Apa Itu Optimasi Speed Website

Cabang-cabang Biologi dan Ruang Lingkup Biologi | Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas tentang ilmu fisika serta perkembangan ilmu fisika, kemudian membahas tentang bagaimana hakikat dari ilmu kimia dan tidak lupa membahas juga cabang dan pengertian menurut beberapa ahli, sekarang kita akan membahas tentang cabang-cabang biologi dan ruang lingkup biologi.

Pengertian Biologi

Sebelum membahas lebih jauh apakah anda sudah memahami apa itu Biologi? Jika kita mengutip dari Wikipedia bahwa Biologi merupan ilmu yang mempelajari semua hal tentang kehidupan, baik strukturnya, fungsi, pertumbuhan bahkan perubahan yang sangat lama terhadap mahluk hidup itu sendiri.

Kata biologi menurut Wikipedia, diambil dari istilah bahasa Belanda yaitu Biologie. Kata biologi juga di turunka dari bahasa Yunani yaitu bios dan logos. Bios sendiri memiliki makna hidup dan logos adalah ilmu, sehingga secara sederhana biologi adalah ilmu tentang kehidupan. Lalu bagaiamana dengan cabang cabang biologi dan ruang lingkupnya? Simak penjelasan kami berikut ini ya gais.

Cabang-Cabang Biologi

Berdasarkan pengertian yang sudah kita bahas di atas bahwa biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan maka sudah dapat dipastikan bahwa biologi memiliki begitu banyak cabang. Cabang- cabang biologi adalah ilmu pengetahuan yang dapat dikembangkan melalui ilmu biologi. Jika di tanya berapakah cabang ilmu biologi? Wah jawabannya tentu banyak ya. Ada beberapa sumber menyebutkan bawah Cabang- cabang biologi terdiri dari 205 Cabang, sedangkan menurut wikipedia cabang biologi terdiri dari kurang lebih 60 cabang, lalu bagaimana?

Kita tidak akan membahas semua Cabang-cabang Biologi namun kita akan membahas beberapa cabang ilmu biologi yang akan selalui kita jumpai dan dekat dengan kita.

Baca juga >>
Klasifikasi Jamur

Anatomi

Anatomi adalah ilmu yang mempelajari bagian dari stuktur mahluk hidup. Anatomi berasal dari kata Yunani yaitu anatomia yang berarti memotong. Dalam cabang ilmu ini, anatomi dibagi lagi menjadi tiga cabang yaitu anatomi perbandingan, anatomi histologi dan anatomi manusia.

Agronomi

Cabang biologi yang satu ini mungkin tidak asing lagi ditelinga kita. Mungkin ada sahabat, atau tetangga kita yang mengambil kuliah jurusan ini. Pasti kita langsung mengenal bahwa agronomi adalah salah satu jurusan di fakultas pertanian. Ia, agronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang tanaman budidaya.

Botani

Botani adalah ilmu yang mempelajari tumbuhan. Perlu anda ketahui bahwa saat ini ilmu botani sedang mempelajari 400.000 spesies organisme hidup, wow bisa anda bayangkan bagaimana mempelajari ilmu tersebut?

Genetika

Cabang-cabang biologi yang selanjutnya adalah genetika. Genetika adalah ilmu yang mempelajari pewarisan sifat dari induk kepada keturunannya. Ilmuan yang terkenal pada cabang ilmu ini adalah Groger Johann Mendel.

Cabang-cabang biologi
Mendel

Morfologi

Morfologi adalah cabang biologi yang mempelajari struktur luar makhluk hidup. Berbeda dengan anatomi tadi, jika anatomi adalah cabang biolgi yang mempelajari struktur dalam makhluk hidup.

Ruang Lingkup Biologi Lengkap

Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yaitu mempelajari fenomena alam dan kehidupan serta perubahan energi di alam semesta ini, biologi secara khusus mempelajari fenomena, kejadian, dan pengamatan terhadap kehidupan di sekeliling kita. Oleh sebab itu Ruang lingkup biologi secara garis besar dibagi menjadi tiga yaitu Objek ilmu biologi, struktur organisasi kehidupan dan yang terakhir adalah tema persoalan yang di sajikan dalam ilmu biologi. Mari kita bahas lebih dalam mengenai ruang lingkup tersebut.

Objek Biologi

Jika kita mengutip KBBI bahwa kata objek memiliki makna hal, perkara atau orang yang menjadi pokok pembicaraan. Bersarkan hal ini Objek penelitian Biologi adalah Hal pokok yang menjadi kajian ilmu tersebut dan hal utama yang di bicarakan dalam penelitian biologi adalah makhluk hidup. Jika berdasarkan pengertian di atas maka objek kajian biologi sangatlah luas, oleh sebab itu para ilmuan sudah mengelompokkan makhluk hidup yang ada dipermukaan bumi.

Baca juga >>
Ciri-Ciri Monera, Contoh Monera dan Struktur Monera

Sejarah mencatat bahwa ilmuan pada zaman dahulu membagi makhluk hidup kedalam dua kerajaan yatiu kingdom plantae dan kingdom animalia. Klasifikasi ini berdasarkan kesamaan bahwa tumbuhan dapat berfotosintesis dan memiliki diding sel dan hewan tidak.

Tema Persoalan Biologi

Banyak sekali refrensi yang menyebutkan beberapa tema persoalan yang akan di kaji atau diteliti pada cabang ilmu sains ini. Beberapa sumber merangkup ada 9 tema dasar yang menjadi kajian ilmu biologi

  1. Biologoi sebagai sains
    Tentu kita memahami bahwa biologi adalah cabang ilmu sains yang mempelajari tentang kehidupan. Tentunya kaidah keilmuan sains juga ada di dalam biologi. Bahwa ilmu pengetahuan di dapat berdasarkan proses pengamatan kemudian diuji melalui eksperimen yang menggunakan metode ilmiah.
  2. Sejarah Biologi
    Tema kajian yang kedua akan membahas tentang perkembangan bagaimana biologi terbentuk dari zaman dahulu hingga ke zaman saat ini.
  3. Evolusi, Tema kajian yang membahas tentang perubahan makhluk hidup dalam waktu yang lama karena proses adaptasi terhadap lingkungan
  4. Keanekaragaman
  5. Interaksi antara organisme dengan lingkungannya
  6. Etologi, kajian tentang prilaku makhluk hidup
  7. struktur dan fungsi
  8. Genetika
  9. Regulasi

Demikanlah cabang-cabang biologi dan pembahasan ruang lingkup biologi secara lengkap. Silahkan anda share informasi ini ya.