10 Aplikasi Edit Foto PC Selain Photoshop Gratis Terbaik

Kamera modern saat ini membuat fotografi digital sangat mudah, bahkan untuk hasil foto objek paling dasar, tetap akan menghasilkan foto yang jelas dan jernih. Tetapi bukan berarti tanpa masalah sedikitpun, kamu akan dihadapkan pada masalah pencahayaan, white balance, red-eye dan banyak lagi. Jadi alangkah baiknya jika menginstall aplikasi foto editor untuk membantu mengatasinya.

Saat ini aplikasi edit foto atau editing photo software terpopuler dan paling sering digunakan fotografer profesional dunia mungkin masih aplikasi Photoshop, dan tidak ada keraguan itu. Aplikasi photography Photoshop merupakan aplikasi yang sangat bagus dengan fitur yang banyak. Tetapi jika keuangan anda tidak akan mencukupi untuk membeli lisensi Photoshop, jangan khawatir, ada beberapa foto editor atau edit gambar gratis yang sangat baik.

10 Aplikasi Edit Foto PC Selain Photoshop

Kami telah mengumpulkan macam-macam aplikasi editing foto atau edit picture gratis untuk komputer maupun laptop/ notebook Windows yang didasarkan pada fungsional editing, kemudahan penggunaan, efek artistik atau hanya cara cepat untuk menyempurnakan dan mempercantik foto Anda sebelum posting di Facebook, Twitter, Instagram, dll.

1. GIMP GNU Image Manipulation Program

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster. GIMP adalah aplikasi open source untuk mengolah grafis Bitmap. GIMP dapat dimanfaatkan untuk membuat grafik dan logo, mengubah resolusi dan memotong foto, mengubah warna, menggabungkan berbagai macam gambar atau mengkonversi berbagai macam jenis berkas gambar.

GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun saat ini peranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.

Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya.

GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) dengan cepat.

Pengembang dan pengelola GIMP memiliki visi produk GIMP untuk berusaha menjadi perangkat lunak grafis kelas atas dalam menyunting dan menciptakan gambar asli, foto, ikon, elemen grafis halaman web, dan seni untuk elemen antarmuka pengguna.

Gimp Gnu Image Manipulation Program

GIMP (GNU Image Manipulation Program) kembali rilis pertama kali pada tahun 1996, dan sejak itu terus diperbarui secara berkala, sehingga tidak mengherankan bahwa paket aplikasi ini menjadi aplikasi edit foto PC gratis terbaik paling powerful dan paling lengkap yang beredar saat ini.

GIMP memiliki fitur lengkap yang bisa kamu gunakan seperti inserting tool, image tool, selection tool, layer tool, color tool, filter, clone tool, blur tool, smudge tool, pen tool, healing tool, airbrush tool, dll. Kamu juga bisa menambahkan bingkai/frame dan menggabungkan foto/ kolase menggunakan aplikasi ini.

Kalau kamu ingin tahu gimana powerfull-nya GIMP ini. Coba lihat video kreatif dibawah dan tonton sampai selesai.

2. PhotoScape

PhotoScape adalah perangkat lunak editor citra yang dikembangkan oleh MOOII Tech, Korea. Konsep dasar PhotoScape adalah “mudah dan menyenangkan”, sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengedit foto yang diambil dari kamera digital atau kamera ponsel. PhotoScape menyediakan antarmuka pengguna sederhana untuk melakukan tambahan foto umum termasuk penyesuaian warna, memotong, mengubah ukuran, mencetak dan membuat animasi GIF.

Baca juga >>
Cara Download Video Twitter dengan Cepat Untuk Android dan iOS

PhotoScape hanya tersedia untuk Microsoft Windows dan tidak tersedia untuk Mac atau Linux. Bahasa bawaan aplikasi ini adalah bahasa Inggris dan Korea, dengan paket bahasa tambahan yang tersedia untuk diunduh. Versi rilis stabil saat ini adalah 3.7, tetapi versi lama masih tersedia untuk pengguna Windows 98 atau Me. PhotoScape didistribusikan secara gratis untuk semua pengguna, termasuk untuk tujuan komersial.

