Berbagai Penyebab Kerusakan Speaker Aktif

SOLDIRADEM BLOG – Mungkin sebagian dari anda tiba ke blog ini mencari solusi mengenai permasalahan speaker aktif rumahan. Oleh alasannya itu di sisni admin akan memaparkan beberapa kerusakan speaker aktif yaitu speaker aktif matot, bunyi serak, berdengung, ini merupakan permasalahan yang sering menghampiri kerusakan speaker aktif. Sehingga anda tiba ke blog ini berharap menemukan satu solusi. Namun disini aku hanya akan memaparkan beberapa penyebab kerusakan. Karena sebetulnya yang anda cari ialah komponen yang bermasalah. Berikut permasalahan beserta penyebabnya;

Berbagai penyebab Kerusakan speaker aktif

      1.  Speaker aktif serak

 Mungkin sebagian dari anda tiba ke blog ini mencari solusi mengenai permasalahan speake Berbagai penyebab Kerusakan speaker aktif

Pertama aku akan membahas mengenai hal ini karen ini sangat kompleks permasalahanya dan sering menghampiri setiap speaker aktif. Dampak penggunaan speaker aktif dengna full powe sanggup mengakibatkan bunyi menjadi hancur. Komponen yang sering terkena dampak dari penggunaan full power ialah speaker dan power amplifier. Serak berarti bunyi berada di nada mid midle hingga hight trible.

 
Speaker merupakan komponen yang sangat rawan terhadap kerusakan, terlebih speaker berkualitas rendah. Tentu ini akan berdampak pada bunyi yang dihasilkan. Jika speaker yang dipakai cantik maka kerusakan speaker tidak mudah, namun jikalau kualitasnya rendah ini kemungkinan besar bisa terjadi biasanya akan terbakar pada coil akhir panas yang ditibulkan oleh penggunaan powerfull terutama pada nada mid high. Akibatnya terjadi penurunan impedansi coil. Mengakibatkan bunyi pecah lantaran power ampli bertambah tenaga namun speaker tidak bisa menampung tenaga power terjadilah kerusakan pada transistor power amplifier, yaitu tip 41 dan 42c yang sering dipakai pada speaker aktif pada umumnya kecuali yang memakai ic sebagai power amplifier.
Setelah mengetahui latar belakang speaker aktif serak kini kita membahas mengenai penangnanya. Pertama jikalau menemui kerusakan menyerupai ini coba cek kabel yang menuju speaker, jikalau serak terjadi kadang kala. Karena hal ini sering terjadi terutama pada speaker aktif murahan, kabel yang dipakai berserabut sedikit sehingga gampang putus. Maka segera ganti kabel dengan yang bagus. Kedua cek speaker memakai amplifier lain, untuk memastikan bahwa speaker dalam keadaan masih baik. Baru Kemudian menginjak pada blog amplifier. Blog amplifier rusak biasanya ditandai dengan bunyi serak parah bunyi lirih. Namun tidak niscaya mengenai tanda tersebut. Lebih baik jikalau kita mengecek komponen yang ada pada blog amplifier yaitu; transistor final, transistor driver, diode bias. Jika maslahanya serak niscaya masalahnya berada pada komponen yang telah aku sebutkan tadi
.
Kerusakan masih berkaitan dengan serak yaitu bunyi pecah pada nada mid, artikulasi nada tidak jelas. Biasanya hal ini disebabakan oleh sumber input bermasalah. Gain yang begitu tinggi menjadikan bunyi menjadi pecah. Tentu dalam hal ini harus diperhatikan saat kita menemui kerusakan. AtaU bisa juga disebabakan lantaran elco pada power suplay kering sehingga saat digeber mengalami penurunan pada tegangan. Akibatnya bunyi menjadi pecah. Itu logika secara teoritis dan Menurut pengalaman pribadi mengenai speaker aktif serak dan pecah.

