Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul

Pastinya kita sering mendengar kata gabut di media sosial maupun kehidupan nyata. Gabut jadi istilah yang pasti sudah tak asing lagi ditelinga. Salah satu bahasa gaul yang saat ini sangat populer di kalangan anak muda ialah gabut. Tahukah Anda, gabut artinya apa? Arti gabut merupakan gabungan dua kata yakni gaji dan buta. Jadi bisa kita tarik kesimpulan, bahwa gabut merupakan kondisi seseorang tengah gak punya aktifitas atau kegiatan dimanapun mereka berada.

Arti Kata Gabut Sebenarnya

Penggunaan istilah gabut sebenarnya sudah dipakai sejak lama, namun akhir-akhir banyak kita temukan di platform media sosial. Arti gabut ialah sebuah singkatan dari gaji buta. Sederhananya, gabut bisa diartikan sebagai seseorang yang tidak melaksanakan tugas-tugasnya, namun tetap menerima gaji atau makan gaji buta. Selain itu, gabut dalam arti yang lebih luas juga bisa dimaknai untuk mewakili keadaan di mana seseorang yang bingung ingin melakukan aktivitas, namun tidak memiliki pekerjaan tertentu.
Arti kata gabut menurut wikipedia adalah kependekan dari Gaji buta yaitu suatu gaji yang diterima oleh seseorang yang tidak melakukan sebagian atau seluruh pekerjaannya. Orang yang menerima gaji buta maka akan disebut makan gaji buta atau magabut. Istilah ini sudah ada sejak lama. Gaji buta didefinisikan sebagai seseorang yang bekerja namun tidak melaksanakan tugas-tugasnya tapi tetap menerima gaji.
Arti Kata Gabut Sebenarnya
Penerapan istilah gabut di bidang politik, para anggota Dewan Perwakilan Rakyat sering dianggap makan Gabut gaji buta entah karena membolos atau tertidur saat Paripurna. Seorang mantan Ketua Pengadilan Negeri Kuningan, Jawa Barat, berinisial ER, dikenai skors karena telah makan Gabut gaji buta sebanyak 20 jutaan Rupiah per bulan. Sementara di Sidoarjo, Jawa Timur, para pegawai dari dinas pengendalian penduduk dan dinas pertanahan di bidang perumahan dan pemukiman dianggap makan Gabut gaji buta akibat menganggur. Di bidang pendidikan, 450 guru di Pakistan dipecat karena makan gaji buta sementara guru di New York, Amerika Serikat, makan gaji buta walau dikenai skors. Di Papua, banyak guru dilaporkan makan gaji buta. Di bidang olahraga sepak bola, 11 pemain Premier League diketahui dibayar mahal namun tak melakukan tugas mereka.

Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul

Istilah gabut makin populer beberapa tahun belakangan.  Bahasa gaul seperti gabut termasuk kekayaan bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa gaul secara langsung menggambarkan kreativitas anak muda di zamannya. Bahasa gaul menjadi bahasa yang digunakan sehari-hari oleh kaum muda. Apa arti gabut digambarkan tak hanya sekadar tentang makan gaji buta. Kata kata gabut digunakan para anak muda untuk saling berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam bahasa gaul saat ini gaji buta lebih sering disebut gabut. Arti gabut kekinian yang banyak digunakan kaum milenial dan generasi Z tak hanya sekadar tentang makan gaji buta. Gabut dalam bahasa gaul bisa berarti orang yang tidak melakukan aktivitas apapun dan bingung ingin melakukan apa.

Bahasa gaul sendiri adalah ragam bahasa yang digunakan pada suasana santai atau tidak resmi. Bahasa gaul memiliki beberapa ciri, yaitu bentuk kalimat yang lebih sederhana, kosakata yang digunakan adalah kosakata sehari-hari (tidak cenderung ke bidang tertentu), banyaknya penggunaan kata seru serta perangkat ekspresif lainnya, dan perubahan leksikon yang pesat.

Kata gabut sendiri populer sekitar tahun 2018, diawali dari banyaknya orang yang menjadikannya status di sosial mereka. Kata gabut ini lantas terbawa ke dalam kehidupan sehari-hari. Arti gabut bahasa gaul ternyata bukanlah singkatan melainkan lebih dikenal untuk istilah seseorang yang sedang malas untuk melakukan hal apapun, juga diartikan untuk seseorang yang sedang badmood. Jadi jika ada yang mengatakan dia lagi gabut, itu artinya dia sedang malas untuk melakukan aktivitas.

Selain diartikan sebagai seseorang yang makan gaji buta, arti gabut juga kerap dipahami untuk mewakili perilaku seseorang yang tidak melakukan aktivitas apapun. Seseorang yang memiliki keinginan untuk beraktivitas, namun tidak memiliki pekerjaan, juga sering disebut sebagai orang gabut. Sehingga, gabut bisa diartikan orang yang tidak bekerja namun tetap menerima gaji sekaligus orang yang tidak memiliki pekerjaan atau aktivitas.

Arti Gabut Kekinian

Kata gabut ini kerap digunakan di instagram atau WhatsApp dimana digunakan oleh orang-orang yang gak jelas. Namun kata gabut sebenarnya merupakan sebuah kata yang punya makna bad mood, bete, malas melakukan apapun. Ada pula berpendapat bahwa gabut ialah singkatan dari kalimat “berlaga buta” artinya gak peduli ataupun cuek. Jadi gabut memiliki beberapa makna, selain Gaji Buta, gabut juga bisa diartikan Galau Beut (Galau banget), Gak Butuh atau Belaga Buta (Sikap masa bodo) inilah yang sering digunakan orang-orang.
Arti gabut kini berkembang menjadi sebuah kata yang cukup luas tergantung pada penggunaannya di dalam suatu kalimat. Contohnya “aku lintas Kamu gabut nih sama aku” artinya pura-pura gak tahu atau gak peduli dengan kehadiran orang lain.
Sementara dalam kalimat “gabut banget sih” kalimat ini tertulis dalam sebuah Story Instagram, biasanya menunjukkan sebuah kegiatan yang gak berfaedah. Misalnya bengong, geleng-geleng gak jelas atau melakukan sebuah kegiatan yang gak punya maksud dan tujuan yang pasti.
Ada pula yang menerjemahkan arti gabut sebagai bosan. Seperti tertuang dalam kalimat “keluar yuk. Lagi gabut banget nih di rumah” yang punya makna bahwa seseorang itu sedang merasa bosan berada di rumah dan gak tahu harus melakukan apa sehingga mau keluar rumah.

Jadi, arti kata gabut sendiri tidak hanya satu atau dua makna, melainkan ada banyak makna. Setidaknya ada 5 makna dari gabut yang bisa dibedakan dari ilustrasi kalimat di bawah ini.

1. Jangan makan gabut terus, kerja yang bener dong (gaji buta)

2. Gabut banget deh pokoknya siang ini nggak mau kemana-mana (males)

3. Gabut lah, simpan aja sendiri (gak butuh)

4. Banyak orang yang gabut dengan kolusi pejabat kementrian (belaga buta)

5. Habis diputusin merasa gabut pengen jalan buat refresing (galau beut)
Semoga artikel ini bermanfaat ya
0/5 (0 Reviews)