Photoscape Editor

PhotoScape dapat melakukan hal sebagai berikut:

  • Viewer: Melihat foto di dalam folder dan membuat slideshow.
  • Photo Editor: mengubah ukuran, kecerahan dan penyesuaian warna, white balance, koreksi latar, Bingkai, balooon, efek mosaik, menambahkan teks, menyisipkan gambar, cropping, filter, penghapusan red eye, blooming, clone stamp.
  • Photo-Batch Editor: Untuk memproses beberapa foto secara sekaligus, mengubah nama beberapa foto secara sekaligus.
  • Page: Menggabungkan beberapa foto menjadi poster-seperti halaman tunggal atau menjadi satu foto akhir.
  • GIF Animation: Membuat beberapa gambar menjadi animasi GIF.
  • Print: Mencetak foto untuk acara-acara tertentu, seperti foto Paspor, atau halaman berjajar seperti kertas grafik atau kalender.
  • Screen Capture: Menyimpan layar monitor ke file gambar.
  • Color Picker: Memilih warna dari layar piksel.
  • RAW Converter: Mengkonversi format gambar RAW ke format JPEG.
  • Face Finder: Untuk mememukan wajah yang sama melalui internet.

Mungkin PhotoScape tidak begitu menarik bagi ahli editing karena tidak ada dukungan layer, tetapi jika anda hanya ingin bersenang-senang dengan foto maka ini adalah cerita yang sangat berbeda karena Photoscape salah satu aplikasi termudah dan gampang digunakan dalam daftar ini.

Ada ratusan gambar clipart siap untuk di tambahkan ke gambar anda. Misalnya anda dapat menambahkan speech bubbles ke gambar, menerapkan beberapa efek khusus, bahkan membuat animasi GIF.

3. Chasys Draw IES

Chasys Draw IES (sebelumnya dikenal sebagai Chasys Draw Artist) adalah rangkaian aplikasi termasuk editor grafis raster berbasis lapisan dengan animasi , dukungan ikon bergaya vista dan resolusi super melalui penumpukan gambar (Chasys Draw IES Artist), multi-threaded konverter file gambar (Chasys Draw IES Converter) dan penampil gambar cepat (Chasys Draw IES Viewer). Seluruh rangkaian adalah Vista UAC dan dirancang untuk memanfaatkan prosesor multi-core.

Perangkat lunak ini dikembangkan oleh John Paul Chacha di Nairobi , Kenya . Chasys Draw IES saat ini dirilis sebagai freeware , dan tersedia untuk komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows . Paket ini dikodekan dalam campuran C , C ++ dan bahasa assembly . Ini berjalan pada prosesor x86 dan mendukung set instruksi MMX , SSE , SSE2 , S-SSE3 , dan SSE4.1 .

Chasys Draw Ies

Chasys Draw adalah proyek yang dimulai pada November 2001 oleh John Paul Chacha, sebagian besar sebagai hobi daripada hal lainnya. Chasys Draw asli adalah editor bitmap yang cukup sederhana yang dibuat dalam visual basic , sangat mirip dengan MS Paint kecuali kemampuannya untuk melakukan gradien. Aplikasi ini mengalami banyak perubahan, akhirnya mengarah ke Chasys Draw 5. Ini adalah versi pertama yang memiliki format aslinya sendiri, yang disebut sebagai CD5.

Baca juga >>
Cara Memindahkan Akun Game Mobile Legends Ke Hp Lain

Ulasan tentang Chasys Draw IES sebagian besar positif, dengan editor di CNET download.com memberinya peringkat bintang 5/5 dan mengatakan “Chasys Draw IES Artist adalah program pengeditan gambar dan menggambar berfitur lengkap gratis yang melakukan hal besar- program kotak seperti Adobe Photoshop dapat melakukannya, dengan sedikit sentuhan unik yang membedakannya dan sebenarnya membuatnya lebih mudah digunakan daripada pesaing. ”

Chasys Draw IES terbukti menjadi editor foto untuk PC yang sangat baik dengan banyaknya fitur penting. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini antara lain: paint dan drawing tools yang mempunyai cakupan luas, dukungan layer yang kuat, banyaknya efek khusus, penyesuaian warna dan pencahayaan, dukungan plugin Photoshop, dan banyak lagi.

