Bacaan doa setelah sholat tahajud bahasa arab latin dan artinya Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna.

Memiliki arti berupa “sholat malam”, Tahajud merupakan salah satu shalat sunnah yang paling dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena memiliki berbagai macam keutamaan yang terasa mubazir jika dilewatkan begitu saja.

Bahkan saking dianjurkannya, Nabi Muhammad SAW tercatat selalu melakukan sholat tahajjud setiap malam dan mendorong para sahabatnya untuk melakukan hal yang sama.

Dikarenakan sholat tahajud juga dapat berarti “berhenti dari tidur”, maka dianjurkan dilakukan pada sepertiga malam terakhir setelah beberapa jam kita terlelap.

Menurut Islam, Allah SWT turun dari Arsy ke surga terendah pada bagian malam ini untuk melihat siapa saja yang tengah beribadah dan meninggalkan tidurnya pada waktu tersebut.

Jadi sudah jelas ya betapa hebatnya sholat tahajud karena langsung dilihat oleh Pangeran kita Yang Maha Esa.

Tata Cara dan Doa Setelah Sholat Tahajud

Meskipun memiliki status berupa shalat sunnah, akan tetapi masih ada beberapa aturan pada saat melakukannya.

Bahkan setelah selesai shalat, kita dianjurkan untuk membaca doa khusus yang akan kita bahas bersama dengan keutamannya.

1. Persiapan Sholat Tahajud

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa shalat khusus ini dianjurkan pada sepertiga malam terakhir, sekitar pukul setengah 1 malam hingga menjelang shalat Subuh.

Waktu shalat ini adalah ketika para malaikat turun dari surga atas perintah Allah, dan Allah SWT mengampuni dosa-dosa yang kita lakukan jika beribadah pada waktu tersebut.

Untuk itulah sayang banget jika kita melewatkannya begitu saja. Jadi disarankan untuk melaukkan persiapan seperti menyetel alarm pada waktu tersebut.

Berwudlu sebelum tidur dan berniat sekuat hati untuk bangun di sepertiga malam juga dapat membantu psikologis agar mencegah kesiangan atau tidur kebablasan.

Jangan lupa juga untuk tetap berserah kepada Allah SWT dan tidak mengharapkan hal-hal yang dilarang selama sholat dilakukan.

Perlu diingat juga bahwa untuk tidak menyepelekan sholat wajib 5 waktu ketimbang sholat tahajud. Kebanyakan orang lebih mengagungkan tahajud ketimbang sholat shubuh dan sholat fardhu yang lainnya.

Sholat tahajud akan lebih sempurna jika kita rajin sholat 5 waktu setiap hari dimulai dari akil baligh hingga kembali ke sisi Allah SWT nanti.

2. Tata Cara Sholat Tahajud

Setelah selesai melakukan persiapan, saatnya belajar tata cara sholat tahajjud sesuai dengan yang diajarkan oleh baginda kita Nabi Muhammad SAW.

Adapun tata caranya hampir sama dengan sholat fardhu pada umumnya. Perbedaannya terletak pada niat dan surah Al-Quran yang dianjurkan setelah membaca Al-Fatihah.

Untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Baca niat sholat Tahajud dengan membaca: Usholli sunnatat-tahujjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa.
  2. Takbiratul Ihram, baca do’a ifitah, dan baca surat Al-Fatihah.
  3. Baca salah satu surat yang dianjurkan seperti Al-Kafiruun, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, dan Al-Humazah.
  4. Rukuk, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, kembali sujud, dan kembali berdiri untuk memasuki rakaat kedua.
  5. Baca surat Al-Fatihah dan baca salah satu surat pendek Al-Qur’an yang dianjurkan (surat yang dibaca jika bisa tak boleh sama dengan rakaat pertama).
  6. Ruku, i’tidal, sujud, duduk dantara dua sujud, dan kembali sujud.
  7. Tahiyat akhir, uluk salam.

Sholat tahajud sebenarnya tak dibatasi oleh rakaat dan bisa kamu lakukan sebanyak yang kamu bisa. Hanya haruslah berjumlah genap dengan diselingi uluk salam setiap 2 rakaatnya.

Dikarenakan Allah SWT menyukai angka ganjil, maka bisa kita akhiri dengan sholat witir sebanyak 1 atau 3 rakaat.

3. Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Setelah selesai sholat tahajud dan sebelum sholat witir dilakukan, ada bacaan doa yang sangat ampuh dan indah jika kita tahu artinya.

