Begini Cara Ampuh Rasulullah Hadapi Virus Seperti Corona Yang Bisa Kita Tiru

Begini Cara Ampuh Rasulullah Hadapi Virus Seperti Corona – COVID-19 wabah asal Wuhan,China ini sangat mematikan. Seantero dunia ketakutan dengan wabah mematikan ini,di Indonesia sendiri korban sudah mencapai ratusan orang. Membuat banyak orang yang takut keluar dan takut untuk beraktifitas,nyatanya kita jangan terlalu takut dengan corona. Di Islam sendiri pada zaman nabi mengajarkan anjuran Rasulullah seperti ini “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari)

Dikutip dari gomuslim Rasulullah memiliki semacam prosedur tetap (prostap) atau Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menghadapi wabah penyakit, seperti virus Corona.

Salah satunya, beliau memerintahkan kepada umat agar tidak dekat-dekat atau melihat orang yang mengalami wabah kusta. Seperti sabdanya dalam sebuah hadits yang artinya, “Jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta,” (HR. Bukhari)

Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari)

Selain SOP, Nabi Muhammad juga menganjurkan agar menghadapi situasi tersebut dengan sabar sambil meminta pertolongan Allah SWT. Untuk melengkapi ikhtiar, umat Muslim pun dianjurkan untuk memanjatkan doa sebagai berikut:

“Allahumma inni a’udhu bika minal-barasi, wal- jununi, wal-judhami, wa min sayyi’il-asqami.”

Artinya: ‘Ya Allah, aku mencari perlindungan kepada-Mu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat’. (HR Abu Daud).

Semoga kita tetap dilindungi oleh Allah dan terhindar dari penyakit corona yang mematikan seperti di zaman rasulullah. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk kita semua. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Order via Whatsapp !