4. Paint.NET

Paint.net adalah program editor grafis raster freeware untuk Microsoft Windows , yang dikembangkan pada .NET Framework . Paint.net awalnya dibuat oleh Rick Brewster sebagai proyek mahasiswa Washington State University, dan telah berkembang dari program pengganti sederhana Microsoft Paint menjadi program untuk mengedit sebagian besar grafik, dengan dukungan untuk plugin.

Paint.net dimulai sebagai proyek desain senior ilmu komputer selama musim semi 2004 di Washington State University . Versi 1.0 terdiri dari 36.000 baris kode dan ditulis dalam lima belas minggu. Sebaliknya, versi 3.35 memiliki sekitar 162.000 baris kode. Proyek paint.net berlanjut selama musim panas dan memasuki semester musim gugur 2004 untuk rilis versi 1.1 dan 2.0.

Pengembangan berlanjut dengan seorang programmer yang mengerjakan versi Paint.net sebelumnya saat dia menjadi mahasiswa di WSU. Sejak Mei 2006, program tersebut telah diunduh setidaknya 2 juta kali, dengan kecepatan sekitar 180.000 per bulan.

Paint Net Photo Editor

Dimulai dengan versi 4.0.18, paint.net diterbitkan dalam dua edisi: Edisi klasik tetap freeware , mirip dengan semua versi lainnya sejak 3.5. Namun, edisi lain diterbitkan ke Microsoft Store di bawah lisensi perangkat percobaan dan tersedia untuk dibeli seharga US $ 7. Menurut pengembangnya, hal ini dilakukan agar pengguna dapat berkontribusi dalam pembangunan dengan lebih nyaman, meski jalur donasi lama belum ditutup.

Aplikasi edit gambar untuk PC ini mungkin tidak se-powerful dan keren seperti GIMP, tapi banyak yang menyukai Paint.NET. Paint.NET kuat pada dasar-dasar editing gambar, dengan opsi untuk mengubah ukuran, memutar foto, berbagai pilihan paint tools, dan beberapa efek khusus yang sangat baik.

5. Photo Pos Pro

Photo Pos Pro adalah editor foto lengkap yang memenuhi semua kebutuhan Anda tentang pengeditan foto, pengoptimalan gambar, dan efek khusus. Selain mengedit gambar, Anda juga dapat membuat komposisi grafik baru dari awal dan menggunakan Photo Pos Pro untuk mendesain logo, spanduk, situs web, dan apa pun yang Anda inginkan.

Antarmuka program dipenuhi dengan ikon dan tombol yang membuat sedikit membingungkan untuk digunakan pada pandangan pertama tetapi jumlah alat dan fitur yang disertakan dalam program sangat mengesankan. Dengan Photo Pos Pro Anda tidak hanya dapat mengedit foto dan mengoptimalkan gambar Anda, tetapi juga menambahkan filter dan efek khusus kepada mereka untuk menciptakan karya seni yang sesungguhnya.

Aplikasi edit foto pc ini bekerja dengan lapisan, masker, gradien dan tekstur, dan mendukung berbagai pemindai dan kamera digital, serta format grafis paling populer. Antarmuka program memungkinkan Anda membuka beberapa dokumen sekaligus dan membatalkan dan mengulang tindakan sebanyak yang Anda perlukan.

Baca juga >>
Spesifikasi dan Harga LG V50S ThinQ 5G Terbaru

Photo Pos Pro

Meskipun tidak memiliki antarmuka terbaik di dunia, Photo Pos Pro adalah editor foto lengkap yang dapat membantu Anda mengedit dan mengoptimalkan gambar Anda, dan menambahkan beberapa efek khusus juga. V1.81 meningkatkan seluruh manajemen memori Ditambahkan cara cepat untuk mengedit warna objek vektorial pada peningkatan mode Warna Auto Ditambahkan dari daftar keinginan pengguna Beberapa perbaikan bug.

Walaupun toolbar software photo “Photo Pos Pro” kecil dan antarmuka yang tidak modern, bukan berarti Photo Pos Pro tidak terlalu menjanjikan, mulai eksplorasi aplikasi ini dan kamu akan segera terkesan. Ada banyak pilihan seleksi, berbagai macam paint tools, koreksi warna dan banyak lagi lainnya.

6. PixBuilder Studio

PixBuilder Studio adalah sebuah perangkat lunak edit gambar digital yang dirancang untuk memproses, mengedit, dan memperbaiki gambar-gambar dengan beberapa fungsi berkualitas yang memberikan sebuah hasil akhir profesional. Antarmukanya hampir mirip dengan Adobe Photoshop, jadi jika anda sudah terbiasa dengan alat ini, atau anda pernah menggunakannya selama masa percobaan, PixBuilder Studio adalah sebuah alternatif yang baik.

Alat ini membolehkan anda menggunakan fungsi-fungsinya yang beraneka ragam dari yang paling dasar seperti pengaturan warna, rotasi, dan mengubah ukuran gambar sampai yang paling canggih seperti teknik masking, atau penggabungan dari beberapa gambar sehingga anda bisa mengerjakan gambar yang sama tanpa kesalahan sedikit pun yang memaksa anda harus memulainya dari awal, efek-efek untuk membuat gambar jernih dan buram, alat-alat kloning, pilihan warna dan kuas penghapus.

Pixbuilder Studio

PixBuilder Studio juga membolehkan anda menggunakan fungsi-fungsi pengaturan dan perubahan pilihan bentuk, efek, dan alat-alat gambar yang mudah disesuaikan sehingga anda bisa membuat grafis web dengan mudah dalam setiap format-format yang paling terkenal seperti JPEG, GIF, PNG, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa menyesuaikan antarmuka program ini, untuk membantu anda mengatur ruang kerja sesuai dengan kebutuhan dan membuat tugas-tugas anda jauh lebih efektif.

PixBuilder Studio merupakan mid-range photo editor PC dengan fokus yang kuat pada objek solid dan fitur yang praktis. Tidak seperti editor lainnya, yang bisa anda tambahkan ke gambar bukanlah clipart kartun dan efek arty, di aplikasi ini kamu mendapatkan fitur-fitur praktis yang masuk akal seperti crop, resize dan rotate, koreksi warna, ketajaman filter blur, dan beberapa fitur untuk cetak ke printer.

7. Photobie

Photobie adalah sebuah software yang berfungsi sebagai sebuah editor gambar/picture/photo yang kemampuannya hampir mirip dengan photoshop. Walaupun toolnya tidak selengkap photoshop tetapi photobie mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk melakukan edit gambar/photo. Photobie ini juga mendukung multi layer yang sama dengan photoshop, banyak orang yang menggunakan software photoshop mulai dari kalangan pemula sampai profesional karena memang photoshop adalah software editor photo yang berkualitas tinggi selain itu tampilannya yang user-friendly memudahkan orang dalam menggunakannya. maka kini dengan photobie disebut-sebut sebagai sebuah freeware yang bisa dikatakan sebagai versi sederhana dari Adobe Photoshop ini.karena kemampuannya yang tidak kalah bagus dan tool-tool yang disediakan program ini terbilang cukup lengkap dan memadai untuk pengolahan gambar.

Photobie

Feature yang ditawarkan antara lain advanced screen capture, photo framing, dan image directory browsing. Dengan feature photo framing, kita dapat membuat dan mengaplikasikan frame pada gambar dengan mudah. Image directory browser akan memudahkan kita dalam membuka berbagai gambar dari folder yang kita pilih. kalau ada software yang kemampuannya mumpuni dengan kapasitas kecil kenapa kita tidak beralih ke photobie dari pada photoshop yang berkapasitas besar dan cukup memakan memory dan ram dikomputer kita.

Baca juga >>
Ini Ia Cara Gampang Cek Nomor Smartfren Sendiri

Photobie gratis digunakan dan didistribusikan. Tidak seperti aplikasi pengeditan gambar komersial dan gratis lainnya, Photobie lebih seperti kue buatan sendiri, yang memiliki lebih banyak rasa. Pengembang photobie berniat untuk membangun alat yang mudah digunakan dan fitur-dikemas untuk desainer grafis amatir. Meskipun belum menjadi alat yang sempurna bagi para profesional, itu memang berisi banyak alat yang berguna untuk membantu profesional untuk mencapai tugas sederhana dengan cepat.

Photobie ditampilkan dengan pengelola lapisan intuitif yang unik, yang memungkinkan pengguna menangani banyak lapisan dengan mudah untuk pengeditan gambar tingkat lanjut. Photobie mendukung plugin filter Photoshop (.8BF), yang berarti bahwa pengguna dapat menerapkan ribuan filter gratis ke gambar mereka.

Selain itu, Photobie menyediakan alat screen capture canggih, alat animasi gif yang paling sederhana, dan alat untuk menambahkan bingkai foto. Photobie mengintegrasikan browser direktori gambar dengan fitur pengubahan ukuran / pemutaran, tayangan slide layar penuh.

8. PhoXo

PhoXo adalah editor gambar sederhana namun kuat yang kecil dan cepat seperti Microsoft Paint, tetapi yang termasuk dukungan untuk lapisan dan sekumpulan efek foto khusus seperti Photoshop.

Jangan keliru di sini: PhoXo bukan versi gratis dari Photoshop, dan sama sekali tidak sekuat editor Adobe. Tetapi jika yang Anda butuhkan hanyalah alat yang efisien yang tidak memonopoli sumber daya sistem dan mencakup semua alat pengeditan foto dasar, PhoXo adalah pilihan yang sempurna. Satu-satunya kelemahan untuk PhoXo, jika ada, adalah bahwa program tidak termasuk dokumentasi – hanya tutortial online. Untungnya semua alatnya cukup jelas.

Phoxo

Dengan PhoXo Anda dapat memutar, mengubah ukuran, memangkas, membalik dan mencerminkan gambar Anda, dan juga menyesuaikannya dengan lebih dari 50 efek yang berbeda – termasuk bayangan, bingkai dan tepian, hitam dan putih, nada sepia, lukisan cat minyak, sketsa pensil , mosaik, kabur dan banyak lagi. Plus PhoXo memungkinkan Anda menerapkan efek ini dalam waktu singkat, dengan pratinjau instan. Jika Anda tidak menyukai hasilnya, cukup tekan Ctrl + Z dan beralih ke yang lain.

Selain alat editing dan efek gambar, PhoXo juga dilengkapi dengan koleksi clipart yang siap untuk disisipkan di gambar Anda. Emoticon, mobil, binatang, bendera, karakter kartun dan ikon diatur dengan rapi di tab dan dapat dengan mudah diposisikan ulang dan diubah ukurannya.

Aplikasi merubah photo PhoXo telah hadir hampir 10 tahun, dan selama itu PhoXo berkembang menjadi software editor photo yang sangat berguna yang bisa digunakan oleh semua orang. Anak-anak bisa bermain-main dengan clipart, dan menyesuaikan gambar dengan kartun kucing. Pada PhoXo terdapat fungsi untuk menambahkan watermark custom untuk seluruh gambar, paint tools, transformasi gambar, efek dan banyak lagi.

9. IrfanView

IrfanView merupakan perangkat lunak multimedia gratisan untuk penggunaan pribadi dan non komersial. IrfanView dapat dijalankan di sistem operasi Microsoft Windows 9x/NT/2000/XP/Vista/7. Selain memiliki fungsi dasar sebagai penampil gambar, seperti halnya Windows Photo Viewer, aplikasi bawaan Microsoft Windows, IrfanView juga memiliki fitur tambahan seperti fitur pengolahan gambar dasar (memutar, memotong, mengubah ukuran, mengkonversi, menyisipkan teks ke gambar, hingga pemberian efek tertentu) dari banyak variasi format file-file gambar, fitur penangkap tampilan layar (capture/screenshot), dan fitur untuk melakukan scan gambar.

Baca juga >>
5+ Game Cacing Seru yang Bisa Dimainkan, Download Sekarang Juga!

Irfanview

Aplikasi edit foto PC ini juga bisa ditingkatkan fungsinya sebagai aplikasi multimedia player, yang dapat memainkan beberapa file video/audio, cukup dengan menambahkan plugins tertentu yang tersedia di situs pembuatnya.

Kelebihan IrvanView:

Ukuran file aplikasi-nya relatif kecil (tidak sampai 2 MB), ringan, namun memiliki kecepatan tinggi, dan mudah digunakan. Dapat di-install maupun dijalankan langsung dari media eksternal (seperti USB Flashdisk).

Kelemahan IrvanView:

Tidak bisa digunakan untuk membuat gambar dan fasilitas pewarnaan lainnya seperti yang disediakan Adobe Photoshop, Pixel image editor, Paint.NET ataupun GIMP. Aplikasi tersebut pertama sekali dibuat pada tahun 1996.

Program aplikasi tersebut dinamai sesuai dengan pembuatnya, Irfan Skiljan dari Bosnia dan Herzegovina. IrfanView mampu bekerja pada semua versi modern dari Microsoft Windows dari Windows 95 sampai Windows Vista yang mendukung penampilan file dalam format BMP, GIF, JPEG, PNG (termasuk pengoptimal PNGOUT), TIFF, file-file media bukan gambar seperti Flash, (Ogg) Vorbis, MPEG, MP3, MIDI, dan file teks. Versi 3.98 untuk Microsoft Windows sudah disertakan pada daftar perangkat lunak resmi Windows Vista.

Seperti namanya, IrfanView secara garis besar memang diperuntukkan untuk melihat gambar, sehingga kamu akan mendapati tampilan yang simpel, tetapi program ini juga mencakup banyak fungsi untuk editing. Kamu dapat memutar dan mengubah ukuran gambar, men-tweak warna, kecerahan dan kontras, menambahkan keterangan tulisan teks atau watermark, memperjelas foto, menghilangkan red-eye, dan menerapkan berbagai efek khusus.

10. PhotoFiltre

PhotoFiltre adalah program pengeditan foto lengkap untuk melakukan sentuhan ulang simpel ataupun lanjutan untuk gambar, juga menerapkan berbagai macam filter. Program ini memiliki antarmuka intuitif sederhana yang membuatnya mudah dan cepat untuk dikuasai. Photofiltre diterbitkan oleh Antonio Da Cruz

Filternya berkisar dari penyesuaian parameter standar (kecerahan, kontras, warna, saturasi, koreksi warna, dll.) hingga sentuhan yang lebih artistik (cat air, pastel, tinta, pointilisme, efek teka-teki, dll.).

PhotoFiltre juga memiliki pilihan vektor, menggunakan dua jenis yang berbeda: bentuk otomatis (persegi panjang, oval, segitiga, belah ketupat, persegi panjang bulat, dll.) dan bentuk sendiri yang bisa Anda buat menggunakan alat laso atau poligon.

Photofiltre

Jika Anda masih berpikir foto Anda terlihat terlalu biasa, PhotoFiltre juga memiliki berbagai efek canggih seperti kontur dan transparansi yang dapat Anda terapkan kepada foto, dengan ‘kulit’ yang telah ditetapkan maupun Anda buat sendiri.

PhotoFiltre lebih condong ke tools untuk retouching gambar daripada editor konvensional (PhotoFiltre hanya gratis untuk penggunaan pribadi). Walaupun begitu PhotoFiltre memiliki banyak fitur editing dan itu mampu menghasilkan beberapa hasil yang spektakuler seperti fitur photomask dimana akan memberikan efek transparansi untuk kontur gambar, memberi efek artistik dll.

Untuk petunjuk penggunaan dan contoh setiap aplikasi kalian bisa lihat banyak tutorial bagus di situs Youtube.

Order via Whatsapp !