Belajar Digital Marketing dan Strategi Dasar

Saat berbicara mengenai marketing atau promosi. Maka ada banyak sekali hal yang bisa dibahas, salah satunya yang sedang banyak dibicarakan oleh para pebisnis yaitu digital marketing. Terutama khusus untuk bisnis dan pengusaha pemula.

Bagi Anda para pendiri usaha khususnya para pemula yang mencoba belajar digital marketing agar produk dan bisnis Anda bisa semakin populer. Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap, mengenai belajar digital marketing dasar untuk semua bisnis.

Apa itu Digital Marketing

Saat berbicara mengenai digital, maka melibatkan teknologi dan juga internet. Sesuai dengan namanya di jalan marketing merupakan sebuah upaya atau salah satu langkah, untuk mempromosikan sebuah produk dengan memanfaatkan jaringan internet.

Karena sekarang ini masyarakat lebih mengutamakan informasi menggunakan internet yang dapat diakses melalui ponsel pintar ataupun gadget dan laptop. Maka promosi yang lebih mudah dilihat dibandingkan dengan menggunakan televisi. Ataupun koran dan juga radio, walaupun persentase yang digunakan masih tetap ada, hanya saja kecil.

Belajar Digital Marketing dan Strategi Dasarnya

Digital marketing bisnis memiliki banyak sekali manfaat dan juga kelebihan. Namun sebelum memulainya Anda harus memahami mengenai beberapa strategi yang sudah pasti digunakan dalam dunia bisnis.

1. Manfaatkan Google

Strategi pertama yang masuk ke dalam belajar digital marketing untuk semua bisnis, yaitu adanya penggunaan google. Seperti yang diketahui semua masyarakat di dunia termasuk di Indonesia. Menggunakan situs pencarian google sebagai salah satu situs andalan untuk menangkap berbagai informasi bahkan website populer.

Baca juga >>
Ini Pekerjaan Kantor yang Bisa Dikerjakan di Rumah

Google sendiri menyediakan halaman khusus bagi Anda yang ingin melakukan iklan ataupun promosi produk baik dengan area ataupun kisaran harga tertentu. Misalnya saja Anda ingin mempromosikan produk busana Muslim dengan target negara yang memiliki masyarakat mayoritas Islam, sehingga Anda bisa menjual produk sesuai dengan pasarnya.

2. Media Sosial

Hal kedua yang masuk ke dalam salah satu strategi dasar belajar untuk digital marketing khusus bisnis, tentu saja dengan memanfaatkan media sosial. Memang seperti yang dikatakan banyak ahli pada awalnya media sosial digunakan untuk hiburan ataupun untuk menampilkan berbagai hal yang bersifat menghibur.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak juga yang menyisipkan promosi produk tertentu dalam tampilan hiburan tersebut baik foto, video, maupun tulisan ataupun bahasa. Sehingga digital marketing dasar tidak bisa lepas dari dunia media sosial ataupun hal-hal yang berbau digital.

Misalnya saja dulu Instagram digunakan untuk album online. Namun seiring berjalannya waktu Instagram beralih menjadi katalog dan juga tempat untuk promosi produk, dengan desain yang sangat cantik dan berbeda. Sedangkan sudah banyak masyarakat yang merasa bosan dengan katalog offline yang monotone.

3. Manfaatkan Influencer

Selanjutnya apabila Anda ingin mempelajari dasar dari digital marketing. Maka Anda harus paham untuk bekerja sama dengan orang-orang yang bersifat public figure atau influencer, yang dapat mempengaruhi banyak orang. Nyatanya dalam dunia internet ada beberapa role model yang digunakan untuk kiblat banyak orang.

Sehingga mereka cenderung mengikuti atau mengamati apa yang dilakukan oleh orang tersebut apalagi penggunaan media sosial. Umumnya menjadi salah satu cermin untuk banyak orang. Melihat bagaimana influencer atau orang yang mereka senangi berpenampilan dan juga melakukan kegiatan sehari-hari. Anda bisa memanfaatkan mereka sebagai salah satu relasi atau tempat untuk promosi.

Baca juga >>
8 bisnis yang menjanjikan keuntungan modal kecil 2018

4. Marketing Tools

Terakhir hal yang paling penting untuk promosi dan juga digital marketing yaitu adanya cara untuk memilih marketing tools untuk bisnis secara khusus. Karena dunia internet sangatlah luas. Jika Anda tidak bisa memisahkan antara hal yang bersifat bisnis dan juga hiburan.

Maka bisa jadi kurang tepat ataupun produk tidak bisa dipasarkan secara maksimal cara yang paling efektif ini bisa membantu mencari orang yang paham akan marketing tools, atau sebagai pengusaha. Anda sendiri dapat belajar mengenai cara menganalisis data menggunakan email atau aplikasi tertentu yang bersifat promosi.

Order via Whatsapp !