Speaker aktif berdengung

Permasalahan ini sebetulnya sama dengan problem serak namun disini penangnan lebih komplek lagi lantaran dengung ada yang parah dan ada dengung ringan. Dengung parah mengindikasikan kerusakan pada amplifier, sedangkan dengung ringan terjadi akhir kerusakan pada aksesoris input.
Speaker aktif berdengung parah tidak ada respon saat diberi input hanya dengungan keras saja. Hal ini biasanya disebabakan oleh bocornya arus dc ke speaker. Akbiatnya speaker hanya berdengug. Jika tidak segera dimatikan ini akan sangat berbahaya bagi speaker. Karena arus dc sanggup mengakibatkan spoel terbakar. Kerusakan sering terjadi disebabakan oleh komponen amplifier terutama pada penguat final pada transistor final. Biasanya colektor emitor mengalami short sehingga arus dc masuk ke output amplifier menyerupai kerusakan pada spaker aktif serak tadi.
Dengung ringan terjadi kerusakan terjadi pada speaker aktif namun perhatikan sumber input yang digunakan. Pertama kabel input untuk memasatikanya coba jangan hubungkan speaker aktif dengan apapun pada belahan input audio termasuk kabel rca. Jika terjadi dengung berarti problem terjadi pada speaker aktif namun jikalau tidak terjadi dengung berarti terjadi kerusakan pada sumber input terutama kabel rca. Karena kabel rca bawaan [erangkat contohnya dv sangatburuk kualitasnya. Sehingga sanggup menjadikan gangguan dengung dan nois. 

Speaker aktif mati total

Gejalanya tidak ada respon apapun dari speaker aktif saat dinyalakan. Bahkan lampu indicator tidak menyala sedikitpun. 
Kerusakan speaker aktif dengan tanda-tanda mati total lebih gampang diperbaiki daripada kerusakan berdengung dan serak. Karena komponen yang dicek lebih simple yaitu pada belahan power suplay.
Diantaranya; kabel in220, saklar trafo, diode, elco. Pengukuran pada dc dan ac meter sangat dibutuhkan. Jika tidak mempunyai tester bisa eksklusif menuju penggantian terutama pada kabel dan sakalar. Jika permasalahan menuju ke belahan komponen harusnya memakai multitester lantaran tidak akan bisa jikalau mengandalkan main ganti.
Ketiga kerusakan speaker aktif diatas merupakan hasil dari pengalaman pribadi. Dan kerusakan pada jenis speaker aktif yang memakai sistem ac matic menyerupai polytron dan yang lain mungkin penanganan dan penyebab kerusakanya berbeda. Misalnya polytron mengalami kerusakan bunyi serak. Ini sering terjadi akhir dari beberapa hal diantaranya ialah power suplay mengalami kerusakan. Padahal transistor final sudah diganti dengan yang baru. Ternyata penyebabnya ptc mengalami kerusakan. Kan itu diluar dugaan dan jauh dari blog yang kita kira.
Penyebab kerusakan terkadang memang aneh, baru-baru ini aku mengalami abnormalitas pada speaker aktif terkena dampak dari kerusakan sebuah perangkat dvd. Awalnya ada seorang user membawa speaker aktif ke daerah saya. Keluhanya berdengung dan timbul nois. Namun Ternyata sesudah aku cek gejalanya tidak demikian. Ternyata normal. User tersebut aku suruh untuk mengambil dvd yang digunakan. Kemudian aku coba, apa yang terjadi input kabel rca belum aku hubungkan pada speaker aktif namun speaker aktif berdengung saat dvd tersebut aku nyalakan. Namun saat dvd aku matikan dengung tidak ada lagi, Kemudian aku mencoba ke perangkat lain speaker aktif bunyi normal. Aneh bin nyata. Kok bisa ya padahal kabel rca dvd tidak aku hubungkan ke speaker aktif. Apa hubunganya lantaran saat dvd tersebut diaplikasikan ke prangkat lain normal saja. Awalnya aku berfikir ini merupakan kerusakan pada belahan tone control pada speaker aktif. Namun aku tetapkan iseng untuk membuka perangkat dvd. Terlihat elco pada belahan power suplay ada yang mengembung. Yaitu pada belahan filter 400volt primer regulator/smps. Keajaiban terjadi, sesudah penggantian elco tersebut dvd tidak ngefek ke speaker atau tidak menimbulkan dengung pada speaker aktif saat dihidupkan.

Terkadang kerusakan memang tidak bisa diprediksi secara pasti. Untuk itulah kita wajib menggali pengalaman lebih banyaka lagi.
Speaker aktif rusak sudah niscaya bisa diperbaki daripada perangkat lain. Bisa dibilang memperbaiki speaker aktif 90% bisa dislesaikan dan niscaya ada solusi. Berbeda dengan perangkat lain yang kadang komponen sulit didapat dan mahal.
Demikian Semoga bermanfaat,,,,,

baca juga: panduan cara memperbaiki speaker aktif

Order via Whatsapp !