Banyak Yang Salah Kaprah Mengenai Server

Dalam istilah komputer ada yang disebut server, tentu saja bagi Anda yang mengerti dunia komputer sudah tahu apa arti server. Nah, bagi Anda yang masih belum mengerti dengan jelas arti server, mari kita bahas melalui review berikut.

Server adalah kompoter yang dirancang untuk memproses permintaan atau permintaan dan mengirim sejumlah data ke komputer lain melalui internet atau jaringan lokal.

Nantinya server akan bertanggung jawab untuk melakukan tugas-tugas penting yang termasuk dalam bagian penting dari infrastruktur.

Meskipun bagi kita berbelanja melalui internet terasa sangat mudah, cukup klik saja, tetapi di balik lapisan ada banyak kegiatan yang harus dilakukan. Mulai dari seberapa aman, mengautentikasi ke penagihan, pesanan, dan pembelian.

Sementara itu, fungsi dasar server adalah menerima permintaan dari jaringan yang masuk. Misalnya, yang mudah dipahami adalah interaksi yang terjadi antara server web dan browser. Bahkan bagi pengguna prosesnya hanya dilakukan dalam waktu singkat, saat mengklik tautan atau saat menjelajah.

Tapi tahukah Anda di balik layer akan ada permintaan untuk halaman web yang dikirimkan ke server web. Nantinya server akan mengambil dan merakit halaman web dan kemudian mengirimkannya menggunakan protokol seperti HTTP. Akhirnya, browser pengguna akan menerima data, mengonversinya dan kemudian menampilkan halaman.

Setiap jaringan komputer akan mendukung satu atau lebih server yang menangani tugas tertentu. Semakin besar jaringan terhubung melalui server atau semakin besar jumlah data yang harus dikirim dan kemudian diterima melalui server, semakin besar kemungkinan bahwa server memiliki peran untuk mendukung tujuannya.

Jadi, Anda bisa mengerti servernya? Sederhananya server adalah perangkat lunak yang menangani tugas. Tetapi perangkat keras yang akan mendukung perangkat lunak juga dapat disebut server karena perangkat lunak server mengkoordinasikan jaringan, ratusan atau bahkan ribuan pengguna memerlukan perangkat keras yang lebih kuat daripada apa yang ingin mereka gunakan untuk konsumen biasa.

Baca juga >>
Apa itu Facebook Ads

Hampir semua komputer dapat diatur menjadi server. Anda hanya perlu memastikan bahwa komputer Anda memiliki perangkat lunak yang diperlukan.

Tidak sedikit orang juga menggunakan komputer lama hanya untuk menyiapkan server jaringan pribadi di rumah, hanya dengan menggunakan sistem operasi seperti Linux dan sumber daya. Bahkan beberapa biasanya tidak memiliki antarmuka pengguna grafis.

Ingat, Anda tidak perlu mesin baru hanya untuk membuat server. Bahkan ada beberapa orang yang membuat server web mereka sendiri dan kemudian menggunakannya lagi untuk meng-host situs mereka sendiri. Yang luar biasa adalah proses ini dapat dilakukan dengan anggaran kecil karena beberapa perangkat lunak bebas digunakan oleh siapa pun.

Tetapi jika Anda berniat untuk menciptakan lalu lintas web yang tinggi seperti Google dan Amazon maka komputer lama juga cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan server Anda. Nah soal server itu tidak bisa dipahami dengan mudah. Terutama jika dasar Anda bukan anak IT, perlu waktu yang cukup untuk mempelajari istilah server dan cara kerjanya.

Tidak hanya satu jenis server, ada berbagai jenis di luar sana. Nah, untuk server databe yang paling umum digunakan, server email, server aplikasi, dan juga server web. Setiap server harus memiliki fungsi dan kelemahannya sendiri. Misalnya, server basis data yang menyediakan layanan dan koneksi untuk menyimpan, mengelola, dan mencari data perusahaan. Sedangkan untuk server aplikasi, juga disebut middle ware, itu adalah lem yang menyatukan semua sistem. Ada juga server email, tanpa ini kami tidak dapat mengirim pesan melalui email dengan lancar.

 

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat

Order via Whatsapp !