Bacaan doa ini disarankan untuk dihafalkan sehingga setiap kali kamu mengerjakan sholat tersebut tak perlu membuka buku atau handphone.

Adapun bacaannya adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ’atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a’lantu, wa mâ anta a’lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

4. Keutamaan Sholat Tahajud

Jika kita melihat arti dari doa setelah sholat tahajud di atas pastinya sudah tahu dong betapa hebatnya rangkaian kata yang kita ucapkan.

Ada seribu permintaan dengan penuh kebaikan, yang mana menjadi salah satu keutamaan sholat tahajud itu sendiri.

Namun tak berhenti sampai di sana, karena sejatinya ada beberapa manfaat dan keutamaan tambahan yang bisa didapatkan.

Beberapa keutamaan ini dikutip dari berbagai macam hadits shahih yang dijamin keasliannya. Jadi, semoga bikin kamu semakin semangat dalam menjalankan sholat malam ini ya!

Adapun keutamannya adalah sebagai berikut:

1. Cara Mendekatkan Diri Dengan Allah SWT

Sempurnakanlah dalam berdiri (sholat) di malam hari, karena merupakan amalan orang-orang saleh sebelum kamu. Ini adalah sarana untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT, penebusan untuk pelanggaran (yang telah dilakukan), dan penghalang dari dosa. – Tirmidzi.

2. Menuai Manfaat Besar

Al-Qur’an menyebutkan bahwa mereka yang meluangkan waktu di malam hari untuk sholat Tahajd mampu menuai manfaat besar.

Suratan tersebut tertuang dalam QS. Al-Furqon Ayat 63-64 yang memiliki arti:

Dan hamba-hamba Yang Maha Penyayang adalah orang-orang yang berjalan di muka bumi dengan rendah hati, dan ketika orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan keras), mereka mengucapkan (kata-kata) damai, dan mengabdikan (sebagian) malam untuk Tuhan mereka untuk bersujud dan berdiri (dalam sholat) – Qur’an 25:63-64.

3. Memberikan Ketenangan Bathin dan Jiwa

Apa itu hidup senang? Uang yang melimpah? Jabatan yang tinggi? Atau pasangan yang elok rupanya?

Hampir ketiga faktor itu seringkali kita kejar, namun sayangnya hidup senang itu tidak terletak pada hal tersebut, merupakan ketenangan bathin dan jiwa.

Dengan kata lain, sholat tahajud itu akan membawa kita ke dalam kehidupan yang penuh dengan kesenangan sejati dan ketenangan selama hidup di dunia.

Kekuatan bathin dan ketenangan tersebut akan mencegah kita melakukan perbuatan dosa dan kejahatan yang seringkali mendatangkan sejuta masalah setelahnya.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

Pada malam hari ada waktu ketika seorang Muslim tidak meminta kebaikan dunia dan akhira, akan tetapi tetap diberikan kepadanya, dan itu terjadi setiap malam.

4. Sholat Terbaik Diantara Sholat Sunnah

Sholat tahajud juga memiliki kedudukan paling tinggi diantara sholat sunnah yang lainnya. Dari sekian banyaknya keutamaan, rajin mengerjakannya setiap malam disertai membaca zikir dan doa setelah sholat tahajud bisa membantu mengatasi masalah sehari-hari.

Saat melakukan doa setelahnya, seseorang sepenuhnya akan percaya kepada Allah SWT dan meninggalkan semua kekhawatiran duniawi.

Dan ketika seseorang menyerahkan segalanya kepada Yang Maha Kuasa, maka kekuatan tertinggi bisa didapatkan sebagai sumber dari segala macam solusi masalah duniawi.

Manfaat ini tersurat dalam Al-Quran:

dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. – At-Talaq Ayat 3.

5. Ditingkatkan Kesabaran

Disebutkan pula bahwa sholat Tahajud mampu memberikan kita kesabaran sekalipun berada di dalam kubangan masalah yang berat.

Dengan memasukan aktivitas sholat Tahajud ke dalam rutinitas sehari-hari akan membawa kedamaian bagi hati yang tertekan.

Nabi Muhammad SAW pernah berkata:

Waktu paling dekat antara Tuhan dengan hamba-Nya adalah di bagian akhir malam, jadi jika kamu bisa menjadi salah satu dari orang-orang yang mengingat Allah pada waktu itu, maka lakukanlah. – Al-Tirmidzi dan Al-Nisa’i.

Demikian pembahasan mengenai tatacara dan doa setelah sholat tahajud.