pekerjaan anda.

Baca juga >>
Cara Daftar Paket Internet Murah Telkomsel 22Gb 10Rb 2018 Terbaru

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !